Kota Surakarta atau yang lebih sebagai Kota Solo merupakan kota wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai macam tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Solo mulai dari wisata sejarah, budaya, edukasi, hingga wisata kuliner.

Maka tidak heran bila banyak Biro Perjalanan yang menawarkan paket wisata Solo dan menjadikan  kota ini sebagai destinasi berlibur. Khusus untuk wisata Kuliner, Kota Solo memiliki tempat menarik yang wajib untuk Anda kunjungi yakni Galabo.

Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai macam makanan khas Solo dengan harga murah namun rasanya tetap nikmat. Diantara sekian banyak wisata kuliner Solo yang ada berikut ini 18 rekomendasi makanan khas Solo yang wajib dicoba saat berkunjung.

Daftar Makanan Khas Solo yang Enak Wajib Kamu Coba

Selat Solo

Selat Solo

Belum berkunjung ke Solo bila Anda belum mencoba makanan khas nya yang sangat terkenal yakni Selat Solo. Makanan yang dipengaruhi budaya Eropa khususnya Belanda ini memiliki citarasa yang berbeda dengan salad meski memiliki nama yang mirip.

Bila salad hanya berisi sayur mentah dengan bumbu, Selat Solo ini lebih mirip dikatakan sebagai bistik karena disajikan bersama daging. Sayur-sayuran seperti buncis, kentang, selada, tomat dan lainnya disiram kuah kecap manis dengan tambahan mayonaise dan daging.

Campuran rasa eropa dari mayonaise dan daging berpadu dengan baik bersama kuah manis ala jawa dalam tiap suapan. Anda bisa menikmati satu porsi Selat Solo ini dengan harga bervariasi mulai dari Rp3.000,00 hingga Rp15.000,00.

Timlo Solo

Timlo Solo

Makanan Khas Solo yang sangat wajib Anda coba adalah Timlo Solo yang terinspirasi dari masakan Tionghoa yakni Sup Kimlo. Namun berbeda dengan Kimlo, isian dari Timlo ini lebih bervariasi dan sangat cocok untuk menjadi teman makan nasi.

Dalam kuahnya yang gurih, Anda bisa menikmati ati ampela, sosis solo, daging ayam, hingga telur pindang yang pasti sangat lezat. Banyak yang menyebut rasa Timlo Solo ini mirip dengan gabungan antara kuah soto dan juga sup yang begitu menyegarkan.

Salah satu tempat legend untuk menikmati Timlo ini adalah warung Timlo Sastro yang ada di Jl. Urip Sumoharjo Kota Solo. Satu porsi Timlo ini hanya dibandrol dengan harga Rp15.000,00 lengkap dengan berbagai isian yang Anda inginkan.

Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi Liwet Solo mungkin sudah sangat akrab bagi Anda karena banyak sekali warung-warung yang menjual makanan ini diluar kota Solo. Salah satu warung Nasi Liwet di Solo yang cukup terkenal adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jl. Teuku Umar.

Nasi dengan rasa gurih yang dimasak langsung di ketel ini disajikan bersama labu siam, ayam suir, telur dan kuah kental. Penyajiannya pun cukup unik yakni dengan menggunakan pincuk atau daun pisang sebagai alas nasi dan berbagai lauk lainnya.

Rasa gurih dengan cara penyajian yang unik membuat kesan tradisional yang lezat begitu terasa di makanan satu ini. Harga satu porsi lengkapnya sekitar Rp15.000,00 tidak jauh berbeda dengan harga Nasi Liwet di Jakarta.

Sup Matahari

Sup Matahari

Sup Matahari termasuk makanan khas Solo yang biasanya bisa Anda temukan saat acara pernikahan berlangsung. Masyarakat sekitar juga sering menyebut Sup Matahari ini dengan sebutan
sup bunga matahari karena bentuk penyajiannya yang unik.

