SalSari Resto & Coffee

Malang adalah kota wisata dengan destinasi wisata yang sangat beragam. Bahkan sebuah bendungan seperti Waduk Karangkates Malang telah bertransformasi menjadi sebuah tempat wisata Malang yang bagus dan hits.

Ya, bendungan yang terkenal dengan nama lain Bendungan Sutami ini kini ramai oleh banyak wisatawan. Rupanya bendungan ini lengkap dengan fasilitas. Misalnya jogging track, kolam renang, dan spot pemancingan.

Sekilas Tentang Waduk Karangkates

Waduk Karangkates dimana

Wisata alam Waduk Karangkates adalah sebuah danau buatan yang berfungsi sebagai sumber irigasi di Kabupaten Malang. Selain berperan sebagai sumber irigasi dan area tadah hujan, waduk ini berfungsi sebagai PLTA.

Letak waduk yang dikelilingi bukit hijau membuat panorama di sekitar waduk sangat apik. Banyak orang yang lalu mendatanginya sekedar untuk berfoto ria, piknik, dan memancing ikan.

Lambat laun, tempat ini menjadi destinasi wisata baru, khususnya eduwisata. Tiap akhir pekan dan libur nasional, area wisata lebih ramai daripada hari biasa. Dari pagi hingga sore, tempat ini selalu penuh pengunjung.

Kawasan ini juga sering menjadi tempat singgah bagi orang-orang yang sedang melakukan perjalanan liburan via paket wisata Malang Batu. Atau mereka yang sedang menempuh perjalanan biasa dari Blitar ke Malang dan sebaliknya.

Lokasi Waduk Karangkates

Letak Waduk Karangkates Malang berada di Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses menuju waduk ini terbilang sangat mudah karena berada di tepi jalan Malang-Blitar.

Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum maka bisa menggunakan kereta atau juga bus. Namun bila ingin lebih nyaman dan efektif, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi.

Rute yang dapat Anda tempuh agar bisa tiba di waduk ini yaitu via Jalan Nasional III dengan perkiraan waktu tempuh 60 menit. Untuk detail rutenya, Anda dapat gunakan bantuan Google Maps.

Bagi yang tidak ingin rumit, opsi terbaiknya adalah dengan menyewa kendaraan di Salsa Wisata. Telah tersedia berbagai pilihan paket sewa. Salah satunya adalah paket rental mobil Hiace Malang untuk rombongan.

Jam Buka Waduk Karangkates

Tempat wisata Jawa Timur Malang ini dapat Anda kunjungi di hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Hari Rabu libur untuk kepentingan pemeliharaan fasilitas dan pembersihan waduk.

Pastikan Anda datang sesuai dengan jam buka Waduk Karangkates. Jam bukanya mulai dari jam 03.00 sampai jam 15.00 WIB. Jadi, bagi Anda yang ingin menyaksikan sunrise dengan latar waduk, bisa datang pukul 03.00 pagi.

Harga Tiket Masuk Wisata Waduk Karangkates

Daftar harga tiket masuk Waduk Karangkates berbeda untuk kunjungan hari biasa dan kunjungan hari libur. Tiap wahana di sini juga memberlakukan biaya tiket tersendiri dengan nominal yang berbeda-beda.

Selain biaya tiket masuk dan tiket wahana, pengunjung yang membawa kendaraan juga harus membayar biaya parkir. Untuk info detail soal biaya, silahkan simak tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekdays Rp5.000,00 per orang
Tiket Masuk – Weekend Rp7.000,00 per orang
Tiket Masuk – Libur Nasional Rp10.000,00 per orang
Waterboom Rp5.000,00 per orang
Banana Boat Rp20.000,00 per orang
ATV Rp20.000,00 per orang
Buggy Adventure Rp25.000,00 per orang
Flying Fox Rp12.500,00 per orang

Jangan lupa siapkan budget lebih untuk belanja oleh-oleh khas Malang yang terkenal untuk keluarga di rumah. Di dekat lokasi wisata ini, ada banyak pilihan kios oleh-oleh yang menjual aneka buah tangan dan souvenir harga murah.

Daya Tarik Wisata Waduk Karangkates

Wisata waduk di Daerah Karangkates ini adalah tempat rekreasi yang perlu Anda kunjungi ketika berada di Malang. Selain mudah dijangkau, kawasan ini juga memiliki pesona yang tidak ada duanya.

