Banyuwangi merupakan daerah dengan sejuta pesona wisata yang tiada habisnya. Dari setiap jengkalnya, ada hal baru yang dapat wisatawan eksplorasi. Oleh karena itu, ketika berencana melakukan wisata Banyuwangi, tentu tidaklah cukup hanya satu dua destinasi saja, apalagi banyak wisata Banyuwangi yang sudah buka.

Dalam daftar rekomendasi wisata Banyuwangi terbaru ini, kami pilihkan tempat-tempat terbaik dan memiliki ulasan bagus. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi dalam menyusun itinerary perjalanan menuju Kota Gandrung nan elok tersebut.

Daftar Tempat Wisata Banyuwangi Terbaik yang Populer

Kebanyakan orang berasumsi bahwa untuk menikmati keindahan alam, haruslah ke pelosok. Ternyata, hal ini dipatahkan saat Anda berkunjung ke tanah Osing. Sebab, dalam daftar ini lokasinya tersebar, tidak hanya pinggiran tapi juga wisata Banyuwangi kota.

Wisata Taman Kota Banyuwangi

Taman Blambangan

Taman Blambangan

Taman yang berada di Jl. Diponegoro No.2 Kepatihan ini, menyimpan pesona yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Sebab, wisata di Banyuwangi kota ini memiliki banyak spot foto unik yang instagramable.

Sebagai contoh, adalah gapura yang artistik, ada lampu-lampu cantik saat malam, bunga dan tanaman indah serta banyak objek lainnya. Selain itu, di sini juga ada lapangan basket, area skateboard dan play ground untuk sekadar bermain atau duduk-duduk saja.

Menariknya lagi, ada panggung khusus untuk pagelaran atau pertunjukan budaya di sini. Jadi sering ada acara pertunjukan yang membuat pengunjung semakin betah untuk kembali lagi.

Taman Sritanjung

Taman Sritanjung

Taman yang ada di Jl. Sritanjung area Temenggungan ini memang menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi murah meriah. Pengunjung hanya butuh biaya parkir saja dan bisa mengakses taman, sekaligus mall, masjid dan juga pendopo Sabha Swagata.

Struktur ornamen di taman ini sangatlah cantik, karena ada mozaik keramik dan juga air mancur di pusat taman. Tidak cukup itu saja, tatanan bunga dan tanaman yang rindang, berpadu dengan tugu-tugu ikonik, membuat semua tempat terasa sangat cocok untuk berfoto.

Soal kuliner, jangan ragu lagi. Sebab di sekitar sini ada lebih dari 60 pedagang yang tertata rapi di sekeliling taman. Pilihan menunya beragam, lezat dan lengkap. Fasilitas umum seperti kamar kecil, area parkir dan lainnya membuat pengunjung semakin betah ada di sini.

Taman Sayu Wiwit

Taman Sayu Wiwit

Wisata Banyuwangi yang buka salah satunya adalah taman wiwit. Ini merupakan area yang masih dalam satu kawasan dengan Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Satria Banyuwangi.

Tema wisata yang diusung oleh pihak pemerintah pun sangat keren. Yakni pemerintah menginginkan adanya sebuah ruang terbuka hijau yang ramah bagi warganya. Selain itu, di sini pun sudah lengkap dengan berbagai fasilitas standar untuk ruang terbuka hijau, seperti wastafel, pepohonan rindang dan lainnya.

Dulu area ini identik dengan aura mistis. Namun, seiring waktu pihak pengelola mampu mengubahnya menjadi sebuah destinasi wisata yang ciamik. Di sini ada akses wifi gratis diseluruh titik lokasi. Harapannya, taman ini mampu menjadi daerah percontohan Digital Society.

Patung kuda – Tirta Wangi

Tirta Wangi

Wisata Banyuwangi selatan ini merupakan taman asri yang memberikan sensasi ketenangan dan juga patung kuda di tengahnya. Di taman ini sudah tersedia beragam fasilitas untuk bersantai juga aneka spot untuk berfoto. Sebab, tata letak taman yang unik dan juga patung kuda yang ikonik.

Fasilitas lain yang dapat Anda dapatkan adalah deretan bangku taman, gazebo unik dan juga terdapat banyak rumah penginapan yang mudah diakses. Tidak ketinggalan di sana ada barisan penjual makanan khas Banyuwangi di area agak sedikit menjauh yang menemani pengunjung untuk healing di sini.

Menarik sekali bukan wisata di tempat umum seperti taman atau ruang terbuka hijau kota Banyuwangi. Namun, bagi Anda pecinta pemandangan alam, khususnya laut dan pantai, di bawah ini kami rekomendasikan destinasi keren untuk Anda.

Wisata Pantai di Banyuwangi

Pantai Boom Marina

Pantai Boom Marina

Pantai ini sebenarnya adalah dermaga bagi kapal pesiar yang dikelilingi fasilitas lengkap. Seperti restoran, privat resort, Amphitheater Boom Eco Adventure Park, arena permainan dan banyak lagi lainnya. Keindahan desain dermaga serta bangunan ikonik yang ada di sana, membuat tempat ini kami rekomendasikan untuk liburan istimewa bagi Anda.

Keberadaan jembatan lengkung kayu atau causeway yang ikonik, membuat bekas taman hiburan rakyat ini menjadi spot foto instagramble yang luar biasa. Belum lagi sunset-nya sangatlah indah, dengan latar laut, gunung Raung, pegunungan Ijen dan Ranti saat cuaca cerah, sungguh menggoda.

Di sisi lain wisata Banyuwangi pantai Boom ada area glamping, arena ATV dan motor cross, bianglala, serta persewaan kuda. Meski Anda hanya diam menikmati suasana, jangan khawatir bosan. Sebab di sini view-nya sangat indah dan tidak ketinggalan sajian kuliner khas seperti rujak soto, sambel tempong, dan lainnya berderet siap memanjakan.

Pulau Santen

Pantai Pulau Santen

Beberapa tahun lalu, memang pulau ini terkenal dengan sebutan wisata halal Banyuwangi, lantaran pengunjung pria dan wanita memiliki area yang berbeda. Nyatanya, ini hanya strategi marketing saja dan sejak 2019 sudah bercampur lagi antara wisatawan laki-laki atau perempuan.

Selain keindahan pantainya yang memukau, di sini ada deretan payung warna-warni dan juga sofa bantal. Hal ini membuat pengunjung semakin nyaman menikmati pemandangan laut dengan kesegaran es kelapa muda yang bisa di pesan pada penjual di sana.

