SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jawa Timur merupakan provinsi dengan wilayah paling luas di antara 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa. Ragam kebudayaan, kebiasaan, dan adat istiadat menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu keragaman dari Jawa Timur adalah makanan khasnya. Banyak sekali makanan khas Jawa Timur mudah dibuat yang bisa menggugah selera penggemar kuliner.

Bagi Anda pecinta kuliner, mencicipi makanan setiap daerah menjadi hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke daerah tersebut. Bahkan Anda yang menggunakan rental mobil Surabaya dengan sopir pun bisa berwisata kuliner. Lalu apa saja makanan khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Jawa Timur? Berikut di antaranya:

Daftar Makanan Khas Jawa Timur yang Enak

Rawon

Rawon

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Rawon adalah makanan yang memiliki ciri khas kuah berwarna coklat kehitam-hitaman. Memang ada beberapa orang yang kurang suka Rawon, namun masih banyak sekali orang yang menyukainya.

Apakah Anda adalah salah satu yang menyukai Rawon? Jangan lewatkan mencicipi makanan yang biasa dipadukan dengan daging, tauge, sayuran hijau, dan lain-lain ini.

Lokasi yang paling terkenal dengan Rawon yang lezat adalah Pasuruan, Jawa Timur. Beberapa warung atau restoran di Pasuruan yang menawarkan menu Rawon yaitu Rawon Bu Nur di Jalan taman Safari II No 45 Sukorejo, Rawon Bu Tari di Jalan Raya Nongkojajar No 30 Purwodadi, dan Warung Rawon Mak Sum di Jalan Lecari Kutuk’an Sukorejo. Harganya mulai dari Rp30.000,00.

Bakso Malang

Bakso Malang

Setelah jalan-jalan ke Jatim Park 1 atau destinasi lain, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi bakso khas kota ini. Bakso Malang merupakan makanan kebanggaan warga malang. Isian dari bakso malang berbeda dari bakso biasanya. Beberapa isiannya yaitu bakso goreng, bakso biasa, pangsit goreng, tahu, dan lain sebagainya.

Rekomendasi kedai bakso yang bisa Anda kunjungi adalah Bakso Kota Cak Man yang lokasinya berada di Jalan WR. Supratman C1 Kav. 13-14, Klojen Malang. Menunya lengkap dan Anda bisa memilihnya sendiri sesuai selera. Harganya sesuai dengan bakso yang Anda beli yaitu mulai dari Rp12.000,00 sampai dengan Rp15.000,00.

Pecel Madiun

Pecel Madiun

Madiun merupakan salah satu kota yang terletak di wilayah barat provinsi Jawa Timur. Kota kecil satu ini dikenal dengan Pecelnya yang lezat.

Bukan hanya orang tua saja yang suka dengan Pecel Madiun, anak-anak dan anak muda pun menyukainya. Pecel paling pas jika Anda santap dengan es kelapa muda di siang hari. Pasalnya makanan ini sangat menyenangkan.

Jika bertandang ke Madiun, Anda tidak boleh melewatkan Nasi Pecel Yu Gembrot. Nasi pecel legendaris ini bahkan menjadi favorit presiden Joko Widodo. Lokasinya berada di Jalan Imam Bonjol Nomor 33, Kartoharjo, Madiun.

Anda bisa datang mulai pukul 07.00 sampai dengan 21.00 WIB. Harga pecelnya mulai dari Rp15.000,00. Selain pecel, ada juga menu lain seperti Rawon dan aneka minuman.

Soto Lamongan

Soto Lamongan

Makanan satu ini tidak hanya populer di Jawa Timur saja, tapi juga populer di kota-kota lain. Soto Lamongan memiliki ciri khas sendiri yang tidak bisa Anda temukan di soto daerah lain yaitu koya.

Elemen koya sendiri adalah bubuk gurih yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Karena koya tersebut, Soto Lamongan menjadi makanan yang sangat disukai.

Sebenarnya Anda bisa dengan mudah menemukan Soto Lamongan di berbagai kota di Jawa Timur. Salah satu yang populer adalah Soto Ayam Lamongan Cak HAR yang berlokasi di Jalan Dr.Ir. H. Soekarno No. 220, Semolowaru, Surabaya.