Seperti beberapa daya tarik yang akan kami bagikan dalam ulasan berikut:

Menikmati Pemandangan

Sesampainya di waduk ini, Anda akan langsung disambut oleh pemandangan kolam raksasa yang mengagumkan. Di belakangnya, ada hamparan pegunungan yang dipenuhi oleh pepohonan hijau dan rindang.

Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari tempat untuk melepas penat dan lelah. Apalagi, bagi orang yang dalam perjalanan antar kota, lokasi ini bisa membuat Anda kembali segar.

Ada dua lokasi yang berbeda di bendungan ini, yaitu taman wisata di sebelah Utara dan Bendungan Lahor di sebelah Selatan. Khusus untuk lokasi yang berada di Selatan, tempat tersebut berfungsi sebagai sumber air.

Menaiki Perahu

harga tiket masuk Waduk Karangkates

Tidak hanya menyuguhkan wisata kuliner Malang yang enak saja, bendungan ini juga menyediakan berbagai wahana yang menarik seperti halnya perahu. Di sini ada berbagai perahu yang dapat Anda naiki.

Sempatkan diri Anda dan keluarga untuk mencoba wahana yang satu ini. Anda akan diajak untuk mengelilingi seluruh area bendungan terkecuali perairan di Bendungan Lahor yang tidak boleh dilewati oleh perahu.

Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing dan memiliki waktu longgar, maka bisa menyempatkan diri untuk memancing di bendungan ini. Anda bisa membawa peralatan memancing sendiri dari rumah.

Namun, apabila Anda lupa membawa alat pancing atau memang belum memilikinya, Anda bisa membeli peralatan pancing lengkap dengan umpannya di lokasi. Banyak warga lokal yang menjual peralatan memancing di sini.

Waterboom

Anda tidak akan menyesal datang ke bendungan ini karena banyak sekali wahana yang bisa Anda coba. Salah satu yang paling diminati pengunjung adalah waterboom atau kolam renang.

Ya, di area wisata ini sudah tersedia kolam renang untuk para pengunjung. Awalnya, hanya ada tiga kolam renang yang tersedia di sini. Namun karena banyaknya pengunjung yang datang maka ditambah menjadi enam kolam.

Tersedia kolam renang untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bahkan, jika Anda membawa balita, Anda bisa mengajaknya ke kolam yang dikhususkan untuk balita.

Mandi di kolam renang ini akan sangat menyegarkan. Apalagi dari kolam renang tersebut, Anda dapat menyaksikan keindahan bendungan yang menawan.

Berolahraga

Banyak warga lokal juga memanfaatkan area ini untuk berolahraga seperti jogging atau juga bersepeda. Di sini juga sudah disediakan jogging track yang mengelilingi tepian waduk.

Anda bisa berolahraga sambil berkeliling bendungan dan menikmati keindahan alam. Jadi, selain sehat, olahraga di sini juga sangat menyenangkan karena ditemani dengan pemandangan indah.

Menikmati Berbagai Wahana

Bendungan ini sudah menyediakan pilihan yang sangat komplit untuk para pengunjungnya. Selain aktivitas di atas, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana lainnya yang lebih menantang.

Di sini tersedia permainan flying fox untuk Anda yang ingin merasakan sensasi terbang dari ketinggian. Ada juga berbagai permainan outbond yang tentu saja menyenangkan.

Tidak lupa untuk sarankan Anda untuk jajal Camp Waduk Karangkates yang langsung menghadap waduk. Pastinya akan sangat indah, bukan?

Selain itu ada wahana lainnya seperti hot wheels, ATV, buggy adventure, dan lain sebagainya. Selepas lelah bermain wahana, kiranya akan lebih nikmat jika menyantap makanan khas Malang Jawa Timur di warung wisata di sini.

Fasilitas di Wisata Waduk Karangkates

wisata alam Waduk Karangkates

Menjadi area yang hits di kalangan masyarakat membuat tempat wisata ini terus meningkatkan kualitas layanannya. Saat ini, Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang terbilang lengkap di waduk ini.

Daftar fasilitas yang ada, yaitu:

  • tempat parkir kendaraan
  • mushola
  • toilet umum
  • kamar bilas
  • kamar ganti
  • wahana perahu
  • spot foto
  • warung makan

Berlibur di objek wisata terdekat seperti waduk ini bisa jadi pilihan. Apalagi jika Anda ingin berhemat, rasanya waduk ini sangat tepat Anda jadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Namun sebenarnya Anda tetap bisa berhemat meski Anda bersafari wisata ke berbagai tempat, termasuk ke objek wisata Waduk Karangkates ini. Tentu dengan dukungan paket wisata dari Salsa Wisata karena murah.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)