Apalagi sunset di sini sangatlah indah dengan latar pulau Bali dan juga lautan lepas yang mendamaikan. Anda dapat menikmati sajian kuliner yang lengkap, mulai dari makanan berat, aneka minuman dan camilan. Juga ada fasilitas ibadah, kamar mandi, dan kelengkapan lain yang memanjakan.

Pantai Cacalan

Pantai Cacalan

Pantai yang terkenal dengan sunset-nya ini ada di Sukowidi, Klatak dan tidak jauh dari jalan utama. Wisata Banyuwangi yang bagus ini memiliki banyak keistimewaan yang membuat kami merekomendasikannya, selain dari fasilitas umum seperti ruang pertemuan, kamar mandi, mushola dan lainnya.

Beberapa di antaranya adalah rute yang mudah serta terjangkau kendaraan umum maupun pribadi. Di sana juga ada villa bambu yang super estetik, ayunan kayu di pantai untuk spot foto unik, serta pemandangannya yang juara.

Deretan warung penjual makanan pun dapat menjadi tujuan wisata kuliner, karena kopi aslinya benar-benar mantap. Demikian juga pilihan menu lain, semuanya siap memanjakan Anda selama di sana.

Pantai Sobo

Pantai Sobo

Wisata Banyuwangi Pantai Sobo, merupakan tempat merenung yang pas. Karena di sini hanya ada satu bangunan yang terkenal sangat ikonik. Yaitu, sebuah rumah di pinggir pantai, lengkap dengan dermaga kayu sederhana.

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke pantai sunset yang indah ini, biasanya sesaat sebelum matahari terbit. Sehingga Anda akan menemukan betapa indahnya peristiwa sunrise di dermaga rumah kayu pinggir pantai.

Walaupun minim fasilitas umum, namun karena pantai ini termasuk yang jarang pengunjung. Maka Anda tidak perlu merasa khawatir berlebih. Anda tetap bisa menikmati deburan ombak di tengah lengangnya kondisi pantai yang memberikan kedamaian.

Pantai Kedung Derus

Pantai Kedung Derus

Wisata laut Banyuwangi satu ini memang penuh pesona. Bagaimana tidak, pulau kecil ini hanya bisa diakses dengan perahu dan suasana di sananya pun masih sangat alami. Deburan ombak, suara serangga dan juga sejuknya angina selat Bali membuat segalanya terasa indah.

Di wisata ini, terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Seperti hammock, kursi santai, penginapan, kamar mandi umum, mushola dan juga penginapan dengan harga terjangkau. Jika tidak membawa bekal, jangan khawatir. Ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan serta minuman.

Pesona utama dari pantai ini adalah sunsetnya yang memukau dan juga gemerisik pohon cemara laut yang menenangkan. Saat ingin escape sejenak dari pekerjaan, kami sarankan untuk memilih pantai ini sebagai healing stress.

Pantai Dermaga Cinta

Pantai Dermaga Cinta

Wisata Banyuwangi yang buka hari senin ada banyak, tapi berbeda dengan dermaga satu ini. Keindahan matahari terbenamnya juara. Anda dapat berkunjung di sini sepanjang hari dalam seminggu dan mengabadikan momen sunset terbaiknya.

Tempat ini menjadi spot favorit anak senja karena pintu kayunya yang unik dan eksotik. Belum lagi latar laut luas yang merupakan bagian dari selat Bali, membuat hasil foto semakin memukau.

Tidak cukup itu saja, di sini ada boat atau perahu yang kadang sedang sandar, membuat panorama semakin memesona. Selain gratis dan aksesnya sangat mudah, karena dekat dengan pelabuhan Ketapang. Tempat ini mampu menjadi pereda stress yang efektif. Disekitar area pantai juga terdapat pedagang yang menjual oleh-oleh khas Banyuwangi.

Pantai Cemara Gading

Pantai Cemara Gading

Pantai yang berlokasi di Desa Sukojati, Kabupaten Banyuwangi juga menghadirkan pemandangan Gunung Agung Bali. Memiliki panorama yang menyegarkan mata setiap pengunjungnya. Uniknya lagi, wisata unggulan Banyuwangi ini memiliki pasir hitam dan air yang cukup jernih.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar pantai dan dapat melihat laut lepas, karena pantai ini sedikit menjorok ke laut. Selain itu, di sekitar pantai terdapat rumah pohon yang berada di sekitar hutan bakau, cemara, dan kelapa gading.

Puas mengabadikan pemandangan area pantai, pengunjung juga banyak yang menunggu waktu matahari terbenam. Pesona Pantai Cemara Gading ini membuat banyak orang selalu merindukannya untuk berkunjung kembali.

Pantai Martamus

Pantai Martamus

Pantai satu ini memang masih sangat alami dan tersentuh manusia. Jadi meski agak sedikit berantakan, tetapi pesonanya luar biasa. Masuk ke area ini seperti menemukan hidden germ. Oleh karena itu, pantai wisata Banyuwangi utara ini kami rekomendasikan saat Anda butuh tempat yang masih natural.

Pemadangan utama di sini tentu saja hamparan pepohonan cemara laut di pinggir pantai, deburan ombak dan sunset-nya. Hal unik yang ada di sini adalah, saat surut Anda akan berkesempatan berburu kerang tanpa perlu keahlian khusus. Berbaur dengan masyarakat lokal untuk mencarinya di balik pasir.

Selain itu, jika beruntung akan ada nelayan sandar dengan perahu kecil sarat ikan segar yang dapat Anda beli dengan harga sangat murah. Jadi Anda bisa bakar-bakar ikan di sana sembari menyesap aroma laut yang syahdu.

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Potongan surga yang jatuh di Banyuwangi ini memang benar-benar hidden germs yang wajib Anda kunjungi. Meski akses menuju tempat ini butuh perjuangan, karena Anda harus jalan kaki dari Pantai Batu dan menerobos sela batu karang, tapi kami jamin bahwa semua lelah Anda akan terbayar sempurna di sini.

Pantai dengan pasir putih yang lembut, gradasi warna air dari hijau menuju biru, deburan ombak lembut yang berpadu dengan segarnya air laut, ini benar-benar luar biasa. Sekilas, tempat ini seperti pantai tiga warna di Malang, akan tetapi Teluk Hijau ini seperti persembunyian peri dari negeri dongeng.

