earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Solo termasuk salah satu destinasi yang ramai pengunjung setiap tahunnya. Kota yang memiliki ragam tempat wisata Solo dan terkenal dengan ikon Bengawan Solo ini memiliki banyak sekali hidden gems yang patut Anda pertimbangkan saat menulis bucket list untuk liburan.

Kota wisata Solo yang juga disebut sebagai Surakarta ini memiliki ragam destinasi wisata Solo, baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Penasaran apa saja tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi saat mengunjungi objek wisata di Solo? Simak rekomendasi dari kami berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Solo Populer

Kampung Wisata Budaya Baluwarti

Kampung Wisata Budaya Baluwarti

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata ini masih terletak di area Keraton Kasunanan Surakarta. Daya tarik kampung wisata ini terletak pada budaya keraton yang masih kental. Di sini, pengunjung dapat melebur dengan masyarakat sekitar dan terlibat dalam aktivitasnya. Selain itu, ada juga beberapa atraksi menarik seperti pembelajaran tari, heritage, serta pembuatan cinderamata.

Jurug Solo Zoo

Tempat ini merupakan kebun binatang paling terkenal di Kota Solo. Di sini, Anda dapat menyaksikan dan berinteraksi langsung bersama beragam satwa, seperti memberi makan gajah, menunggangi unta dan kuda, memberi makan rusa, hingga foto bersama satwa.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti main air di kolam keceh, naik kereta kelinci, dan lain sebagainya. Untuk dapat mengakses aktivitas-aktivitas tersebut, Anda harus membayar sejumlah biaya tambahan per aktivitas.

The Heritage Palace

The Heritage Palace

The Heritage Palace merupakan bangunan yang dulunya pabrik gula ini menawarkan vibes liburan ala Eropa tempo dulu. Di sudut-sudut area, Anda dapat melihat beragam arsitektur ala Eropa yang menarik perhatian dan tentunya Instagramable.

Selain bangunannya yang eye-catching, wisata Solo Heritage Palace ini juga menawarkan wahana menarik lain seperti Museum 3D Trick Art di mana Anda dapat menikmati dan berfoto bersama mural-mural yang seolah-olah seperti nyata.

Anda bisa menginjungi tempat wisata ini menggunakan paket wisata Solo yang sudah disiapkan oleh biro wisata lokal yang ada disana.

Ponten Ngebrusan

Siapa sangka fasilitas MCK pada zaman Raja Mangkunegara VII ini masih kokoh berdiri hingga saat ini. Bangunan ini merupakan perpaduan antara arsitektur Belanda dan lokal yang menghasilkan bentuk bangunan yang bagus dan menarik. Lokasi ini umum pengunjung gunakan sebagai spot foto, baik untuk foto selfie, prewedding, maupun keperluan foto lainnya.

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Butuh wisata di ruang terbuka yang sejuk dan rindang? Taman ini menyediakan fasilitas yang nyaman untuk mewujudkannya. Di sini, Anda bisa melakukan aktivitas apa saja, seperti berolahraga, jalan santai, piknik bersama keluarga, hingga berswafoto di berbagai spot. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin wisata Solo murah di lokasi yang sangat terjangkau.

Sendang Plesungan

Meskipun lokasi ini termasuk cukup anyar, pengunjung tetap terlihat memadati tempat ini setiap harinya. Di sini, Anda dapat bermain di wahana permainan dan juga outbound, khususnya di air. Fasilitas kolam renang yang tersedia juga memadai untuk bisa bermain air dengan leluasa.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Tempat yang terletak di sekitar area jalan Slamet Riyadi ini merupakan pusat batik tertua di Kota Solo. Jika diamati, motif batik Kauman yang ada di sini merepresentasikan motif batik yang dikenakan di Keraton Kasunanan.

Ada tiga jenis batik andalan yang bisa Anda dapatkan di sini, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi cap dan tulis. Tak hanya itu, Anda pun bisa, lho, ikut melihat proses produksi hingga belajar membatik di sini!

Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas Solo berupa baju batik dengan kualitas terbaik, kami merekomedasikan membelinya disini.

