SalSari Resto & Coffee

Memang, Cirebon tidak sepopuler kota-kota lainnya di Jawa Barat, seperti misalnya Bandung dan Bogor. Namun, ternyata kota yang berjuluk kota udang ini memiliki banyak tempat wisata. Selain keraton kasepuhan, salah satu tempat wisata di Cirebon yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Batu Lawang Cirebon.

Yang ditawarkan dari tempat wisata ini adalah pemandangan alamnya yang memukau. Semua itu dipadukan dengan berbagai spot foto cantik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen. Selain itu, harga tiket masuknya juga murah meriah. Tak heran kalau tempat wisata ini jadi favorit para keluarga yang ingin wisata akhir pekan.

Sejarah Batu Lawang Cirebon

gardu pandang Batu Lawang Cirebon

Kalau dari Bahasa Jawa sendiri, lawang itu artinya pintu. Jadi, Batu Lawang ini artinya batu pintu. Namun, jangan bayangkan batu di tempat wisata ini berbentuk seperti pintu. Di sini, batunya itu tidak berbentuk batu seperti yang Anda kira.

Yang dimaksud batu itu sebetulnya adalah gunung batu yang secara alami terbelah dan dapat dilewati, dan dalam bahasa Sunda, itu disebut lawang. Sebetulnya, tempat wisata ini masih belum terlalu lama diresmikan.

Baru pada 21 Mei 2016 saja tempat ini dibuka untuk umum. Selain menampilkan keindahan alamnya, pihak pengelola juga menambahkan berbagai spot foto yang unik. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di sini adalah hunting foto, karena memang semua spotnya sangat instagramable.

Pemandangan indah yang Anda lihat di sini adalah gugusan tebing batu yang disertai dengan ukiran alam, seperti Tebing Koja dan Tebing Keraton. Ada beberapa jenis tebing batu dengan lukisan yang berbeda-beda.

Ada satu bukit dengan batu tak beraturan, dan ada juga yang motifnya eksotis berupa jalur melingkar. Memang setiap sekat batu yang ada punya tonjolan yang berbeda. Tebing-tebing batu ini adalah daya tarik yang sesungguhnya.

Biasanya, para penggiat olahraga panjat tebing sering berlatih di sini. Tebing Cupang, contohnya, jadi tebing yang paling sering dipanjat. Ketinggian tebing ini mencapai 20-30 meter dengan lebar kira-kira 50 meter. Tebing ini terdiri dari batuan andesit dengan empat jalur pemanjatan.

Tempat wisata alam Cirebon Instagramable ini berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar. Lahan ini milik Perhutani. Di tempat seluas ini, pengunjung bisa dengan bebas berfoto dari berbagai sudut.

Anda juga bisa menikmati pemandangan dari atas. Anda hanya harus melewati jalur yang tersedia. Beberapa jalur itu berupa anak tangga dari susunan batu dan semen.

Harga Tiket Masuk Batu Lawang Cirebon

Salah satu hal yang membuat tempat wisata ini menarik banyak minat pengunjung adalah harga tiket masuknya yang murah. Berikut ini rincian harga tiket masuk Batu Lawang Cirebon:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp7.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Batu Lawang Cirebon

playground Batu Lawang Cirebon

Batu Lawang ada di Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon. Kalau Anda berangkat dari pusat kota Cirebon, Anda harus menempuh jarak 28 km untuk bisa sampai ke sini. Anda bisa berangkat dari Jalan Stasiun.

Dari situ, ambil jalan Siliwangi dan masuk ke jalur Lohbener-Cirebon atau Jalan Slamet Riyadi di Kesenden. Tetaplah di jalan itu. Setelah kira-kira 450 meter, Anda bisa masuk ke Jalan Pilang Raya ke Kedawung.

Jaraknya kira-kura 3,1 km. Ikuti jalan Raya Cirebon-Bandung dan jalan Prapatan-Rajagaluh di Parapatan. Kemudian, ambil arah Balenon ke Cupang. Dari Cupang, masih butuh sekitar 13 menit lagi untuk bisa sampai ke lokasi.

