SalSari Resto & Coffee

Ingin liburan ke Bandung bersama seluruh keluarga? Itu berarti Anda harus memilih destinasi wisata yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga, termasuk anak-anak. Sebetulnya, ada banyak taman bermain di Bandung, seperti misalnya Pakuhaji dan Grafika Cikole. Nah, kalau Anda mau jajal alternatifnya, bisa coba ke Villa Kancil Kampoeng Sunda.

Tempat wisata keluarga bagus di Bandung ini terletak di daerah Solokan Jeruk. Sebagai tempat rekreasi keluarga, tempat ini punya banyak wahana yang bisa dinikmati anak-anak sampai dewasa.

Konsep wisatanya sendiri adalah kampung tradisional Sunda. Jadi, tentu saja yang jadi daya tarik utama, selain pemandangan, yaitu saung, empang, dan sawah.

Sekilas Tentang Villa Kancil Kampoeng Sunda

wisata Villa Kancil Kampoeng Sunda

Taman rekreasi ini berdiri di atas lahan seluas 67.000 meter persegi. Bukan cuma sekadar taman biasa, Villa Kancil Kampoeng Sunda dilengkapi dengan banyak fasilitas hiburan dan wahana rekreasi. Ada wahana outbound, wisata air, sampai wisata kuliner, semua ada.

Bukan cuma itu, di sini Anda juga bisa merasakan kehidupan tradisional Sunda. Kehidupan petani Jawa Barat bisa Anda resapi di sini, dengan cara belajar bercocok tanam dan menangkap ikan. Anak-anak juga bisa ikut menikmati kegiatan tersebut.

Salah satu kegiatan yang pasti disukai anak-anak yaitu naik perahu yang ditarik oleh seekor kerbau. Rasanya seperti jadi anak desa betulan.

Nah, jika sudah lelah bermain, Anda bisa menyantap makanan khas Sunda kekinian dari restoran yang tersedia di sini. Ada beberapa paket menu yang bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga.

Setelahnya, Anda bisa duduk-duduk di atas saung. Ada tiga jenis saung yang bisa wisatawa sewa, yaitu saung panjang, saung gallery, dan saung floating. Saung-saung ala Bali ini bisa dipakai untuk ngariung (makan bersama-sama), atau sekadar duduk-duduk santai.

Ada juga cottage-nya yang bisa Anda sewa per malam. Memang lebih seru kalau Anda menghabiskan waktu sampai malam di sini, karena Anda jadi bisa menikmati semua wahananya.

Bisa foto-foto sampai puas. Bahkan, tempat ini juga menyediakan fasilitas broadcasting untuk yang mau buat video atau foto pre-wedding di sini, lho.

Fasilitas Villa Kancil Kampoeng Sunda

playground Villa Kancil Kampoeng Sunda

Secara keseluruhan, sebagai tempat rekreasi keluarga, tempat ini menyediakan banyak fasilitas yang memadai, baik fasilitas umum maupun penunjang. Fasilitas umumnya standar, yaitu toilet, tempat ibadah, dan area parkir.

Sedangkan untuk fasilitas penunjang, tentu ada restoran, berbagai wahana rekreasi, playground, tempat duduk, saung, penginapan, dan beragam spot foto yang Instagrammable.

Harga Tiket Villa Kancil Kampoeng Sunda

Harga tiket masuk ke Villa Kancil Kampoeng Sunda berbeda di hari biasa dan akhir pekan. Namun, untuk mencoba semua wahana di dalamnya, tiketnya sama di hari apapun. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk (Senin-Kamis) Rp25.000,00
Tiket masuk (Jumat-Minggu/hari libur nasional) Rp35.000,00
Wahana permainan Rp5.000,00 – Rp35.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Villa Kancil Kampoeng Sunda

spot foto Villa Kancil Kampoeng Sunda

Dari pusat kota Bandung, butuh waktu 45 menit untuk bisa sampai ke Villa Kancil Kampoeng Sunda, dengan jarak 34 km. Alamat lengkapnya di Kampung Bojong Bubu, Jalan Raya Jl. Majalaya, Padamukti, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Anda bisa masuk tol, lalu keluar di Cileunyi. Dari situ, bisa menuju ke Rancaekek, lalu putar balik ke arah pasar Rancaekek. Ambil jalan ke arah Jalan Rancaekek, lalu ke Majalaya, menuju Solokanjeruk. Nanti, jika bertemu pertigaan (SMK GPI) Solokanjeruk, belok kiri.

Meskipun bisa dijangkau naik kendaraan umum, berwisata tentu lebih nyaman pakai kendaraan pribadi. Anda bisa rental mobil fortuner Bandung plus driver kalau tidak bawa kendaraan pribadi saat liburan. Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan mobil, berikut pilihan lepas kunci atau sewa bersama sopir.