Benteng Vastenburg

Benteng peninggalan Belanda yang berlokasi di area Kedung Lumbu ini merupakan merupakan salah satu objek cagar budaya di Solo. benteng ini telah melalui proses restorasi untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi bangunan yang dulunya sempat rusak sana-sini. Bagi Anda yang ingin mengambil foot bernuansa Belanda tempo dulu, spot ini sangat tepat.

Taman Cerdas Kecamatan Jebres

Taman Cerdas Kecamatan Jebres

Anda tak perlu membayar tiket untuk bisa masuk di tempat ini. Di sini, ada banyak fasilitas memadai untuk kegiatan bermain sembari belajar. Ada arena bermain anak, perpustakaan, ruang IT, ruang teater terbuka, ruang gamelan, radion anak, dan ruang serbaguna.

Stadion Manahan

Tempat olahraga ini sudah terkenal di kalangan masyarakat, khususnya para pecinta sepak bola. Selain terdapat lapangan sepak bola, di sini juga terdapat fasilitas olahraga lain seperti lapangan basket, lapangan futsal, lapangan sepeda balap, hingga trek lari.

Parapet Bengawan Solo

Parapet Bengawan Solo

Kini bagian sisi jembatan Bengawan Solo tak lagi polos. Banyak sekali mural-mural unik dan artistik yang menghiasi parapet sepanjang jembatan Bengawan Solo. Di sini, Anda bisa berswafoto dengan bebas dan seru. Beberapa tema mural di antaranya kehidupan sehari-hari, kritik sosial, dan larangan buang sampah sembarangan.

Trans Studio Mini Solo

Tempat bermain ini terletak di dalam Transmart Pabelan Sukoharjo. Di sini, Anda bisa menikmati beragam wahana permainan seru seperti roller coaster, skyscraper, swinger, bumper car, dan lain sebagainya. Selain itu, jika Anda merasa lelah bermain, Anda bisa santai sejenak di dalam food court yang tersedia.

Alun-alun Kidul Surakarta

Alun-alun Kidul Surakarta

Lokasi ini masih termasuk ke dalam area kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Alkid merupakan lokasi yang strategis karena terletak di tengah kota. Ada beberapa obyek wisata Solo bersejarah di sini, seperti Kandang Kebo Kyai Slamet, Gerbong Kereta Jenazah, dan Gerbong Kereta Api Pesiar.

Selain itu, terdapat banyak kuliner di sepanjang Alkid. Anda bisa mencicipi makanan khas Solo sekaligus menikmatinya dengan piknik santai di dalam alun-alun.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kasunanan hingga saat ini. Namun, beberapa bagian juga terbuka sebagai lokasi wisata. Kawasan keraton terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor, Kompleks Sri Manganti Lor, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Sri Manganti Kidul, Kamandungan Kidul dan Siti Hinggil Kidul.

Air Mancur Menari Manahan

Air Mancur Menari Manahan

Ingin merasakan vibes air mancur di malam hari ala-ala Tokyo? Tak perlu jauh-jauh ke Jepang, kini Anda bisa menikmati wisata Solo kekinian ala negeri sakura di sini. Bukan hanya menampilkan atraksi air, air mancur di sini dilengkapi dengan animasi dan suara. Tidak heran jika lokasi wisata Solo malam hari ini cukup ramai pengunjung setiap harinya.

Tugu Lilin

Monumen ini dibangun dalam rangka peringatan 25 tahun lahirnya Hari Kebangkitan Nasional. Sesuai dengan namanya, tugu ini memiliki bentuk mirip lilin dengan api di puncaknya. Konon api tersebut merupakan simbol penerang harapan, dalam hal ini harapan meraih kemerdekaan.

Meriam Sriwedari

Meriam Sriwedari

Objek sejarah ini berlokasi di Taman Sriwedari. Seperti objek wisata pada umumnya, banyak pengunjung yang setiap hari memenuhi tempat ini untuk berkumpul dengan teman, menikmati kuliner tepi jalan, maupun sekadar jalan-jalan santai dengan berhenti sejenak untuk mengambil foto dengan latar belakang meriam.

