Konon, daerah Jawa Barat disebut sebagai tanah parahyangan karena tempatnya memang seperti khayangan (parahyangan). Bisa dibilang, hampir semua sudutnya dilengkapi dengan pemandangan alam yang memukau. Maka tak heran kalau tanah Pasundan ini memiliki banyak tempat wisata alam. Salah satunya adala Curug Cijalu yang terletak di Subang, Jawa Barat.

Curug atau air terjun ini sendiri masih ada di dalam area cagar alam Gunung Burangrang. Objek wisata ini terletak di ketinggian 1300 mdpl. Kalau hari sedang cerah, Ada bisa melihat hamparan kota Subang, Waduk Jatiluhur, dan kota Purwakarta yang terhampar di bawah.

Tinggi air terjun ini sendiri kurang lebih 70 meter. Air yang jatuh ke bawah mengalir sangat deras ke kolam di dasarnya, lalu membelah bukit di area ini.

Anda boleh bermain-main di kolam ini, asal berhati-hati supaya tidak mendekat ke arah jatuhnya air. Airnya sangat jernih, tapi dingin. Jadi, jarang ada pengunjung yang berlama-lama main air.

Sekilas Tentang Curug Cijalu

gerbang wisata Curug Cijalu

Penduduk setempat mengatakan bahwa air terjun ini dulu dinamakan Curug Cikondang. Namun, suatu hari ada seorang pendekar yang menetap di area air terjun ini. Pendekar tersebut terkenal karena ia memiliki taji, yang disebut juga jalu. Dari situlah kemudian curug ini disebut sebagai Curug Cijalu.

Di tempat ini, ada juga dua curug lain yang diberi nama Curug Putri dan Curug Cilemper. Curug Putri jaraknya cuma sekitar seratus meter dari Cijalu. Dulu, curug ini namanya juga beda. Curug Putri dulu dikenal dengan nama Curug Cibuntu.

Karena letaknya berdekatan dengan Cijalu, penduduk sekitar menganggap dua air terjun ini sebagai sepasang kekasih. Cijalu dianggap sebagai laki-laki, karena dalam bahasa Sunda, jalu memang berarti laki-laki. Sedangkan Cibuntu dianggap sebagai perempuannya. Karena itulah kemudian namanya jadi Putri.

Curug Putri tidak setinggi Cijalu. Tingginya cuma sekitar 30 meter. Namun, curug ini tidak kalah memukau dari Cijalu. Aliran airnya lebih pelan, tidak sederas Cijalu.

Beda lagi dengan Curug Cilemper. Air terjun ini jaraknya sekitar 500 meter dari Cijalu. Bentuknya pun lebih tinggi, sekitar 100 meter, dengan debit air yang lebih deras juga. Sayangnya, letaknya lumayan tersembunyi, Jalan menuju ke sana curam dan terjal, jadi tidak banyak pengunjung yang bisa menikmati curug Cilemper.

Kawasan curug ini sebetulnya sudah lama dibuka, dari sejak 1 September 1984. Dulu, banyak warga keturunan Tionghoa yang berdoa di sini. Mereka menganggap tempat ini keramat, sebagai tempat mandi bidadari.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Cijalu

Secara administratif, wisata Curug Cijalu terletak di wilayah Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang, kabupaten Subang. Kalau dari pusat kota Subang, curug ini jaraknya sekitar 37 km. Anda hanya harus berkendara ke arah selatan.

Sedangkan kalau Anda berangkat dari kota Bandung, Anda harus ambil arah ke utara. Jaraknya sekitar 63 lm. Bisa juga berangkat dari Purwakarta. Jaraknya cuma sekitar 40 km kalau Anda berkendara ke arah selatan.

Dari manapun Anda berangkat, Anda bisa menuju ke Jalan Raya Wanayasa-Jalan Cagak. Nanti, dari situ Anda sudah akan menemukan gerbang wisata Cijalu di Serang Panjang. Sebelum benar-benar sampai, Anda harus melewati jalan desa terlebih dulu sejauh kira-kira 3 km.

