SalSari Resto & Coffee

Bukan hanya Lawang Sewu, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya yang wajib Anda kunjungi! Salah satunya adalah wisata alam Goa Rong.

Menariknya, alih-alih menjelajahi terowongan gelap yang panjang, disini Anda malah dapat menikmati keindahan Gunung Merbabu di atas bukit! Meskipun namanya goa, daya tarik yang lebih ditonjolkan wisata alam ini adalah bukitnya!

Di atas bukit ini, Anda bisa menimbun foto, menaiki wahana, dan masih banyak lagi! Bagaimana, menarik bukan? Anda bisa berlibur dengan membeli paket liburan Semarang murah dari Salsa Wisata!

Sekilas Tentang Goa Rong

wisata Goa Rong

Kata rong sendiri menurut KBBI berarti lubang dalam tanah. Menurut warga, kata rong ini merupakan singkatan dari nge-rong yang memiliki arti menggali atau melubangi.

Maksudnya adalah, goa ini bukannya terbentuk secara alami, melainkan hasil galian orang-orang pada zaman dahulu. Maka dari itu, tidak heran jika ketinggian goa ini sangat rendah.

Goa hasil galian bukit ini memiliki lebar sekitar 1 meter, dan ketinggian kurang dari 50 cm. Menurut warga yang pernah memasukinya, di dalam goa ini terdapat meja dan kursi dari pahatan batu. Di atas goa, terdapat pohon besar yang akarnya melilit atap goa.

Pada awalnya, masyarakat tidak mengetahui keberadaan goa ini. Namun suatu hari, saat sedang bertapa, seorang warga seakan mendapat wangsit untuk pergi ke arah goa ini. Saat itulah, akhirnya keberadaan goa ini merebak ke telinga masyarakat.

Harga Tiket Goa Rong

Untuk menikmati keindahan wisata alam ini, harganya sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu ragu! Berikut ini rincian tarifnya.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp20.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Penginapan Rp650.000,00

Fasilitas Goa Rong

Goa Rong View

Meskipun akses jalan menuju lokasi wisata alam ini agak sempit, tetapi area parkir di dalam wisata alam ini lumayan luas. Selain itu, wisata alam ini juga memiliki gazebo, serta deretan tempat duduk untuk pengunjung beristirahat.

Sebagai hiburan bagi pengunjung, wisata alam ini menghadirkan spot-spot foto, serta berbagai wahana menarik. Bukan hanya hiburan, wisata alam ini juga menyediakan kafe, restoran, serta penginapan.

Restoran ini menyajikan berbagai makanan Indonesia, termasuk makanan khas Semarang kekinian, seperti Soto Tlogo dan lain-lain. Meskipun makan sambil menikmati pemandangan pasti menyenangkan, tetapi jika kurang puas dengan menunya, Anda bisa makan di restoran sekitar.

Last but not least, wisata alam ini juga menyediakan mushola bagi umat islam. Mushola ini mungkin tidak terlalu luas, dan terkesan sangat sederhana. Namun, tempatnya bersih, dan kiblatnya menghadap langsung ke arah pegunungan.

Rute dan Lokasi Goa Rong

rute Goa Rong View

Wisata alam ini berlokasi di Jalan Lerak Lopait, Lopait, Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jika berangkat dari Semarang, Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Rutenya cukup mudah, Anda cukup memasuki Jl. Tol Tanjungmas – Srondol dan keluar menuju Ungaran/Bawen/Solo/Yogya. Selanjutnya, teruskan ke Jl. Tol Tembalang-Ungaran, lalu bergabung dengan Jl. Tol Ungaran-Bawen dan keluar menuju Bawen/Ambarawa/Magelang.

Setelah itu, belok kiri ke Jl. Semarang – Surakarta dan lanjutkan ke Jl. Tuntang – Bringin. Di jalanan ini, Anda harus berhati-hati, sebab jalannya berliku-liku dan penuh tanjakan serta turunan. Sebelum berangkat, Anda harus pastikan mobil Anda sedang dalam kondisi prima.

Bila belum ada pilihan akomodasi untuk berangkat ke sana, Anda bisa gunakan layanan rental mobil Avanza Semarang plus driver murah.