Taman Tirtonadi

Lokasi yang juga terkenal dengan nama Taman Papan Kawruh Tirta ini merupakan pusat rekreasi dengan konsep wisata edukatif Solo. di sini, pengunjung dapat membaca informasi mengenai air, sungai, serta sumber daya air lainnya. Selain itu, Anda bisa juga sekadar duduk santai sambil menikmati keadaan sekitar bersama partner maupun teman-teman.

Night Market Ngarsopuro

Night Market Ngarsopuro

Pasar ini buka setiap hari Sabtu, khususnya pada malam hari. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam produk, mulai dari wisata kuliner Solo, cindera mata, kerajinan tangan, aksesoris, dan lain-lain. Rata-rata produk yang dijual di lokasi wisata Solo malam ini merupakan hasil karya UMKM masyarakat Kota Solo.

Gedung Wayang Orang Sriwedari

Bangunan ini menjadi lokasi di mana seni pertunjukan wayang di Kota Solo rutin dilaksanakan. Umumnya, cerita wayang yang seringkali dibawakan adalah cerita-cerita Ramayana atau Mahabarata. Selain itu, lokasi ini juga umum digunakan sebagai gedung pentas seni remaja maupun acara wisuda sekolah.

Taman Monumen 45 Banjarsari

Taman Monumen 45 Banjarsari

Tempat ini merupakan ruang publik Kota Solo yang memiliki bangunan monumen ikonik. Sepasang Arca Dwarapala siap menyambut Anda setiap memasuki area ini. Di tempat wisata Solo kota ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti jalan kaki di jalur pedestrian, piknik di hutan hijau sembari melihat air mancur, hingga mengajak anak-anak bermain di playground.

Keraton Mangkunegaran

Bangunan yang juga terkenal dengan nama Istana Mangkunegaran ini sejatinya merupakan kediaman para penguasa (Sampeyan Ingkang Jumeneng). Bangunan keraton terbagi menjadi beberapa area, yaitu gerbang utama, Pendopo Ageng, pringgitan, Dalem Ageng, Beranda Dalem, dan perpustakaan.

Taman Transformer

Taman Transformer

Area milik Perum Jasa Tirta I Bengawan Solo ini terbuka sebagai tempat wisata dengan objek utama bangkai mobil utama. Sesuai namanya, seluruh area wisata penuh oleh bangkai mobil-mobil tua yang telah tak terpakai. Tempat wisata ini tergolong anti mainstream karena konsepnya yang cukup unik dan memiliki estetika tersendiri.

HTM tempat ini hanyalah Rp5.000,00 saja dengan waktu buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Monumen Pers Nasional

Monumen yang resmi terbuka untuk umum pada tahun 1978 ini merupakan suatu wujud upaya pemerintah untuk memperingati kebebasan pers nasional. Area bangunan terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu bangunan lama, ruang sejarah pers, gerbang, ruang konservasi dan reservasi, media center, dan papan baca.

De Tjolomadoe

De Tjolomadoe

Tempat wisata Solo terbaru yang kembali terbuka untuk umum pada tahun 2018 ini dulunya merupakan bekas bangunan pabrik gula jadul. Area ini di-handle oleh PT Sinergi Colomadu, yang kemudian membukanya sebagai tempat wisata bersejarah. Area destinasi wisata Solo terbaru ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu area museum, aula konser, aula serbaguna Sarkara, restoran, dan toko souvenir.

Taman Hutan Rakyat

Tempat yang terkenal dengan nama lain Tahura ini merupakan lokasi strategis untuk beragam aktivitas mulai dari rekreasi, berkemah, hingga penelitian. Pemandangan alam yang asri dan sejuk menjadikan tempat ini nyaman untuk dikunjungi.

Pandawa Water World

Pandawa Water World

Tempat wisata air ini cukup unik karena mengangkat konsep tokoh pewayangan Mahabarata dengan tokoh utama Pandawa Lima. banyak sekali wahana air menarik yang bisa Anda temui di sini, seperti Black Hole Slide, Bima Slide, Kresna Wave Pond, dan lain-lain. HTM-nya juga termasuk terjangkau yaitu Rp80.000,00-Rp100.000,00 saja.