Curug ini memang sulit ditempuh pakai transportasi umum. Apa lagi kalau Anda berangkat dari Bandung. Maka itu, kalau Anda sedang berlibur ke Bandung dan ingin ke tempat ini sekalian,

lebih baik Anda gunakan jasa rental mobil Pajero Bandung. Dengan begitu, Anda bisa bebas mengekspor berbagai tempat wisata di Subang, bukan cuma di Bandung saja,

Jam Operasional Curug Cijalu

Jam Buka Pukul
Setiap Hari 07.30 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Curug Cijalu

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp17.500,00

Daya Tarik Curug Cijalu

camping di Curug Cijalu

Selain kisah di baliknya, Curug Cijalu juga menawarkan pemandangan alam yang indah untuk Anda eksplor. Sekilas, curug ini terlihat mirip dengan Coban Rondo di Malang. Nah, kalau kebetulan Anda ke sini, berikut beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan:

Trekking

Begitu lewat gerbang masuk, Anda akan langsung disambut suasana sejuk. Selain karena objek wisata alam subang ini terletak di ketinggian, kanan kirinya juga diapit dengan pepohonan rindang. Anda juga bisa melihat pemandangan perbukitan hijau di kejauhan, yang menyeruak di antara awan-awan putih.

Semua itu adalah pemandangan yang bisa Anda nikmati saat trekking menuju curug. Anda harus jalan kaki dulu dari gerbang sampai ke tempat wisatanya. Selain itu, ada juga panorama kebun teh yang menanti Anda di tengah jalan.

Meski jalannya menanjak, jangan khawatir. Jalannya aman karena terbuat dari anak tangga dari batu belah yang tersusun rapi. Jadi tidak akan licin.

Di sepanjang jalan, Anda juga akan bertemu dengan berbagai seniman jalanan yang main alat musik sambil menyanyikan lagu tradisional Sunda.

Rasa capek karena harus berjalan kaki menanjak jadi tidak terasa. Malah, Anda bisa sekalian foto-foto, karena dari sini saja pemandangannya sudah instagrammable.

Menikmati Pesona Air Terjun

Anda hanya harus trekking sejauh 300 meter. Setelah itu, Anda akan melihat Curug Putri terlebih dulu. Meski lebih kecil dari Cijalu, Curug Putri terlihat lebih eksotis saat difoto karena aliran airnya lebih tenang.

Setelah puas foto-foto di Curug Putri, barulah Anda akan menemukan Cijalu setelah berjalan kurang lebih seratus meter. Air terjun ini dibingkai dengan tetumbuhan hijau yang tumbuh subur di sekelilingnya. Suasananya masih terasa asri dan alami.

Anda juga bisa main air di kolam di bawah air terjun ini. Kolamnya tidak dalam. Sambil main air, Anda bisa sekalian berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah.

Berkemah

Bukan cuma di siang hari saja, Anda juga bisa menikmati suasana malam hari di kawasan tempat wisata ini. Berkemah di alam terbuka itu memang sudah biasa. Yang tidak biasa adalah berkemah dengan ditemani suara gemuruh air terjun yang jatuh menimpa bebatuan. Suara alam tersebut bisa membantu Anda untuk rileks.

Ada banyak komunitas pencinta alam yang sering menjadikan tempat ini sebagai tempat berkemah dan berkumpul bersama. Kawasan ini dipilih karena selain fasilitasnya lengkap, panorama juga suasananya juga mendukung. Di malam hari, tempat ini cukup dingin. Jangan lupa untuk memakai pakaian tebal dan membawa selimut.

Fasilitas Curug Cijalu

fasilitas di Curug Cijalu

Objek wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Berikut ini beberapa diantaranya:

Ingin segera berlibur ke sini? Nah, jangan lupa, kemanapun liburannya, Anda bisa selalu mengandalkan Salsa Wisata sebagai partner liburan. Ada banyak pilihan paket wisata di berbagai kota di Indonesia.

Paket wisata itu bisa Anda sesuaikan dengan budget. Dengan harga yang ramah di kantong, Anda sudah bisa dapat akomodasi, transportasi, makan, dan tiket masuk ke tempat-tempat wisata.

By Categories: Destinasi, Subang

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (10 votes)