Di salah satu sisi teluk, ada air terjun yang langsung bersentuhan dengan bibir pantai. Sehingga, ketersediaan air tawar di sini sangatlah melimpah dan Anda bisa bermain-main di bawahnya jika bosan dengan air laut yang asin.

Menariknya lagi, bagi Anda yang tidak menyukai tracking ke sini, ada solusi lain dalam transportasi menuju tempat super indah ini. Yaitu melalui jalur laut, dengan menyewa kapal milik nelayan lokal dan harganya pun terjangkau. Jadi Anda tidak perlu bersusah payah jalan ke sini.

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Siapa sangka jika di pantai dengan pasir sangat lembut ini, dulunya adalah wilayah pertahanan tentara Jepang saat di Indonesia. Sebelum adanya tsunami pada tahun 1994, di sini ada beberapa meriam besar yang menghadap laut dan juga peninggalan lain khas benteng pertahanan.

Meski kini hanya tertinggal goa saja sebagai bukti pernah ada markas militer di sini, tetap saja nilai historisnya wajib Anda ulik saat kemari. Jadi selain mendapatkan pemandangan khas laut yang super indah, Anda juga bisa berwisata sejarah di sini.

Fasilitas yang ada cukup lengkap di tempat yang bisa menjadi pintu ke Teluk Hijau lewat laut ini. Lahan parkir yang lega, kamar mandi umum, mushola dan juga warung-warung berjajar di sini. Jadi, jika Anda ingin menikmati sensasi pantai berpasir lembut dengan karang-karang unik, kami rekomendasikan Anda mengunjungi Pantai Rajegwesi ini.

Bangsring Underwater

Bangsring Underwater

Wisata Banyuwangi snorkeling ini memang sedang viral. Siapa sangka dari kampung kumuh kini berbenah menjadi salah satu spot menyelam yang indah. Penanaman terumbu karang buatan beberapa tahun silam, kini membuahkan hasil manis untuk ekosistem sekitar.

Selain surga bagi pecinta olahraga bawah air, tempat ini juga menawarkan pesona lain yang cocok bagi Anda untuk melepas penat. Yaitu rumah apung super luas yang dapat Anda capai dengan perahu dari darat. Jadi, menikmati matahari terbenam dari atas rumah apung, tentu sensasinya beda dibandingkan dari tepi pantai saja.

Hal unik yang ada di sini, selain karang buatan ternyata agak menjauh dari pinggiran ada hamparan koral alami yang memanjakan mata pengunjung. Tidak harus diving, karena Anda bisa juga menikmatinya dengan snorkeling. Belum lagi, di sini Anda bisa menyewa jasa fotografer sekaligus kamera underwater yang bisa mengabadikan momen menyelam tidak terlupakan.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Salah satu destinasi wajib yang patut dicoba ketika ke Banyuwangi ya ke pantai dengan pasir kecoklatan ini. Meski pantai ini bernama Pantai Merah, pasirnya tidak merah. Cenderung berwarna coklat menyerupai tanah. Nama merah ini berasal dari bukit di sebelah pantai yang banyak terdapat tumpukan tanah serupa batu bata merah.

Akses ke sini cukup mudah dan tersedia fasilitas lengkap. Mulai dari bangku-bangku panjang di bibir pantai, payung peneduh dan banyak lagi lainnya. Termasuk warung yang menjual aneka makanan dan minum, dengan beberapa pilihan.

Saat ke sini, Anda bisa sekadar bersantai menikmati pemandangan atau melakukan aktivitas laut lainnya. seperti diving, snorkeling, berselancar dan juga berenang di sana. Jika tidak membawa peralatan, tenang saja. Ada jasa penyewaan dan juga guide profesional.

Pantai Grand Watudodol

Pantai Grand Watudodol

Wisata Pantai Grand Watudodol (GWD) Banyuwangi ini kami rekomendasikan karena pernah menyabet gelar sebagai pantai paling bersih di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, konsep bangunan dan taman di sana, ditata dengan arsitektur unik yang modern. Lengkap dengan sistem kebersihan yang memadai.

Fasilitas di pantai yang menjadi akses ke pulau Menjangan dan Tabuhan ini, sangatlah lengkap. Selain fasilitas umum, di sini ada amphitheater dan juga gazebo-gazebo estetik di bawah rindangnya pohon kelapa.

Kami sarankan Anda ke sini pagi, karena sunrise di sini juara. Rona orange matahari pagi, akan menyembul pelan-pelan sebelum akhirnya meratakan bias kemerahan di atas air laut. Apalagi gelombang di sini pun tidak terlalu besar, jadi aman untuk sekadar berendam menikmati pemandangan.

Pantai Cemara Banyuwangi

Pantai Cemara Banyuwangi

Mau ke wisata Banyuwangi untuk keluarga yang anti mainstream? Pantai Cemara Banyuwangi pilihannya. Di sini Anda akan melihat hamparan mangrove yang dipadukan dengan sistem pengendali abrasi lingkungan yang sangat luar biasa.

Pengelola Pantai Cemara menyediakan beragam fasilitas yang sangat keren. Mulai dari jembatan penghubung dalam kawasan hutan mangrove yang rimbun, teduhnya bersantai di bawah teduhnya pohon cemara, juga banyaknya spot spot foto yang sangat luar biasa.

Jangan khawatir, fasilitas umum di lokasi wisata pantai cemara lengkap. Tiket masuknya pun murah. Bagaimana? Terbayangkan ya keseruannya berlibur ke sini? Yuk, segera lakukan pemesanan ke Salsa Wisata, karena kami akan mengajak Anda seseruan di sini.

Jikalau bosan dengan wisata pantai yang itu-itu saja, mungkin saatnya Anda mencoba wisata alam yang beda dari biasanya. Karena di Banyuwangi, ada Taman Nasional yang memiliki bentang alam heterogen dan view-nya pun juara.

Wisata Taman Nasional Banyuwangi

Alas Purwo

Alas Purwo

Taman nasional satu ini memang menyimpan pesona luar biasa di balik cerita mistis maupun negatif lainnya. Padahal pemandangan yang ada di sana sangatlah luar biasa dan lengkap. Ada landscape pegunungan, wisata Banyuwangi padang savana, pantai, hutan hujan tropis dan aneka flora serta fauna eksotis.

