earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kabupaten Bandung Barat bukan hanya Lembang saja yang terkenal sampai di telinga para wisatawan. Melainkan masih ada beberapa objek wisata menarik lainnya yang tak kalah memukau. Waduk Saguling Cililin adalah salah satunya.

Waduk ini adalah salah satu bendungan terbesar di Provinsi Jawa Barat selain Waduk Jatiluhur.

Fungsinya kini tak hanya sebagai sumber irigasi dan PLTA saja. Bendungan ini juga menjadi sebuah objek wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi.

Sekilas Tentang Waduk Saguling

Waduk Saguling adalah sebuah bendungan buatan di Lembang, Bandung Barat, yang terletak di ketinggian 643 mdpl. Situs waduk ini merupakan satu dari tiga waduk yang membendung sungai terbesar di Jawa Barat, yaitu Sungai Citarum.

Waduk dengan luas 5600 Hektar ini pertama kali beroperasi pada tahun 1985 dan hingga kini masih berfungsi dengan sangat baik. Awalnya, waduk ini dibangun untuk keperluan proyek PLTA yang menargetkan pasokan listrik sebesar 1400 Megawatt.

Namun pemandangan alam sekitar yang sangat menarik menjadikan waduk ini populer hingga menjadi tempat wisata Bandung terbaru pada masa itu.

Kendati tergolong baru daripada Waduk Cirata dan Jatiluhur, spot-spot wisata yang ada di waduk ini tak kalah ikonik. Apabila Anda penasaran dengan daya tarik dan juga info wisata lain yang ada di waduk ini, simak terus ulasan lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik Waduk Saguling

Waduk Saguling Bandung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Waduk ini termasuk dalam list tempat wisata terkenal di kalangan wisatawan lokal dan wisatawan luar Bandung.

Dengan suasana yang sama dengan suasana di Lembang yang identik dengan udara dingin, sejuk, dan menyegarkan, menjadikan waduk ini begitu digemari oleh wisatawan.

Selain suasana alamnya yang begitu mendukung, ada juga beberapa hal menarik lainnya yang semakin membuat bendungan ini kian tenar. Berikut daftarnya:

Bunker Batujajar, Spot Selfie Incaran

Tepat di tepi waduk terdapat sebuah bunker peninggalan masa penjajahan Belanda atau Jepang. Para wisatawan boleh mengunjungi bunker ini jika sedang tidak digunakan untuk kegiatan latihan tembak para anggota TNI.

Lokasi bunker ini memang berada di kawasan militer TNI AD. Tak heran jika area sekitar bunker sering menjadi lokasi latihan tembak oleh para anggota TNI. Posisi bunker ini menyendiri di tengah-tengah hamparan rerumputan yang hijau.

Ditambah lagi ada waduk di dekatnya di mana Anda dapat melihat dengan jelas keindahan air waduk dari atas bunker. Jangan lupa rekam keindahan ini dengan memotretnya. Tak lupa juga untuk berswafoto dengan latar waduk yang indah.

Keliling Waduk dengan Perahu

Nikmati kejernihan air waduk dengan jalan-jalan mengelilingi area perairan danau dengan menggunakan perahu. Rasakan nuansa damai ketika berada di tengah danau.

Sentuhlah airnya dan rasakan kesejukannya. Suara gemercik air yang terbelah oleh badan perahu begitu menenangkan.

Dari kejauhan terlihat barisan pepohonan yang tampak kecil seiring menjauhnya perahu yang Anda naiki.

Saat hari sedang cerah, pemandangan hijau di sekitar waduk akan tampak serasi dengan birunya langit – atmosfer yang sama dengan yang Anda rasakan di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri.

Jalan-Jalan di Area Tambak

Jika Anda berminat, masih menggunakan perahu yang sama, Anda akan diajak ke area tambak milik warga. Tambak-tambak ini adalah pusat budidaya ikan air tawar yang berlokasi di area waduk.

Anda bisa membeli ikan air tawar yang Anda inginkan di sini. Harganya sangat murah dan jenis ikannya juga cukup banyak.

Ikan-ikan ini dapat Anda bakar lalu Anda santap di tepi danau. Atau boleh juga Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Dengan begitu, Anda tak perlu belanja oleh-oleh kekinian di luar sana.

Safari Wisata ke Objek Wisata Sekitar

Sekitar waduk terdapat beberapa spot wisata yang sangat menarik untuk Anda datangi. Tepatnya ada 3 danau atau semacam sendang. Ketiga sendang tersebut adalah Sanghyang Tikoro, Sanghyang Poek, dan Sanghyang Heuleut.

Konon ketiga tempat wisata terdekat ini merupakan pemandian para bidadari. Tempatnya sangat indah lantaran air danaunya sangat jernih.

Pulau Sirtwo

Wisata waduk ini rupanya mempunyai sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Sirtwo. Ukuran pulaunya kecil jadi aman untuk jalan-jalan dan eksplorasi di dalamnya. Anda bebas ke mana saja seakan pulau ini adalah pulau pribadi Anda.

