SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bagi para jomblo mungkin beranggapan semua malam sama. Namun bagi yang sudah memiliki pasangan, malam minggu sering mereka manfaatkan untuk jalan berdua dengan pacar atau pasangan. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Alun-Alun Sragen bisa jadi tempat rujukan terbaiknya.

Selain menyuguhkan pemandangan kota yang indah di malam hari, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke alun-alun kota. Seperti sejumlah kegiatan berikut yang telah kami rangkum di bahasan di bawah ini.

Namun sebelum membahas soal kegiatan menarik tersebut, silahkan simak informasi sekilas tentang salah satu alun-alun kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini.

Sekilas tentang Alun-alun Sragen

Berdasarkan catatan sejarahnya, dahulu Alun-Alun Sragen ini merupakan lapangan tenis yang statusnya adalah milik PT.KAI dan bernama Lapangan Sukowati karena letaknya tepat di pinggir Jalan Sukowati.

Selanjutnya pada tahun 1970-an, tepatnya di masa pemerintahan Bupati Sayyid Abbas (1975-1980), lokasi tersebut berubah fungsi menjadi sebuah alun-alun kota dengan nama Sasana Langen Putro. Nama dari alun-alun tersebut berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang memiliki makna tempat favorit anak-anak.

Sejak awal pencetusannya sampai saat ini, alun-alun ini hampir setiap hari ramai oleh pengunjung dari Kota Sragen sendiri dan juga kota-kota sekitarnya.

Bahkan saat ini taman pusat kota ini telah berubah menjadi sebuah lokasi wisata Kota Sragen yang cukup hits. Pada hari libur, tempat ini selalu ramai oleh masyarakat yang ingin sekedar duduk-duduk atau menikmati makanan khas di sana.

Faktanya, makanan-makanan asli Sragen seperti Intip, Botok Mercon, dll tak kalah nikmat dengan citarasa makanan khas Solo yang wajib dicoba dan murah. Maka dari itu, Anda tak boleh melewatkan momen kulineran di deket alun-alun kota ini.

Daya Tarik Alun-alun Sragen

Daya Tarik Alun-alun Sragen

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Area alun-alun ini menjadi salah satu lokasi paling favorit yang masuk di daftar destinasi wisata Kota Sragen malam hari yang wajib wisatawan kunjungi.

Layaknya Alun-Alun Klaten, alun-alun ini memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas ini biasanya terintepretasikan melalui daftar daya tarik yang ada.

Apa saja daya tarik di alun-alun kota ini? Ikuti informasinya di bawah ini:

Air Mancur

Terdapat dua buah air mancur berukuran cukup besar yang cukup dekat dengan pintu masuk. Desainnya sendiri sangat menarik dan terlihat berbeda dari air mancur pada umumnya.

Bagian dinding air mancurnya terbuat dari salah satu batuan yang disusun sehingga membuatnya semakin terlihat estetik. Di sekitar lokasi ini sangat cocok dijadikan sebagai background foto yang bagus.

Spot Foto Instagramable

Desain dari salah satu destinasi wisata favorit Sragen ini cukup unik. Di bagian kiri dan kanan tulisan Sragen, terdapat bangunan yang bentuknya seperti gading gajah.

Penempatannya dibuat berderet yang membuatnya tampak begitu unik dan menarik. Biasanya di sekitarnya digunakan pengunjung untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar atau berfoto-foto.

Desain alun-alun ini mengaplikasikan sebuah ide lapangan yang luas di mana bagian tengahnya membentuk pola bunga cantik. Polanya tampak seperti bunga matahari jika dilihat dari ketinggian.

Area Bersantai

Konsep utama taman tengah kota ini berupa area terbuka dan terekspos dari jalan raya. Anda bisa membayangkan desain layaknya lapangan tenis outdoor yang luas dan bentuknya persegi panjang.

Hanya saja, tambahan air mancur dan tanaman yang mengelilinginya membuat lokasi ini terlihat seperti taman daripada sebuah lapangan tenis outdoor. Biasanya pengunjung akan duduk bersantai di sekitar air mancur atau sekitar pintu masuk.

Penjual Berbagai Jajanan

Meski tidak begitu banyak, namun pada hari-hari tertentu ada penjual jajanan yang berjajar di sekitar lokasi. Anda bisa menikmati makanan yang mungkin tidak bisa Anda jumpai di daerah lain.

Tidak jauh dari lokasi itu, pengunjung juga bisa menemukan berbagai warung yang menjual oleh-oleh khas dari Kota Sragen. Pastikan untuk berbelanja beberapa jenis oleh-oleh untuk Anda bawa pulang dan Anda bagikan ke sanak saudara.

Seperti oleh-oleh keripik tempe asli Sragen ini. Rasanya sangat gurih dan cocok untuk disantap sebagai camilan atau pelengkap hidangan utama. Bentuk, bahan utama, dan citarasanya sama persis dengan keripik tempe oleh-oleh khas Depok di Margonda. Anda bisa bandingkan jika penasaran dengan keduanya.

