earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Blue Fire yang ada di Kawah Ijen merupakan fenomena langka yang jarang terjadi di dunia. Fenomena api berwarna biru ini hanya ada dua di seluruh dunia dan salah satunya di Indonesia.

Untuk menyaksikan kejadian alam ini pun tidak bisa setiap waktu, hanya pada waktu malam hari keindahan blue fire kawah ijen dapat terlihat. Meskipun bernama api biru, blue fire di Kawah Ijen ini bukanlah api betulan melainkan gas dari belerang.

Gas belerang ini keluar dari celah-celah batu dan memiliki suhu yang dapat mencapai 600 derajat Celcius. Ketika gas tersebut bertemu dengan udara sekitar terjadilah reaksi kimia yang membuat gas menjadi berwarna biru dan terlihat seperti api.

Meskipun bukan api betulan, blue fire mampu menarik minat baik lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan keindahannya. Itulah yang membuat tempat wisata ini dan Kawah Ijen menjadi salah satu andalan tempat wisata Banyuwangi.

Kegiatan Seru di Blue Fire Ijen

Ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan di kawasan dengan ketinggian mencapai 2.386 meter diatas permukaan laut ini. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke wisata objek wisata ini.

Menyaksikan Keindahan Api Biru

Hal wajib setelah berada di kawasan ini tentu saja menyaksikan keindahan Api Biru yang keluar dari celah bebatuan. Pesona blue fire ijen ini tidak kalah dengan blue fire lain yang ada di Islandia bahkan lebih mudah diakses.

Pemandangan api berwarna biru terang terlihat menakjubkan ditambah lagi kerlap kerlip bintang yang nampak jelas di langit. Keindahannya sangat pas untuk Anda abadikan dalam foto atau upload sosial media.

Fenomena ini pertama kali ditemukan pada tahun 1950 meskipun diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Meskipun sudah lama ditemukan, pesona objek wisata ini baru meledak pada tahun 2014 setelah muncul di berbagai media.

Trekking di Malam Hari

Untuk bisa melihat secara langsung bagaimana indahnya blue fire, Anda harus melakukan trekking sepanjang 30 km menuju lokasi. Jalur yang dilalui kebanyakan jalan setapak berpasir yang cukup landai dan hanya bisa dilalui beberapa orang sekaligus.

Perjalanannya pun dilakukan pada saat dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Hal ini karena fenomena blue fire kawah ijen hanya muncul dan dapat terlihat sampai pukul 04.30 WIB saja.

Pengalaman trekking atau mendaki saat malam hari ini bisa jadi pengalaman baru yang cukup mengesankan untuk Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan lengkap seperti senter dan jaket karena suhu di sini dapat mencapai 2 derajat celsius.

Menikmati Pemandangan

Jika Anda tidak sempat mendapatkan kesempatan menyaksikan blue fire, Anda masih bisa menikmati pemandangan indah dari kawah ijen. Sunrise kawah ijen ini sudah cukup terkenal menjadi sunrise terbaik yang ada di Banyuwangi.

Suasana matahari terbit yang menyinari danau hijau tosca kawah ijen tidak kalah indah dengan pemandangan blue fire ijen. Anda bisa menyaksikan perlahan langit menjadi terang dan gunung terlihat menjulang menembus awan dari lokasi ini.

Para penambang belerang yang ada disekitar kawah ijen juga menjadi pemanis pengalaman liburan Anda. Kawah ijen dan blue fire dapat memberikan paket wisata lengkap untuk Anda yang senang berpetualang

Camping

Pendakian yang dilakukan di malam hari terkadang menyulitkan pengunjung yang datang dari luar kota. Untuk itulah biasanya mereka memilih berkemah di kawasan paltuding sebelum nanti malam berangkat mendaki menuju puncak.

Saat camping ini juga Anda bisa mempersiapkan segala keperluan yang harus dibawa seperti jaket, masker, dan minum. Anda juga dapat bersantai serta mengumpulkan tenaga agar dapat menikmati blue fire tepat waktu.