Jika Anda ingin membawa rombongan untuk mengunjungi tempat wisata ini, kami merekomendasikan agar Anda rental bus Solo di PO bus pariwisata.

Jembatan Jurug

Meski nampak seperti jembatan pada umumnya, Jembatan Jurug memiliki latar belakang pemandangan yang cukup indah. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan view Taman Jurug dari atas jembatan.

Bengawan Solo Park

Bengawan Solo Park

Ruang terbuka publik ini berlokasi di tepian sungai Bengawan Solo. pemerintah setempat mengganti nama lokasi menjadi Bengawan Solo Park dengan konsep lebih modern seperti penambahan fasilitas zona kreatif, zona e-sport, dan zona walking museum.

Sebelumnya, taman ini memang dibangun sebagai penghargaan kepada Gesang Martohartono, sang maestro musik keroncong Indonesia.

Soloissolo Street Artspace

Jika Anda penggemar mural-mural keren dengan tema vibrant dan penuh estetika, Anda bisa datang ke Koridor Gatsu Solo untuk menyaksikan karya seni hasil kreativitas komunitas Soloissolo Street Artspace.

Sajian mural di sini benar-benar menggambarkan semangat anak muda kekinian dalam berkarya. Anda bisa berswafoto maupun mengambil foto grup dengan latar belakang beragam mural di wisata solo Instagramable ini.

Taman Sekartaji

Taman Sekartaji

Ruang terbuka publik ini terletak di tepi sungai Anyar. Tempat ini cocok untuk melakukan aktivitas santai seperti berolahraga, mengobrol, jalan-jalan, bermain, bahkan piknik. Suasana yang rindang dan lokasi yang cukup luas akan membuat Anda nyaman dan leluasa saat beraktivitas di sini.

Wisata Waduk Cengklik

Waduk ini termasuk wisata solo dan sekitarnya yang patut Anda kunjungi jika ingin destinasi wisata dengan paket lengkap. Di sini, Anda bisa menemui berbagai wahana, mulai dari kolam renang, spot foto, arena bermain, hingga kuliner. Selain itu, ada Kampung Sakura yang mengangkat konsep Jepang.

Bunker Kuno Zaman Belanda di Balaikota Surakarta

Bunker Kuno Zaman Belanda di Balaikota Surakarta

Bangunan bersejarah yang terletak di depan gedung Dispendukcapil Kota Solo tersebut mulai dibuka untuk wisata umum sejak tahun 2018. Pengunjung tempat wisata Solo baru ini dapat menjelajahi isi lorong bunker dan mengambil foto di sini.  Pemerintah tidak memasang tiket masuk untuk ke sini alias gratis.

Tugu Slamet Riyadi

Monumen ini berdiri untuk mengenang jasa pahlawan Slamet Riyadi dan mengabadikan namanya. Tugu ini terletak di tengah Kota Solo. Anda bisa mengunjungi wisata Solo kota ini untuk sekadar mengambil foto. Namun, Anda pun bisa mengamati model monumen dan mengabadikannya dalam pikiran saja.

Bendung Karet Tirtonadi

Bendung Karet Tirtonadi

Bendungan yang berlokasi di Solo bagian utara ini berada pada pertemuan Kali Pepe dan Kali Gajah Putih. Konstruksi bendungan terbilang cukup unik karena selain menggunakan sistem bendung karet, material bangunan sebagian besar menggunakan kaca. Hal ini menimbulkan kesan berbeda dengan bendungan lain pada umumnya.

Untuk menunjang kegiatan wisata, pihak pengelola juga melakukan revitalisasi bantaran sungai dan membangun taman-taman dengan bangku dan jalan setapak agar pengunjung bisa lebih nyaman saat berkunjung ke sini.

Galabo

Lokasi ini terkenal sebagai pusat kuliner malam di Solo dengan sajian yang beragam. Galabo yang memiliki kepanjangan Gladag Langen Bogan ini berlokasi strategis di tengah kota sehingga Anda bisa dengan mudah menjangkaunya. Beberapa menu populer di sini di antaranya Tengkleng Klewer Bu Edi, Sate Kere Yu Rebi, dan Rawon Penjara.

