earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tempat Wisata di Solo menawarkan banyak daya tarik berupa nilai budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi seperti Benteng Vastenburg. Benteng peninggalan Belanda ini kini menjadi bangunan cagar budaya sekaligus ruang publik terbuka yang bisa dinikmati siapapun.

Anda bisa berkeliling dan melihat sisa kemegahan bangunan benteng pertahanan milik Belanda pada masanya. Selain itu masih banyak kegiatan seru lain yang akan membuat liburan Anda ke tempat ini begitu berkesan.

Benteng Vastenburg bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket wisata Solo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu sejumlah informasi menarik mengenai Benteng Vastenburg Solo berikut ini:

Sejarah Benteng Vastenburg

Sejarah Benteng Vastenburg Solo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Benteng Vastenburg merupakan salah satu bangunan tertua yang ada di Kota Solo dengan usia lebih dari 100 tahun. Pembangunan Benteng ini dimulai pada tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff yang saat itu memimpin pemerintahan Belanda.

Fungsi benteng ini sama dengan Benteng Vredeburg yang ada di Yogyakarta yakni untuk memata-mata dan mengawasi pergerakan keraton. Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff juga  membangun kediaman tepat di seberang benteng yang kini menjadi Balai Kota Surakarta.

Pada awalnya saat pembangunan benteng ini akan diberi nama Benteng Grooemoedigheid yang memiliki arti kemurahan hati. Namun setelah selesai dibangun pada tahun 1775 dan diresmikan tahun 1779, benteng ini berganti nama menjadi Benteng Vastenburg.

Arsitektur Benteng Vastenburg

Luas bangunan benteng ini sekitar 7 hektar dengan bentuk segi empat yang dilengkapi bastion atau selekoh di setiap sudutnya. Bastion ini digunakan sebagai bentuk pertahanan dan dilengkapi dengan artileri atau meriam tembak.

Selain bastion di sekeliling benteng juga dilengkapi dengan parit yang cukup dalam dan lebar untuk perlindungan. Pada bagian depan dan belakang pintu masuk benteng di berikan jembatan kecil sebagai satu-satunya akses masuk menuju benteng.

Tembok benteng ini memiliki ketinggian sekitar enam meter dengan ketebalan lebih dari empat meter bahkan mencapai 10 meteran. Sebagian besar bangunan benteng ini terdiri dari barak militer untuk beristirahat para prajurit.

Pada bagian tengah benteng terhampar lapangan luas yang biasa digunakan untuk latihan maupun upacara bendera. Hingga masa kemerdekaan Indonesia pun benteng ini tetap digunakan untuk kebutuhan militer TNI dari tahun 1970 hingga 1980-an.

Sayangnya setelah tahun 1980-an, kondisi benteng ini terbengkalai dan tidak terawat cukup lama sehingga dipenuhi semak belukar. Untungnya pada tahun 2014 dilakukan revitalisasi dan renovasi kembali oleh pemerintah dan Benteng Vastenburg hidup kembali dengan wajah baru.

Hal Menarik di Benteng Vastenburg

Setelah direnovasi, Benteng Vastenburg kini menjadi salah satu ikon wisata yang ada di Kota Solo. Berbagai hal menarik bisa Anda temukan serta lakukan di sekitar bangunan cagar budaya ini dan berikut beberapa diantaranya:

Menjadi Destinasi Liburan Kekinian

Kemegahan bangunan benteng yang saat itu sempat pudar karena terbengkalai sekarang kembali terlihat indah dan menawan. Cat putih tembok benteng yang kokoh memperlihatkan gagahnya benteng pada saat awal pembangunannya.

Bentuk arsitekturnya yang unik juga menarik banyak perhatian wisatawan yang ingin berfoto secara dekat di sekitar bangunan benteng. Suasana benteng yang asri karena ditumbuhi pepohonan rindang juga menjadi alasan banyak wisatawan yang betah berlama-lama di tempat ini.

