SalSari Resto & Coffee

Batu Bleneng Cirebon sekitar tahun 2015 lalu viral karena menjadi perbincangan hampir semua masyarakat di Kota Cirebon dan sekitarnya.

Pasalnya batu ini dianggap sakral karena tidak dapat dipindahkan saat sedang ada proses pembuatan Tol Cipali. Kini, batu tersebut telah menjadi tempat wisata Cirebon terdekat dan terkenal. Lantas, ada daya tarik apa saja di situs batu ini?

Sejarah Batu Bleneng

Bat Bleneng cirebon

Batu Bleneng adalah sebuah batu berukuran besar yang kini berada di salah satu sisi Jalan Tol Cipali. Banyak yang penasaran letak batu yang dianggap mistis ini di KM berapa, jawabannya ada di KM 182.

Jika kita menelisik sejarah Batu Bleneng Tol Cipali, rupanya cukup menarik. Melansir dari juru kunci batu ini, sama seperti sejarah Batu Lawang Cirebon, asal usul batu ini berasal dari sejarah penamaannya.

Nama Bleneng rupanya berasal dari dua kata, yakni ‘embel’ yang berarti lumpur dan ‘meneng’ yang artinya diam atau tidak bergerak. Pada masa lampau, lokasi di mana batu ini berada tak lain adalah lokasi sebuah gunung berapi.

Di kawasan gunung tersebut terdapat beberapa lubang besar yang berfungsi sebagai jalan untuk mengeluarkan muntahan isi perut bumi. Salah satunya adalah lubang yang kini tertutup oleh batu tersebut.

Lokasi Batu Bleneng

Bagi yang pernah melewati jalur Tol Cipali, Anda tentu sudah tahu tentang lokasi situs batu ini, bukan? Lokasi batu yang penuh dengan misteri ini berada di jalur Tol Cipali, tepatnya di KM 182.

Secara administratif, lokasi Batu Bleneng Tol Cipali ini berada di Desa Walahar, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk bisa melewatinya, Anda dapat masuk ke Jalan Raya Sumedang-Cirebon, lalu belok di Cijelag.

Baru kemudian ke arah Tol Cipali melalui pintu masuk Tol Cikedung atau Tol Subang. Agar tak salah jalur, Anda boleh gunakan panduan dari Google Maps di ponsel pintar Anda.

Berbeda kondisinya jika Anda gunakan jasa rental mobil murah dan berkualitas di Salsa Wisata. Dalam satu paket layanan, termasuk paket rental Hiace Cirebon, sudah disertai dengan sopir, jadi tak perlu cemas akan tersesat.

Jam Buka Wisata Batu Bleneng

Tidak ada batasan jam kunjungan di situs wisata batu ini. Artinya, pengunjung bisa datang ke area wisata batu ini kapan saja setiap harinya.

Karena jam buka Batu Bleneng ini 24 jam, banyak pengunjung yang juga kerap datang di pagi hari hingga malam hari.

Anda tak perlu khawatir akan kemalaman di sini karena di dekat Tol Cipali ada cukup banyak referensi penginapan murah di Cirebon. Anda dapat booking salah satu kamarnya untuk sekedar beristirahat.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Bleneng

Siapapun bebas mengunjungi spot berisi batu ini tanpa adanya pungutan biaya. Dengan kata lain, tidak ada biaya satu rupiah pun untuk memasuki kawasan wisata ini.

Dengan harga tiket masuk Batu Bleneng yang gratis ini, Anda bisa leluasa berfoto ria dengan latar batu tersebut. Budget yang tadinya Anda siapkan untuk membeli tiket objek wisata dapat Anda gunakan untuk keperluan liburan lain.

Misalnya saja memanjakan lidah dengan kuliner asli Cirebon yang dijual di pusat-pusat wisata kuliner Cirebon yang terkenal. Bisa juga untuk membeli tiket objek wisata hits lainnya yang ada di Kota Cirebon.