Rumah Budaya Kratonan

Rumah Budaya Kratonan

Tempat ini merupakan ruang kreatif untuk masyarakat Solo dengan fasilitas edukasi budaya yang sepenuhnya gratis. Beberapa kegiatan yang dapat pengunjung ikuti di antaranya latihan menari, gamelan, bahasa Jawa, bahasa Inggris, serta diskusi budaya melalui buku maupun film. Selain itu, tempat ini pun menyediakan fasilitas perpustakaan dan Galeri Sejarah Surakarta.

Plaza Balai Kota Solo

Lokasi ini cukup ramai pengunjung setiap harinya karena banyak spot foto menarik di sepanjang area. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah di depan delapan patung wayang orang.  Pengunjung pun bisa mendapat edukasi berupa pengenalan tokoh pewayangan yang ada di sana.

Gedung Djoeang ‘45 Solo

Gedung Djoeang ‘45 Solo

Konsep yang gedung ini usung adalah wisata Solo heritage cagar budaya sehingga tak ada penambahan bangunan.  Tak hanya area gedung, area sekitarnya pun juga masih kental dengan arsitektur khas Belanda. Konon, area gedung ini dulunya adalah pemukiman orang-orang Eropa. Pengunjung bisa datang ke sini mulai pukul 17.00-00.00 WIB.

Tugu Pemandengan

Monumen ini terletak di Balai Kota Solo sehingga sangat mudah aksesnya. Tugu ini merupakan penanda nol kilometer Kota Surakarta sehingga tergolong ikonik. Bentuk monumen berupa tugu bentuk segiempat mengerucut ke atas dengan empat lentera di sisi-sisinya.

Candi Cetho

Bangunan Candi Cetho

Wisata di Solo tentunya kurang lengkap jika belum ke candi. Candi Cetho merupakan peninggalan corak agama Hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu. Selain sebagai tempat wisata, lokasi ini juga penduduk setempat gunakan untuk tempat ziarah dan pemujaan bagi penganut Kejawen.

Bangunan candi terdiri atas 9 tingkatan berundak. Selain itu, karena lokasi candi yang berada di dataran tinggi, candi ini memiliki daya tarik tersendiri dengan pemandangan sekitarnya yang indah.

Taman Firdaus Solo

Konsep yang diusung taman ini sangat sederhana namun nyaman. Area taman dilengkapi dengan beberapa bangku panjang serta meja besi yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk duduk santai dan mengobrol sembari menikmati suasana sekitar.

Dalem Kalitan

Dalem Kalitan

Bangunan ini merupakan peninggalan sejarah dari Sunan Paku Buwono X. Dulunya, tempat ini merupakan tempat berkumpul keluarga. Untuk masuk ke dalam sini, Anda cukup meninggalkan kartu identitas kepada pos penjaga dan Anda bisa langsung masuk untuk melihat-lihat bagian pendopo, pringgitan, dan senthong rumah.

Edupark Intan Pari

Sesuai dengan namanya, konsep taman wisata Solo yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar ini adalah taman edukasi. Di sini, Anda bisa melihat pesawat tipe Boeing 737-300 dan helikopter tipe Bolco secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa mengajak keluarga maupun teman untuk berenang di kolam renang yang tersedia.

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Satu lagi wisata candi di Solo yang tak boleh terlewatkan, yaitu Candi Sukuh. Candi yang merupakan wisata Solo Karanganyar ini merupakan candi dengan corak Hindu. Bentuk trapesium candi ini tergolong cukup unik dan beda dari candi lainnya di sekitar sini. Oleh karena itu, tempat ini cukup diminati oleh para wisatawan yang ingin tahu tentang candi sekaligus berfoto di sini.

Parang Ijo

Air terjun yang satu ini tak kalah indah. Terdapat banyak fasilitas penunjang agar pengunjung semakin betah berkunjung ke sini, seperti musala, warung jajanan, dan lain sebagainya. Menikmati suara air terjun dengan suasana yang sejuk dan indah bisa Anda coba untuk menenangkan jiwa.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang tepat. Pasalnya, selain menawarkan pemandangan yang indah, bukit ini juga menyediakan berbagai wahana yang bisa Anda nikmati selama di sini, seperti wahana permainan untuk anak-anak.