Bahan-bahan sup seperti wortel, jamur tiram, kentang, ayam dan lainnya disusun di tengah telur dadar yang berbentuk menyerupai kelopak bunga. Rasa gurih dari kuah sup terasa sangat nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

Makanan ini pun mudah sekali untuk dibuat, Anda bisa mendapatkan resep sup matahari khas Solo dari berbagai sumber di Internet. Namun bila Anda tidak ingin repot cukup siapkan uang Rp8.000,00 untuk satu porsi Sup Matahari.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Serabi termasuk jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia dan salah satu yang paling terkenal adalah Serabi Solo. Meski bentuknya mirip dengan serabi Bandung atau serabi dari daerah lainnya, Serabi Solo ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Kue dari bahan tepung beras ini dimasak di tungku khusus serta memiliki rasa legit yang gurih dari santannya yang pekat. Bahkan sekarang sudah mulai banyak variasi rasa yang bisa dipilih seperti coklat, pandan, dan lainnya.

Tempat legend untuk membeli serabi ini berada di daerah Notosuman, sehingga banyak orang mengenal serabi Solo ini sebagai Serabi Notosuman. Anda bisa menikmati kuliner khas Solo ini dengan harga murah yakni Rp2.000,00 untuk satu potongnya.

Sate Kere

Sate Kere

Popularitas Sate Kere semakin terkenal saat Presiden Jokowi menyebut makanan ini sebagai makanan favoritnya di Kota Solo. Cita rasa khas dari sate berbahan dasar tempe gembus ini mampu membuat lidah Anda bergoyang.

Pada awalnya sate ini muncul karena sate daging sangat mahal dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan menengah ke atas. Akhirnya dibuatlah Sate Kere yang secara harfiah berarti satenya orang miskin agar masyarakat menengah ke bawah bisa menikmati rasa sate.

Meski sejarahnya cukup menyedihkan, makanan ini sekarang menjadi favorit untuk dinikmati semua kalangan yang berkunjung ke Solo. Satu porsinya pun dibanderol dengan harga yang murah yakni sekitar Rp5.000,00 hingga Rp8.000,00 saja.

Brambang Asem

Brambang Asem

Brambang Asem juga masuk dalam daftar makanan khas Solo lezat dengan harga murah yang wajib Anda cicipi. Bahan utamanya adalah kangkung atau daun pucuk ubi yang sudah direbus dan juga bacem tempe gembus.

Hal yang membuat hidangan ini istimewa adalah sambal brambang asem yang disiram ke kangkung yang sudah direbus tadi. Rasa asam pedas dari sambal bawang dan asem jawanya dapat menambah nafsu makan Anda.

Brambang Asem bisa dengan mudah Anda jumpai di daerah Pasar Gede Hardjonagoro tepatnya di warung Brambang Asem Yu Sum. Harganya pun sangat terjangkau hanya Rp3.000,00 per porsinya jadi Anda bisa makan sepuasnya.

Tahok

Tahok

Saat hujan, Tahok khas Solo ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan badan Anda. Makanan yang berasal dari budaya masyarakat Tionghoa ini begitu diminati karena rasanya yang hangat dan lembut di mulut.

Bahan utama dari hidangan ini adalah sari kedelai yang sudah menjadi agar-agar kemudian diberi kuah jahe. Sari kedelai yang lembut dan pecah dimulut menjadi sensasi tersendiri saat Anda mencicipi makanan Khas Solo satu ini.

Jika Anda ingin menikmati hangatnya Tahok ini bisa datang ke Tahok Pak Citro yang berada di Jl. Suryopranoto Kota Solo. Cukup dengan uang Rp8.000,00 Anda sudah bisa menikmati semangkuk hangat Tahok khas Solo ini.

Tahu Kupat

Tahu Kupat

Tahu Kupat khas Solo ini berbeda dengan Kupat Tahu yang berasal dari Magelang. Perbedaan utama terletak pada tambahan mie kuning pada Tahu Kupat dan juga bumbu siram yang digunakan.

Tahu Kupat menggunakan kuah kecap khusus yang membuat sajian ketupat dan tahu goreng ini terasa manis. Anda juga bisa bebas menambahkan sambal ataupun toping tambahan seperti telur dadar agar rasa Tahu Kupat ini semakin nikmat.