Area yang Asri dan Bersih

Anda akan menemukan pepohonan rindang yang tumbuh dengan suburnya di sekeliling lokasi. Penataan ini membuat udaranya cukup sejuk dan cocok untuk berteduh saat hari sedang terik.

Kebersihannya juga terjaga karena ada petugas khusus yang secara berkala membersihkan lokasi tersebut. Demi kebersihan area hijau terbuka ini, pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Apabila tidak menemukan tempat sampah, Anda bisa menaruh sampah di kantong plastik tersendiri untuk dibuang di tempat sampah di tempat lain.

Fasilitas di Alun-alun Sragen

Alun-alun Sragen Malam Hari

Guna meningkatkan kenyamanan pengunjung, destinasi wisata hits ini kini sudah mempunyai berbagai jenis fasilitas pendukung seperti mushola, toilet, area parkir luas, dan juga dekat dengan penginapan.

Saat berada di sana setidaknya mampir ke tempat wisata kuliner terkenal untuk mencicipi olahan hidangan khas Sragen. Pilihan makanannya juga terbilang bervariasi dan harganya sebagian besar ramah di kantong.

Trancam Mbah Pin adalah salah satu yang terfavorit pilihan wisatawan. Warung makan ini tak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi ketika akhir pekan dan musim liburan.

Menu trancamnya juara, seenak sajian trancam yang dijual di salah satu tempat makan hits di Gunung Kidul, yaitu Lesehan Nasi Merah Pari Gogo.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Sragen

Sebab merupakan salah satu sarana umum, siapa saja bisa berkunjung ke sana tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Dengan kata lain, harga tiket masuk Alun-Alun Sragen adalah nol rupiah. Hanya saja memang saat menggunakan beberapa fasilitas, pengunjung akan dikenai biaya. Misal, biaya setelah menggunakan toilet umum.

Biasanya di area alun-alun ini juga ada tiga badut yang mengajak pengunjung untuk berfoto bersama. Untuk dapat berfoto bersama badut-badut ini, ada biaya tersendiri. Biayanya cukup murah. Sementara untuk biaya parkir, tidak juga mahal; Tergantung kendaraan apa yang Anda gunakan.

Berikut info lengkap biaya yang harus Anda ketahui sebelum menikmati keseruan berwisata di komplek alun-alun kota kecil di Jateng ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Sebenarnya akan menghemat pengeluaran jika Anda berkunjung dengan memanfaatkan jasa rental mobil terdekat dan murah di sekitaran kota. Tersedia banyak pilihan tipe mobil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan baik kapasitas besar maupun kecil.

Setiap harinya, alun-alun buka 24 jam sehingga pengunjung bisa kapanpun mampir dan menikmati berbagai layanan di sana. Jangan lupa untuk membawa uang tunai yang cukup karena saat malam hari biasanya ada banyak kuliner yang menggoda lidah.

Rute Menuju Lokasi Alun-alun Sragen

Lokasi Alun-alun Sragen

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata favorit ini, ada baiknya mengetahui rutenya. Lokasi Alun-Alun Sragen sendiri terletak di Jalan Sukowati No. 2, Mageru, Sragen Tengah, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Anda bisa berangkat dari Jalan Maospati – Solo, lurus ke arah Jalan Sukowati. Nantinya akan melewati Toko Bahan Kue Cocoa Sragen, dari situ letak alun-alun sudah tidak jauh lagi. Jaraknya hanya sekitar 3,4 KM.

Menghabiskan waktu di daerah Jawa Tengah rasanya kurang jika hanya mengunjungi satu tempat saja. Anda bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata lainnya yang ada di Kota Sragen.

Untuk mengetahui daftar  rekomendasi wisata di Jawa Tengah, Anda dapat mencarinya secara online via Google atau bisa juga via daftar rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah dari situs Salsa Wisata.

Jam Buka Alun-alun Sragen

Tiap alun-alun kota akan terus beroperasi tanpa ‘tidur’ selama 24 jam. Begitu pula dengan jam buka Alun-Alun Sragen yang terus ramai selama 24 jam. Dari hari Senin sampai Minggu dan juga saat libur nasional, masyarakat atau wisatawan dapat bebas mendatangi alun-alun ini.

Alun-alun biasanya akan lebih ramai saat libur akhir pekan, tanggal merah, atau hari-hari spesial tertentu. Misal hari-hari menjelang hari peringatan besar, konser musik, dll.

Lokasi alun-alun kota kecil ini juga kerap jadi lokasi transit para wisatawan yang tergabung dalam sebuah paket liburan keluarga seperti yang ditawarkan oleh sebuah travel organizer ternama dan berpengalaman, Salsa Wisata. Ada banyak pilihan layanan paket liburan dari Salsa Wisata yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan.

Itulah sekilas informasi mengenai kompleks alun-alun di kota kecil Sragen, Jateng ini. Tempat ini merupakan destinasi wisata hits bagi kalangan anak muda. Jika ingin mengunjungi tempat lain di Jawa Tengah, Taman Bunga Colosia bisa menjadi pilihannya.

Taman bunga ini siap memberikan keindahan dalam bentuk lain setelah Anda puas menikmati suasana romantis dan pemandangan yang syahdu di Alun-Alun Sragen malam hari.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)