SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Waduk Gajah Mungkur termasuk salah satu waduk dan PLTA terbesar yang ada di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Keindahan waduk ini bahkan mampu menyaingi tempat wisata di Solo yang lain seperti Waduk Cengklik atau Telaga Madirda.

Di tempat ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik sambil melihat keindahan alam yang tersaji di hadapan. Mulai dari berkeliling menggunakan perahu hingga menikmati kuliner khas semua bisa Anda lakukan.

Anda bisa mengunjungi Waduk ini dengan memanfaatkan paket wisata Solo yang ditawarkan Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Waduk Gajah Mungkur berikut ini:

Asal Usul Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur terletak di Kabupaten Wonogiri yang masih masuk ke dalam wilayah karesidenan Surakarta. Bendungan ini dinamakan Gajah Mungkur karena lokasinya yang berada di sekitar pegunungan Gajah Mungkur tepatnya pada sisi barat waduk.

Luas dari Waduk ini sekitar 8800 hektar dengan luas daerah tangkapan airnya mencapai 1.350 km.  Air waduk ini berasal dari beberapa sungai besar yang ada di Jawa Tengah seperti Bengawan Solo dan Sungai Tirtomoyo.

Pada proses pembuatannya waduk ini menenggelamkan sekitar 51 desa dari 6 kecamatan yang ada di Wonogiri. Lebih dari 67.515 penduduk harus tergusur dan direlokasi melalui program transmigrasi bedol desa dari pemerintah pada tahun 1976.

Pembangunan Waduk ini dilakukan pemerintah melalui kerjasama dengan perusahaan swasta dari Jepang. Prosesnya pun sudah direncanakan sejak tahun 1964 namun baru terlaksana pada tahun 1976 dan selesai di tahun 1981.

Dibutuhkan kurang lebih 2.500 pekerja dan juga 35 konsultan dari Jepang untuk bisa menyelesaikan bendungan ini. Waduk Gajah Mungkur baru diresmikan dan beroperasi pada tahun 1982 yang selanjutnya dimanfaatkan sebagai pengendali banjir dari luapan Bengawan Solo.

Selain itu waduk ini juga digunakan untuk mengairi sawah serta pasokan air minum di sejumlah kabupaten Karesidenan Surakarta. Waduk Gajah Mungkur pun menjadi pembangkit listrik tenaga air atau PLTA yang menghasilkan listrik sebesar 12.4 MegaWatt.

Lahan waduk yang luas pun bisa dimanfaatkan menjadi berbagai hal menarik termasuk untuk rekreasi dan aktivitas lainnya. Mengunjungi Waduk ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda yang bosan berlibur ke tempat yang biasa.

Daya Tarik dari Waduk Gajah Mungkur

Sejarah Waduk Gajah Mungkur

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bendungan terbesar yang berada di Kabupaten Wonogiri ini menyimpan banyak hal menarik yang bisa membuat liburan Anda semakin asyik. Berikut ini beberapa daya tarik serta kegiatan seru yang wajib Anda coba ketika berkunjung:

Menikmati keindahan Alam

Waduk yang berada di dekat pegunungan Gajah Mungkur ini memiliki pemandangan indah yang bisa Anda nikmati dari sisi manapun. Air waduk yang tenang terlihat indah sejauh mata memandang terlebih lagi kawasan sekitar yang rindang ditumbuhi pepohonan hijau.

Dari pinggir jalan sekilas Anda bisa melihat kecantikan dari Waduk Gajah Mungkur yang begitu mempesona. Keindahan ini pun semakin jelas terlihat saat Anda berkeliling menggunakan perahu di sekitar kawasan Waduk ini.

Angin sepoi-sepoi yang bertiup sangat nyaman terasa terutama saat Anda duduk santai dibawah pohon atau gazebo yang disediakan. Perasaan Anda pun menjadi tenang berkat pemandangan indah dari Waduk ini.

Memancing

Tidak jarang pengunjung yang datang memanfaatkan kawasan waduk yang luas sebagai tempat memancing berbagai jenis ikan. Ikan yang ada di waduk inipun terkenal dengan ukurannya yang besar dan dapat mencapai lebih dari setengah meter.

Biasanya ikan-ikan ini berasal dari tambak atau keramba milik warga yang lepas sehingga hidup bebas di kawasan waduk. Ikan seperti Tawes dan Nila menjadi yang paling mungkin Anda dapatkan selain beberapa jenis ikan lain.

Memancing di waduk inipun gratis, cukup membawa pancingan sendiri dan pilih spot terbaik, Anda sudah bisa memancing dengan bebas. Jika Anda ingin memancing di tengah waduk, tinggal sewa kapal yang banyak tersedia di sekitar waduk.

Rekreasi Bersama Keluarga

Selain melihat-lihat pemandangan sekitar, Waduk Gajah Mungkur juga bisa menjadi tempat rekreasi seru Anda bersama keluarga. Anda bisa berkunjung ke Taman Satwa Gajah Mungkur yang memiliki berbagai koleksi hewan menarik untuk dilihat.

