Air Terjun Sri Gethuk bisa menjadi alternatif wisata selain pantai dan Malioboro yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke Jogja. Di tempat ini Anda bisa merasakan segarnya air sungai yang masih jernih dan bersih di tengah pesona alamnya yang menawan.

Berbagai hal menarik bisa Anda lakukan di Sri Gethuk mulai dari berenang, menjelajah sungai, hingga melakukan permainan outbound seru. Tidak heran bila air terjun di Gunung Kidul ini menjadi salah satu tempat wisata Jogja favorit wisatawan.

Anda bisa mengunjungi Air Terjun ini dengan mudah menggunakan paket gathering Jogja yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Air Terjun Sri Gethuk berikut ini:

Sekilas Tentang Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun yang terletak di Gunung Kidul yang mengalir ke Kali Oyo. Tinggi air terjun ini sekitar 25 meter dan terbentuk dari batuan gamping yang telah berproses sekitar 2 hingga 15 juta tahun.

Sumber mata air Sri Gethuk berasal dari tiga mata air berbeda yakni Ngumbul, Kedung Poh, dan Ngandong. Ketiga sumber mata air tersebut bertemu dan jatuh melewati batuan karst yang ada di dinding sungai Kali Oyo.

Aliran sungai air terjun Sri Gethuk terlihat sangat tenang dan jernih sehingga sering digunakan wisatawan untuk berenang. Tumbuhan hijau yang tumbuh di sekitar tebing sungai dan air terjun semakin menambah asri dan sejuk suasana Sri Gethuk.

Namun saat musim hujan aliran sungai yang jernih kehijauan ini dapat berubah menjadi deras dan berwarna kuning keruh. Meski begitu tidak mengurangi minat wisatawan untuk melihat keindahan dan pesona alam air terjun ini yang menawan.

Misteri dan Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Penduduk sekitar sering menyebut Air Terjun ini dengan nama air terjun Slempret atau air terjun Bleberan. Penamaan Air Terjun Sri Gethuk sendiri tidak lepas dari mitos dan misteri yang beredar di Masyarakat mengenai keberadaan kerajaan jin.

Menurut penduduk, kawasan sekitar Air Terjun ini merupakan kerajaan jin Anggo Menduro sebab sering terdengar suara gamelan dimainkan. Suara gamelan tersebut akan menghilang saat ada orang yang berusaha mencari sumber suara berasal.

Dari suara gamelan tersebut bunyi alat musik kethuk dan slompret menjadi yang paling jelas terdengar. Sehingga air terjun ini diberi nama Sri Gethuk yang berasal dari kethuk atau Slempret dari kata slompret.

Sedangkan untuk nama Bleberan diberikan karena jumlah air yang turun dari tebing berubah ubah seperti air yang tumpah atau bleber. Saat musim hujan air terjun yang terbentuk dapat berjumlah tiga hingga lima buah yang menyebar ke setiap sisi tebing.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Jika Anda berencana mengunjungi Air Terjun ini ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang yang wajib Anda coba saat berwisata ke Air Terjun ini:

Trekking Menikmati Suasana Alam

Untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih dan salah satunya dengan berjalan kaki. Perjalanan tersebut harus Anda tempuh kurang lebih sejauh 450 meter melewati medan yang cukup menantang.

Anda harus menyeberangi sungai kecil yang menjadi hulu dari air terjun ini kemudian melewati pematang sawah milik warga. Setelah melewati pohon-pohon kelapa di pinggir sawah Anda masih harus menuruni 96 anak tangga agar bisa sampai ke air terjun.

Trekking menuju air terjun ini terasa semakin menyenangkan karena terdapat banyak spot menarik yang bisa Anda temukan. Tempat-tempat tersebut tersebar di sepanjang jalan menuju air terjun ini dan sering dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto.

