Air Terjun Tukad Cepung merupakan air terjun unik dalam gua yang bisa Anda temukan di Bali. Air terjun ini telah menjadi salah satu Tempat wisata Bali favorit wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang tertarik dengan pesona indahnya.

Suasana alam sekitar yang masih asri dengan berbagai tumbuhan dan batuan membuat air terjun ini seperti belum pernah dikunjungi siapapun. Daya tarik inilah yang membuat air terjun Tukad Cepung begitu populer di kalangan wisatawan yang datang ke Bali.

Anda bisa mengunjungi air terjun ini dan destinasi lainnya dengan mudah menggunakan paket tour Bali yang ditawarkan biro perjalanan. Namun sebelum berkunjung mari simak terlebih dahulu beberapa  hal menarik yang telah menunggu Anda di Tukad Cepung Waterfall berikut ini:

Sekilas Tentang Air Terjun Tukad Cepung

Tukad Cepung Waterfall sedikit berbeda dengan kebanyakan air terjun karena berada di dalam goa yang membuatnya terlihat begitu eksotis. Tinggi air terjun Tukad Cepung ini sekitar 15 meter dan mengalir langsung dari tebing menuju bagian dalam gua.

Kata tukad dalam bahasa Bali sendiri berarti sungai, sedangkan cepung bisa diartikan sebagai aliran, sehingga bisa diartikan sebagai aliran sungai. Untuk melihat keindahan air terjun ini Anda harus turun terlebih dahulu menyusuri aliran sungai di dalam goa.

Meski disebut sebagai goa, area di sekitar Tukad Cepung Waterfall ini hanyalah dua tebing yang saling berdekatan hingga saling bertemu. Ditambah lagi batu dan tanaman yang tumbuh di sekitar air terjun masih terlihat alami dan tidak terjamah membuatnya begitu menawan.

Wisatawan yang datang akan dibuat terpesona dengan pemandangan indah sinar matahari yang masuk dari sela-sela dedaunan menuju air terjun. Pemandangan inilah yang membuat Tukad Cepung Waterfall menjadi destinasi unggulan di daerah Bangli dan dikunjungi banyak wisatawan.

Kegiatan Menarik Air Terjun Tukad Cepung

Tukad Cepung Waterfall

Air Terjun Tukad Cepung menyimpan banyak hal menarik untuk Anda lakukan saat berkunjung mulai dari menikmati alam hingga berfoto. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang wajib Anda coba lakukan saat mengunjungi Tukad Cepung Waterfall:

Ikut Melukat atau Penyucian Diri

Sebelum masuk menuju kawasan Tukad Cepung, ada ritual penyucian diri oleh petugas yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Penyucian ini dilakukan dengan cara memercikan air suci dalam upacara mesirat yang dilakukan petugas kepada setiap pengunjung yang datang.

Tujuan penyucian ini untuk memberi tanda pada diri yang telah bersih sebelum memasuki kawasan wisata Tukad Cepung Waterfall. Area sekitar Tukad Cepung ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk upacara melukat atau mandi untuk penyucian diri.

Biasanya upacara melukat dilakukan untuk membersihkan jiwa, badan, dan pikiran negatif yang masih melekat di tubuh manusia hingga kembali suci. Anda yang datang ke Tukad Cepung juga bisa mengikuti upacara melukat ini saat sedang berlangsung.

Air segar asli dari sumber mata air pegunungan terasa sangat menyejukkan badan dan mampu melepas penat Anda. Pengalaman mengunjungi Tukad Cepung akan menjadi salah satu pengalaman menarik yang bisa Anda lakukan selama liburan di Bali.

Trekking Menyusuri Sungai

Dari pintu masuk, pengunjung yang datang masih harus berjalan kaki menyusuri sungai sebelum tiba di Tukad Cepung Waterfall. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 15 menit melewati aliran sungai kecil setinggi mata kaki orang dewasa.

Sepanjang aliran sungai, Anda akan dibuat kagum dengan pemandangan sekitar sungai yang dikelilingi tebing batu berbentuk unik. Tanaman hijau yang menutupi tebing terlihat seperti sebuah penghias yang begitu menawan menemain perjalanan Anda menuju air terjun Tukad Cepung.