Sebut saja dari pintu masuk, Anda akan disuguhi pemandangan hutan heterogen yang memamerkan rusa, monyet, merak dan lainnya. Ketika masuk ke savana Sadengan, maka banyak banteng liar yang langka dan merak sedang bercengkrama.

Tidak cukup itu saja, pantainya pun memiliki garis yang sangat panjang dan di tepinya ada banyak gua, petilasan juga tebing serta pohon besar yang menakjubkan. Salah satu pantai yang ikonik adalah Plengkung, sebab di sini ombaknya salah satu yang terbaik di dunia.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Meski lebih dikenal berada di Jember, nyatanya Taman Nasional pada bagian barat masuk Banyuwangi, lebih tepatnya di kecamatan Pesanggrahan. Keindahan pemandangan di sini sangatlah luar biasa, karena hamparan hutan, laut dan juga pegunungan sangat memanjakan mata dan sense of adventure Anda.

Wisata Banyuwangi Taman Nasional Meru Betiri memiliki koleksi fauna yang langka yaitu penyu, macan tutul dan elang jawa. Untuk flora sendiri ada bungur yang mulai jarang ditemui, pohon benda dan pohon pulai yang sangat khas.

Jika ke sini, Anda haruslah ditemani guide agar eksplorasi lebih aman dan nyaman. Karena luasnya wilayah, tentu seharian di sini tidak akan bosan. Sebab pantainya sangat menawan, ada pusat edukasi penyu dan juga fasilitasnya pun cukup lengkap. Seperti mushola, toilet, armada jelajah dan banyak lagi lainnya.

Mengeksplorasi Taman Nasional memang butuh banyak waktu, karena luasnya area dan juga ragam view yang bisa Anda peroleh di sana. Namun, jika terbatas waktu dan tertarik dengan konsep wisata alam, kami merekomendasikan destinasi amazing di bawah ini untuk kategori wisata alam pegunungan yang menakjubkan.

Wisata Alam Pegunungan Banyuwangi

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Ikon wisata dengan keindahan api birunya dan ini hanya ada dua di dunia, membuat tempat ini wajib Anda kunjungi saat ke Banyuwangi. Perjalanan dini hari dengan medan ekstrim, tidaklah menjadi penghambat untuk ke wisata blue fire Banyuwangi ini.

Ada porter yang siap membawakan barang dan juga mengantar ke puncak tanpa harus jalan. Tidak lupa, di sana juga sudah ada penjual senter serta masker untuk menghalau tebalnya kabut yang bercampur asap belerang.

Wisata Ijen Banyuwangi tidak hanya menawarkan pesona gunung Ijen yang menjulang, tetapi juga sisi humanis dari kehidupan lain yang mungkin selama ini jarang Anda jumpai.

Misalnya saja, melihat para penambang belerang yang memikul beban, para penjual kopi dan juga hal lain yang menyentuh sisi empati. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda Ijen sebagai destinasi wisata Anda.

Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

Rekomendasi tempat wisata Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah yakni wisata Puncak Asmoro. Tempat ini berlokasi di Desa Gombengsari, Kabupaten Banyuwangi. Untuk menuju puncak, butuh perjuangan melewati medan yang cukup terjal dengan jalan kaki.

Tidak perlu khawatir, di setiap perjalanan menuju puncak, Anda dapat menikmati suguhan pemandangan indah yang menyegarkan mata. Setiap lelah akan terbayarkan setelah sampai di puncak.

Berada di puncaknya, terdapat hamparan pemandangan memukau yang cocok untuk objek foto. Di sebelah timur terdapat Selat Bali dan bagian barat terdapat pegunungan. Kemudian pada sebelah utara dan selatan, tersaji pemandangan segar dari rimbunnya tanaman hijau yang subur.

Bukit Sewu Sambang

Bukit Sewu Sambang

Wisata outdoor Banyuwangi satu ini memiliki banyak pesona yang memukau. Oleh karena itu, wisata satu ini kami rekomendasikan bagi Anda pecinta kegiatan outdoor dan bercengkrama dengan alam.

Jalur tracking dengan motor cukup bersahabat, karena sudah dibangun dan rapi. Namun, di puncak semua rasa lelah akan sirna saat melihat pemandangan yang terbuka. Laut luas, jajaran pegunungan dan juga hijaunya pepohonan di lembah.

Kami rekomendasikan ke sini saat pagi, karena matahari terbit di sini benar-benar memesona. Ada gazebo, warung, toilet dan juga fasilitas pendukung lain bagi Anda yang berminat camping di sini.

Wisata Waterpark dan Kolam Renang di Banyuwangi

Mirah Fantasia

Mirah Fantasia

Wisata Banyuwangi untuk anak ini letaknya ada di Jl. Karimun Jawa No.81 area Lateng dan sangat mudah diakses baik oleh kendaraan umum atau pribadi. Konsepnya adalah waterpark dengan segala fasilitas umumnya. Seperti, perosotan air, bucket bom, ban karet, kolam renang dan lainnya.

hal unik lain dari wisata Banyuwangi kolam renang ini adalah keberadaan kebun binatang mini di sampingnya. Sehingga, anak-anak semakin riang untuk bermain air sekaligus edukasi fauna. Beberapa satwa yang ada di antaranya adalah elang, rusa, kalkun, burung jalak, monyet dan juga buaya.

Orang tua dapat bersantai di deretan gazebo yang ada sembari mengawasi anak-anak. Selain itu, fasilitas pendukung yang ada juga cukup lengkap. Selain ruang bilas dan mushola, ada café yang menjual aneka makanan dan minuman. Bukankah ini tempat yang ideal untuk berlibur bersama anak?

Pemandian Taman Suruh

Wisata Banyuwangi barat ini dapat menjadi tujuan wisata keluarga atau ketika mengajak anak. Sebab di sini ada kolam renang, perosotan air dan banyak wahana lain yang membuat anak-anak betah berlama-lama di sini.

Kolam renang Taman Suruh sendiri memiliki air yang jernih dan juga lingkungan yang asri. Sejuknya udara sekitar dengan pepohonan rindang, deretan gazebo dan juga wisata kulinernya yang melimpah. Membuat Anda tidak bosan selama ada di sini.

Tidak ketinggalan juga, spot-spot foto menarik yang ada di sana sangat cocok untuk update ke media sosial. Sumber air yang ada di sini pun sangatlah jernih dan alami, sehingga terasa sejuk dan segar. Sangat cocok untuk mendinginkan tubuh saat hari terik.

