Solo termasuk salah satu destinasi yang ramai pengunjung setiap tahunnya. Kota yang memiliki ragam tempat wisata Solo dan terkenal dengan ikon Bengawan Solo ini memiliki banyak sekali hidden gems yang patut Anda pertimbangkan saat menulis bucket list untuk liburan.

Kota wisata Solo yang juga disebut sebagai Surakarta ini memiliki ragam destinasi wisata Solo, baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Penasaran apa saja tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi saat mengunjungi objek wisata di Solo? Simak rekomendasi dari kami berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Solo Populer

Kampung Wisata Budaya Baluwarti

Kampung Wisata Budaya Baluwarti

Tempat wisata ini masih terletak di area Keraton Kasunanan Surakarta. Daya tarik kampung wisata ini terletak pada budaya keraton yang masih kental. Di sini, pengunjung dapat melebur dengan masyarakat sekitar dan terlibat dalam aktivitasnya. Selain itu, ada juga beberapa atraksi menarik seperti pembelajaran tari, heritage, serta pembuatan cinderamata.

Jurug Solo Zoo

Tempat ini merupakan kebun binatang paling terkenal di Kota Solo. Di sini, Anda dapat menyaksikan dan berinteraksi langsung bersama beragam satwa, seperti memberi makan gajah, menunggangi unta dan kuda, memberi makan rusa, hingga foto bersama satwa.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti main air di kolam keceh, naik kereta kelinci, dan lain sebagainya. Untuk dapat mengakses aktivitas-aktivitas tersebut, Anda harus membayar sejumlah biaya tambahan per aktivitas.

The Heritage Palace

The Heritage Palace

The Heritage Palace merupakan bangunan yang dulunya pabrik gula ini menawarkan vibes liburan ala Eropa tempo dulu. Di sudut-sudut area, Anda dapat melihat beragam arsitektur ala Eropa yang menarik perhatian dan tentunya Instagramable.

Selain bangunannya yang eye-catching, wisata Solo Heritage Palace ini juga menawarkan wahana menarik lain seperti Museum 3D Trick Art di mana Anda dapat menikmati dan berfoto bersama mural-mural yang seolah-olah seperti nyata.

Anda bisa menginjungi tempat wisata ini menggunakan paket wisata Solo yang sudah disiapkan oleh biro wisata lokal yang ada disana.

Ponten Ngebrusan

Siapa sangka fasilitas MCK pada zaman Raja Mangkunegara VII ini masih kokoh berdiri hingga saat ini. Bangunan ini merupakan perpaduan antara arsitektur Belanda dan lokal yang menghasilkan bentuk bangunan yang bagus dan menarik. Lokasi ini umum pengunjung gunakan sebagai spot foto, baik untuk foto selfie, prewedding, maupun keperluan foto lainnya.

Taman Balekambang

Taman Balekambang

Butuh wisata di ruang terbuka yang sejuk dan rindang? Taman ini menyediakan fasilitas yang nyaman untuk mewujudkannya. Di sini, Anda bisa melakukan aktivitas apa saja, seperti berolahraga, jalan santai, piknik bersama keluarga, hingga berswafoto di berbagai spot. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin wisata Solo murah di lokasi yang sangat terjangkau.

Sendang Plesungan

Meskipun lokasi ini termasuk cukup anyar, pengunjung tetap terlihat memadati tempat ini setiap harinya. Di sini, Anda dapat bermain di wahana permainan dan juga outbound, khususnya di air. Fasilitas kolam renang yang tersedia juga memadai untuk bisa bermain air dengan leluasa.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Tempat yang terletak di sekitar area jalan Slamet Riyadi ini merupakan pusat batik tertua di Kota Solo. Jika diamati, motif batik Kauman yang ada di sini merepresentasikan motif batik yang dikenakan di Keraton Kasunanan.

Ada tiga jenis batik andalan yang bisa Anda dapatkan di sini, yaitu batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi cap dan tulis. Tak hanya itu, Anda pun bisa, lho, ikut melihat proses produksi hingga belajar membatik di sini!

Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas Solo berupa baju batik dengan kualitas terbaik, kami merekomedasikan membelinya disini.