Area sekitar air terjun dan sungai yang bersih membuat perjalanan trekking Anda menyusuri sungai menuju Tukad Cepung terasa nyaman. Suara gemericik air yang terdengar seperti musik relaksasi akan menghilangkan perasaan bosan dan jenuh Anda dari rutinitas.

Trekking panjang selama 15 menit menuju Tukad Cepung akan menjadi pengalaman paling berkesan yang Anda lakukan selama liburan. Tidak ada salahnya untuk menjadikan Tukad Cepung Waterfall sebagai destinasi liburan Anda selama berkunjung ke Bali.

Menikmati Keindahan Alam

Setibanya di air terjun Anda akan takjub dengan pemandangan alam indah yang tersaji di hadapan Anda. Batu-batu besar dengan bentuk unik menghiasi bagian dasar sungai yang dialiri air jernih dari air terjun Tukad Cepung.

Cahaya sinar matahari yang masuk melalui celah tebing dan dedaunan tampak seperti cahaya surga yang masuk menyinari bagian dalam goa. Tumbuhan rambat serta lumut-lumut hijau yang tumbuh di sekitarnya menjadi penghias alami air terjun ini.

Kolam kecil yang menggenang tepat di bawah air terjun terlihat berkilau terkena sinar matahari. Ditambah lagi air terjun jernih Tukad Cepung yang jernih jatuh perlahan dari atas ke bawah seperti sebuah tirai.

Suasana air terjun Tukad Cepung yang menenangkan mampu menghipnotis siapapun yang datang merasa santai dan terpana. Anda tidak akan dibuat kecewa saat datang mengunjungi Tukad Cepung Waterfall selama liburan di Bali.

Berfoto dan Bermain Air

Tukad Cepung Waterfall sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan Bali sebagai tempat paling instagenic. Banyak sekali spot menarik yang bisa Anda pilih untuk berfoto dan mendapatkan gambar terbaik saat mengunjungi air terjun ini.

Salah satu spot yang cukup populer adalah batuan besar yang berada dekat dengan air terjun. Spot ini memperlihatkan dengan jelas bagaimana indahnya sinar matahari yang menyinari air terjun dari dalam goa dan celah batu.

Bahkan banyak sesi pemotretan prewedding turis mancanegara dilakukan di dekat air terjun Tukad Cepung. Selain digunakan untuk berfoto, tidak sedikit pula wisatawan yang sengaja datang untuk bermain air di sekitar area air terjun yang dangkal.

Aliran air yang tidak terlalu deras relatif aman untuk bermain air, bahkan Anda bisa berdiri langsung di bawah air terjun. Airnya yang segar terasa begitu menyejukan saat membasahi bagian tubuh Anda seolah membawa pergi rasa pegal dan capai setelah berjalan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tukad Cepung

Untuk masuk kawasan air terjun Tukad Cepung, Anda tidak harus membayar mahal karena biayanya masih sangat terjangkau. Anda juga bisa meminta jasa pemandu yang tidak mematok tarif tertentu untuk jasanya, lebih jelasnya perhatikan tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Jasa Tour Guide Sukarela

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya dan pertimbangan saat akan mengunjungi Tukad Cepung Waterfall.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi destinasi wisata Bali lainnya dengan menggunakan Paket Wisata dari biro perjalanan. Paket ini memungkinkan Anda mencoba berbagai macam makanan khas Bali yang enak dan terkenal atau membeli oleh-oleh khas Bali yang Anda inginkan selama liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Tukad Cepung

Tukad Cepung Waterfall terletak di Jl. Tembuku, Dusun Penida Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli dekat dengan Bali Safari Marine Park. Jaraknya sendiri sekitar 40.5 km dari Kota Denpasar dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan melewati jalur menanjak.

Anda bisa mendapatkan rute terbaik menuju Tukad Cepung Waterfall menggunakan petunjuk navigasi Google Maps dari titik Anda berada. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil innova reborn Bali atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Air Terjun Tukad Cepung

Anda bisa mengunjungi Tukad Cepung Waterfall setiap hari mulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini berlangsung saat siang menjelang sore sekitar pukul 15.00 WITA.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau atau cuaca cerah agar perjalanan Anda tidak terhambat hujan atau banjir yang mungkin terjadi. Dengan begitu Anda bisa bebas menjelajah dan menikmati keindahan alam Tukad Cepung Waterfall yang indah menawan hingga puas.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)