Pemandian Sumber Waras

Pemandian satu ini termasuk salah satu dari deretan wisata Banyuwangi umbul bening. Hal ini terbukti dengan pemandian yang memiliki air jernih, sejuk dan panorama segar memesona. Apalagi, fasilitas yang ditawarkannya pun cukup lengkap.

Saat masuk, mungkin pengunjung akan heran kalau di tengah desa yang asri ada pemandian modern seperti itu. Kola yang luas dan bentuk unik, didampingi air mancur di pinggirannya, membuat pengunjung bisa totalitas dalam bermain air.

Uniknya lagi, di sini ada café yang tempat makannya terendam air, jadi pengunjung bisa bermain air sambil menikmati sajian lezat di sana. Lingkungan sekitar pun asri dengan taman dan gazebo cantik yang memanjakan.

Wisata Pancoran Banyuwangi

Wisata air Banyuwangi satu ini memiliki konsep ala waterpark. Dengan keunggulan berupa wahana permainan air, pengunjung bisa seru-seruan di sini bersama keluarga. Deretan gazebo, kamar bilas, toilet, musola, café dan fasilitas lain bisa menunjang kenyamanan Anda selama ada di sana.

Wahana atau permainan di sini cukup lengkap, mulai dari perosotan air berbagai ukuran, kanal panjang untuk bersantai dengan ban, juga kolam renang regular untuk dewasa. Tidak itu saja, spot foto menarik pun banyak ditemukan di sini, mulai dari tulisan dalam plank kayu, patung-patung ikonik dan bentukan lain yang unik.

Lokasinya cukup mudah ditemukan, dan tidak masuk ke pelosok. Sebab dekat dengan akses jalan utama daerah Karangbendo, kecamatan Rogojampi. Jika kesulitan menemukannya, bisa aktifkan Gmaps dan tracking dari sana. Mudah sekali bukan?

Waterpark Cluring

Ingin ke Selecta Malang tapi posisi Anda masih di Banyuwangi? Jangan khawatir, sebab wisata cluring Banyuwangi ini hampir serupa dengan Selecta. Lengkap dengan waterpark dan juga taman bunga super indahnya.

Meski tidak mirip 100%, paling tidak di sini Anda bisa berwisata air sekaligus jalan-jalan di taman untuk menghilangkan penat atau berfoto-foto. Jika bosan, maka Anda bisa mencoba wahana permainan lain, seperti tubing dan sepeda bebek di kolam besar, atau main busa di kolam khusus.

Kalau Anda tidak takut ketinggian, bisa menantang diri dengan bersepeda awan untuk menikmati pemandangan Cluring dari atas atau mencoba flying fox. Akan tetapi, jika hanya mau duduk santai, bisa sembari menikmati cinema 3D yang ada di sana, lengkap dengan cafénya.

Banyuwangi memang juara pariwisata, karena selain waterpark seperti destinasi di atas, juga ada umbul atau pemandian dengan sumber air alami yang bisa Anda coba. Termasuk air terjun dan juga petirtaan kuno. Menarik bukan destinasi wisata alami ini?

Wisata Pemandian Alami dan Air Terjun

Goa Sodong

Goa Sodong

Wisata umbul Banyuwangi ini memang memiliki pesona sumber air yang sangat jernih dan sejuk. Selain itu, di sekitarnya ada gua yang menjadi destinasi utama dengan hamparan pepohonan dan bunga indah di sekelilingnya.

Keunikan yang ada di lokasi wisata alam ini adalah keberadaan tujuh mata air dan bertemu di dalamnya. Sehingga, air yang mengalir dari gua ini diyakini berkhasiat. Akan tetapi, terlepas benar apa tidaknya, air di sini memang terasa segar dan membuat perasaan tenang.

Akses menuju lokasi tidaklah sulit, tinggal terus saja dari desa Kemiren. Saat memasuki lokasi, pengunjung akan dimanjakan dengan ragam tanaman buah dan jika beruntung pas musimnya, bisa membelinya langsung. Ada manggis, durian, jambu dan lain-lain.

Kalongan Waterfall

Wisata Banyuwangi paling hits ini memang cocok untuk liburan bersama teman, keluarga atau sendirian melepaskan stress. Suasana pedesaan yang sejuk dan rindang, menjadi pemandangan dominan. Pohon-pohon tinggi dengan akar selebar papan, turut memberikan pemandangan tidak terlupakan.

Dari pintu parkir, pengunjung akan menuruni anak tangga yang lebar dan berundak. Setelah itu, kolam lebar yang jernih akan menyambut Anda, entah hanya duduk-duduk di pinggirnya atau bermain kano, ban dan lainnya di sana.

Tidak jauh dari situ, ada air terjun dengan ketinggian cukup, ramah untuk anak-anak dan keluarga karena debit air yang tidak besar dan tidak tinggi. Airnya sangat jernih, dan Anda dapat berendam atau berenang di sini di bawah hamparan rindangnya dedaunan.

Fasilitas di sini pun cukup lengkap, ada mushola, toilet, warung dan juga persewaan alat permainan air. Jadi, wisata satu ini ami rekomendasikan bagi Anda yang suka piknik ceria dengan suasana alami yang terjaga.

Rowo Bayu

Indah, Sakral nan eksotis, mewakili deskripsi tempat ini. Bagaimana tidak? Telaga dengan air sangat jernih ada di tengah hutan dan rawa-rawa. Pohon beringin raksasa yang menginvasi pohon apak, seolah menjadi penjaga bagi tempat super sejuk dan teduh ini.

Ornament lain seperti pancuran patung dan petilasan kuno yang ada di sini, memberikan penegasan bahwa pengunjung harus tertib dan sopan. Akan tetapi, di balik semua cerita mistis di baliknya. Tempat ini benar-benar keren dan menakjubkan.

Panorama asri, udara sejuk, gemericik air, dan desau angin lembut, menjadi satu simponi indah untuk kesan wisata tidak terlupakan. Apalagi, fasilitas di sini cukup lengkap dan harganya pun sangat terjangkau. Jadi, bukankah ini sepadan?

Legomoro Banyuwangi

Untuk menuju ke destinasi wisata di kecamatan Glenmore ini, Anda menghabiskan 1.5 jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi. Lokasi air terjun indah tersebut, ada di tengah hutan alami yang akses ke sana hanya bisa kendaraan pribadi.

