SalSari Resto & Coffee

Kawah Ijen, merupakan salah satu daya tarik utama wisata Kabupaten Banyuwangi selain Alas Purwo. Keindahan kawah dari gunung ijen ini bahkan terkenal hingga ke mancanegara dan jadi tempat wisata Jawa Timur andalan.

Hal yang selalu jadi incaran para wisatawan yang datang kesini adalah fenomena langka Blue Fire dan momen sunrise di ketinggian kawah. Seberapa indah kawah ini sebenarnya? untuk tahu itu mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Sekilas Tentang Kawah Ijen

Sunrise Kawah Ijen

Kawah ijen terletak di puncak gunung Ijen dengan ketinggian sekitar 2.386 mdpl. Tempat ini sendiri merupakan danau kawah yang berisi air belerang asam yang sangat pekat di gunung berapi aktif.

Kedalaman kawahnya sekitar 200 meter dengan luas kurang lebih 5.466 hektar. Dengan ukuran tersebut menjadikan kawah ini sebagai danau air asam kuat paling besar yang ada di dunia.

Pemandangan kawah berwarna hijau tosca ini semakin indah berkat jajaran pegunungan yang berada di sekitar gunung ijen. Gunung-gunung tersebut antara lain Gunung Merapi, Gunung Suket, Gunung Rante, dan Gunung Raung.

Kawah ini bisa menjadi destinasi yang pas untuk menikmati keindahan pegunungan di Banyuwangi. Selain kawah Anda juga bisa berinteraksi dengan para penambang belerang yang masih aktif menambang.

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi

Tiket masuk Kawah Ijen hanya sekitar Rp5.000,00 saja untuk wisatawan lokal. Untuk lebih jelasnya berikut ini rincian biaya tiket masuk yang harus Anda bayarkan.

Retribusi Weekdays Weekends
Wisatawan lokal Rp5.000,00 Rp7.500,00
Wisatawan asing Rp100.000,00 Rp150.000,00

Harga yang tercantum di tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan pengelola dan keadaan di Kawah Ijen. Lebih mudah, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Banyuwangi ini bersama teman, keluarga atau membawa rombongan, Anda bisa menggunakan jasa biro wisata lokal yang ada disana dengan mengambil paket liburan ke banyuwangi murah.

Rute Menuju Lokasi Kawah Ijen

Peta Kawah Ijen

Kawah ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan juga Bondowoso, tepatnya di kawasan wisata Cagar Alam Ijen, Paltuding, Pos PHPA. Berkat lokasinya tersebut tempat ini  sangat mudah untuk Anda kunjungi dari kedua kabupaten.

Dari Banyuwangi, Anda bisa langsung menuju Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin. Kemudian lanjut hingga sampai ke Paltuding dengan total lama perjalanan sekitar 1 jam.

Sedangkan untuk jalur Bondowoso Anda bisa berangkat ke arah Sempol lalu lanjut ke Banyupait hingga sampai ke Paltuding. Rute Bondowoso – Paltuding ini membutuhkan waktu perjalanan kira-kira 2 jam lamanya.

Untuk akses ke Paltuding baik dari Bondowoso atau Banyuwangi, jalurnya memang cukup berat. Sehingga wisatawan bisa menyewa Jeep atau layanan rental hiace Banyuwangi terdekat jika ingin perjalanan bisa lebih lancar.

Setelah sampai ke Paltuding, Anda bisa bersiap untuk mulai berjalan kaki mendaki menuju puncak. Jalur pendakiannya sendiri terbilang cukup licin sehingga Anda perlu berhati-hati.

Perjalanan dari paltuding menuju puncak kawah bisa menghabiskan waktu sekitar 2.5 jam perjalanan. Selama perjalanan Anda akan melihat berbagai tumbuhan seperti Edelweis, pucuk merah, dan cemara yang menghiasi jalan yang dilewati.

Saat berjalan menuju puncak , Anda juga harus mempersiapkan jaket tebal karena suhu di sini bisa mencapai 2 derajat celcius. Jika Anda lelah, di tengah perjalanan Anda akan menemukan warung yang menjual makanan dan minuman untuk beristirahat sejenak.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)