SalSari Resto & Coffee

Gunung Slamet menempati beberapa kabupaten di Jawa Tengah, salah satunya Purbalingga. Oleh sebab itu, potensi wisata alam di kabupaten ini luar biasa seperti Golaga yang sekarang menjadi wisata favorit.

Nama lain objek wisata alam Jawa Tengah kekinian ini adalah Goa Lawa Purbalingga. Tempat wisata ini bisa menjadi alternatif saat hari libur, terutama bagi pecinta wisata alam atau hanya sekedar penasaran.

Sejarah Goa Lawa Purbalingga

gapura selamat datang Goa Lawa Purbalingga

Golaga Purbalingga merupakan sebuah keajaiban alam Indonesia. Sebab, gua ini terbentuk akibat dari lava pegunungan aktif yang meleleh dan akhirnya membatu selama ribuan tahun.

Gua yang satu ini memang sangat unik, bahkan kabarnya di Indonesia hanya ada dua, di Purbalingga dan Bali. Gua Lawa ini sendiri memiliki luas hingga 6.683 m2 dan panjangnya mencapai 1.200 meter.

Tentu saja, lokasinya yang berada di lereng Gunung Slamet membuat suasana objek wisata gua ini sejuk dan asri. Banyak pohon pinus yang membuat udara begitu segar dan pastinya nuansanya teduh.

Oleh sebab itu, daya tarik wisatanya bukan hanya gua tetapi ada area camping, outbound, spot foto dan masih banyak lagi. Hanya saja, yang paling menarik adalah masuk dan menyusuri gua.

Fasilitas Goa Lawa Purbalingga

fasilitas Goa Lawa Purbalingga

Di dekat pintu masuk goa, sudah ada berbagai fasilitas seperti tempat parkir dan warung atau kios yang menghidangkan makanan khas Jawa Tengah lezat dan minuman. Begitu juga dengan toilet dan tempat ibadah ada di luar gua.

Harga Tiket Masuk Goa Lawa Purbalingga

Bagi pengunjung yang ingin melihat kemegahan dan keunikan gua, perlu menyiapkan budget. Harga tiket masuk Golaga di hari biasa dan akhir pekan berbeda.

Selain harga tiket masuk, Anda juga bisa memilih paket wisata yang ada dari pihak pengelola. Paket ini harganya beragam sesuai dengan jumlah kegiatan seru yang ada di dalamnya.

Retribusi Tarif
Tiket masuk weekdays Rp20.000
Tiket masuk weekend & hari libur Rp25.000

Lokasi dan Rute Goa Lawa Purbalingga

taman bunga Goa Lawa Purbalingga

Lokasi Golaga beralamat di Jalan Raya Goalawa KM.3, Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Jarak dari pusat kota Purbalingga sekitar 23 km atau 40 menit berkendara.

Sedangkan dari Purwokerto jaraknya hanya 39 km atau 1 jam 15 menit dengan kondisi lalu lintas normal. Untuk rutenya arahkan kendaraan ke Jln Pemalang – Purbalingga, selanjutnya bisa ikuti Google Map.

Daya Tarik Wisata Goa Lawa Purbalingga

Golaga menawarkan sejumlah daya tarik berupa pemandangan di dalam gua hingga kegiatan seru yang bisa wisatawan lakukan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak berikut ini;

Pembentukan Gua

Awalnya sebelum menjadi gua, kawasan ini berupa aliran lava yang kemudian mengalami proses pendinginan. Saat dingin, kemudian mengeras hingga menjadi batu setelah proses ribuan tahun lamanya.

Lava yang telah mengeras, kemudian berubah warnanya menjadi hitam dan membentuk stalagmit dan stalagtit. Inilah yang akan wisatawan lihat ketika berada di dalam gua. Tampilannya begitu majestic.

Apalagi, pihak pengelola juga telah memasang berbagai lampu warna-warni di dalam gua. Tak heran jika objek wisata Purbalingga hits ini menjadi salah satu favorit di antara wisata lainnya.

Semua proses pembentukan gua ini tidak ada campur tangan manusia. Artinya, gua ini 100% alami. Sedangkan sejak menjadi tempat wisata, pengelola hanya menambahkan fasilitas wisata saja.

Menyusuri Gua (Caving)

explore Goa Lawa Purbalingga

Tak cukup hanya mengagumi tampilannya saja, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan caving atau menyusuri gua. Dengan panjang sekitar 1.200 meter, maka cukup membuat Anda puas untuk menyusurinya.

