SalSari Resto & Coffee

Curug Ciburial bisa jadi destinasi menarik untuk Anda yang sedang berada di Bogor. Keindahan air terjun kembar serta segarnya aliran sungai yang masih alami jadi daya tarik utama hidden gem Kabupaten Bogor ini.

Bahkan tidak jarang, pengunjung dari luar kota memanfaatkan layanan sewa avanza Bogor terdekat untuk mengantar mereka ke tempat ini. Penasaran dengan keseruan lain yang bisa Anda dapatkan di sini? simak ulasan lengkapnya berikut:

Sekilas Tentang Curug Ciburial

Curug Ciburial Sentul

Curug Ciburial merupakan salah satu air terjun cantik yang letaknya tersembunyi bersama dua curug lain yakni Curug Hordeng dan Curug Kembar. Lokasinya yang masih tersembunyi tersebut membuat suasana asri curug ini masih sangat terasa.

Tinggi curug ini sekitar 5 meter dan mengalir melewati batu-batu besar dengan deras. Selain deras aliran air terjun ini juga masih jernih dan segar sehingga cocok untuk Anda yang ingin puas bermain air.

Apalagi terdapat kolam alami yang cukup luas dengan kedalaman bervariasi, sehingga aman untuk siapa saja. Namun tetap berhati-hati saat bermain terutama ketika musim hujan tiba karena aliran air semakin deras dan membahayakan pengunjung yang bermain air.

Alamat Curug

Lokasi curug ini terletak di Jl. Gunung Wangun Kampung Cibereum, Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Rute lengkapnya silakan lihat Google Maps.

Jam Buka

Curug hits di Bogor ini buka setiap hari, berikut rincian jam operasionalnya:

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Curug Ciburial tidak mahal karena hanya Rp10.000,00 per orang. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir atau sejumlah fasilitas dan wahana yang ada di tempat ini, berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp10.000,00
Spot Foto Mulai dari Rp3.000,00
Camping Ground Rp35.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Penitipan Helm Rp5.000,00

Daya Tarik di Curug Ciburial

Daya Tarik Curug Ciburial

Sebagai salah satu tempat wisata favorit di Sentul, tentu tempat ini punya banyak daya tarik yang membuatnya istimewa. Berikut ini beberapa daya tarik serta hal menarik yang bisa Anda dapatkan selama mengunjungi curug ini:

Trekking Melintasi Alam

Sebelum tiba ke lokasi curug, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati jalan setapak yang tersedia. Medan yang harus Anda lalui ini juga cukup menantang karena melintasi bukit, hutan, sawah, serta sungai.

Meski begitu pemandangan yang bisa Anda nikmati menjadi pemanis dan penambah tenaga untuk tiba ke curug. Selain itu pihak pengelola pun sudah menyiapkan petunjuk jalan serta jalur yang jelas sehingga perjalanan Anda ke lokasi bisa jadi lebih mudah.

Pemandangan yang cantik

Daya tarik utama tempat in tentu saja keindahan panorama alam yang masih sangat asri. Pepohonan tinggi yang lebat mengelilingi area sekitar air terjun sehingga udara di tempat ini terasa sangat sejuk.

Selain itu, keberadaan batu-batu besar di sekitar curug juga membuat view yang terlihat menjadi semakin eksotis. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat di tengah suasana alam yang masih terjaga.

Bermain di Kolam yang Sejuk

Mengunjungi tempat ini tentu kurang seru jika Anda tidak berenang dan bermain air di kolam alaminya. Ada banyak ceruk dengan berbagai kedalaman yang bisa Anda pilih sehingga cocok untuk jadi tempat bermain bersama anak sekalipun.

Terlebih lagi suhu airnya dingin menyegarkan pas untuk Anda yang ingin melepas penat menyegarkan badan dan pikiran. Namun usahakan tidak bermain air saat musim hujan atau aliran air terlihat deras sebab bisa sangat berbahaya.

Berfoto Ria

Spot Foto Curug Ciburial

Keindahan pemandangan curug ini tentu sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja tanpa berfoto. Apalagi ada banyak spot foto yang bisa Anda pilih seperti di bawah beberapa air terjun yang ada di tempat ini.

Tidak hanya itu saja, area bebatuan besar juga bisa jadi spot Anda bergaya sambil berenang di tempat ini. Namun jika belum puas, pihak pengelola juga sudah menyediakan sejumlah spot foto serta gardu pandang yang punya view apik kawasan sekitar curug.

Mengunjungi Curug Lain

Tidak jauh dari curug ini Anda bisa mengunjungi beberapa curug lain seperti Curug Hordeng, Curug Kembar, atau Curug Leuwi Hejo. Tiap air terjun ini pun punya keunikan serta ciri khas masing-masing yang pasti membuat liburan Anda lebih berwarna.

Tapi Anda harus siapkan fisik yang lebih lagi sebab perjalanan menuju lokasi harus Anda tempuh berjalan kaki. Agar lebih seru Anda bisa ajak teman-teman untuk menjelajah dan mengunjungi setiap curug selama berada di kawasan ini.

Camping Ground

Berkemah juga termasuk aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi kawasan wisata ini. Pihak pengelola sudah menyediakan area camping ground yang luas dan aman untuk menampung banyak tenda sekaligus.

Meski tidak selengkap dan senyaman sejumlah resort di Sentul, berkemah di sini bisa jadi pengalaman berkesan untuk Anda. Sebab Anda memiliki banyak waktu untuk menyatu dengan alam yang tenang dan melakukan berbagai kegiatan seru bersama teman-teman.

Bersantap Santai

Sambil menikmati keindahan alam sekitar curug, Anda bisa sekaligus mencicipi makanan khas Bogor yang tersedia di warung dekat curug. Dengan begitu momen Anda bersantai pun jadi semakin berkesan meski Anda tidak membawa bekal dari rumah.

Fasilitas di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Ciburial

Berikut ini beberapa fasilitas wisata yang bisa Anda nikmati di kawasan curug:

  • Lahan parkir memadai
  • Mushola
  • Toilet, kamar mandi dan kamar ganti
  • Area camping ground
  • Warung makan
  • Spot foto instagramable

Nikmati juga berbagai destinasi seru di Bogor dan Sentul selain Curug Ciburial bersama biro wisata seperti Salsa Wisata. Melalui setiap layanan yang tersedia, liburan Anda pasti lebih mudah, seru, dan pastinya berkesan.

Sebab segala kebutuhan perjalanan wisata Anda mulai dari akomodasi, transportasi hingga konsumsi sudah terlayani dengan baik. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi Salsa Wisata dan nikmati liburan paling berkesan dengan harga terjangkau ke berbagai destinasi menarik di Indonesia.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)