Heran-hewan seperti gajah, merak, rusa, hingga kasuari bisa Anda temukan di Taman Satwa Gajah Mungkur ini. Anda pun dapat puas bermain air di Waterboom Gajah Mungkur yang memiliki banyak kolam dan wahana air seru.

Kolam arus yang panjang dan perosotan berbagai ukuran siap membuat liburan Anda dan keluarga di Waduk Gajah Mungkur terasa menyenangkan. Dengan fasilitasnya yang lengkap tersebut, anak-anak pun bisa puas dan betah berlama-lama bermain di Waduk Gajah Mungkur.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Foto Waduk Gajah Mungkur

Berkunjung ke Waduk ini pun sangat sayang bila tidak berfoto-foto terlebih dahulu di tempat-tempat menarik yang ada. Anda bisa menemukan banyak spot menarik yang bisa menjadi spot berfoto Anda seperti dermaga kapal yang terdapat di beberapa sisi waduk.

Jembatan yang mengarah ke tengah waduk ini terlihat indah terutama saat air waduk sedang penuh sehingga menutup sebagian dermaga tersebut. Selain itu taman-taman hijau dan rindang sekitar Waduk Gajah Mungkur juga bisa menjadi tempat berfoto menarik untuk Anda sambil bersantai.

Spot-spot selfie kekinian seperti omah jungkir, kursi berhias dan masih banyak lainnya juga menjadi favorit pengunjung untuk berfoto. Bahkan tidak jarang Waduk ini dimanfaatkan pengunjung untuk melakukan sesi pemotretan prewedding bersama pasangan.

Menikmati Kuliner di Warung Apung

Berkeliling dan menjelajah kawasan Waduk Gajah Mungkur yang luas tentu membuat perut lapar. Namun Anda tidak perlu khawatir karena banyak warung makan dan restoran menarik yang bisa Anda pilih.

Salah satu yang cukup populer adalah warung apung yang akan mengajak Anda menikmati berbagai macam makanan diatas restoran yang terapung. Menu makanan yang ditawarkan pun beragam seperti makanan khas Solo yang terkenal dan juga berbagai olahan ikan lezat.

Warung yang berada di atas bukit sekitar waduk pun tidak kalah menarik untuk Anda coba cicipi makanannya. Sambil makan Anda bisa melihat pemandangan indah waduk yang menawan dari ketinggian bukit.

Keunikan Waduk Gajah Mungkur

Hal unik dari Waduk ini bisa Anda lihat pada musim kemarau saat air waduk kering dan surut. Pada waktu tersebut sisa-sisa peninggalan desa yang ditenggelamkan untuk pembuatan waduk ini bisa terlihat dengan jelas.

Jalan-jalan kecil, jembatan, dan puing-puing rumah bisa terlihat dengan jelas sebagaimana jalan desa pada umumnya. Uniknya lagi kuburan-kuburan dari penduduk saat itu juga ikut muncul terlihat dan jadi pemandangan yang jarang terjadi.

Setelah puas melihat-lihat Anda juga bisa mampir sebentar ke toko-toko souvenir yang ada disekitar tempat parkir. Disini Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Solo dan sekitarnya seperti kerajinan tangan dan jajanan ringan.

Harga Tiket Masuk Waduk Gajah Mungkur

Tiket masuk Waduk ini dibedakan saat hari biasa dan juga weekend. Meski begitu, harganya tetap terjangkau dan murah untuk rekreasi Anda bersama keluarga, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekdays Rp10.000,00
Tiket Masuk Weekends Rp12.500,00
Sewa Perahu Rp10.000,00 per orang
Sewa Speedboat Rp100.000,00 – Rp150.000,00
Tiket Masuk Waterboom Rp15.000,00
Tiket Masuk Taman Satwa Rp15.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya yang Anda perlukan bila Anda ingin mengunjungi Waduk Gajah Mungkur.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata lain di Solo dan sekitarnya menggunakan paket dari Biro perjalanan dan wisata. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda sehingga selama liburan Anda bisa bersantai dan menikmati liburan dengan lebih tenang.

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Gajah Mungkur

Pintu masuk wisata Waduk Gajah Mungkur terletak di daerah Godean, Sendang, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Jaraknya sekitar 40 km dari Kota Solo dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan mobil.

Rute terbaik menuju Waduk ini bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan petunjuk dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil innova Solo atau biro perjalanan yang siap mengantarkan Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Waduk Gajah Mungkur

Kawasan wisata di Waduk ini bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIb hingga 17.00 WIB. Namun bila Anda ingin memancing atau sekedar bersantai di sekitar waduk bisa datang kapanpun Anda mau.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau atau pancaroba agar Anda bisa terhindar dari hujan yang mungkin turun. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan serta keunikan dari Waduk Gajah Mungkur dengan sempurna.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)