SalSari Resto & Coffee

Sekarang ini, ada banyak tempat wisata yang menawarkan miniatur landmark dari berbagai negara. Sebut saja Cimory Ungaran dan Devoyage Bogor. Kini, ada satu lagi tempat wisata dengan konsep yang sama, yaitu Gading Paradise.

Tempat wisata yang baru ini terletak di Kebumen, Jawa Tengah. Bisa jadi wisata alternatif kalau Anda sudah bosan dengan berbagai wisata alam. Tempat wisata yang satu ini cocok Anda nikmati bersama teman dan keluarga untuk quality time.

Konsep utamanya adalah berfoto dengan latar belakang pemandangan alam. Ada kira-kira 150 spot foto yang tersebar di sini, ditambah lagi dengan berbagai bangunan khas Eropa. Objek wisata ini disebut-sebut sebagai salah satu tempat wisata favorit di Kebumen.

Sekilas Tentang Gading Paradise

arsitektur Gading Paradise

Gading Paradise ini baru saja buka pada tanggal 14 Mei 2021 kemarin. Animo masyarakat terbilang cukup besar, terbukti tempat ini seketika viral di kalangan masyarakat. Banyak pengunjung dari dalam dan luar kota datang untuk menikmatinya.

Mereka penasaran akan apa yang ditawarkan oleh objek wisata baru yang satu ini. Kalo dari konsepnya memang tampak mirip seperti tempat wisata Merci di Medan yang juga mengusung konsep ala bangunan Eropa.

Tempat wisata yang berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektar ini disebut-sebut sebagai mini Eropanya Kebumen. Lokasinya ada tepat di samping Gading Waterpark, jadi setelah mengelilingi tempat wisata ini, Anda bisa sekalian berenang.

Gading Paradise dimiliki dan dibangun oleh pihak swasta. Rachmana, pemiliknya, mengatakan bahwa ia membangun tempat wisata ini karena terinspirasi oleh bangunan Eropa betulan.

Jadi setahun sebelumnya, ia liburan keliling Eropa. Di sana, ia mengunjungi berbagai negara dan kota di Eropa sambil menyetir mobil sendiri. Saat itulah ia melihat berbagai pemandangan indah khas tiap masing-masing negara dan kota di Eropa.

Sepulangnya dari Eropa, ia lalu menggandeng para tukang bangunan lokal asli Kebumen untuk membangun tempat wisata impiannya itu. Saat launching tahun lalu, Rachmana juga menambahkan bahwa nantinya tempat wisata ini akan ditambahkan dengan sekolah berkuda dan memanah sekaligus.

Dengan begitu, para siswa sekolah ini bisa belajar sekaligus menikmati pemandangan yang ada di tempat wisata ini. Katanya lagi, sekolah berkuda di sini bukan untuk balap. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa sayang pada hewan.

Harga Tiket Masuk Gading Paradise

Untuk ukuran tempat wisata yang baru buka dan seketika langsung viral, Gading Paradise tidak membebankan pengunjungnya dengan tiket yang mahal.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp20.000,00
Sewa perahu air Rp25.000,00 per 15 menit
Sewa kano Rp20.000,00 per 15 menit

Sejauh ini, tidak ada perbedaan harga antara pengunjung dewasa dan anak-anak, datang di hari biasa atau akhir pekan. Namun harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Rute Menuju Gading Paradise

cafe Gading Paradise

Gading Paradise terletak di Pejagoan, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Jaraknya tidak jauh dari alun-alun Kebumen, cuma sekitar 1,5 km dan lima menit berkendara.

Kalau Anda berkendara dari arah barat, Anda bisa ikuti jalur angkot Kebumen-Gombong setelah bertemu gapura. Lalu, Anda bisa berhenti tepat di lokasi.

Penting untuk Anda ingat bahwa ada dua jalan di Kebumen, yaitu jalur selatan untuk jalur provinsi yang dilewati bus-bus besar, dan jalur utara yang hanya untuk kendaraan kecil.

Bagi Anda wisatawan dari luar kota, penting untuk mengetahui hal ini sehingga Anda tidak salah pilih jalur. Kalau Anda liburan bersama rombongan dari luar kota, kami sarankan untuk sewa bus pariwisata Kebumen dan datang ke tempat wisata ini dari arah selatan.

Namun kalau Anda hanya datang sekeluarga, Anda bisa juga menggunakan jasa rental mobil plus driver murah agar bisa berwisata secara lebih leluasa.