Rasanya lezat dan harganya terjangkau, mulai dari Rp18.000,00 per mangkuk. Gunakan paket wisata Surabaya untuk sekaligus jalan-jalan ke tempat wisata usai puas kulineran Soto Lamongan. Anda yang memilih paket gathering Surabaya juga akan pas jika mampir ke pusat wisata kuliner Soto Lamongan terkenal di atas.

Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Gethuk Pisang adalah makanan khas Kediri yang lezat dan menggoda. Berbeda dengan Gethuk pada umumnya yang menggunakan bahan singkong, Gethuk satu ini tentu saja menggunakan bahan dasar berupa pisang. Rasanya unik namun lezat dan bikin ketagihan. Anda yang datang ke Kediri tidak boleh melewatkannya.

Jenis pisang yang menjadi bahan dasar untuk membuat Gethuk adalah pisang raja nangka. Ciri khasnya manis namun ada sedikit asam yang membuat sensasi berbeda. Anda bisa menemukan makanan ini di pusat oleh-oleh kota Kediri.

Beberapa di antaranya yaitu Pusat Tahu Taqwa Kediri di Jalan Pattimura Setono Pande, Pusat Oleh-Oleh Tahu Shinta di Jalan Yos Sudarso No. 138 Pakelan, dan Pusat Oleh-Oleh Kediri GTT di Jalan Pamenang Toyoresmi.

Harga Gethuk Pisang mulai dari Rp22.000,00 untuk isi 20 buah. Namun ada juga yang lebih terjangkau dengan isi yang lebih sedikit.

Bebek Madura

Bebek Madura

Madura memang berada di pulau yang berbeda dengan pulau Jawa. Namun secara administratif, wilayahnya masuk ke dalam provinsi Jawa Timur. Salah satu makanan yang paling populer di Madura adalah bebek Madura. Bukan hanya di kawasan Madura saja, bebeknya populer hingga ke wilayah lain seperti Surabaya.

Bumbu khas berwarna hitam yang menjadikan hidangan asli Madura ini berbeda sehingga Anda harus mencicipi makanan autentik dari wilayah asalnya. Dibanding dengan olahan bebek wilayah lain, bebek Madura cenderung lebih pedas. Cocok untuk Anda yang hobi pedas. Harganya sendiri mulai dari Rp20.000,00 untuk satu porsinya.

Rujak Soto

Rujak Soto

Siapa sangka jika rujak dan soto bisa digabungkan menjadi makanan yang lezat. Rujak Soto sendiri lebih identik dengan wilayah Banyuwangi. Banyuwangi sendiri adalah provinsi yang berada di paling timur wilayah Jawa Timur, cukup dekat jika akan ke Bali.

Dari namanya saja sudah terasa jika soto satu ini berbeda dari kebanyakan soto yang Anda temukan di kota lain. Makanan khas Banyuwangi Rujak Soto ini menggabungkan rujak sayur yang segar dengan soto babat yang gurih. Anda bisa menambah lontong jika ingin kenyang.

Salah satu Rujak Soto terenak di Banyuwangi adalah Rujak Soto Mbok Mbret. Tambahan bumbu kacang yang legit dan kental menjadi ciri khas makanan dari Mbok Mbret ini. Lokasinya berada di Dusun Kepatihan, Cluring, Banyuwangi. Harga satu porsi mulai dari Rp20.000,00 saja.

Rujak Cingur

Rujak Cingur

Selain Rujak Soto, ada juga Rujak Cingur yang tak kalah unik dan lezat. Cingur sendiri merupakan istilah untuk menyebut mulut sapi. Ciri khas rasanya kenyal dan gurih, sangat cocok untuk Anda yang suka makanan gurih.

Tambahan sayuran, irisan buah, dan bahan pelengkap lain menyempurnakan makanan khas satu ini. Bumbu khas dari Rujak Cingur sendiri adalah petis yang memang disukai di wilayah Jawa Timur.

Anda bisa menemukan Rujak Cingur dengan mudah di berbagai wilayah Jawa Timur, termasuk Surabaya. Rekomendasi warung di Surabaya untuk menikmati Rujak Cingur adalah Rujak Cingur Genteng Durasim.

Warung yang buka mulai pukul 10.30 WIB ini berlokasi di Jalan Genteng Durasim No. 29, Genteng, Surabaya. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp25.000,00 saja.

Tahu Tek

Tahu Tek

Seperti nama yang disematkan, makanan khas satu ini terbuat dari tahu. Selain tahu yang digoreng, Tahu Tek berisi bahan-bahan lain seperti tauge, potongan lontong, kentang goreng, dan timun. Terlihat seperti gado-gado bukan? Namun Tahu Tek berbeda dengan gado-gado karena menggunakan bumbu petis.