Salah satu warung terkenal untuk mencicipi Tahu Kupat Solo ini adalah warung Sido Mampir No 95 Jl. Gajahmada Solo. Satu porsinya pun cukup murah mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp12.000,00 untuk toping lengkap.

Bakso Solo

Bakso Solo

Bakso sudah menjadi makanan umum bagi masyarakat Indonesia, berbagai jenis bakso bisa Anda temukan dan Bakso Solo termasuk salah satunya. Ciri khas bakso ini adalah bahan pembuatannya yang 90 persen murni berasal dari daging sapi sehingga terasa begitu nikmat.

Selain itu bakso ini biasanya disajikan bersama dengan balungan iga sapi, bakwan, dan juga goreng tahu yang menambah cita rasa.  Salah satu tempat yang cukup terkenal untuk menikmati hidangan ini adalah Bakso Solo Samrat di Jl. Prof. Dr. Satrio, Solo.

Kuah baksonya yang khas membuat bakso samrat selalu menjadi pilihan destinasi kunjungan yang ditawarkan sejumlah tempat sewa bus pariwisata Solo. Harga Bakso Solo Samrat ini pun beragam mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp63.000,00 tergantung pilihan menu.

Tengkleng

Tengkleng

Masakan yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia ini ternyata berasal dari kota Solo. Menurut sejarah, juru masak dan juga pekerja yang tidak mampu menikmati daging kambing mengolah tulang sisa potongan kambing menjadi masakan.

Hidangan yang dibuat itulah yang saat ini dikenal sebagai Tengkleng Kambing Solo. Sekilas bentuknya mirip dengan gulai namun dengan kuah yang lebih encer dan daging kambing yang masih melekat pada tulangnya.

Salah satu tempat Tengkleng Solo terkenal adalah Tengkleng Solo Pak Manto yang ada di Jl. Honggowongso, Kota Solo. Harga satu porsi Tengkleng ini bervariasi mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung tempat dan juga porsi.

Soto Gading

Soto Gading

Kembali ke makanan berkuah, Solo memiliki satu lagi makanan lezat favorit Presiden Jokowi yakni Soto Gading. Soto ayam dengan kuah bening ini tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya bila dilihat sekilas.

Namun cita rasa yang khas serta pilihan lauk-pauknya yang beragam membuat soto ini begitu terkenal di masyarakat. Soto ini juga sering disebut sebagai soto kwali Solo karena pembuatan sotonya yang masih menggunakan kuali besar.

Anda bisa mengunjungi warung makan Soto Gading ini di Jl. Brigjen Sudiarta Kota Solo yang buka setiap hari. Satu mangkok Soto Gading ini dihargai sekitar Rp12.000,00 sehingga tidak terlalu menguras dompet Anda saat berlibur.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak merupakan makanan tradisional khas Solo yang bisa menjadi selingan Anda untuk mengganjal lapar. Potongan tipis ketupat yang disiram saus wijen khusus ini terasa sangat nikmat saat disantap bersama kerupuk karak.

Saus wijen gurih perpaduan antara parutan kelapa serta kemiri yang telah disangrai dengan biji wijen ini memberi cita rasa yang khas. Kesan tradisional dan sederhana dari makanan ini juga semakin terasa karena disajikan diatas daun pisang dan disantap dengan tusukan lidi.

Harga dari Cabuk Rambak ini pun sangat terjangkau karena hanya sekitar Rp4.000,00 untuk satu porsinya. Anda bisa menemukan Cabuk Rambak dengan mudah di kawasan Galabo Kota Solo dekat Benteng Vastenburg.

Sate Buntel

Sate Buntel

Solo juga memiliki hidangan sate khas yang wajib untuk Anda coba yakni Sate Buntel. Sajian sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena daging yang digunakan bukan ditusuk melainkan dibuntel pada tusukan sate.

Daging pertama-tama digiling kemudian dibungkus bagian lemak tipis sebelum akhirnya dipanggang di bara api. Setelah matang Sate Buntel ini disajikan dengan sambal kecap manis, merica, dan juga irisan tomat segar.