Telaga Madirda

Selain pemandangan telaga yang damai dan menenangkan, Anda bisa mendapatkan view bukit yang rindang dan asri untuk memanjakan mata. Air telaga yang bening dan tenang menjadikan tempat ini menjadi salah satu lokasi tujuan orang-orang yang ingin mencari ketenangan saat liburan.

Bumi Perkemahan Sekipan

Bumi Perkemahan Sekipan

Untuk Anda yang ingin berwisata sekaligus berkemah, tempat ini merupakan lokasi yang cocok. Bumi perkemahan yang berlokasi di Desa Kalisoro, Karanganyar ini juga menawarkan fasilitas lain, seperti waterpark, villa, Kampung Halloween, dan Rumah Papua.

Kebun Strawberry Karanganyar

Anda ingin berkeliling kebun sembari memetik buah langsung dari pohonnya? Kebun strawberry ini merupakan tempat yang tepat. Di sini, Anda bisa melihat hamparan 2000 m2  tanaman strawberry yang organik dan siap dipetik.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Berbicara tentang hidden gem, air terjun ini merupakan salah satunya. Terletak di lereng Gunung Lawu, suasana di sini menjadi sangat sejuk dan dingin. Selain air terjun, terdapat kolam air terjun, jungkat-jungkit, ayunan, kolam buatan, warung, dan fasilitas lain untuk pengunjung air terjun. Anda cukup membayar Rp5.000,00 untuk masuk ke sini.

Sendang Pinilih

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan pemandian umum yang cukup terkenal di Kota Solo. Pengunjung pemandian tiap harinya tak terlalu ramai sehingga Anda bisa dengan leluasa berenang dan bermain air di sini. Selain itu, ada pula beberapa kolam ikan yang bisa Anda nikmati untuk Anda yang tak ingin berenang dan ingin melakukan aktivitas lain.

Geopark Batu Seribu

Geopark Batu Seribu

Wisata alam Solo yang satu ini terdiri atas bukit dan pegunungan berbatu. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan rindang. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Sumber Pacinn yang masih terletak dalam satu area.

Akan tetapi, medan untuk menuju ke sini cukup sulit karena Anda harus menempuh jalanan curam sejauh kurang lebih 1,5 km. meski begitu, pemandangan yang ditawarkan tetaplah worthy untuk dicoba.

Kebun Teh Kemuning

Hamparan pohon teh yang luas menjadikan tempat wisata ini sejuk dan enak dipandang. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin wisata alam dengan pemandangan menenangkan dan akses mudah. Selain kebun teh, di sini Anda bisa mencoba bermain paralayang di dekat area kebun, yaitu di bukit paralayang Desa Segoro.

Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

Berwisata bersama keluarga di sini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, tempat ini menyediakan berbagai fasilitas dan wahana seru dan edukatif untuk anak-anak. Selain itu, terdapat kolam renang untuk bermain air sepuasnya.

Dermaga Kali Pepe

Tak perlu jauh-jauh ke Venice untuk menikmati nuansa naik perahu di malam hari dengan latar belakang yang indah, Anda bisa datang ke wisata Solo terhits dengan mengunjungi tempat wisata air Kali Pepe.

Terdapat wahana perahu yang bisa disewa pengunjung dengan durasi wahana kurang lebih 15 menit untuk menyusuri rute air. Anda bisa menikmati suasana indah dengan hiasan lampion gantung dan mural yang menarik sepanjang perjalanan.

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Lokasi ini dulunya merupakan sebagian dari bangunan pabrik gula masa kolonial. Namun, hingga sekarang pabrik gula tersebut masih aktif digunakan. Tak hanya berwisata, Anda pun bisa turut belajar mengenai proses pembuatan gula di pabrik ini.  Selain pengalaman rekreasi yang menyenangkan, Anda bisa mendapat edukasi secara cuma-cuma.

Umbul Pengging

Wisata Solo Raya yang juga tidak boleh terlewatkan adalah wisata air Umbul Pengging. Konsep pemandian ini cukup unik karena masih mempertahankan arsitektur ala kerajaan atau keraton. Lokasi pemandian hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Solo dengan waktu tempuh kurang-lebih 40 menit.