Meski terletak di tengah hutan Tengkorak, tapi pemandangan di sini tidaklah seseram namanya. Deretan pohon dan belukar liar, terasa mendaikan saat perjalanan menuju air terjun tersebut. Apalagi, fasilitas di sini cukup memadai dengan taman-taman memesona, semakin membuat betah pengunjung.

Air terjun ini tidaklah terlalu tinggi dan debit airnya pun cukup aman untuk anak-anak. Akan tetapi, jika ingin lebih aman lagi, Anda bisa menyewa ban untuk tubing bersama keluarga di aliran sungai sekitar air terjun.

Gumuk Candi Banyuwangi

Pecinta ketinggian dan kolam renang, wajib ke sini. Sebab di sini ada kolam renang super indah dengan view tebing dan lembah yang memukau. Jika tidak membawa ganti ke sini, Anda pun bisa hanya duduk-duduk sembari ngopi di area café eksotik yang ada di sana.

Fasilitas di sini terbilang standar saja, karena tempat ini masih alami, jadi pembangunannya pun cukup terbatas. Akan tetapi, justru pesonanya ada di sini. Lantaran masih serba alami, pengunjung bisa menyatukan diri dengan alam, sembari healing dari kepenatan.

Spot foto di sini sangatlah melimpah, jika sudah bosan dengan deretan tebing dan lembah, bisa eksplorasi pepohonan dan taman di sana. Selain itu, ada deretan gazebo dan juga rumah kayu dua lantai untuk berfoto atau istirahat.

Bagaimana dengan rekomendasi dari kami untuk tujuan wisata di atas? Bagaimana jika kami tambahkan rekomendasi lain, tetapi ini untuk kategori wisata pertanian dan perkebunan. Anda bisa membawa keluarga untuk sekadar healing atau edukasi sambil mengenal alam. Mari coba!

Agrowisata dan Perkebunan

Taman Suruh

Taman Suruh

Agro Wisata Taman Suruh menghadirkan nuansa yang berbeda dari agro wisata lainnya. Agro wisata ini berada di Dusun Wonosari dan mudah diakses dari jalan utama. Pemandangan area pegunungan dan persawahan menghiasi wisata Banyuwangi ramah anak ini.

Berbagai spot foto menarik untuk berselfie, seperti taman bunga yang berwarna-warni, tulisan pada plang kayu dan lainnya. Tidak hanya itu, pengunjung disuguhkan dengan berbagai sarana edukasi seputar pertanian, lalu uniknya lagi adalah pengunjung bisa membawa pulang sebagai buah tangan.

Hal menarik lainnya dari wisata Agro Expo Banyuwangi ini adalah aktif mengadakan berbagai acara pertanian. Salah satunya acara Expo Seribu Bunga yang akan memamerkan koleksi tanaman beragam, seperti aglonema, monster, kelapa hias, dan berbagai tanaman hias lainnya.

Perkebunan Kali Klatak

Surganya kopi Banyuwangi, mungkin kata ini tepat untuk menggambarkan pesona pengolahan kopi di agrowisata satu ini. Sebab di kebun dengan luas 1.013 ha, pengunjung bisa puas menikmati bagaimana berbagai komoditi pertanian seperti kopi, keningar, kayu putih, kayu manis, vanili dan rempah-rempah lainnya.

Meski ini dimiliki oleh perusahaan swasta, nyatanya umum boleh masuk dengan harga terjangkau dan mendapat edukasi mengenai pengolahan kopi ala masyarakat Osing. Tidak cukup itu saja, keberadaan komoditi pertanian di sini bisa Anda beli saat sedang musim, sehingga kunjungan ke sini terasa unik.

Hal lain yang dapat Anda dapatkan ketika ke wisata Banyuwangi yang lagi hits ini adalah view kota Banyuwangi dari puncak bukitnya. Terlihat bagus dengan latar laut dan juga pegunungannya. Menyesap secangkir kopi terbaik dengan pemandangan luar biasa, tentu menjadi pengalaman wisata yang menakjubkan.

Agrowisata Astaga Dragon

Wisata petik buah naga Banyuwangi memang wajib bagi Anda pecinta buah naga yang ingin memetik langsung dari kebunnya. Jika ingin membawa pulang, tenang saja harganya terbilang murah daripada harga umum pasaran. Jadi Anda tidak perlu risau memboyong dalam jumlah besar.

Kunjungan di sini juga bagus untuk yang sedang belajar bertani buah naga, karena akan diajarkan langsung oleh praktisi profesional yang turun langsung mengelola perkebunan ini. Selain itu, ada juga komoditi buah markisa yang bisa pengunjung petik untuk sajian minuman segar saat menikmati waktu istirahat di pondokan kecil yang tersebar di sana.

Beberapa kolam kecil berisi ikan, akan menjadi hiburan menarik sembari menunggu pesanan makanan dari café. Tidak ketinggalan, untuk foto-foto juga bisa karena tersedia banyak spot instagramable di sini.

Selain destinasi di atas, Anda juga bisa mencoba ragam wisata edukasi yang ada di banyuwangi. Mulai dari sejarah, religi dan banyak lagi lainnya. Have fun-nya dapat, edukasinya mantap. Mari coba cek dan masukkan dalam itinerary perjalanan Anda di Banyuwangi.

Wisata Edukasi Budaya, Religi dan Sejarah

Hoo Tong Bio

Hoo Tong Bio

Wisata religi Banyuwangi yang terletak di Karangrejo ini memiliki sejarah panjang, karena tempat ibadah umat Kong Hu Chu sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan terus dipakai hingga saat ini.

Di sana ada prasasti yang menjadi pertanda bahwa kuil ini sudah ada sejak tahun 1784, dan diyakini jika pada masa sebelumnya pun sudah ada. Struktur bangunan yang unik dan kuno, membuat tempat ini indah sekaligus sarat nilai sakral.

Perjalanan menuju tempat ini sangatlah mudah, demikian juga dengan akses dan fasilitas yang ada. Standard kuil dan di sekitarnya pun ramai penjual makanan atau minuman. Jadi saat mau berburu foto atau sekadar belajar sejarah, di sini bisa.

Museum Blambangan

Museum ini memiliki banyak koleksi dan pengetahuan mengenai sejarah dan juga kerajaan Blambangan. Termasuk, sejarah atau keberadaan garuda yang menjadi lambing Negara Indonesia. Sebab, konon makhluk ini adalah mitologi ada beberapa beranggapan bahwa ini nyata pernah ada.

