SalSari Resto & Coffee

Satu lagi tempat wisata yang lagi viral di Bandung yang wajib Anda kunjungi. Namanya Wayang Windu. Lokasi tempat wisata ini cocok banget untuk Anda bersantai dan melepas penat sambil menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang hijau nan indah.

Tapi, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru bersama keluarga dan para sahabat loh! Penasaran apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata yang satu ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Tentang Wayang Windu

wisata wayang windu panenjoan Bandung

Nama Wayang Windu berasal dari nama dua gunung berapi kembar yang mengapit lokasi wisata ini, yaitu Gunung Wayang dan Gunung Windu. Tempat wisata di daerah Pangalengan ini juga dikenal sebagai Wayang Windu Panenjoan (WWP).

Panenjoan merupakan bahasa Sunda yang berarti penglihatan. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini sangat cocok untuk melihat atau memandang hamparan kebun teh serta pegunungan yang indah.

Wisata alam ini berada di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 13 hektar. Sehingga tidak heran bila hawa di sekitar lokasi ini cenderung dingin. Bahkan, tak jarang pula hamparan kebun teh ditutupi kabut loh!

Konsep tempat wisata ini hampir mirip dengan Taman Langit Pangalengan, di mana para wisatawan bisa menikmati pemandangan indah sambil bersantai dan berburu foto aesthetic. Atau, bisa juga berkemah bersama keluarga dan teman-teman.

Tapi, WWP juga memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan tempat wisata lain.

Rute Menuju Lokasi Wayang Windu

WWP berada di daerah Pangalengan. Lebih tepatnya di Tarumajaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tidak begitu jauh Kolam Air Pana Sukaratu Pangalengan, Hutan Pinus Wayang Windu dan Kawah Wayang.

Agar perjalanan lebih efektif dan nyaman, disarankan agar para wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi. Atau bisa juga menggunakan layanan rental mobil Innova Zenix Bandung murah pada Salsa Wisata, agen travel organizer yang terpercaya dan selalu memberikan penawaran menarik.

Perjalanan dari pusat kota Bandung akan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Anda bisa mengambil beberapa jalur tol yang ada untuk tiba di lokasi.

Jika Anda keluar di Tol Moh Toha, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah kanan hingga tiba di daerah Pangalengan. Jika Anda keluar di Tol Ketapang, maka Anda bisa melaju ke arah Banjaran, Cimaung, hingga tiba di bunderan Pangalengan. Dari sana, Anda berbelok ke kiri hingga tiba di lokasi wisata.

Jam Buka Wayang Windu

Jam Operasional Pukul
Senin – Minggu 06.00 – 18.15 WIB

Harga Tiket Masuk Wayang Windu

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Rp3.000,00 – Rp5.000,00
ATV Rp50.000,00
Tiket Camping Rp20.000,00
Sewa Gazebo Rp20.000,00 – Rp30.000 per dua jam

Daya Tarik di Wayang Windu

daya tarik wayang windu panenjoan Bandung

Jembatan Kayu yang Ikonik

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah jembatan kayu yang terhampar di tengah kebun teh yang hijau. Panjangnya sekitar 100 meter dan terbuat dari kayu yang kokoh, sehingga mampu menopang puluhan wisatawan sekaligus.

Anda tentu saja bisa berjalan-jalan di atas jembatan kayu ini sambil mengabadikan panorama yang sangat indah. Terutama saat sunrise dan sunset. Di beberapa titik juga terdapat tempat duduk yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu spot foto atau sekadar beristirahat.

Selain di jembatan kayu, ada pula beberapa spot berfoto lainnya, seperti saung-saungan juga gazebo.

Trek Bersepeda yang Memacu Adrenalin

Lokasi WWP juga kerap dijadikan trek atau jalur bagi para atlet sepeda gunung. Bahkan, lokasi juga juga cukup sering digunakan sebagai trek untuk perlombaan olahraga sepeda loh! Tak heran bila lokasi WWP juga tidak terlalu jauh dari Wayang Windu Bike Park.

Ada beberapa jenis trek di WWP. Di antaranya ada trek Cross Country (XC), All Mountain (AM) dan Mini Down Hill (DH). Setiap jalur lintasan memiliki panjang sekitar 15 km dan tentunya melewati perkebunan teh. Asyik sekali bukan?

Mengendarai ATV dan Berkemah

Jika Anda tidak terlalu suka bersepeda, Anda bisa menyewa ATV untuk berkeliling kebun teh. Harga sewa sudah termasuk mengendarai ATV satu kali putaran di lintasan sejauh kurang lebih 1,2 kilometer.

Selanjutnya, Anda juga bisa berkemah di area khusus di WWP ini. Anda harus mengonfirmasi agenda berkemah ini minimal 1 jam sebelum kedatangan Anda. Jika tidak membawa peralatan atau perlengkapan berkemah, tidak perlu bingung. Sebab, ada kios menyediakan penyewaan tenda dan peralatan camping di sini.

Nah, itu adalah beberapa daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Wayang Windu Panenjoan. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata ini tentu saja pada saat sore hari, ketika matahari sudah mulai terbenam.

Sementara, jika Anda ingin menangkap momen matahari terbit, ada baiknya jika Anda berkemah semalam di lokasi ini. Dengan begitu, pengalaman yang didapatkan pun tidak akan terlupakan. Di sekitar kawasan ini juga masih ada beberapa tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi.

Agar perjalanan lebih efektif dan lengkap, Anda juga bisa memilih paket wisata Bandung untuk 2 orang yang sudah termasuk kunjungan ke beberapa lokasi wisata. Terutama bila Anda datang bersama keluarga. Dengan begitu, liburan akan semakin seru dan mengasyikkan!

Fasilitas di Wayang Windu

fasilitas wayang windu panenjoan Bandung

Secara keseluruhan, fasilitas yang ada di wisata Wayang Windu sudah cukup lengkap dan memadai. Berikut ini fasilitas yang ada di dalamnya.

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Wahana permainan

Demikian informasi singkat namun padat tentang salah satu objek wisata alam terkenal di Bandung. Anda bisa memilih destinasi ini sebagai tempat liburan utama Anda bersama keluarga.

Salsa Wisata memiliki layanan paket wisata untuk mudahkan liburan Anda. Dengan biaya murah, Anda tak perlu lagi memikirkan transportasi dan penginapan. Jelajah kuliner di pusat wisata kuliner Bandung malam hari pun bisa Anda lakukan dengan paket ini.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)