Daya Tarik Wisata Batu Bleneng

Meski hanya sebongkah batu, situs batu ini masih saja memiliki daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Misal sejumlah daya tarik yang akan kami bagikan di bawah ini:

Pemandangan dari Puncak Batu

sejarah Batu Bleneng di tol cipali

Bila Anda berada di atas puncak batu, Anda akan menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah pemandangan Tol Cipali yang sangat indah, terutama jalur-jalur tol yang tampak berkelok dari kejauhan.

Pemandangan tersebut terlihat sempurna dengan hiasan Gunung Ciremai plus bukit-bukitnya yang hijau. Belum lagi tambahan pemandangan sawah yang juga tak kalah indah.

Struktur Batu yang Unik

Bila Anda dari arah Jakarta, Anda nantinya akan melihat situs batu ini di sisi kanan jalan. Dari arah Anda melaju, Anda bisa melihat keindahan struktur batu yang unik dan di luar nalar.

Batu ini tepat berada di atas tebing. Bentuknya memang tak beraturan tapi cenderung meruncing di bagian puncaknya. Di salah satu sisi bawah batu, ada sedikit ruang atau celah yang seringnya dimanfaatkan untuk berfoto.

Banyak pula masyarakat yang mengambil gambar atau foto dari angle bawah tebing di mana batu tersebut dapat tersorot secara keseluruhan. Hasilnya pun pasti akan sangat estetik.

Cicip Sajian Kuliner Khas

Letak dari situs batu ini memang dekat dengan pemukiman warga sehingga tak sulit untuk menjumpai pusat wisata kuliner lezat di sini. Pilihan warungnya cukup banyak; terlebih pilihan menu makanan dan minumannya.

Namun yang pasti, makanan khas Cirebon adalah menu unggulannya. Rata-rata pengunjung yang telah puas nikmati waktu luangnya di situs batu ini kerap mampir di salah satu warung.

Tujuannya tak lain tak bukan adalah untuk mencicipi cita rasa kuliner asli Cirebon seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, Tahu Gejrot, dll.

Mitos yang Beredar

Banyak mitos yang beredar dari masyarakat setempat mengenai keberadaan batu ini. Salah satunya adalah mitos batu yang tidak boleh dipindah atau dihancurkan.

Mitos batu ini kurang lebih seperti ini: jika batu ini dipindahkan atau dihancurkan, maka akan terjadi malapetaka. Hal ini ada kaitannya dengan cerita asal usul batu yang sudah eksis ratusan tahun lalu.

Menurut cerita yang beredar, batu ini berasal dari mata air di Gunung Ciremai. Namun sebagian ada yang percaya juga bahwa onggokan batu ini berasal dari perut bumi.

Berburu Oleh-Oleh

Belum banyak orang yang tahu bahwa di sepanjang Tol Cipali terdapat banyak rest area di mana ada banyak produk oleh-oleh khas Cirebon kekinian di supermarketnya.

Bahkan di beberapa rest area terdapat toko khusus oleh-oleh dengan pilihan produk oleh-oleh yang sangat beragam jenisnya. Anda boleh mampir untuk belanja buah tangan untuk dibagikan kepada keluarga atau tetangga.

Fasilitas di Wisata Batu Bleneng

Batu Bleneng tol cipali km berapa

Tidak banyak fasilitas yang dapat Anda nikmati di wisata batu ini. Hal ini karena faktor lokasi batu yang berada di area tol yang memang tidak bisa dilewati dengan bebas.

Meski begitu, sudah ada beberapa fasilitas yang melengkapi area wisata batu ini, seperti:

  • spot foto berupa batu
  • warung makan sekitar lokasi
  • toko oleh-oleh di rest area Tol Cipali
  • mushola di rest area Tol Cipali
  • restoran dan foodcourt di rest area Tol Cipali
  • SPBU di rest area Tol Cipali
  • toilet umum di rest area Tol Cipali

Meski minim akan fasilitas, situs batu ini tetap ramai oleh pengunjung yang penasaran dengan batu sakral tersebut. Bahkan banyak wisatawan yang tadinya hanya melewati area Tol Cipali, rela singgah ke sini.

Mungkin Anda juga sangat penasaran dengan Batu Bleneng di Tol Cipali ini dan ingin melihatnya, agendakan segera dan jangan lupa dukung perjalanan wisata Anda dengan layanan paket tour murah dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)