Mengarungi Sungai

Selain berjalan kaki Anda bisa menuju air terjun Sri Gethuk dengan cara menyusuri Kali Oya hingga ke lokasi air terjun berada. Namun sebelum berangkat menggunakan kapal, Anda masih harus berjalan kaki sejauh 300 meter ke dermaga pemberangkatan

Setelah tiba di dermaga Anda akan dibawa mengarungi Kali Oya menggunakan rakit sederhana dari drum yang disusun bersama. Dari atas rakit Anda dapat melihat keindahan tebing hijau yang mengapit aliran sungai Kali Oya yang tenang dan jernih.

Suasana kali oya yang tenang membuat perjalanan yang Anda lakukan terasa seperti sedang berpetualang di tengah sungai Amazon. Pengalaman menyusuri aliran sungai Kali Oya ini menambah seru kunjungan Anda ke Air Terjun ini.

Berenang

Berenang di Air Terjun Sri Gethuk

Saat tiba di air terjun jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berenang dan bermain air di aliran sungai Oya yang tenang. Anda bisa menitipkan barang bawaan di atas rakit kepada petugas dan langsung menceburkan diri ke dalam sungai.

Untuk aktivitas ini wisatawan wajib mengenakan pelampung agar tidak tenggelam karena kedalaman sungai yang mencapai 7 hingga 11 meter. Meski menggunakan pelampung Anda tetap bisa bermain air dengan seru seperti misalnya mengambang santai di atas air.

Anda juga bisa melompat dari tebing air terjun dengan berbagai gaya langsung ke sungai yang cukup dalam. Dengan membawa action camera di tangan, Anda bisa mendapatkan gambar terbaik saat berenang di sekitar air terjun Sri Gethuk.

River Tubing

Ada banyak cara untuk mendapatkan keseruan saat berkunjung ke Sri Gethuk, salah satunya dengan mencoba aktivitas river tubing. Sambil duduk santai di tengah pelampung ban Anda bisa menyusuri sungai dari hulu ke hilir menikmati pemandangan sungai yang indah.

Aktivitas ini semakin seru bila dilakukan bersama-sama rombongan dimana Anda bisa membuat rangkaian ban yang panjang saat mengarungi aliran sungai. Sambil menaiki ban river tubing Anda juga bisa berfoto dengan berbagai gaya bersama-sama untuk mendapatkan gambar paling epik.

Menikmati Kuliner Khas

Setelah puas bermain air, saatnya untuk mengisi kembali tenaga dengan menikmati berbagai santapan lezat di warung-warung sekitar air terjun. Ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda nikmati mulai dari makanan khas Jogja selain gudeg seperti nasi tiwul hingga mie instan hangat.

Anda juga bisa membeli kuliner khas Gunung Kidul yakni Belalang Goreng sebagai oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama sebagai bukti Anda telah berkunjung. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung makanan yang Anda pilih.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Untuk masuk kawasan Air Terjun Sri Gethuk Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal cukup dengan beberapa ribu rupiah saja. Tiket ini bahkan sudah termasuk untuk masuk kedalam Goa Rancang Kencono yang tidak jauh dari lokasi.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp15.000,00
Naik Rakit Rp30.000,00
Sewa Ban Rp5.000,00
River Tubing Rp15.000,00
Paket Lengkap Rp30.000,00 – Rp50.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar di atas bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum mengunjungi Air Terjun ini.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja lainnya dengan menggunakan paket wisata yang ditawarkan Biro Travel. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan sehingga Anda bisa duduk tenang menikmati waktu bersantai di Jogja.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 33 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit berkendara.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Air Terjun ini dari lokasi Anda berada menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps. Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa hiace Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Air Terjun Sri Gethuk

Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi Sri Gethuk biasanya saat pagi hari menjelang siang sekitar pukul 09.00 WIB.

Jika Anda ingin berkunjung sebaiknya datang saat musim kemarau atau akhir musim penghujan agar air sungai terlihat jernih. Dengan begitu Anda bisa puas bermain air dan menikmati keindahan air terjun ini yang segar dan bersih.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)