SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kawah Ijen, merupakan salah satu daya tarik utama wisata Kabupaten Banyuwangi selain Alas Purwo. Keindahan kawah dari gunung ijen ini bahkan terkenal hingga ke mancanegara.

Hal yang selalu jadi incaran para wisatawan yang datang kesini adalah fenomena langka Blue Fire dan momen sunrise di ketinggian kawah. Seberapa indah kawah ini sebenarnya? untuk tahu itu mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Tentang Kawah Ijen

Kawah ijen terletak di puncak gunung Ijen dengan ketinggian sekitar 2.386 mdpl. Tempat ini sendiri merupakan danau kawah yang berisi air belerang asam yang sangat pekat di gunung berapi aktif.

Kedalaman kawahnya sekitar 200 meter dengan luas kurang lebih 5.466 hektar. Dengan ukuran tersebut menjadikan kawah ini sebagai danau air asam kuat paling besar yang ada di dunia.

Pemandangan kawah berwarna hijau tosca ini semakin indah berkat jajaran pegunungan yang berada di sekitar gunung ijen. Gunung-gunung tersebut antara lain Gunung Merapi, Gunung Suket, Gunung Rante, dan Gunung Raung.

Kawah ini bisa menjadi destinasi yang pas untuk menikmati keindahan pegunungan di Banyuwangi. Selain kawah Anda juga bisa berinteraksi dengan para penambang belerang yang masih aktif menambang.

Daya Tarik Kawah Ijen Banyuwangi

Kawasan wisata Kawah Ijen termasuk destinasi yang selalu menjadi incaran baik wisatawan lokal atau mancanegara. Keindahan yang akan Anda dapatkan di sini tidak akan bisa Anda temukan di tempat wisata lain. Berikut ini beberapa daya tarik dari area kawah yang mampu membuat wisatawan terkagum-kagum:

Danau Ijen

Pemandangan danau kawah yang berwarna hijau tosca menjadi tempat favorit wisatawan berfoto. Kesan epik dan penuh misteri dari danau ini tidak akan pernah terlupakan.

Selain itu vegetasi yang tumbuh di sekitar area gunung ijen semakin menambah keindahan yang ditawarkan. Anda bisa puas berfoto sambil merasakan udara sejuk di ketinggian gunung ijen.

Blue Fire

blue fire kawah ijen

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Hal yang tidak akan Anda temukan selain di tempat ini adalah fenomena Blue Fire. Wisata menikmati fenomena alam langka ini hanya ada dua di dunia dan salah satunya Indonesia.

Anda bisa melihat secara dekat cahaya api biru abadi yang muncul di sekitar kawah. Untuk menyaksikan blue fire Anda sebaiknya berangkat saat dini hari karena bluefire ijen sulit untuk terlihat ketika matahari sudah terbit.

Sunrise

Setelah menyaksikan keindahan Blue Fire hingga pukul 05.00 WIB, wisatawan biasanya tetap bertahan untuk menyaksikan sunrise dari ketinggian. Cahaya keemasan matahari yang menyinari gunung dan danaunya terlihat sangat menakjubkan.

Apalagi kepulan asap belerang dan lautan awan yang berada di sekitar kawah semakin menambah keindahan sunrise tempat ini. Keindahannya bahkan mampu menyaingi pesona dari golden sunrise Gunung Bromo yang ada di Malang.

Tambang Belerang

Di kawasan ini Anda juga bisa menyaksikan langsung bagaimana proses penambangan belerang berlangsung. Banyak penambang belerang yang akan Anda temui selama perjalanan.

Anda bisa belajar dan mencoba pengalaman baru menjadi penambang belerang. Para penambang ini biasanya juga menyediakan jasa lori angkut untuk pengunjung yang tidak kuat berjalan.

Lokasi dan Rute Menuju Kawah Ijen

Kawah ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan juga Bondowoso, tepatnya di kawasan wisata Cagar Alam Ijen, Paltuding, Pos PHPA. Berkat lokasinya tersebut tempat ini  sangat mudah untuk Anda kunjungi dari kedua kabupaten.

