SalSari Resto & Coffee

Sudah punya rencana mau pergi ke mana akhir pekan ini? Bagaimana kalau pergi mandi ke Curug Cipanas Lembang? Lokasinya juga sangat asri dan sejuk dengan panorama yang instagenik.

Wisata alam Lembang Instagramable ini merupakan sumber air panas alami yang mengandung belerang. Sehingga mandi di sini bisa memberikan efek relaksasi dan ketenangan. Apalagi jika sepekan ini sudah full bekerja.

Sekilas Tentang Curug Cipanas Lembang

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang memiliki air dingin, di sini airnya justru terasa panas. Ya, Curug Cipanas Lembang adalah objek wisata berupa air terjun dengan air panas alami dari dalam perut bumi.

Tapi, jangan bayangkan panas di sini seperti air mendidih. Panas ini lebih tepatnya hangat, sehingga tidak akan membuat kulit mengelupas.

Justru sebaliknya, kulit akan terasa lebih segar dan sehat karena sel kulit mati yang hilang. Apalagi kandungan belerang ini juga dapat memberikan nutrisi pada kulit agar lebih sehat, membunuh bakteri dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan rental mobil hiace Bandung harian untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga. Apalagi, curug ini berada di kawasan perkebunan dan perbukitan hijau sehingga cocok untuk rekreasi bersama.

Harga Tiket Masuk Curug Cipanas Lembang

Curug Cipanas

Tiket masuk Curug Cipanas sangat terjangkau karena hanya Rp25.000,00 sudah bisa menikmati semua fasilitasnya. Tiket masuk dan tiket parkir tentu saja berbeda, jadi harus Anda siapkan terlebih dahulu.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp25.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Curug Cipanas Lembang

Lokasi Curug Cipanas berada di Jl. Nagrak Kulon, Desa Sukajaya, Lembang, Bandung Barat. Akses menuju lokasi bisa menggunakan kendaraan mobil maupun motor sampai di area parkir.

Dari lokasi parkir, pengunjung harus berjalan kaki selama beberapa menit saja hingga sampai di curug. Kemudian bisa menikmati keindahan curug dan kehangatan airnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata ini, Anda juga akan menemukan tempat wisata hits Jawa Barat lainnya. Dengan demikian, baik sebelum atau sesudah pergi ke wisata ini bisa Anda rencanakan untuk mampir.

Fasilitas Curug Cipanas Lembang

Fasilitas Curug Cipanas

Curug Cipanas memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Anda bisa melihatnya dari area parkir yang luas, kamar bilas, toilet serta mushola.

Ada juga saung untuk istirahat lengkap dengan bantal untuk bersantai. Jangan lupakan juga area camping ground untuk Anda pecinta alam.

Bagi pecinta wisata kuliner Bandung kekinian, di sini juga ada banyak warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tentu saja, harganya sangat bersahabat di kantong.

Jadi, setelah mandi atau berendam di air panas, pastikan untuk rasakan juga sensasi menikmati makanan khas Jawa Barat enak yang tersedia. Saat badan dan suasana mulai dingin, makan dan minum teh hangat tentu nikmat.

Daya Tarik Wisata Curug Cipanas Lembang

Curug Cipanas memiliki ukuran yang kecil dan tidak tinggi. Tapi lokasinya yang instagramable dengan air hangatnya menjadikan air terjun ini sebagai destinasi wisata yang cocok untuk healing.

Kolam Berundak

Sungai Berundak Curug Cipanas

Curug ini mengalir dari sumbernya di dalam perut bumi dan mengalir di kawasan ini dengan kontur yang sedikit miring. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah membuat beberapa kolam undakan yang ikonik.

Ya, wisatawan bisa memilih kolam berundak ini untuk berendam seperti sauna. Air dari sumber akan terus mengalir dan mengisi semua kolam dan akhirnya mengalir mengikuti sungai.

Curug Cipanas memiliki 3 undakan dengan masing-masing kolam di atasnya. Untuk kedalaman kolam sendiri antara 50 – 70 cm. Memang tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk berendam dan bersantai.

