SalSari Resto & Coffee

Tempat Wisata di Solo menawarkan banyak daya tarik berupa nilai budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi seperti Benteng Vastenburg. Benteng peninggalan Belanda ini kini menjadi bangunan cagar budaya sekaligus ruang publik terbuka yang bisa dinikmati siapapun.

Anda bisa berkeliling dan melihat sisa kemegahan bangunan benteng pertahanan milik Belanda pada masanya. Selain itu masih banyak kegiatan seru lain yang akan membuat liburan Anda ke tempat ini begitu berkesan.

Benteng Vastenburg bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket wisata Solo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu sejumlah informasi menarik mengenai Benteng Vastenburg Solo berikut ini:

Sejarah Benteng Vastenburg

Sejarah Benteng Vastenburg Solo

Benteng Vastenburg merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Kota Solo dengan usia lebih dari 100 tahun. Pembangunan Benteng ini dimulai pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff yang saat itu memimpin pemerintahan Belanda.

Fungsi benteng ini sama dengan Benteng Vredeburg yang ada di Yogyakarta yakni untuk memata-mata dan mengawasi pergerakan keraton. Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff juga  membangun kediaman tepat di seberang benteng yang kini menjadi Balai Kota Surakarta.

Pada awalnya saat pembangunan benteng ini akan diberi nama Benteng Grooemoedigheid yang memiliki arti kemurahan hati. Namun setelah selesai dibangun pada tahun 1775 dan diresmikan tahun 1779, benteng ini berganti nama menjadi Benteng Vastenburg.

Harga Tiket Masuk Benteng Vastenburg

Untuk masuk kawasan Benteng Vastenburg Anda tidak dikenakan biaya sama sekali karena semua gratis. Namun jika Anda ingin mengunjungi Galabo mungkin perlu siapkan uang jajan yang cukup untuk mencicipi makanan yang ada.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya yang diperlukan bila ingin mengunjungi Benteng Vastenburg.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata di Solo dengan menggunakan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama berlibur di Kota Solo sehingga Anda bisa tenang menikmati waktu bersantai.

Lokasi dan Rute Menuju Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg berada di daerah Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Lokasi nya tidak terlalu jauh dari stasiun Solo Balapan yang berjarak sekitar 3 km dengan waktu tempuh 8 menit.

Rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan petunjuk dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa alphard di Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.



By Categories: Destinasi, Solo

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (6 votes)