Dagingnya yang lembut dan rasa sambal kecap yang sedap membuat hidangan ini banyak dicari wisatawan. Harga satu porsinya pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp25.000,00 untuk 10 tusuk sate dan seporsi nasi. Anda bisa menikmati sate yang enak di Solo ini di beberapa tempat wisata Solo hits.

Bubur Tumpang

Bubur Tumpang

Makanan khas Solo yang tidak kalah menarik dan juga lezat adalah Bubur Tumpang. Bubur ini terbilang unik dan berbeda dengan bubur pada umumnya karena menggunakan sambal tumpang yang sangat khas.

Sambal ini terbuat dari tempe semangit atau besem yang dicampur dengan cabai, sereh, daun salam, kencur, dan juga jeruk. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat sebagian orang juga menyebut bubur ini sebagai jenang lemu.

Anda bisa menikmati bubur tumpang ini dengan daging baik itu ayam maupun sapi lengkap dengan kerupuk dan peyek. Harga satu porsinya juga murah hanya sekitar Rp5.000,00 untuk satu porsi Bubur Tumpang.

Sup Galantin

Sup Galantin

Solo memiliki satu variasi sup yang sangat nikmat dan wajib Anda coba saat berkunjung yakni Sup Galantin. Bila dilihat sekilas, sup terlihat sama dengan sup seperti biasanya hanya saja terdapat tambahan potongan galantin di dalam sup.

Galantin sendiri merupakan olahan daging ayam dan juga roti tawar dan berbentuk seperti sebuah sosis. Rasa dari rempah serta kaldu ayam yang pekat membuat sup ini menjadi pasangan nikmat bersama nasi putih hangat.

Anda bisa menemukan dengan mudah sajian sup galantin ini di berbagai rumah makan yang ada di Solo. Harganya pun cukup bersahabat hanya sekitar Rp10.000,00 untuk satu mangkok Sup Galantin tanpa nasi.

Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih

Selain makanan, Kota Solo juga memiliki sajian jajanan nikmat untuk menemani makan-makan Anda, salah satunya Es Dawet Telasih. Bahan utama dari es dawet ini adalah ketan hitam, biji telasih, gula cair, santan dan juga jenang sumsum.

Perpaduan antara setiap bahan tersebut terasa segar dan dapat menghilangkan rasa haus Anda di siang hari. Es dawet ini pun menjadi hidangan favorit presiden Jokowi ketika sedang berkunjung ke Solo.

Jika Anda ingin menikmati Es Dawet Telasih terbaik bisa datang ke Pasar Gede tepatnya di lapak Es Dawet Telasih Bu Dermi. Cukup dengan Rp8.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan satu mangkok segar Es Dawet Telasih ini.

Es Gempol

Es Gempol

Hidangan khas Solo yang juga wajib untuk Anda coba adalah Es Gempol yang merupakan perpaduan antara gempol dan santan. Gempol sendiri merupakan adonan tepung beras yang dibentuk dengan jempol baru kemudian dikukus setelah diberi pewarna makanan.

Rasa manis dan gurih dari santan serta gula jawa cair membuat Es Gempol bisa menjadi makanan penutup yang sangat nikmat. Es Gempol yang cukup terkenal adalah Es Gempol Pleret yang berada di jl. Dr Wahidin, Purwosari.

Namun Anda juga bisa menemukan jajanan ini di daerah Pasar Gede atau Galabo dengan harga yang sangat murah. Cukup dengan uang Rp7.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan dan mencicipi hidangan manis khas Solo ini.

Selain 18 rekomendasi makanan khas Solo diatas, masih banyak makanan lezat lain yang bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Solo. Agar perjalanan wisata kuliner Anda ini semakin mudah bisa langsung manfaatkan saja jasa sewa innova Solo seperti Salsawisata.

Dengan sopir yang berpengalaman dan kendaraan yang terawat, Anda bisa puas berkeliling menikmati berbagai kuliner khas Solo dengan nyaman. Selain itu Anda juga bisa dengan mudah mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang ada di Solo dan Sekitarnya.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)