Jika Anda berencana menjelajahi wisata hits Lembang, pastikan untuk mampir ke sini. Anda bisa memilih kolam sesuai keinginan, apakah di kolam pertama, kedua atau ketiga.

Di kolam pertama lokasinya persis di bawah air terjun. Suhu air di sini jelas lebih hangat atau cenderung sedikit panas daripada yang lain. Di kolam kedua ada dua bagian di mana salah satunya memiliki bentuk hati.

Terakhir, di kolam ketiga ini memiliki ukuran paling luas dan lebar. Sehingga sangat cocok untuk bermain air dan bersantai khususnya anak-anak. Mereka bisa bermain air sepuasnya dengan aman.

View Eksotis dengan Alam Terbuka

Pemandian Curug Cipanas ini memiliki warna biru kehijauan ketika tidak ada yang berendam. Ini karena kandungan belerang di dalamnya, sehingga warnanya seperti itu dan sedikit berbau juga.

Kandungan belerang ini bisa Anda lihat juga di dinding batu dan dinding kolam yang berwarna kuning. Ini terjadi karena residu belerang yang ada di dalam air. Tapi justru ini yang membuatnya terlihat sangat instagenik.

Curug ini berada di kawasan perkebunan warga setempat. Walau akses untuk ke air terjun ini mudah karena ada pemukiman, tapi lokasinya tersembunyi di balik hijau dan rimbunnya pepohonan.

Letaknya juga ada di tengah perbukitan sehingga bisa Anda bayangkan betapa cantiknya pemandangan di sekitar curug. View-nya sangat eksotis dengan perpaduan sempurna untuk berendam dan menenangkan diri.

Curug Cipanas Nagrak ini memang menawarkan panorama yang instagramable. Anda bisa berfoto di depan air terjun dengan latar curug yang berundak. Bisa juga berfoto dengan berendam di kolam air hangat.

Keindahan pemandangannya tak kalah dengan Curug Cibareubeuy yang juga merupakan salah satu curug terbagus di Jawa Barat.

Camping Bersama Teman

camping di Curug Cipanas

Tempat ini juga menyediakan camping ground yang bisa bermanfaat untuk mendirikan tenda. Dengan adanya fasilitas tersebut, kegiatan seperti camping dan outbound di sini pasti terasa seru dan menyenangkan.

Bermalam di alam terbuka dengan gemericik air Curug Cipanas serta kepulan uap yang berasal dari air panas sungguh tak ternilai harganya. Anda dan teman cukup membawa peralatan camping sendiri.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan dari mulai outbound, barbeque di malam hari dan lainnya. Pastinya, kegiatan berenang dan berendam juga jangan sampai Anda lewatkan.

Dekorasi Area Curug yang Cantik

Berenang Curug Cipanas

Pihak pengelola juga telah melakukan renovasi di kawasan Curug Cipanas Nagrak Bandung ini. Sehingga tampilannya tampak lebih instagramable dengan dekorasi warna warni yang cantik. Jalan setapaknya pun tertata dengan rapi.

Bahkan, saat Anda berjalan menuju lokasi wisata air terjun ini juga ada banyak dekorasi unik. Misalnya, wisatawan akan melihat papan penunjuk arah yang lucu. Jalan setapak menuju air terjun juga bagus.

Ada payung warna warni yang turut mempercantik suasana di curug. Belum lagi saung-saung peristirahatan juga lengkap dengan bantal dan tirai. Ini semua tentu saja membuat wisatawan semakin betah.

Jam Buka Curug Cipanas Lembang

Curug Cipanas Lembang ini buka dari pagi sampai sore mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tapi, jika Anda berkemah, tentu saja bisa menikmati air hangat dan keindahan air terjun ini di malam hari selama 24 jam.

Namun untuk waktu terbaik, Anda bisa datang di pagi hari agar dapat menikmati keindahan dan keasrian alam di sekitar curug. Saat pagi itu juga masih sepi pengunjung dan akan tampak air curug berwarna biru kehijauan.

Segera agendakan berwisata ke Curug Cipanas dengan pilihan paket wisata beragam dari Salsa Wisata. Anda bisa menjelajah ke berbagai destinasi wisata hits di Bandung dengan aman dan nyaman.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)