Camping

Liburan di wisata waduk akan kurang seru rasanya jika tak melakukan camping. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk menikmati malam di area terbuka di dekat waduk.

Suasana sejuk di sekitar waduk ini tidak kalah dari camp area Barusen Hill yang ada di Ciwidey. Meski begitu, pastikan Anda memilih area camping yang tepat agar tetap nyaman dan juga aman.

Eksplorasi Kuliner Khas

Kulineran tentu menjadi aktivitas liburan yang paling ditunggu-tunggu dan kebetulan di daerah sini terdapat sebuah kuliner khas yang wajib Anda cicipi.

Sate Sangkuriang namanya. Menu sate ini hanya terdapat di Bale Apung Sangkuriang. Daging pada sate ini sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Bumbu pada makanan khas Bandung manis gurih khas bumbu kecap ini menggunakan bumbu khusus yang sudah terjaga secara turun temurun.

Wisata Kuliner di Floating Resto

Masih belum puas dengan Sate Sangkuriang? Tenang, Anda bisa langsung berpindah tempat ke pusat kuliner lainnya.

Ada satu rekomendasi pusat wisata kuliner Bandung terdekat, yaitu Floating Resto Napak Sancang yang letaknya di tengah waduk.

Menu utama yang tersedia di sini adalah ragam menu olahan ikan segar. Ikan-ikan olahan tersebut biasanya berasal langsung dari tambak ikan yang ada di waduk ini.

Fasilitas di Objek Wisata Waduk Saguling

Wisata Waduk Saguling

Sama halnya dengan objek wisata pada umumnya, waduk ini mempunyai daftar fasilitas penunjang kegiatan wisata yang memadai. Di antaranya adalah tempat parkir yang sangat luas, mushola, toilet umum, floating resto, dan pusat sewa perahu.

Tidak jauh dari area wisata waduk juga berdiri banyak penginapan berbagai kelas. Fasilitas yang tersedia tentu beragam sesuai dengan tarif menginap. Tipe penginapannya juga variatif. Ada yang tipe hotel berbintang, homestay, dan villa.

Harga Tiket Masuk Waduk Saguling

Wisata waduk ini sangat ‘ramah’ kantong karena gratis. Anda dan semua pengunjung yang memasuki lokasi wisata ini tidak harus membayar biaya tiket masuk sama sekali.

Namun untuk menyewa perahu, wisata kuliner, dan belanja ikan segar, ada biayanya tersendiri. Biasanya biayanya pun tidak terlalu mahal dan masih terjangkau, pas untuk liburan hemat di Bandung.

Rute Menuju Lokasi Waduk Saguling

Lokasi Waduk Saguling

Apabila Anda berminat untuk mengunjungi wisata waduk ini dalam waktu dekat, cek alamatnya terlebih dahulu. Setelah itu, cek rute terbaik untuk menuju alamat tersebut.

Adapun alamat lengkap waduk ini yaitu di Cibaregbeg Pasir Nangka, Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Untuk tiba di alamat ini, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa karena tak semua rute terlewati transportasi umum.

Bila Anda berangkat dari Jakarta, arahkan kendaraan Anda menuju Exit Tol Purbaleunyi di Daerah Padalarang. Arah selanjutnya yaitu Jalan Cimareme dan Kota Baru Parahyangan. Lalu ikuti Jalur Padalarang kemudian Ciburuy dan lanjut lagi ke Gunung Masigit.

Kemudian ke arah Citatah, Margaluyu, dan terakhir arah Cipatat. Tak jauh dari Cipatat, Anda akan segera memasuki area Rajamandala dan akan sampai di tujuan wisata.

Memang terlihat rumit, akan tetapi perjalanan akan terasa menyenangkan dan nyaman apabila menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi wisatawan luar kota, jauh lebih praktis jika menggunakan kendaraan sewa seperti kendaraan sewa dari Salsa Wisata. Kami menyediakan paket rental mobil yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk keperluan short trip bersama keluarga layanan rental mobil Hiace Bandung 24 jam bisa jadi pilihan. Jika Anda berminat, bisa langsung hubungi call center kami.

Jam Operasional Waduk Saguling

Wisata waduk ini buka setiap hari dan juga hari libur nasional selama 24 jam. Namun biasanya banyak wisatawan yang memilih untuk datang pada saat pagi hingga sore hari.

Waduk ini adalah destinasi liburan yang sangat ideal untuk keluarga. Tempat wisata ini menawarkan atraksi wisata super lengkap, mulai dari kuliner hingga spot berfoto.

Ajak keluarga tercinta untuk rekreasi ke wisata Waduk Saguling ini dengan layanan paket liburan Bandung murah dari Salsa Wisata. Dengan begitu liburan Anda pasti lebih mudah dan menyenangkan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)