Salsa Wisata juga menyediakan berbagai paket wisata, salah satunya paket wisata Bandung murah. Anda bisa memilih paket yang sudah tersedia, atau buat sendiri paket yang Anda mau berdasarkan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi. Paket wisata ini sudah termasuk akomodasi dan transportasi, jadi tidak perlu sewa mobil lagi.

Daya Tarik Villa Kancil Kampoeng Sunda

Bersama keluarga, dari mulai balita sampai orang tua, ini lah yang bisa Anda lakukan di taman rekreasi ini:

Wisata Air

waterpark Villa Kancil Kampoeng Sunda

Tidak seperti kolam renang bagus di Bandung lainnya, tempat wisata air di Villa Kancil Kampoeng Sunda ini dilengkapi dengan banyak wahana. Mungkin lebih tepat kalau tempat ini disebut sebagai waterpark ketimbang kolam renang.

Ada lima kolam renang yang berbeda, dengan tingkat kedalaman yang berbeda pula. Untuk kolam balita, terdapat kolam yang tidak terlalu besar dengan dekorasi warna-warni.

Maka itulah kolam ini disebut kolam pelangi. Ada juga patung-patung karakter dan pancuran yang membuatnya terlihat semakin menarik.

Di dekatnya, ada juga kolam anak, yang tingginya kira-kira selutut orang dewasa. Selain itu, ada juga klam waterboom. Kolam ini juga meriah seperti kolam balita, tapi jauh lebih dalam.

Di waterboom, ada seluncuran juga, tapi seluncurannya jauh lebih panjang dan tentunya lebih menantang.

Kalau Anda ingin serius berenang, ada kolam prestasi yang bisa Anda jajal. Kedalamannya kira-kira 150 cm. Kolam prestasi ini sangat luas, jadi Anda bisa lebih puas renangnya.

Yang paling menarik, ada kolam air panas juga di sini. Ini cocok buat Anda yang tidak bisa berenang, tapi ingin ikut mencebur ke kolam. Berendam di air panas kabarnya bisa menghilangkan pegal-pegal di tubuh.

Outbound

outbound di Villa Kancil Kampoeng Sunda

Ingin beraktivitas yang lebih menantang? Anda bisa mencoba aktivitas outbound. Di sini, Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk lebih aktif bergerak. Ada banyak wahana seru yang wajib Anda coba.

Ada wahana Shooting dan Archery, di mana Anda bisa menjajal kemampuan membidik dan menembak Anda. Selain itu, ada juga flying fox, jembatan goyang, dan halang rintang bagi anak-anak. Di sini, anak Anda bisa sekalian melatih kemampuan motoriknya.

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar menanam padi di sawah dan menangkap ikan. Bukan cuma orang dewasa saja yang bisa menyelami kehidupan sebagai petani Sunda. Anak-anak pun boleh ikut.

Keliling Naik ATV dan Perahu

naik perahu di Villa Kancil Kampoeng Sunda

Kalau ingin seru-seruan keliling taman rekreasi, Anda bisa coba naik ATV. Ada dua jenis ATV di sini, yang untuk anak dan untuk dewasa.

Ingin yang lebih unik? Anak-anak bisa naik wahana perahu kerbau. Seperti yang tadi sudah kami singgung sedikit, ada wahana di mana anak-anak bisa naik perahu yang ditarik kerbau.

Ini adalah perahu tradisional khas Sunda zaman dulu yang biasa untuk menyeberang sungai. Nah, alih-alih sungai, di sini anak-anak akan mengelilingi area kolam yang besar.

Wisata Kuliner di Warung Desa Kuring

Kalau sudah lelah menjajal semua wahana di tempat ini, sekarang saatnya isi perut. Taman rekreasi ini juga punya pusat kuliner yang bernama Warung Desa Kuring. Konsep restorannya yaitu tempat makan tradisional Sunda yang juga dilengkapi dengan saung-saung lesehan.

Di depan resto ini, terhampar sawah nan hijau, yang membuat suasana pedesaan di tempat ini jadi amat kental. Anda bisa mencicipi makanan tradisional Jawa Barat terkenal, seperti nasi liwet bersama tahu, tempe, dan ikan asin, olahan ikan, sup, dan lain sebagainya.

Jam Operasional Villa Kancil Kampoeng Sunda

Villa Kancil Kampoeng Sunda buka dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB setiap harinya. Kalau datang bersama rombongan, lebih baik datang pukul 10.00 pagi, supaya kemudian bisa langsung makan siang beramai-ramai di Warung Desa Kuring.

Bila Anda tertarik bertamasya ke sini Anda bisa menggaet biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk mengantarkan ke tempat wisata dan mengurus segala keperluan liburan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (11 votes)