Gunung Pegat

Wisata Gunung Pegat

Di sini, Anda bisa menikmati pesona sunrise maupun sunset dengan pemandangan sawah milik warga. Gunung yang terletak di Dusun Klile ini cukup jauh dari pusat Kota Solo, yaitu sekitar 27 km.

Meski jaraknya yang agak jauh, medan menuju ke puncak sangat mudah diakses. Selain itu, gunu ini juga tak terlalu tinggi sehingga pengunjung tak perlu repot mempersiapkan energi yang super banyak. Motor dan mobil pun bisa mencapai tempat parkir dengan mudah.

Museum Prasejarah Cluster Dayu

Tempat yang memamerkan peninggalan sejarah purba berupa fosil manusia Sangiran, tentara Homo erectus, ini memiliki konsep edukasi bagi pengunjungnya. Bangunan museum dibangun dengan bentuk berundak dan berlembah mengikuti kontur tanah lahan untuk menyesuaikan dengan kondisi tanah pada masa purba dulu kala.

Lokananta Recording Audio & Video Cassette

Lokananta Recording Audio & Video Cassette

Studio ini termasuk cukup legend untuk perkembangan musik di Indonesia. Pasalnya, di tempat inilah musik-musik tekenal era ‘60 hingga ‘90an hadir dan diproduksi.

Di sini, Anda bisa menyaksikan sederet vinyl, kaset, CD, bahkan koleksi mesin yang dulunya pernah dipakai sebagai alat untuk produksi lagu oleh Lokananta.

Museum Radya Pustaka

Museum ini merupakan museum tertua di Indonesia, loh! Bangunan museum telah berdiri sejak tahun 1890. Terdapat beberapa ruang dengan isi berbeda-beda di dalam museum ini, yaitu ruang koleksi wayang, ruang logam mulia, ruang keramik, perpustakaan, ruang perunggu, ruang etno, dan ruang Rojomolo atau raksasa penguasa laut.

Anda bisa datang ke sini setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 08.30-13.00 WIB.

Museum Keris Nusantara

Destinasi wisata edukatif Solo yang terletak di kawasan Sriwedari ini tergolong wisata Solo baru. Ada ratusan koleksi keris berbagai ukuran serta puluhan koleksi tombak dan benda pusaka bersejarah lainnya yang bisa Anda saksikan di sini. Selain itu, di dalam museum, Anda bisa menyaksikan cuplikan beberapa video yang menayangkan sepak terjang dunia keris di Indonesia.

Museum Tumurun

Museum Tumurun

Tempat ini merupakan museum yang dikelola secara pribadi oleh keluarga Lukminto. Museum ini dipenuhi dengan karya seni instalasi dan seni rupa buah karya seniman-seniman Indonesia.

Namun, meskipun museum ini bersifat privat, masyarakat umum masih bisa masuk secara gratis asalkan memenuhi beberapa persyaratan. Penggagas museum ini menyebutkan bahwa museum belum dibuka untuk umum karena infrastruktur yang masih kurang memadai.

House Of Danar Hadi (HDH)

Kompleks wisata heritage terpadu tentang batik ini didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi. ada bangunan utama di dalam sini yang disebut Ndalem Wuryaningratan. Selain itu, terdapat Museum Batik Kuno yang telah mendapat pengakuan dari MURI sebagai museum dengan koleksi baitk terbanyak.

Jika merasa penat saat mengelilingi lokasi, Anda bisa bersantai sejenak di Cafe SOga yang terletak di samping museum untuk menikmati ragam kuliner.

Masjid Al Wustho Mangkunegaran

Tempat ibadah ini merupakan salah satu dari tiga masjid tua dan bersejarah di Kota Surakarta. Arsitektur masjid masih kental dengan influence Jawa dengan atap bangunan teras berbentuk limasan dan atap tumpang. Selain itu, di sini terdapat markis atau kuncung yang berupa semacam pintu utama menuju teras masjid dengan tiga akses pintu masuk.

