Candi Jawi atau terkenal dengan nama lain Jawi Temple adalah candi Singasari yang bercorak Hindu-Buddha dari Kerajaan Singasari. Bentuk candi ini sangat khas, yaitu candi tunggal yang meruncing di bagian atasnya.

Dari segi arsitektur, tempat wisata Jawa Timur murah ini memiliki gaya arsitektur yang unik, dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Lantas, adakah daya tarik lain? Tentu saja kisah sejarah dibalik dibangunnya candi ini.

Sejarah Candi Jawi

sejarah atau latar belakang candi jawi alias jawi temple

Melansir dari Wikipedia, latar belakang Candi Jawi ada kaitannya dengan Raja Kertanegara yang tak lain adalah raja Kerajaan Singasari. Candi ini merupakan tempat pendharmaan Raja Kertanegara.

Bangunan candi ini sendiri dibangun sekitar abad ke-13. Uniknya, candi ini memiliki gaya arsitektur kombinasi Hindu-Buddha. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan stupa yang identik dengan ciri khas candi bercorak Budhha.

Di sisi lain, dari segi bentuk bangunan yang berupa bangunan candi tunggal dan menjulang tinggi dengan puncak yang meruncing, mengingatkan kita dengan candi-candi Hindu.

Mulanya, candi ini dianggap sebagai tempat pemujaan alias tempat beribadah kepada Sang Buddha. Namun, faktanya, candi ini adalah tempat penyimpanan abu Raja Kertanegara seperti halnya Candi Jago Jawa Timur.

Alamat Candi Jawi

Alamat Candi Jawi berada di Desa Candi Wates, tepatnya di Jalan Raya Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Butuh waktu sekitar 40 menit dari Kota Pasuruan menuju lokasi candi ini.

Rute terbaiknya yaitu melalui Jalan Tol Bangil-Rembang, atau alternatif rute lainnya adalah via Jalan Tol Gempol-Pasuruan. Anda bisa ikuti petunjuk dari Google Maps jika merasa awam dengan rute-rute di atas.

Bila Anda menginginkan perjalanan yang praktis dan tepat waktu, opsi terbaiknya tentu saja adalah dengan menyewa kendaraan di Salsa Wisata, yakni tempat rental mobil terdekat, berpengalaman, dan murah di area Pasuruan.

Pilihan armadanya beragam, mulai dari mobil keluarga hingga kendaraan berkapasitas besar seperti bus pariwisata. Produk paketnya juga bervariasi dengan tawaran harga yang bersahabat di dompet.

Jam Buka Candi Jawi

Destinasi wisata sejarah yang berupa candi di Pasuruan ini buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu dengan jam operasional tetap, kecuali hari Jumat.

Berikut adalah info jam buka Candi Jawi (Jawi Temple) yang kami lansir dari laman resmi candi ini:

Jadwal Operasional Jam Operasional
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu 08.00-16.00 WIB
Jumat 08.00-16.30 WIB

Area wisata candi ini akan lebih ramai oleh pengunjung pada hari libur akhir pekan dan juga libur nasional. Namun di hari biasa alias hari kerja, suasana candi cenderung jauh lebih sepi.

Jadi, tentukan pilihan Anda apakah akan mengunjungi situs candi ini saat akhir pekan untuk menikmati suasana keramaian di area candi, atau memilih suasana yang lebih sepi di hari biasa?

Anda yang menentukan sendiri sesuai dengan waktu luang dan preferensi Anda. Mungkin jika Anda datang di pagi hari, selain udara di sekitar candi terasa lebih segar dan bersih, ada keuntungan lainnya.

Sebut saja suasana candi yang sepi bagaikan candi pribadi. Selain itu, Anda juga akan memiliki waktu lebih banyak untuk berburu oleh-oleh khas Pasuruan Jawa Timur usai puas kunjungi candi ini.

Harga Tiket Masuk Candi Jawi

Tiket masuk Candi Jawi gratis alias tidak ada biaya tiket masuk satu rupiah pun. Anda nantinya hanya perlu sisihkan uang pecahan kecil untuk membayar biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan.

Namun jika Anda ingin memberikan sumbangan sukarela, Anda bisa menaruhnya di kotak yang sudah tersedia. Dan jika Anda memerlukan pemandu wisata, pihak pengelola wisata candi siap menyediakannya untuk Anda.

Biaya untuk seorang pemandu wisata tidaklah mahal. Berikut informasi terkait dengan biaya pemandu dan juga biaya parkir kendaraan yang berlaku di wisata candi ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Candi Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per sepeda motor
Parkir Mobil Rp5.000,00 per mobil
Pemandu Wisata Rp50.000,00 per sesi

Meski murah meriah, Anda tetap harus sisihkan budget untuk keperluan lainnya selama berlibur di Kota Pasuruan. Misalnya untuk memenuhi hobi kuliner Anda.

Ada banyak sekali rekomendasi sentra wisata kuliner di Pasuruan yang tak boleh Anda lewatkan. Semua tempat makan yang recommended tersebut tentu tawarkan menu makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal.

Daya Tarik Wisata Candi Jawi

candi jawi peninggalan kerajaan Singasari

Candi peninggalan Kerajaan Singasari ini memiliki beberapa daya tarik wisata yang bisa anda nikmati, antara lain:

  • arsitektur candi yang menggabungkan corak Hindu dan Buddha yang dapat Anda lihat dari bentuk kaki candi yang berhias relief adegan Ramayana, bentuk badan candi yang berhias relief Kalpataru, dll
  • pemandangan alam yang indah di sekitar candi seperti panorama Gunung Welirang yang menjulang di belakang candi, parit yang banyak dihiasi oleh bunga teratai, dan pepohonan hijau yang menyejukkan mata
  • pentas seni saat malam bulan purnama yang berupa pentas seni tari tentang kisah legenda asal muasal candi ini.

Sedangkan di area luar kompleks candi, Anda akan menjumpai sejumlah daya tarik lainnya. Diantaranya kios atau warung kuliner yang menjual aneka pilihan makanan tradisional Jawa komplit.

Lalu, ada spot foto alami dengan candi sebagai objek utamanya. Spot-spot populernya yaitu parit di dekat candi, pohon besar di samping bangunan candi, dan spot di seberang jalan Candi.

Fasilitas di Candi Jawi

candi jawi foto artefak

Sejumlah fasilitas penting dan bermanfaat telah tersedia di kompleks wisata candi ini. Fasilitas-fasilitas ini ada dengan tujuan untuk kenyamanan para pengunjung. Dan berikut adalah daftar fasilitasnya:

  • area parkir kendaraan yang luas
  • toilet umum yang bersih
  • warung makan bermenu lengkap dan murah
  • pusat souvenir
  • layanan pemandu wisata
  • masjid dekat candi.

Bagaimana, dari review di atas, terdengar sangat menarik, bukan? Apalagi kini fasilitas candi sudah sangat lengkap. Daya tariknya juga beragam. Tentu sangat ideal Anda jadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya.

Bila ingin merasakan liburan yang jauh lebih berkesan, nyaman, dan hemat, daftarkan diri saja sebagai peserta paket liburan keluarga di Salsa Wisata. Dijamin Anda akan puas dengan pengalaman liburan yang Anda dapat nantinya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)