Harga Tiket Masuk Blue Fire Kawah Ijen

Untuk bisa menikmati keindahan blue fire, Anda harus membayar biaya retribusi kepada pihak pengelola Kawah Ijen. Biaya yang perlu dibayarkan juga tidak terlalu mahal terutama bagi wisatawan lokal, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Wisatawan Lokal Weekdays Rp5.000,00
Wisatawan Lokal Weekends Rp7.500,00
Wisatawan Asing Weekdays Rp100.000,00
Wisatawan Asing Weekends Rp150.000,00
Penginapan Rp150.000,00
Taksi Gunung Rp800.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Tarif yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pihak pengelola kawasan wisata. Namun daftar ini bisa Anda jadikan referensi dan perkiraan biaya sebelum datang untuk melihat fenomena blue fire kawah ijen.

Pemesanan tiket menuju kawasan wisata ini sekarang sudah bisa Anda lakukan secara online. Tujuannya untuk memudahkan wisatawan yang ingin datang sekaligus pemantauan jumlah wisatawan agar tetap nyaman.

Jika Anda ingin biaya yang lebih murah dan bisa mengunjungi destinasi lain di Banyuwangi, pilih saja paket tour Banyuwangi. Di dalam paket paket ini segala urusan akomodasi dan destinasi liburan Anda sudah siap lengkap dari agen perjalanan terpercaya.

Anda pun bisa menentukan sendiri destinasi yang ingin Anda kunjungi di Banyuwangi dan sekitarnya. Dengan begitu Anda bisa menghemat banyak biaya dan tinggal menikmati liburan santai di Kota Banyuwangi.

Lokasi dan Rute Menuju Blue Fire Kawah Ijen

Fenomena blue fire ini bisa Anda saksikan di kawasan Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen Banyuwangi. Pintu masuk kawasan ini berada di Bumi Perkemahan Paltuding, Dusun Curah Macan, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Jarak antara Paltuding dengan Kota Banyuwangi sekitar 31 kilometer dan dapat Anda tempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Mulai dari Kota Banyuwangi menuju Dusun Jambu, Desa Tamansari, baru dlanjutkan ke Bumper Paltuding di Dusun Curah Macan.

Selain dari Banyuwangi, Anda juga bisa menuju Paltuding melalui Kabupaten Bondowoso meskipun waktu tempuhnya lebih lama yakni 2 jam. Dari Kota Bondowoso Anda berangkat ke arah Sempol lalu lanjut ke Banyupait baru kemudian tiba di Paltuding.

Lebih mudahnya manfaatkan saja petunjuk arah dari Google Maps untuk tiba di lokasi Bumi Perkemahan Paltuding. Sebelum berangkat pastikan juga kendaraan Anda dalam kondisi prima karena jalur yang Anda lalui cukup berat. Anda bisa menggunakan jasa sewa hiace Banyuwangi jika mengunjungi tempat wisata ini bersama rombongan.

Setibanya di Paltuding Anda masih harus berjalan kaki selama kurang lebih 2.5 jam ke arah puncak kawah ijen. Fenomena blue fire baru bisa Anda saksikan setelah berjalan turun dari kawah sekitar 30 menit.

Lama perjalanan yang melelahkan ini akan terbayarkan berkat pemandangan yang tiada duanya. Setelah melihat blue fire kawah ijen pun Anda masih bisa menikmati sajian panorama menakjubkan di Kawah Ijen.

Jam Operasional Blue Fire Kawah Ijen

Berada di lokasi yang sama dengan Kawah Ijen, membuat waktu operasional untuk menyaksikan blue fire pun ikut menyesuaikan. Tempat ini membuka jalur pendakian mulai dari pukul 01.00 WIB sampai 12.00 WIB setiap hari.

Jam buka yang tidak biasa ini untuk menghindari bahaya gas beracun yang ada di kawah lewat jam 12.00 WIB. Apalagi fenomena blue fire kawah ijen ini dapat terlihat hanya sampai pukul 04.30 WIB saja, jadi lebih banyak pendakian malam.

Jika Anda ingin berkunjung bisa berangkat sore atau malam hari ke area Paltuding untuk beristirahat sejenak sebelum pendakian. Selain itu hindari datang di hari jumat pertama setiap bulannya karena kawasan cagar alam biasanya tutup untuk pemulihan ekosistem.

Pastikan juga Anda datang saat musim kemarau untuk mendapatkan pengalaman terbaik melihat api biru ijen. Karena saat musim hujan, jalanan yang Anda lalui jadi semakin licin dan berbahaya, selain itu api biru akan sulit untuk terlihat.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)