SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ada sensasi liburan yang berbeda jika Anda berlibur di Cibulan, yakni  berenang bersama ikan dewa. Iya. Pengalaman liburan semacam ini hanya bisa Anda dapatkan di sini.

Tempat wisata ini memang terkenal dengan ikan dewa sebagai daya tarik utamanya. Ikan dewa di sini merupakan sebuah spesies ikan endemik yang dianggap sakral oleh masyarakat Jawa Barat, khususnya Kuningan.

Masyarakat Kuningan percaya bahwa ikan-ikan dewa ini adalah jelmaan dari para prajurit Prabu Siliwangi. Dan kolam ini adalah habitat dari ikan dewa.

Sekilas Tentang Wisata Cibulan Kuningan

Pemandian ini eksis sejak tahun 1850-an. Kami bisa katakan bahwa tempat ini adalah situs pemandian paling tua di Daerah Kuningan.

R.A.A. Mohamad Achmad selaku Bupati Kuningan tahun 1939 adalah tokoh yang meresmikan tempat wisata Cirebon ini. Beliau secara resmi membuka pemandian ini pada tanggal 27 Agustus 1939.

Rupanya, kolam atau pemandian ini bukanlah satu-satunya pemandian yang ada di Kuningan. Ada tiga pemandian lainnya yang juga berfungsi sebagai destinasi rekreasi di Kuningan.

Ketiga tempat rekreasi tersebut antara lain Kolam Linggarjati, Kolam Cigugur, dan Kolam Darma.

Sejarah Cibulan

Menurut cerita dari masyarakat Desa Maniskidul, ikan dewa yang hidup di kolam ini dulunya adalah prajurit-prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang. Lalu mereka mendapat kutukan dari Prabu Siliwangi menjadi ikan.

Konon, dari dulu sampai sekarang, jumlah ikan dewa ini tidak bertambah dan tidak berkurang.

Ajaibnya, ketika kolam ini sedang dikuras, ikan-ikan dewa ini tidak terlihat di dalam kolam. Namun saat kolam kembali diisi air, ikan-ikan dewa ini kembali terlihat.

Karena dianggap suci, tidak ada satu warga pun yang berani mengambil atau bahkan mengganggu ikan-ikan dewa ini.

Terdapat dua buah kolam di tempat rekreasi ini. Kolam pertama memiliki ukuran 35×15 meter persegi dengan dalam sekitar 2 meter.

Sedang kolam kedua memiliki ukuran 45×15 meter persegi dengan kedalaman 60 cm dan 120 cm.

Ikan dewa yang menghuni kedua kolam ini berwarna abu-abu sedikit kehitaman. Spesies ikan ini memiliki nama latin Tor douronensis atau Kancra Bodas.

Tentu saja spesies ikan ini tidaklah sama dengan spesies ikan yang menghuni Umbul Ponggok, Klaten, yang identik dengan warna yang mencolok. Kemudian dari segi ukuran saja juga sudah sangat berbeda.

Ukuran ikan dewa ini cukup bervariasi. Ukuran terkecil hanya 20 cm, sedang ukuran terbesar bisa mencapai 1 meter.

Harga Tiket Masuk Wisata Cibulan

Wisata Pemandian Cibulan

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Untuk memasuki area objek wisata ini, setiap pengunjung harus melalui loket untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk yang berlaku, baik saat weekdays maupun weekend tentu saja dibedakan.

Perbedaan harga tiket juga berlaku untuk pengunjung dewasa dan anak-anak.

Selain, biaya untuk membeli tiket, pengunjung juga harus membayar biaya parkir kendaraan bagi mereka yang membawa kendaraan.

Untuk mengetahui lebih detail seputar tarif tiket dan parkir kendaraan terbaru, cek informasinya di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket  Dewasa – Weekday Rp20.000,00
Tiket  Anak-Anak – Weekday Rp18.000,00
Tiket  Dewasa – Weekend Rp22.000,00
Tiket  Anak-Anak – Weekend Rp.20.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Bus/ Elf Rp25.000,00

Tarif tiket masuk dan parkir kendaraan dapat berubah kapan saja sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Anda bisa menjadikan informasi ini sebagai rujukan sebelum Anda memutuskan untuk liburan di sini.

Daya Tarik Objek Wisata Cibulan

cibulan cirebon

Objek wisata kolam sekaligus pemandian ini menawarkan cukup banyak daya tarik kepada para pengunjung.

Beberapa diantaranya adalah berenang bareng ikan dewa, memberi makan ikan dewa, bermain wahana, dan masih banyak lainnya.

Untuk informasi detailnya, silahkan baca ringkasannya berikut ini:

Berenang Bareng Ikan Dewa

Aktivitas ini menjadi daya tarik utama karena sebagian besar pengunjung yang datang ke sini sangat penasaran dengan ikan-ikan dewa ini.

Anda dan pengunjung lainnya bahkan bisa melihat lebih dekat dan lebih jelas dengan berenang di kolam yang sama. Tenang, semua ikan dewa di kedua kolam ini adalah ikan yang jinak.

Jika beruntung, ikan dewa ini akan mencium pipi Anda loh.

Memberi Makan Ikan-ikan Dewa

Kegiatan seru lainnya selain berenang dan bertemu langsung dengan penghuni kolam adalah memberi makan ikan-ikan dewa yang ada di kolam tersebut.