Tidak jarang wisatawan yang berolahraga seperti bersepeda maupun lari di sekitar kawasan benteng menyempatkan diri untuk mampir ke Benteng Vastenburg. Biasanya mereka akan berfoto di depan pintu gerbang benteng tepat diatas jembatan.

Kesan vintage yang khas juga sering dimanfaatkan pengunjung untuk melakukan sesi foto pre-wedding bersama pasangan. Bangunan Benteng yang tampak elegan dan gagah akan menjadi latar berfoto apik yang bisa Anda upload di sosial media.

Tempat Pelaksanaan Festival

Festival di Benteng Vastenburg Solo

Lapangan luas di kawasan destinasi wisata kerap kali menjadi tempat pelaksanaan festival maupun konser berskala besar. Saat perayaan berlangsung Anda bisa puas berkeliling menikmati pameran sambil melihat-lihat apiknya bangunan benteng.

Salah satu kegiatan yang pernah dilakukan di tempat ini adalah Solo Keroncong Festival yang dilaksanakan pada tahun 2018. Ada pula pameran seni yang diadakan oleh Bekraf atau Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif di tahun 2019.

Pada saat pameran tersebut, Anda dapat melihat berbagai kerajinan tangan yang menjadi Oleh-oleh Khas Solo seperti batik dan topeng. Festival yang juga tidak kalah menarik adalah Solo Indonesia Culinary Festival yang menyajikan berbagai stand makanan khas Indonesia.

Anda akan puas berkeliling mengikuti acara yang sedang berlangsung sekaligus berfoto asyik di lokasi-lokasi menarik Benteng Vastenburg. Untuk mengetahui agenda kegiatan di tempat wisata ini, Anda bisa melihat sosial media dinas pariwisata Solo atau melalui papan informasi kegiatan.

Wisata Kuliner Galabo

Tepat di sisi selatan Benteng Vastenburg, Anda akan menemukan plang bertuliskan Gladag Langen Bogan atau yang lebih dikenal dengan Galabo. Kawasan ini sudah sangat terkenal sebagai pusat wisata kuliner di Kota Solo.

Anda bisa menemukan banyak sekali kios dan pedagang kaki lima yang berjualan sepanjang Jl. Mayor Sunaryo. Kios makanan ini tertata sangat rapi sehingga Anda bisa dengan nyaman menikmati berbagai menu masakan yang ditawarkan.

Menu yang tersedia juga beragam, mulai dari makanan khas Solo seperti sate buntel, sate kere, dan cabuk rambak semua ada. Anda juga bisa mencoba masakan nusantara seperti gado-gado, nasi ayam penyet, dan lain sebagainya.

Saat malam hari tempat ini juga tetap buka dan menawarkan menu berbeda seperti jajanan malam. Berwisata kuliner di Galabo bisa menjadi pelengkap liburan Anda ke Benteng Vastenburg dan juga Solo.

Harga Tiket Masuk Benteng Vastenburg

Untuk masuk kawasan Benteng Vastenburg Anda tidak dikenakan biaya sama sekali karena semua gratis. Namun jika Anda ingin mengunjungi Galabo mungkin perlu siapkan uang jajan yang cukup untuk mencicipi makanan yang ada.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya yang diperlukan bila ingin mengunjungi Benteng Vastenburg.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata di Solo dengan menggunakan Paket Wisata dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama berlibur di Kota Solo sehingga Anda bisa tenang menikmati waktu bersantai.

Lokasi dan Rute Menuju Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg berada di daerah Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Lokasi nya tidak terlalu jauh dari stasiun Solo Balapan yang berjarak sekitar 3 km dengan waktu tempuh 8 menit.

Rute terbaik menuju objek wisata ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan petunjuk dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa alphard di Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Benteng Vastenburg

Sebagai area terbuka untuk umum kawasan Benteng Vastenburg ini bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh setiap hari. Namun waktu terbaik untuk berkunjung biasanya pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Pada waktu tersebut pencahayaan terbaik dari matahari membuat keindahan dari benteng ini terlihat dengan sempurna. Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau agar sesi berfoto Anda di tempat wisata ini tidak terganggu oleh hujan yang turun.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (6 votes)