Langgar Merdeka Laweyan

Langgar Merdeka Laweyan

Nama langgar diambil dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Sejak tahun 2012, tempat ibadah ini telah menjadi bagian dari cagar budaya pemerintah Kota Solo. Anda bisa mengunjunginya untuk sekadar mengambil foto dengan latar belakang bangunan bersejarah ini.

Vihara Dhamma Sundara

Untuk penggemar wisata religi, tempat ini cocok Anda kunjungi. Kawasan bangunan dibagi menjadi 2, yaitu bangunan utama vihara dan candi berwarna putih khas kerajaan Nusantara kuno. Tempat ini tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai salah satu tempat wisata Solo yang cukup terkenal dan ramai pengunjung.

Gereja Santo Antonius Purbayan

Untuk Anda penggemar wisata religi yang ingin tahu mengenai sejarah perkembangan agama Katolik di Kota Solo, Anda bisa datang ke tempat ibadah ini. Bangunan gereja ini merupakan salah satu cagar budaya yang sudah berdiri lebih dari satu abad.

Gereja ini memiliki ciri khas Belanda seperti bangunan lonceng dan gereja pastoran. Selain sebagai tempat wisata, gereja ini masih aktif untuk tempat ibadah umat Katolik.

Gereja Santa Perawan Maria Regina

Tempat ibadah ini merupakan bangunan gereja terbesar di Kota Solo. Di sini, Anda bisa beribadah sekaligus menilik sejarah dan budaya yang telah dilakukan di sini sejak lama.

Astana Giribangun

Astana Giribangun

Tempat ini merupakan kompleks pemakaman Presiden RI ke-2 yang hingga saat ini masih kerap didatangi peziarah. Bangunan makam terletak pada ketinggian 660 mdpl. Oleh karena itu, suasana di sekitar lokasi tergolong damai dan sejuk.

Pasar Klewer

Jika Jogja terkenal dengan Pasar Beringharjo-nya, maka Solo pun terkenal dengan Pasar Klewer. Pasar ini menyediakan beragam produk tekstil seperti seragam, batik, kaos, jaket, daster, dan lain-lain. Pedagang di pasar ini sangat banyak sehingga Anda bisa dengan puas berbelanja dan berputar-putar memilih produk mana yang akan Anda bawa pulang.

Pasar Gede Harjonagoro

Selain Pasar Klewer, pusat perbelanjaan yang juga tak kalah terkenal di Solo adalah Pasar Gede Harjonagoro. Di sini, Anda bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari seperti sayur, buah, dan aneka ragam kuliner khas Solo.

Lokasi wisata Solo dekat Pasar Klewer ini berada di pusat kota, berdekatan dengan kampung Cina di daerah wisata Solo yaitu Balong.

Omah Lowo

Omah Lowo

Bangunan yang dulunya identik dengan kesan seram ini kini tak lagi sama. Tempat ini kini bernama Rumah Heritage Batik Keris. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan deretan display budaya batik dan kerajinan Nusantara.

Area gedung terbagi menjadi tiga area, yaitu gedung A yang berisi koleksi batik keris premium, gedung B untuk koleksi fashion dan produk UMKM, serta gedung C untuk menu nusantara dan kopi lokal Indonesia.

Pasar Antik Triwindu

Untuk para penggemar barang antik, pasar yang terletak di Jalan Diponegoro ini merupakan tujuan yang tepat. Banyak sekali jenis barang yang diperjualbelikan di sini, seperti hiasan, dekorasi, aksesoris, bahkan sepeda lawas. Saking beragamnya, Anda benar-benar harus jeli dalam memilih barang yang Anda inginkan.

Bagaimana, beragam sekali, kan? Rekomendasi di atas dapat Anda gunakan sebagai inspirasi saat liburan ke Solo nantinya.

Sewa Kendaraan untuk Wisata Solo Lancar dan Nyaman

Untuk kelancaran perjalanan liburan Anda di Solo, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa rental motor atau sewa mobil Solo. Dengan menggunakan jasa sewa kendaraan, perjalanan Anda selama di Jakarta akan menjadi makin lancar, nyaman, dan hemat.

Gunakan jasa sewa kendaraan dan rasakan liburan seru dan nyaman untuk wisata Solo sekarang juga hanya di Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)