Wisata Banyuwangi selain pantai yang terletak di kompleks Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini, memiliki suasana yang asri dan teduh. Saat masuk, Anda akan merasakan ambience tenang serta nyaman.

Beberapa koleksi yang ikonik di antaranya adalah arca wisnu, aneka keris dan senjata kuno, guci-guci dari berbagai temuan, serta banyak lagi lainnya. Di sini tidak hanya peninggalan zaman kerajaan saja, sebab ada mesin telephon zaman dulu, batik, rumah adat dan koleksi lain.

Kampung Wisata Temenggungan

Destinasi wisata unik ini, bisa menjadi alternatif saat memilih paket wisata Banyuwangi one day di Salsa Wisata. Karena kami merekomendasikan tempat ini untuk masuk ke itinerary saat di tanah Osing.

Terkenal sebagai destinasi wisata dengan konten utama yang menyajikan wisata sejarah dan seni budaya asli Banyuwangi.

Anda akan dimanjakan dengan beragam keindahan arsitektur rumah tua bernilai sejarah, sendratari, dan musik khas kota Banyuwangi. Jangan lupakan juga tentang sumur Sri Tanjung, yang merupakan cikal bakal dari munculnya sejarah nama kota “Banyuwangi”.

Fasilitas yang tersedia di sini pun terbilang cukup lengkap. Misalnya ada penjual makanan dan minuman, tempat ibadah, kamar mandi umum, dan juga homestay dengan range harga sangat terjangkau.

Inggrisan Banyuwangi

Pernah dengar destinasi wisata dengan bangunan super unik ini? Jika belum, maka Anda harus mampir ke sana. Wisata Banyuwangi yang buka saat ini memang tidak banyak, tetapi di sini bisa Anda kunjungi secara bebas dengan protokol kesehatan.

Meski memiliki nama Inggris, bukan berarti ini dibangun oleh Inggris. Sebab bangunan bersejarah ini ada pada kisaran tahun 1776 – 1811 pada masa pemerintahan Belanda.

Partisi bangunan terdiri dari tujuh ruang yang ada di bawah tanah, dan juga deretan kamar-kamar kuno di bagian atas. Tempat ini sangat cocok untuk hunting foto atau wisata sejarah.

Demikian juga dengan fungsinya, sempat menjadi markas militer, penginapan dan menariknya lagi menjadi kantor markas stasiun telegraf dunia. Betapa Banyuwangi sempat menjadi sebuah kota penting di zaman dulu. Keren sekali bukan?

Kampung Lukis

Wisata Banyuwangi untuk hunting ini Anda bisa menikmati suasananya yang sangat asri, sambil berfoto selfie. Pasalnya, kampung ini telah disulap menjadi kampong yang penuh warna warni bunga dari berbagai tanam mini di setiap rumah warga.

Selain itu juga terdapat berbagai lukisan ikonik kota Banyuwangi yang fenomenal. Seperti lukisan yang menggambarkan sebuah peperangan yang pernah terjadi di Blambangan. Sampai ke lukisan dengan tema biota laut yang terasa sangat nyata.

Pasalnya lukisan ini dibuat dengan sistem 3D. Vibes positif yang bisa Anda dapatkan dari berkunjung ke Kampung Lukis sangat banyak. Utamanya adalah semangat menjaga lingkungan. Jadi sepakat bukan kalau ini paling cocok disebut sebagai wisata edukasi yang super fun?

Desa Wisata Adat Kemiren

Bagi yang ingin mencari destinasi wisata yang mengusung tema wisata adat, maka silakan berkunjung ke wisata osing Banyuwangi Kemiren. Di sini Anda akan menemukan sebuah desa yang penduduknya masih menjaga kentalnya nilai nilai budaya dan adat istiadat peninggalan leluhur.

Mulai dari bagaimana menjaga alam dengan sistem pengolahan lingkungan yang tradisonal. Kuatnya pranata keluarga khas suku osing yang mengikat seluruh penduduk, dan lainnya.

Ketika berkunjung, Anda akan menemukan beragam keunikan tradisi leluhur yang warga desa kemiren lestarikan. Seperti, tradisi saat masa panen raya tiba, masyarakat akan menyelenggarakan upacara panen dengan memainkan alat musik khas suku Osing yang merupakan suku yang mendiami desa Kemiren.

Situs Tawang Alun

Rekomendasi wisata Banyuwangi ini kami pilih dalam kategori wisata sejarah dan untuk keperluan hunting foto. Sebab situs kuno ini memiliki sejarah panjang yang dapat Anda ulik saat berkunjung ke sana.

Siap-siap saja terpesona dengan pemandangannya yang asri dan sakral, karena situs ini dahulu adalah hutan yang dibabat untuk jadi pusat pemerintahan kerajaan Blambangan. Beberapa sisa kejayaan masa lalu hadir lewat kanal kuno, temuan kerangka hewan dan juga struktur candi yang tidak biasa seperti pada candi Sukuh Jawa Tengah.

Situs ini juga dikenal dengan sebutan situs macan putih, lantaran ada keyakinan lokal yang berasumsi bahwa raja Blambangan pada masa itu memiliki peliharaan berupa harimau putih yang selalu mendampingi.

Selain deretan rekomendasi wisata di atas, kami juga punya hidden germ dan wisata ikonik lain yang bisa Anda coba. Mulai dari yang hits hingga yang masih jarang orang tahu. Misalnya saja deretan tujuan wisata di bawah ini.

Destinasi Wisata Keren di Banyuwangi

Samudra Selfie & Resto

Samudra Selfie Resto

Wisata Banyuwangi hits ini merupakan destinasi wisata baru. Keberadaannya langsung hits dan viral di berbagai kanal sosial media. Bagaimana tidak? Di sini banyak terdapat spot foto yang instagramable, dan beragam wahana permainan ramah anak.

Jadi Samudra Selfie dan Resto merupakan tempat yang kami rekomendasikan untuk bersantai dan kulineran bersama keluarga. Selain suasana nyaman dan sejuk, makanan serta minuman di sini lezat dan terjangkau.

Jika merunut sejarah awal dari adanya lokasi ini. Dulunya area ini merupakan sebuah tambak. Maka daripada itu, lokasi ini terdiri dari lahan daratan dan perairan yang membentang luas. Perpaduan ini berhasil dimanfaatkan oleh pengelola, sehingga berhasil menghadirkan sebuah lokasi wisata yang amazing.