Makanan legendaris satu ini mudah Anda temukan di berbagai kota seperti Malang, Surabaya, Jember, dan lain sebagainya. Jika ingin mencicipinya di Surabaya, ada beberapa rekomendasi warung yang bisa Anda pilih.

Rekomendasinya yaitu Tahu Tek Pak Ndut di Jalan Manyar Rejo I No. 2 Manyar dan Tahu Teck Teck Pak H. Ali Tegalsari di Jalan Dinoyo No. 147 Keputran. Harganya mulai dari Rp12.000,00 sampai dengan Rp14.000,00 saja.

Bebek Sinjay

Bebek Sinjay

Bebek Sinjay paling nikmat disantap setelah jalan-jalan di Dermaga Rindu, Madura. Makanan khas Madura satu ini populer hingga kota lain seperti Surabaya dan Malang. Bebek Sinjay ukurannya tidak terlalu besar seperti ayam, namun sangat gurih dan lezat. Kremesan dari tepung menjadi ciri khas dari makanan satu ini.

Jika tidak sempat ke Madura atau Bangkalan, Anda bisa mencicipi Bebek Sinjay di Surabaya. Salah satunya berada di Jalan Mayjen HR Muhammad No. 71, Dukuh Pakis, Surabaya. Satu porsi dengan harga Rp25.000,00 sudah sangat mengenyangkan. Anda bahkan bisa memesan melalui layanan online.

Sego Tempong

Sego Tempong

Berbeda dengan makanan-makanan sebelumnya, Sego Tempong sepertinya masih cukup asing di telinga beberapa dari Anda. Makanan satu ini juga berasal dari wilayah paling Timur yaitu Banyuwangi. Tempong sendiri berasal dari kata memukul atau menampar. Rasa Sego Tempong sangat pedas hingga bisa membuat orang tertampar.

Isinya berupa nasi dan sayur pelengkap seperti bayam rebus, kenikir, kemangi, dan sambal yang sangat pedas. Tidak lupa tambahan lauk seperti bakwan jagung, ayam goreng, tempe, tahu, dan lain sebagainya. Harga seporsinya mulai dari Rp11.000,00.

Brem

Brem

Brem adalah oleh-oleh yang bisa Anda berikan pada keluarga dan saudara. Berbeda dengan makanan lain yang dimakan di tempat, Brem seperti Gethuk Pisang yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Brem merupakan makanan yang terbuat dari sari ketan dengan sensasi rasa menarik. Makanan ini seperti meleleh dan hilang ketika masuk ke dalam mulut.

Meskipun khas Madiun, namun Anda bisa menemukannya di berbagai kota Jawa Timur. Harganya tergantung merk-nya yaitu mulai dari Rp15.000,00 per pack. Meskipun khas Madiun, namun Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh Surabaya kekinian.

Nasi Boranan

Nasi Boranan

Nasi Boranan juga dikenal dengan nama Sego Boranan yaitu makanan khas dari kota lamongan. Bukan hanya warga lokal saja, Nasi Boranan juga digemari oleh wisatawan dari luar daerah. Pilihan lauk pauk menjadi daya tarik dari nasi satu ini.

Salah satu jenis lauk yang paling diburu adalah ikan Sili. Selain ikan tersebut, sambal Nasi Boranan juga menjadi ciri khasnya. Rempah-rempah yang dipadukan dengan santan kelapa menjadikan sambalnya sangat lezat.

Salah satu rekomendasinya yaitu Warung Nasi Boranan Khas Lamongan Rumanah & Sriana di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sukorejo, Lamongan. Satu porsi mulai dari Rp17.500,00 saja.

Sompil

Sompil

Sompil masih terdengar asing, bahkan di telinga masyarakat dari Jawa Timur. Makanan satu ini berasal dari kota Tulungagung, Jawa Timur. Makanan ini berupa ketupat yang disiram dengan bumbu santan. Ada potongan nangka muda, rebung, dan juga kacang panjang yang menyempurnakan makanan ini.

Sayangnya makanan khas ini belum banyak ditemukan di kota-kota besar Jawa Timur. Jika tertarik untuk mencicipinya, Anda bisa datang ke warung Nasi Patik dan Sompil di Jalan KHR Abdul Fattah No. 58, Mangunsari, Tulungagung. Harganya hampir sama dengan makanan berat Jawa Timur lain.

