SalSari Resto & Coffee

Kalau Anda berpikir goa adalah tempat yang menyeramkan, maka Anda harus mencoba pergi ke Goa Ergendang dan membuktikannya sendiri! Alih-alih seram, goa yang terletak di Sumatera Utara ini akan melunturkan segala kepenatan dan kegelisahan Anda.

Visual stalaktit yang mengagumkan, langit yang bersih, serta air yang hangat akan menyelimuti pikiran dan tubuh Anda. Di sini, tak satu detik pun Anda akan mengingat pekerjaan. Anda akan terbuai sepenuhnya dengan nuansa alam yang memabukkan.

Karena goa ini terletak di Sumatera Utara, Anda mungkin perlu meluangkan waktu lebih dari sehari untuk berlibur ke sini. Tapi jangan khawatir, karena waktu Anda tidak akan terbuang percuma! Anda dapat berkunjung ke tempat wisata hits Medan lainnya selama di sini!

Sejarah Goa Ergendang

sejarah Goa Ergendang

Anda mungkin bertanya-tanya, apa makna kata Ergendang? Ergendang memiliki arti menabuh gendang. Goa ini mendapat nama Ergendang, karena katanya kadang warga mendengar suara tabuhan alat musik gendang dari tempat ini. Tapi Anda tidak perlu takut, kemistisan tersebut justru menambah nilai keunikan goa ini.

Lebih lanjut, katanya dulu goa ini merupakan tempat pemandian putri-putri raja. Karena itu warga percaya bahwa dengan mandi di sini Anda akan mendapatkan awet muda.

Pada awalnya, goa ini tidak terawat dan tidak terjangkau oleh wisatawan. Apalagi dengan keberadaan Danau Linting yang hanya berjarak 40 menit dari goa misterius ini. Orang-orang lebih memilih berwisata ke Danau Linting.

Namun, sekarang keadaan berbeda setelah warga mendandani goa tersembunyi ini dan menjadikannya objek wisata. Kecantikan dan keunikan objek wisata ini tidak kalah memikat dari pesona Danau Linting.

Jam Buka Goa Ergendang

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 08.00 – 20.00 WIB

Anda tidak perlu pusing memikirkan kapan harus ambil cuti atau kapan anak Anda harus izin dari sekolah. Karena goa ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 19.00 WIB. Meski begitu, jika masih kesulitan, Anda bisa meminta bantuan Salsa Wisata untuk custom paket wisata Anda sendiri.

Lokasi Goa Ergendang

Goa yang terletak di Kabupaten Deli Serdang beralamatkan di Penungkiren, Kec. Sinembah Tj. Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jaraknya hanya sekitar 40 km dari Kota Medan.

Anda hanya memerlukan waktu 1 sampai 2 jam dengan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil.

Jalan menuju tempat wisata sudah lumayan bagus dan cukup untuk dilewati mobil kecil. Kalau tidak membawa mobil pribadi, Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil Pajero Medan plus driver.

Rute yang bisa Anda tempuh dari Medan, yaitu:

Medan – Jalan Brigjen Katamso – Delitua – Jalan Besar Sibiru-Biru – Desa Penungkiren.

Seharusnya Anda dapat menemukan goa ini dengan mudah, karena warga memasang plang yang memudahkan wisatawan. Tetapi, jika Anda masih kesulitan, Anda bisa melihat rutenya di aplikasi google maps Anda.

Harga Tiket Wisata Goa Ergendang

Untuk tiket masuk, harganya sangat murah meskipun fasilitasnya lengkap dan tempatnya bersih. Berikut ini rincian tarifnya

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Rp10.000,00
Tiket masuk anak Rp5.000,00
Parkir kendaraan Rp2.000,00 – Rp5.000,00

Daya Tarik Goa Ergendang

daya tarik Goa Ergendang

Keindahan Stalaktit

Stalaktit adalah mineral sekunder yang menggantung dari langit-langit. Di objek wisata ini, Anda akan melihat stalaktit-stalaktit anggun nan elegan yang menghiasi kesuraman goa.

Berada di sini pasti membuat Anda merasa seperti sedang di lokasi shooting film The Hobbit. Nuansa fantasi dalam goa-nya memang tidak seimut Rumah Hobbit di Bandung. Namun, kesan The Hobbit nya tetap ada dengan charm yang berbeda, yaitu lebih realistik.

Jika Anda tetap ingin merasakan nuansa imut Rumah Hobbit di Farmhouse Bandung, akan sayang jika Anda tidak sekalian berkeliling Bandung. Agar mudah menentukan destinasi lainnya, Anda bisa memesan paket tour Bandung murah Salsa Wisata.

Kolam yang Cantik

Sudah terletak di tengah-tengah goa, kolam ini juga dikelilingi dinding batu yang estetik. Belum lagi, keberadaan atap goa yang menaungi sebagian kolam ini. Membuat Anda bisa melihat keindahan cahaya matahari yang masuk dan terpantul dari air kolam.

Belerang yang Berkhasiat

Konon katanya, air di kolam pemandian ini mengandung belerang yang bermanfaat untuk kesehatan. Masyarakat percaya bahwa belerang tersebut dapat menghilangkan gatal-gatal dan merelaksasikan otot yang pegal. Tidak hanya itu, belerang ini juga digadang-gadang dapat mengangkat sel kulit mati, serta meremajakan kulit.

Anda mungkin khawatir air kolam pemandian ini akan berbau tajam karena mengandung belerang. Tapi tenang saja! Meskipun pipa-pipa kecil yang mengairi kolam ini mengandung belerang, air kolam ini tidak berbau sama sekali.

Bahkan Anda pasti terkejut, jika melihat air kolam pemandian yang mulai banyak digandrungi wisatawan ini selalu jernih. Airnya selalu bersih dan berwarna biru muda! Rahasianya adalah karena petugas yang rajin membersihkan air kolam ini.

Jadi Anda tidak perlu takut akan terkena penyakit kulit saat Anda berendam di kolam ini. Jika Anda merasa pemandian ini terlalu jauh, Anda bisa mempertimbangkan Pemandian Air Panas Cangar di Malang yang juga mengandung belerang.

Spot Foto

Tidak hanya goa dan kolam airnya yang indah dan pantas untuk masuk feed instagram Anda! Pepohonan rindang dan elok yang menaungi kolam juga sangat cocok menjadi background foto Anda! Ditambah lagi tangga-tangga serta bangku artistik yang tersebar di sekitar kolam!

Bukan hanya beristirahat, di sini Anda juga bisa panen foto untuk dipamerkan di laman instagram Anda!

Fasilitas Goa Ergendang

fasilitas Goa Ergendang

  • Tempat parkir yang luas
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Kolam pemandian
  • Warung makan
  • Camping Ground

Demikian informasi singkat namun lengkap tentang salah satu wisata alam di Deli Serdang. Jika Anda berminat mengunjunginya, persiapkan segala sesuatunya dari sekarang.

Anda bisa memanfaatkan berbagai paket tour dari Salsa Wisata atau mengcustom sendiri destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi termasuk ke pusat oleh-oleh khas Medan terkenal.



By Categories: Destinasi, Medan

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)