Tapi, untuk kegiatan caving sendiri hanya sebatas 500 meter saja dengan waktu tempuh 2 jam. Nantinya, pengunjung berjalan di lorong-lorong gua dengan berbagai ukuran dari lebar hingga sangat sempit.

Begitu juga medannya bermacam-macam seperti medan berair, berlumpur bahkan ada medan yang harus Anda panjat. Pastinya, wisata Golaga ini tidak seru dengan berpetualang di Dino Land Purbalingga.

Pastikan untuk menggunakan jaket dan kalau bisa jaket yang waterproof. Sebab suhu di dalam gua cukup dingin dan airnya juga sangat jernih. Tetesan air dari atap gua bisa saja membasahi baju.

Spot Foto Gua Unik

spot foto Goa Lawa Purbalingga

Selain menyusuri gua, jangan lupa untuk mengabadikan momen baik dengan foto maupun video selama kegiatan caving. Anda bisa berfoto di area gua yang luas dengan lampu warna-warni.

Dinding gua yang terlihat sangat unik, dapat membuat foto Anda semakin estetik. Begitu juga ketika melakukan kegiatan caving, setiap sudut gua terlihat begitu artistik hingga pengunjung pun akan kagum.

Salah satu yang menjadi andalan adalah berfoto saat cahaya matahari masuk ke dalam gua melalui lubang gua. Terlihat seperti senter raksasa yang menyorot ke dalam gua. View ini sangat instagenik.

Camping Seru

camping seru di Goa Lawa Purbalingga

Kegiatan seru berikut di Golaga adalah camping seru. Ada camping ground yang biasa menjadi lokasi berkemah. Suasana camping di atas rerumputan dan di bawah pohon pinus terasa begitu damai dan syahdu.

Pihak pengelola akan menyiapkan area camping ground sesuai dengan jumlah peserta camping. Begitu juga dengan acaranya, mereka sudah siap dengan berbagai kegiatan seru selama camping.

Tapi, jika Anda memiliki kegiatan sendiri, pihak pengelola hanya akan memberikan fasilitas terkait makan dan dokumentasi. Jadi, untuk paket makanan dan dokumentasi tetap harus dari layanan pengelola.

Outbound Seru

arena outbound Goa Lawa Purbalingga

Jika hendak mengadakan kegiatan outbound tanpa camping pun, pengelola dapat menyiapkan segalanya termasuk susunan acara. Kegiatan ini sangat cocok untuk sekolah, family gathering, kantor hingga komunitas.

Golaga Purbalingga Jawa Tengah dengan suasana alam yang asri memang sangat cocok untuk kegiatan rame-rame seperti outbound. Area terbuka yang luas juga memungkinkan untuk memainkan berbagai fun games.

Untuk mengadakan outbound, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu termasuk menghitung jumlah pesertanya. Selebihnya, pengelola akan menyiapkan segalanya termasuk urusan makanan dan dokumentasi.

Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil plus driver murah untuk datang ke sini bersama rombongan. Jika jumlah rombongan lebih banyak, ada juga pilihan minibus hingga big bus dengan kapasitas 60 penumpang.

Kegiatan Motor ATV Seru

atv Goa Lawa Purbalingga

Bagi pecinta olahraga motor ATV, jangan lewatkan untuk mencoba sensasi menaklukan sirkuit yang ada. Di kawasan gua areanya berupa perbukitan dan masih tanah. Oleh sebab itu, tracknya benar-benar menantang.

Anda dapat memacu adrenalin ketika menaiki motor trail dan melewati rutenya. Nantinya, rute tersebut akan melewati Desa Siwarak hingga ke perkebunan nanas.

Di akhir petualangan, Anda harus bisa menaklukan puncak Bukit Njelir. Dari atas ini, pemandangannya begitu menakjubkan. Semua berakhir dengan indah dan seru.

Jam Buka Goa Lawa Purbalingga

Untuk operasionalnya, Golaga buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Di akhir pekan dan hari libur nasional, tutup 1 jam lebih lambat daripada biasanya.

Jam Operasional Pukul
Senin-Jumat 09.00 – 15.00 WIB
Sabtu, Minggu & Tanggal Merah 09.00 – 16.00 WIB

Setelah selesai menjelajahi wisata gua ini, Anda bisa kembali lagi ke Purbalingga untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah makanan. Di pusat kota Purbalingga ada cukup banyak tempat oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi.

Perjalanan wisata ke Golaga dan destinasi wisata lain di Purbalingga dan sekitarnya termasuk Purwokerto lebih nyaman dengan layanan Salsa Wisata. Segera hubungi Salsa Wisata sekarang dan dapatkan promonya.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)