Pulangnya, Anda bisa mampir ke Eling Bening, dan menikmati keindahan yang berbeda dengan keindahan wisata alam ini.

Daya Tarik Goa Rong

Spot Foto

spot foto Goa Rong

Wisata alam ini menyediakan berbagai spot foto menarik untuk pengunjung. Spot-spot foto ini tidak hanya menjadi latar foto, tetapi juga bisa menjadi tempat untuk mengabadikan pemandangan alam dari ketinggian.

Pertama-tama, ada Holland Sky Tower. Menara berkepala kincir angin ini lumayan tinggi, dan di depannya terdapat patung penjaga berseragam. Lalu, ada juga spot foto bulan sabit, dimana Anda dapat berfoto seperti logo Dreamworks!

Selanjutnya, ada wahana Gardu Pandang. Area ini berlantai kayu, dan tidak seperti Holland Sky Tower, untuk pergi ke area ini Anda tidak perlu menaiki tangga.

Terakhir, wisata alam ini juga memiliki patung-patung serta objek-objek menarik yang dapat menjadi latar foto pengunjung. Saat memasuki wisata alam ini, Patung Pangeran Diponegoro yang menaiki kuda akan menyambut Anda. Selain itu, ada juga miniatur sepeda motor yang terbuat dari ban bekas.

Wahana Lantai Kaca

lantai kaca Goa Rong

Jika ingin mencoba aktivitas yang lebih menarik serta menantang, Anda bisa mencoba wahana lantai kaca. Area wahana ini tidak luas, karena itu jumlah pengunjung yang dapat menaiki wahana ini pun terbatas.

Untuk menaiki wahana lantai kaca ini, pengunjung juga harus melepas alas kaki.

Permainan Anak

playground Goa Rong

Bukan hanya pemandangan dan spot-spot foto menarik, wisata alam ini juga menyediakan beberapa permainan untuk anak-anak. Seperti area playground, trampolin, ATV, serta kereta naga.

Selain area playground yang memang gratis, harga tiket wahana permainan ini terbilang sangat murah. Anda cukup membayar mulai dari Rp15.000,00-an saja.

Kafe Outdoor

cafe Goa Rong

Bukan hanya perut yang puas, mata Anda juga akan puas saat makan disini! Dimana lagi Anda bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan gunung secara langsung?

Sambil makan di cafe outdoor berdesain aesthetic, Anda akan melihat lima gunung yang mengelilingi wisata alam ini. Ada Gunung Merbabu, Sumbing, Ungaran, Sindoro, serta Telomoyo.

Tracking

Jika Anda suka berolahraga, Anda wajib sekali pergi ke area goa nya. Untuk mencapai goa ini, Anda harus menuruni puluhan anak tangga berbahan besi.

Anda harus sangat berhati-hati, sebab walau tidak hujan pun, tangganya lumayan licin. Ditambah lagi, tidak ada tempat beristirahat, serta area yang memiliki atap. Jadi, kalau hujan turun sebaiknya Anda mengurung niat Anda untuk pergi ke goa.

Glamping

glamping Goa Rong

Bukan tenda megah, tetapi wisata alam ini menyediakan lima rumah imut berbahan dasar kayu untuk pengunjung yang ingin menginap. Harganya cukup murah, yaitu hanya Rp650.000,00/ 4 orang. Harga tersebut sudah termasuk 4 porsi breakfast + 4 porsi makan siang.

Jam Buka Goa Rong

Bila ingin berkunjung ke wisata ini, Anda bisa datang kapan saja, karena wisata Goa Rong buka setiap hari dari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Setelah puas menjelajahi dan mencoba berbagai wahana seru di Goa Rong, Anda bisa melanjutkan liburan dengan membeli oleh-oleh khas Semarang tahan lama. Tidak perlu jauh-jauh, sekitar 10 menit dari wisata alam ini ada toko oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi!

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan gunakan agen perjalanan profesional berpengalaman seperti Salsa Wisata. Ada banyak pilihan paket wisata domestik yang bisa Anda gunakan di rencana liburan selanjutnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)