Sayangnya, tempat wisata ini sulit dijangkau dengan transportasi umum. Karena itu, disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Innova plus driver Cirebon. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang dekat, seperti misalnya Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Daya Tarik Batu Lawang Cirebon

Nah, selain tebing-tebing batu, apa sih sebetulnya yang membuat Batu Lawang menarik? Berikut ini adalah sejumlah daya tarik yang membuat pengunjung selalu memadati tempat ini:

Latar Belakang Foto yang Cantik

foto prewedding Batu Lawang Cirebon

Alasan utama mengapa pengunjung memadati tempat ini adalah untuk foto. Tebing batu yang tinggi dan terbelah dua, sementara Anda ada di celahnya, membuatnya jadi latar belakang foto yang instagramable.

Apalagi ada ukiran-ukiran cantik ditambah dengan batang-batang pohon yang membuatnya tampak semakin semarak. Kalau mau foto, cobalah duduk di batu-batu besar di pinggir undakan semen yang jadi jalan setapak. Tak heran lokasi ini sering menjadi setting tempat foto prewedding karena keindahannya.

Sumur Keramat

Di puncak tebing ini, ada sumur keramat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki keajaiban. Konon, air di sumur ini bertuah dan ajaib. Jika ada pengunjung yang melongok ke dalam sumur dan melihat sumurnya terisi air, maka segala keinginannya akan terwujud.

Mak itu, tak heran kalau banyak pengunjung yang rela memanjat ke atas puncak tebing untuk melihat sumur misterius ini. Terlepas dari mitos yang ada, naik ke puncak memang akan memberikan pemandangan yang memukau.

Area Camping

camping ground Batu Lawang Cirebon

Yang paling seru dari tempat wisata ini adalah ketika Anda memutuskan untuk bermalam di sana. Bayangkan, menginap di alam terbuka dan diapit oleh tebing-tebing baru yang tinggi. Di sini, ada camping ground tempat Anda bisa mendirikan tenda.

Tenda-tendanya sudah disediakan oleh pihak pengelola. Atau, Anda boleh juga membawa tenda sendiri. Biasanya, di akhir pekan tempat ini selalu penuh. Jadi, Anda harus reservasi terlebih dahulu.

Wahana Outbound

wahana oubound Batu Lawang Cirebon

Kalau Anda pecinta petualangan, Anda wajib coba wahana yang satu ini. Ada area khusus outbound. Memang, wahananya tidak terlalu lengkap, tapi cukup untuk bersenang-senang bersama keluarga.

Anda bisa main flying fox kalau ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Atau, Anda juga bisa mengajak anak Anda berkeliling naik ATV. Medannya yang terjal dan berliku pasti membuat perjalanan ATV Anda jadi lebih menantang.

Fasilitas Batu Lawang Cirebon

fasilitas Batu Lawang Cirebon

Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap. Ada taman bermain anak yang lengkap permainannya. Ada jungkat-jungkit, ayunan, dan perosotan. Selain itu, ada juga gazebo untuk duduk-duduk santai.

Di sini pun ada panggung. Di akhir pekan, biasanya ada pertunjukan musik untuk menghibur para pengunjung. Selain itu, ada juga kantin di mana Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Cirebon kekinian.

Fasilitas umum lainnya termasuk toilet yang bersih dan musholla beserta perlengkapan sholat. Terakhir, ada area parkir yang cukup luas untuk mobil dan bus-bus pariwisata.

Jam Operasional Batu Lawang Cirebon

Untuk pengunjung yang tidak menginap di area camping-nya, Batu Lawang Cirebon buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk menikmati objek wisata ini adalah di pagi dan sore hari, saat matahari masih belum terlalu terik.

Kalau Anda tertarik untuk datang ke Cirebon dan main ke tempat wisata ini, Anda bisa memesan paket wisata di Salsa Wisata. Kami punya beragam pilihan paket di berbagai kota di Indonesia.

Paketnya sudah termasuk penginapan berbintang, makan, tiket wisata, dan transportasi. Mengapa harus memesan paket wisata? Alasan utama adalah untuk kepraktisan. Anda tidak perlu memesan hotel dan sewa mobil secara terpisah.

Harga paket liburan juga jauh lebih murah ketimbang memesan semuanya sendiri-sendiri. Hubungi Salsa Wisata sekarang untuk info lebih lanjut. Bila Anda berencana datang berombongan, Salsa Wisata juga menyediakan layanan rental big bus pariwisata Cirebon yang muat hingga 50 seat.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)