Krengsengan

Krengsengan

Apakah Anda penggemar daging kambing? Krengsengan mungkin bisa menjadi kuliner yang akan Anda sukai. Makanan ini termasuk makanan yang populer baik di Jawa Timur maupun luar Jawa Timur. Bahan dasarnya adalah daging kambing yang berbalut dengan bumbu rempah.

Adapun rempah yang digunakan cukup banyak sehingga tidak heran jika rasa makanan ini sangat lezat. Bumbu rempahnya seperti bawang merah, merica, bawang putih, ketumbar, kecap manis, dan lain sebagainya. Selain menggunakan daging kambing, ada juga Krengsengan yang menggunakan daging sapi.

Jika berburu Krengsengan di Surabaya, biasanya Anda akan menemukan makanan ini bebarengan dengan nasi goreng. Untuk harganya yaitu mulai dari Rp15.000,00 sampai dengan Rp20.000,00. Nikmati citarasa olahan daging kambing ini di sejumlah tempat wisata kuliner Surabaya terbaru yang tersebar di tengah kota.

Sambel Wader

Sambel Wader

Bergeser sedikit dari wilayah Surabaya, Sambel Wader merupakan makanan yang populer di Mojokerto, Jawa Timur. Wader sendiri merupakan ikan yang biasa hidup di sungai. Ukurannya kecil, tidak seperti nila ataupun lele yang besar. Karena ukurannya tersebut, wader menjadi bagian dari sambal.

Ikan wader memiliki rasa yang gurih dengan sambal yang pedas. Anda bisa memakannya bersama nasi hangat dan sayuran lain. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi Sambel Wader & Botok Cak Mat yang berlokasi di Jalan Pendopo Agung, Trowulan, Mojokerto. Harganya tidak terlalu mahal, jadi datang saja langsung ke sana.

Sate Madura

Sate Madura

Madura memang memiliki banyak makanan khas yang populer dan lezat. Makanan selanjutnya yang wajib Anda cicipi jika ke Jawa Timur adalah Sate Madura. Tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja, sate ini populer hingga ke wilayah Indonesia lainnya.

Sate Madura terbuat dari daging kambing maupun daging ayam. Tidak perlu khawatir, dengan proses yang baik, satenya menjadi sangat empuk untuk dinikmati. Selain sambal kacang, Anda mungkin akan mendapati Sate Madura dengan sambal kemiri.

Harganya tergantung bahan yang Anda pilih, biasanya mulai dari Rp25.000,00 per porsi untuk sate ayam. Untuk sate kambing harganya lebih tinggi. Anda juga bisa menemukan Sate Madura di tempat wisata Jawa Timur murah tapi hits dan Instagramable.

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Makanan terakhir yang wajib Anda coba saat jalan-jalan ke Jawa Timur adalah Nasi Krawu. Berbeda dengan beberapa makanan lain yang ada di banyak kota Indonesia, sepertinya cukup sulit menemukan Nasi Krawu di wilayah lain selain Jawa Timur.

Nasi Krawu sendiri adalah nasi yang memiliki campuran daging sapi, sambal terasi, dan juga serundeng. Bungkusnya menggunakan daun pisang sehingga sensasi makannya lebih unik. Karena berbentuk nasi, Anda bisa memakannya sebagai makanan pokok.

Nasi Krawu bisa Anda temukan di Surabaya ataupun Gresik. Di Surabaya, Anda bisa datang ke warung Nasi Krawu Mbuk Su di Jalan Raya Darmo Permai III. Harganya mulai dari Rp20.000,00 saja.

Sedangkan di Gresik, datang saja ke warung Nasi Krawu Bu Timan di Jalan Dr. Wahidin SH. No. 245, Dahanrejo. Harganya tidak jauh berbeda dengan yang di Surabaya.

Itulah 18 makanan khas Jawa Timur dan asal daerahnya yang menggugah selera. Selain makanan khas, Jawa Timur juga memiliki banyak destinasi wisata menarik yang tersebar dari ujung Barat hingga Timur. Tertarik untuk jalan-jalan sambil menikmati kulinernya? Salsa Wisata akan membantu menawarkan akomodasinya. Anda bisa bersantai serta menikmati wisata ataupun makanannya karena tidak perlu memikirkan akomodasi.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)