Benteng Vastenburg

Benteng peninggalan Belanda yang berlokasi di area Kedung Lumbu ini merupakan merupakan salah satu objek cagar budaya di Solo. benteng ini telah melalui proses restorasi untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi bangunan yang dulunya sempat rusak sana-sini. Bagi Anda yang ingin mengambil foot bernuansa Belanda tempo dulu, spot ini sangat tepat.

Taman Cerdas Kecamatan Jebres

Taman Cerdas Kecamatan Jebres

Anda tak perlu membayar tiket untuk bisa masuk di tempat ini. Di sini, ada banyak fasilitas memadai untuk kegiatan bermain sembari belajar. Ada arena bermain anak, perpustakaan, ruang IT, ruang teater terbuka, ruang gamelan, radion anak, dan ruang serbaguna.

Stadion Manahan

Tempat olahraga ini sudah terkenal di kalangan masyarakat, khususnya para pecinta sepak bola. Selain terdapat lapangan sepak bola, di sini juga terdapat fasilitas olahraga lain seperti lapangan basket, lapangan futsal, lapangan sepeda balap, hingga trek lari.

Parapet Bengawan Solo

Parapet Bengawan Solo

Kini bagian sisi jembatan Bengawan Solo tak lagi polos. Banyak sekali mural-mural unik dan artistik yang menghiasi parapet sepanjang jembatan Bengawan Solo. Di sini, Anda bisa berswafoto dengan bebas dan seru. Beberapa tema mural di antaranya kehidupan sehari-hari, kritik sosial, dan larangan buang sampah sembarangan.

Trans Studio Mini Solo

Tempat bermain ini terletak di dalam Transmart Pabelan Sukoharjo. Di sini, Anda bisa menikmati beragam wahana permainan seru seperti roller coaster, skyscraper, swinger, bumper car, dan lain sebagainya. Selain itu, jika Anda merasa lelah bermain, Anda bisa santai sejenak di dalam food court yang tersedia.

Alun-alun Kidul Surakarta

Alun-alun Kidul Surakarta

Lokasi ini masih termasuk ke dalam area kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Alkid merupakan lokasi yang strategis karena terletak di tengah kota. Ada beberapa obyek wisata Solo bersejarah di sini, seperti Kandang Kebo Kyai Slamet, Gerbong Kereta Jenazah, dan Gerbong Kereta Api Pesiar.

Selain itu, terdapat banyak kuliner di sepanjang Alkid. Anda bisa mencicipi makanan khas Solo sekaligus menikmatinya dengan piknik santai di dalam alun-alun.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kasunanan hingga saat ini. Namun, beberapa bagian juga terbuka sebagai lokasi wisata. Kawasan keraton terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor, Kompleks Sri Manganti Lor, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Sri Manganti Kidul, Kamandungan Kidul dan Siti Hinggil Kidul.

Air Mancur Menari Manahan

Air Mancur Menari Manahan

Ingin merasakan vibes air mancur di malam hari ala-ala Tokyo? Tak perlu jauh-jauh ke Jepang, kini Anda bisa menikmati wisata Solo kekinian ala negeri sakura di sini. Bukan hanya menampilkan atraksi air, air mancur di sini dilengkapi dengan animasi dan suara. Tidak heran jika lokasi wisata Solo malam hari ini cukup ramai pengunjung setiap harinya.

Tugu Lilin

Monumen ini dibangun dalam rangka peringatan 25 tahun lahirnya Hari Kebangkitan Nasional. Sesuai dengan namanya, tugu ini memiliki bentuk mirip lilin dengan api di puncaknya. Konon api tersebut merupakan simbol penerang harapan, dalam hal ini harapan meraih kemerdekaan.

Meriam Sriwedari

Meriam Sriwedari

Objek sejarah ini berlokasi di Taman Sriwedari. Seperti objek wisata pada umumnya, banyak pengunjung yang setiap hari memenuhi tempat ini untuk berkumpul dengan teman, menikmati kuliner tepi jalan, maupun sekadar jalan-jalan santai dengan berhenti sejenak untuk mengambil foto dengan latar belakang meriam.

Taman Tirtonadi

Lokasi yang juga terkenal dengan nama Taman Papan Kawruh Tirta ini merupakan pusat rekreasi dengan konsep wisata edukatif Solo. di sini, pengunjung dapat membaca informasi mengenai air, sungai, serta s