Daya Tarik Gading Paradise

Konsep Ala Eropa

rumah eropa Gading Paradise

Inilah daya tarik utama yang membuat pengunjung penasaran. Dengan desain yang kekinian, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk bisa menikmati suasana khas benua putih ini.

Anda bahkan bisa naik kano keliling danau buatan, yang akan mengingatkan Anda pada suasana kanal di Amsterdam dan Venice. Selain itu, ada juga berbagai cafe cantik dengan interior dan eksterior ala Eropa.

Semua makanan yang ada di dalamnya adalah menu ala Eropa. Jadi, jangan harap bisa menemukan makanan khas nusantara lezat di sana. Rasanya gurih dan lezat, seperti cita rasa makanan Eropa pada umumnya.

Penginapan

Ada tempat menginapnya juga lho di tempat wisata ini. Penginapan dengan konsep guest house ini juga punya barbecue area d tengah kolam. Bahkan, penginapan ini juga menyediakan meeting room untuk Anda yang ingin mengadakan acara formal atau kasual bersama rekan atau keluarga.

Ada taman yang memamerkan keindahan khas Eropa juga. Bukan cuma sekadar taman bunga. Semua tanaman yang ada di sini berasal dari negara-negara di Eropa. Ketika bunga-bunganya sedang bermekaran, taman ini juga jadi salah satu spot foto favorit.

Wahana Permainan

kapal air Gading Paradise

Ada beberapa wahana permainan yang bisa Anda mainkan. Salah satunya adalah kolam renang. Ada dua kolam di sini, yang satu di bagian depan yang ukurannya lebih luas dan kolam untuk anak-anak dengan kedalaman kira-kira setengah meter.

Seperti layaknya waterpark, kolam-kolamnya juga sudah ada seluncuran dan ember tumpah. Selain kolam renang, ada juga sepeda air yang dimainkan dengan cara dikayuh.

Kalau tidak mau mendayung dengan kano, Anda bisa naik sepeda air di danau buatannya dan melihat ikan-ikan mas di dalamnya. Ada juga gym dan fitness center di sini dengan pemandangan langsung ke arah kolam.

Spot Foto Instagramable

spot foto Gading Paradise

Seperti yang tadi kami sebutkan sekilas, ada ratusan spot foto cantik di sini. Namun, ada beberapa spot foto yang selalu jadi incaran banyak wisatawan. Yang pertama, ada replika kupu-kupu. Patung kupu-kupu besar ini terletak di samping kolam renang.

Yang kedua, ada menara Eiffel bertuliskan “Paris” yang terbuat dari kayu. Yang ketiga, ada kincir angin khas Belanda. Lokasinya ada di tengah taman, jadi terasa terik sekali kalau berfoto di sini di siang hari.

Selanjutnya, ada deretan rumah ala Eropa. Rumah-rumahnya warna-warni dengan dua tingkat bangunan. Ada pula rumah hobbit seperti yang ada di film The Lord of the Rings.

Fasilitas Gading Paradise

Meski wisatanya baru, pengunjung tidak akan merasakan kekurangan saat ada di sini. Secara keseluruhan, fasilitas tempat wisata ini terbilang sudah sangat lengkap. Fasilitas yang bisa Anda gunakan yaitu tempat parkir, spot foto, toilet, wifi, mushola, dan fasilitas protokol kesehatan.

Sementara fasilitas penunjang lainnya ada wahana permainan, waterpark, gazebo, penginapan, meeting room, gym center, dan cafe ala eropa.

Jam Operasional Gading Paradise

Gading Paradise buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi dan sore hari. Dengan begitu, Anda tidak terlalu merasa kepanasan, karena wisata ini konsepnya outdoor.

Kalau Anda liburan ke Kebumen, Anda juga bisa datang ke tempat wisata ini. Pesan tiketnya lewat Salsa Wisata, dan Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Mengapa?

Karena Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata di berbagai kota di Indonesia. Paket wisata tersebut sudah termasuk makan, akomodasi, tiket wisata, dan transportasi.

Anda tinggal memilih paket yang ada, atau membuat sendiri paket wisata Anda berdasarkan tempat-tempat wisata yang ingin Anda datangi, termasuk ke pusat oleh-oleh khas Jawa Tengah terkenal. Salsa Wisata yang akan membuat itinerary-nya untuk Anda. Tentunya dengan harga miring.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)