Dari Banyuwangi, Anda bisa langsung menuju Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Kemudian lanjut hingga sampai ke Paltuding dengan total lama perjalanan sekitar 1 jam.

Sedangkan untuk jalur Bondowoso Anda bisa berangkat ke arah Sempol lalu lanjut ke Banyupait hingga sampai ke Paltuding. Rute Bondowoso – Paltuding ini membutuhkan waktu perjalanan kira-kira 2 jam lamanya.

Untuk akses ke Paltuding baik dari Bondowoso atau Banyuwangi, jalurnya memang cukup berat. Sehingga wisatawan bisa menyewa Jeep jika ingin perjalanan bisa lebih lancar.

Setelah sampai ke Paltuding, Anda bisa bersiap untuk mulai berjalan kaki mendaki menuju puncak. Jalur pendakiannya sendiri terbilang cukup licin sehingga Anda perlu berhati-hati.

Perjalanan dari paltuding menuju puncak kawah bisa menghabiskan waktu sekitar 2.5 jam perjalanan. Selama perjalanan Anda akan melihat berbagai tumbuhan seperti Edelweis, pucuk merah, dan cemara yang menghiasi jalan yang dilewati.

Saat berjalan menuju puncak , Anda juga harus mempersiapkan jaket tebal karena suhu di sini bisa mencapai 2 derajat celcius. Jika Anda lelah, di tengah perjalanan Anda akan menemukan warung yang menjual makanan dan minuman untuk beristirahat sejenak.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk bisa menikmati keindahan kawahnya, Anda tidak membutuhkan uang yang banyak. Tarif masuk nya sangat terjangkau terutama bagi wisatawan lokal dan berikut ini rincian biaya tiket masuknya.

Wisatawan Harga Tiket
Weekdays Weekend
Wisatawan lokal Rp5.000,00 Rp7.500,00
Wisatawan asing Rp100.000,00 Rp150.000,00
Harga yang tercantum di tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola dan keadaan di Kawah Ijen. Lebih mudah, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Banyuwangi ini bersama teman, keluarga atau membawa rombongan, Anda bisa menggunakan jasa biro wisata lokal yang ada disana dengan mengambil paket liburan ke banyuwangi murah.

Fasilitas di Kawah Ijen

Untuk mendaki hingga puncak, kawasan Paltuding sebagai pos pertama pendakian memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Seperti misalnya lahan parkir dan tempat perkemahan yang luas juga kamar mandi.

Selain itu tempat ibadah dan warung makan bisa ditemukan di paltuding ini. Anda yang belum membawa masker juga bisa menyewa di pos Paltuding begitu juga peralatan mendaki lainnya.

Jam Operasional Kawah Ijen

Jam operasional loket karcis tempat ini buka mulai dari jam 01.00 WIB hingga 12.00 WIB saja. Hal ini karena pendakian seringkali berlangsung saat dini hari dan lewat dari jam 12 siang terlalu berbahaya untuk mendaki.

Asap belerang yang beracun bisa tertiup angin dan terhirup oleh pengunjung. Untuk itulah batasan pendakian hanya diizinkan sampai jam 14.00 WIB.

Tips Mengunjungi Kawah Ijen

Jika Anda berencana mengunjungi tempat wisata Kawah Ijen ini, sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut sebelum melakukan pendakian

  1. Siapkan fisik yang kuat karena jalan menuju kawah ijen ini cukup curam menanjak dan licin.
  2. Bawa persediaan minum atau uang yang cukup untuk beristirahat di warung yang ada di jalan menuju kawah.
  3. Gunakan jaket tebal serta peralatan mendaki yang cukup seperti trekking pole atau sepatu untuk mengatasi dingin dan medan yang berat
  4. Jangan lupa gunakan masker respirator untuk mencegah racun belerang terhirup terlalu lama.
  5. Mulailah pendakian sepagi mungkin sekitar pukul 01.00 WIB agar Anda memiliki waktu banyak untuk beristirahat dan menyaksikan Blue Fire
  6. Lebih baik mengunjungi kawah ijen saat musim kemarau seperti di bulan Juli hingga September. Agar medan yang dilalui tidak terlalu licin dan bisa mendapatkan pemandangan yang indah



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (5 votes)