Pakan yang diberikan bukan pakan sembarangan, melainkan buah apel merah yang konon adalah makanan favorit ikan-ikan dewa ini.

Mengunjungi Sumur Tujuh

Di salah satu sudut kolam, ada sebuah situs yang juga disakralkan. Situs tersebut adalah sebuah sumur tua yang disebut Sumur Tujuh.

Penamaan sumur ini bermula dari anggapan bahwa air pada sumur ini berasal dari 7 sumber air yang berbeda.

Sumur Tujuh ini juga dipercaya sebagai salah satu petilasan Prabu Siliwangi di desa ini.

Ada mitos yang mengatakan bahwa air sumur sakral ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tak heran banyak pengunjung yang beramai-ramai meminta keberkahan di sumur ini.

Mencoba Wahana

Terdapat beberapa pilihan wahana permainan yang bisa Anda coba bersama keluarga Anda. Sepeda air adalah salah satunya.

Terdapat dua jenis wahana sepeda air, yaitu sepeda air berbentuk angsa (2 orang dewasa) dan sepeda air berbentuk sepeda biasa (1 orang dewasa).

Ada juga wahana seluncuran yang tersedia untuk anak-anak. Wahana seru lainnya adalah papan loncat yang langsung mengarah ke kolam.

Tersedia juga wahana Ember Tumpah dan basket air lengkap dengan ring di salah satu sisi kolam.

Olahraga Outdoor

Pengunjung juga boleh menjajal olahraga outdoor ini: panahan, flying fox, dan sepeda gantung. Anda yang ingin belajar memanah, cobalah latihan perdana di sini. Tiap peserta akan mendapat jatah 10 anak panah.

Usai puas latihan memanah, kini saatnya Anda coba olahraga flying fox dan sepeda gantung. Keduanya dilakukan di atas ketinggian 7 meter di atas permukaan tanah.

Naik Kereta Api Mini

Jangan Anda bayangkan kereta api di sini sama dengan kereta api di Museum Kereta Ambarawa ya. Kereta api yang tersedia di sini hanya berupa wahana kereta api mini yang dikhususkan untuk anak-anak.

Jalur lintasan kereta api mini berada di sepanjang tepian kolam. Jadi anak-anak yang naik kereta juga bisa melihat ikan-ikan dewa yang ada di dalam kolam.

Fasilitas Wisata Cibulan

Objek wisata ini terkenal sebagai objek wisata yang lengkap dari segi fasilitas. Area parkir di sini terbilang luas. Areanya bisa untuk parkir bus, elf, mobil, dan sepeda motor.

Selain area parkir, fasilitas penting lainnya yang ada di sini adalah kamar mandi lengkap dengan toilet. Kondisi kamar mandi di sini cukup bersih.

Terdapat juga ruang bilas dan kamar ganti untuk pengunjung yang selesai berenang. Tak jauh dari fasilitas-fasilitas ini, terdapat mushola yang diperuntukan bagi pengunjung yang ingin menunaikan sholat.

Terakhir, ada fasilitas warung makan model lesehan yang menjual aneka menu makanan dan minuman lezat. Beberapa di antaranya adalah makanan khas Cirebon yang terkenal enak.

Lokasi & Rute Menuju Cibulan

lokasi objek wisata cibulan

Objek wisata ini terletak di Desa Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Lokasi ini masuk dalam kategori lokasi yang strategis. Hanya 10 menit dari Kuningan dan kurang lebih 20 menit dari Cirebon.

Lokasi wisata ini dapat Anda tempuh melalui Jalan Raya Kuningan-Cirebon yang terkenal dengan sentra oleh-oleh khas Cirebon-nya.

Mungkin Anda pelancong dari luar Kuningan atau Cirebon cukup sulit untuk mengenali rute ini. Meski Anda bisa gunakan Google Maps, akan jauh lebih nyaman bila menggunakan jasa sewa mobil dari Salsa Wisata.

Anda akan mendapat cukup banyak pilihan produk paket dengan kualitas kendaraan terbaik, pelayanan excellent, dan harga bersahabat.

Paket sewa mobil Fortuner Cirebon adalah satu rekomendasi terbaik untuk Anda yang ingin liburan dengan keluarga kecil Anda.

Jam Operasional Cibulan

Kolam dan pemandian ini buka setiap hari Senin sampai Minggu, termasuk hari libur nasional. Jam operasionalnya mulai dari jam 07.00 sampai jam 17.00 WIB.

Cibulan memang sangat layak menjadi destinasi liburan terbaik untuk keluarga. Apalagi ada ikan-ikan dewa yang tak bisa dijumpai di tempat wisata lainnya. Pengunjung tidak akan menyesal liburan di sini.

Ditambah lagi fasilitasnya yang super-lengkap dan ketersediaan wahana-wahana yang menarik yang dijamin akan membuat si kecil betah.

Yuk, agendakan acara liburan akhir pekan ini ke tempat wisata yang satu ini. Bersama Salsa Wisata tentunya. Cukup siapkan budget dan diri Anda, lalu tunggu saatnya waktu liburan Anda tiba.

Soal transportasi dan akomodasi akan kami siapkan dengan baik, khusus untuk Anda. Segera pilih paket wisata yang menurut Anda terbaik dan enjoy your vacation.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Cirebon, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)