Akbar Zoo Banyuwangi

Ingin berlibur ke tempat yang multi objek? Wisata Zoo Banyuwangi solusinya. Sebab di sini Anda akan menemukan beragam jenis hiburan yang sesuai bersama keluarga dengan keseruan maksimal.

Ada tempat wisata edukasi dunia binatang, wahana outbond, kebun dan taman labirin, gazebo tempat bersantai, dan lainnya. Sehingga bagi Anda yang ingin mengajak berlibur satu keluarga besar yang terdiri dari berbagai usia. Cocok banget berkunjung ke sini.

Biaya tiket masuk ke area wisata Akbar Zoo Banyuwangi pun terjangkau. Fasilitas umum yang ada juga lengkap. Walaupun memang jika ingin ke area outbond, pengunjung tetap akan diminta biaya tambahan tetapi harganya sangatlah terjangkau.

Bumi Perkemahan Sumber Manis

Penggemar camping, wajib ke sini. Lantaran di tempat penuh pohon mahoni raksasa ini, sangat nyaman untuk berkemah. Fasilitasnya pun lengkap, dengan adanya kamar mandi umum, warung dan tentu saja area luas untuk campground.

Lilitan tanaman Liliana di pohon-pohon besar, menjadi daya tarik tersendiri apalagi saat kabut turun, berasa ada di negeri dongeng. Bukankah wisata di Banyuwangi yang sempurna untuk menikmati keheningan dan suasana alam, di tengah segala kepenatan yang ada.

Tidak cukup itu saja, meski lokasi ini belum terjangkau untuk kendaraan umum, Anda masih bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil Banyuwangi di Salsa Wisata. Karena pesona tempat ini tersebar di setiap sudutnya dan sangat menarik untuk jadi spot foto natural estetik yang memukau.

Jawatan Benculuk

Tempat ini sudah ada sejak lama, hanya saja kemunculannya sebagai setting latar film horror viral Indonesia, membuat animo masyarakat untuk berkunjung ke sini semakin kuat. Apalagi, tempat dengan 800 lebih pohon tua yang eksotis ini menyulap taman hijau menjadi spot foto super unik. Sehingga pengunjung pun berdatangan ke sini.

Pohon-pohon besar berselimut lumut dan tanaman rambat, menjadi daya tarik utama tempat ini. Apalagi lokasinya sangat mudah dijangkau, dan tidak jauh dari pusat kota. Meski ini awalnya wisata rintisan, tapi kini kami rekomendasikan sebagai wisata ikonik di Banyuwangi.

Tempat ini kaya akan spot foto yang instagramable, mulai dari angkuhnya dahan pohon yang membentuk lorong raksasa. Payung-payung cantik di sela dahan dan tentu saja log kayu eksotik di sela-sela akar. Menjadikan kesemuanya satu pemandangan menakjubkan yang sangat khas wisata Jawatan Benculuk.

Kampung Primitif

Salah satu wisata jajag Banyuwangi yang ikonik adalah kampung bernuansa primitif ini. Sata ke sana, pengunjung akan disambut dengan tarian penyambutan oleh anak-anak dan remaja beratribut suku Dayak. Tidak lupa, Anda juga akan mendapatkan ikat kepala sebagai simbol penerimaan ketika masuk ke sini.

Sepanjang jalan mengeksplorasi kampung yang terinspirasi dari kearifan masyarakat primitive ini, Anda akan menemui banyak spot foto menarik lengkap dengan atribut primitifnya. Rumah-rumah kayu, ikat kepala dengan surai bulu burung, panah dan lain-lain.

Jika canggung, tenang saja. Sebab Anda akan diarahkan gaya saat berfoto agar terlihat natural dan bagus. Belum lagi saat musim buah naga, pengunjung boleh mengambil secukupnya untuk cemilan saat menyusuri jalanan desa dengan gemericik air sungai yang menenangkan itu.

Teluk Pangpang

Wisata mangrove Banyuwangi yang ada di kawasan Muncar ini memang sangat vital. Selain mencegah abrasi dan banjir pasang, keberadaan biota laut pun ikut terjaga keberadaannya di sini. Kepiting, kerang, burung bangau dan juga ekosistem pesisir secara keseluruhan turut terbantu dengan keberadaan mangrove ini.

Sebagai kawasan konservasi, Anda tidaklah bisa bebas keluar dan masuk ke tempat indah ini. Namun, saat berhasil masuk ke sini, siap-siap saja terpukau dengan pemandangan khas pesisir laut yang berbeda dari biasanya.

Jalan dari jembatan kayu, pucuk-pucuk pohon bakau, aneka satwa di sela akar dan juga burung-burung di dahan, menjadi pemandangan indah yang tidak terlupakan. Apalagi, akses menuju sini sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk menikmati pesona alam Pangpang ini.

Dusun Kakao

Destinasi wisata edukasi Banyuwangi ini ada di kecamatan Glenmore dan sangat mudah akses menuju ke sana. Di sini, Anda akan diajak berkeliling dan belajar bagaimana biji-biji kakao bisa menjadi coklat lezat yang bisa Anda coba saat itu juga.

Dengan udara sejuk dan perkebunan kakao seluas 3. 500 ha ini, pengunjung akan dimanjakan dengan aroma coklat juga sejuknya udara di sekitar. Apalagi, di sini penuh dengan spot foto menarik dan juga tempat istirahat yang memadai bagi pengunjung. Semakin membuat betah berlama-lama di sini.

Fitur unggulan di sini bukan hanya soal coklat dan pengolahannya, tetapi aneka kuliner lezat berbahan dasar coklat bisa anda nikmati di café estetik yang ada di dalam perkebunan tersebut. Tidak ketinggalan, bagi anak-anak, di sini ada playground yang seru dan menyenangkan.

Bagaimana, sudah puas menjelajah Banyuwangi? Demikianlah ulasan wisata Banyuwangi yang dapat Anda jadikan referensi saat menyusun itinerary ke tanah Osing ini. Jika daftar di atas kurang memuaskan, Anda bisa menyusun sendiri secara custom dan meminta bantuan tim Salsa Wisata di 0811 2939 969 untuk mengaturkan paket liburan ke Banyuwangi yang sesuai dengan keinginan. Happy travelling.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)