SalSari Resto & Coffee

Gunung Kidul memang gudangnya wisata goa. Selain Goa Pindul yang terkenal, ada juga gua-gua eksotis di kabupaten ini. Salah satunya yaitu Gua Maria Tritis.

Tentunya, gua ini merupakan obyek wisata yang sangat menarik. Itu karena gua ini masuk berbagai kategori tempat wisata. Keindahan karst, situs sejarah dan wisata religi termasuk berbagai hal yang gua ini tawarkan.

Meskipun gua ini merupakan lokasi wisata religi dan ziarah, tempat ini cocok untuk pengunjung dari semua latar belakang. Berikut berbagai hal penting dan menarik tentang gua ini yang Anda wajib catat menjelang kunjungan Anda.

Sekilas Tentang Gua Maria Tritis

Sejarah Gua Maria Tritis

Secara umum, Gua Maria Tritis adalah tempat wisata religi. Ini karena umumnya para pengunjung adalah umat Katolik yang datang untuk beribadah. Namun, gua ini sendiri bukan situs ibadah saja melainkan juga menjadi obyek wisata.

Pada awalnya, gua ini adalah tempat ritual kejawen bagi masyarakat setempat. Konon, sebelum menjadi situs peribadatan bagi umat Katolik, gua ini adalah tempat yang angker. Tak seorang pun berani masuk ke dalam gua ini.

Selain itu, masyarakat sekitar percaya bahwa gua ini dulunya tempat bertapa. Menurut kepercayaan masyarakat, ada banyak pangeran dari Kerajaan Mataram yang menjadikan gua ini sebagai tempat untuk bersemadi.

Harga Tiket Masuk Gua Maria Tritis

Tiket masuk Gua Maria Tritis ini gratis atau cuma-cuma. Meskipun begitu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir.

Di sisi lain, pengunjung yang hendak beribadah juga dapat membeli lilin yang dijual di area gua ini. Satu box lilin berisi 10 batang lilin. Berikut rincian biaya-biayanya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Lilin Rp8.000,00 – Rp10.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Gua Maria Tritis

Sejarah Gua Maria Tritis

Lokasi gua ini terletak di Jl. Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, lokasi gua ini relatif mudah ditemukan. Akses jalannya pun sangat baik. Anda bisa berkendara dengan kendaraan beroda dua maupun beroda empat ke sini.

Meski begitu, untuk menuju ke area gua dari area parkir, pengunjung harus berjalan sekitar 700 meter. Sementara itu, perjalanan ke gua ini dari kota Yogyakarta terbilang lumayan jauh. Jaraknya kurang lebih 55 kilometer.

Anda hanya perlu berkendara melewati rute Jalan Wonosari untuk mencapai lokasi gua ini. Dari kota Jogja, gua ini dapat ditempuh dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam 34 menit.

Apabila Anda ingin mengunjungi gua ini dalam partai besar, ada baiknya Anda menggunakan jasa sewa Hiace Jogja. Dengan begitu, perjalanan Anda akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Jam Buka Gua Maria Tritis

Obyek wisata religi, alam dan sejarah ini buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB setiap harinya. Perlu diketahui, pengunjung rata-rata lebih menyukai berkunjung pada pagi atau sore hari.

Alasannya karena ketika siang hari tiba, area di luar gua cukup panas. Meski begitu jalan menuju lokasi ini bisa terlihat lebih jelas jadi lebih aman untuk berjalan kaki.

Fasilitas Gua Maria Tritis

Wisata Gua Maria Tritis

Fasilitas yang ada di gua ini cukup lengkap dan juga bersih. Pertama, di gua ini tempat parkir yang cukup luas. Bukan itu saja, di gua ini juga ada toilet. Warung makan yang menjual makanan khas Jogja pun tersedia.

Di samping itu, ada fasilitas mobil pengantar bagi pengunjung lansia yang hendak berdoa di dalam gua. Melihat lengkapnya fasilitas yang ditawarkan, tentunya pantas jika gua ini masuk daftar destinasi Anda..

Daya Tarik Gua Maria Tritis

Daya Tarik Wisata Gua Maria Tritis

Salah satu hal yang istimewa dari gua ini yaitu gua ini menawarkan menawarkan lokasi beribadah yang begitu tenang dan nyaman. Ini dikarenakan lingkungan gua ini masih bersih dan lokasinya begitu gua ini jauh dari bisingnya kota.

Jika Anda sudah pernah ke Goa jomblang dan ingin mencari alternative wisata gua lain, gua ini adalah pilihan tepat. Itu karena ada banyak hal yang bisa gua ini tawarkan kepada setiap pengunjung.

Mengingat lokasinya jauh dari kebisingan kota dan lingkungannya masih bersih. Jadi Anda bisa beribadah serta menikmati keindahan alam sekitar dengan lebih tenang dan menenangkan.

Belajar Sejarah

Di gua ini, baik itu umat Katolik mau pun agama lain dapat menimba pengetahuan sejarah. Gua ini adalah salah satu saksi sejarah masa Kerajaan Majapahit.

Harus diingat, dahulu kala gua ini berfungsi sebagai “jembatan” wahyu yang menghubungkan Kerajaan Majapahit dengan Kerajaan Mataram di Yogyakarta. Sebagai catatan, wahyu tersebut diterima tiga prajurit dari Kerajaan Majapahit.

Selain itu, gua ini juga lokasi meditasi Romo dan Pastor besar di tahun 1972. Selain bermeditasi di gua yang sama, mereka pun menjalin persahabatan.

Pendeknya, seorang Romo akhirnya mengupayakan agar umat Katolik bisa beribadah di gua ini. Apabila Anda suka wisata sejarah yang melibatkan gua, Anda wajib menjadikan tempat ini sebagai target wisata.

Wisata Religi

Wisata Religi Gua Maria Tritis

Sebagai salah satu tempat ibadah favorit bagi umat Katolik, gua ini menawarkan suasana beribadah dengan nyaman dan damai. Lokasi gua ini sangat cocok menjadi tempat meditasi dan menyepi.

Itu semua karena gua ini berlokasi di tempat yang jauh dari kebisingan pusat kota. Tak hanya itu, gua ini pun penuh dengan ornamen alami yang menambah kekhidmatan dalam berdoa.

Untuk berdoa di dalam gua ini, pengunjung harus melalui 14 pemberhentian yang rutenya disebut Jalan Salib. Jalan ini sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Namun, perjalanan tidak akan terasa jauh bila dilalui sambil berdoa dengan khidmat.

Wisata Alam

Bukan hanya lokasi wisata religi dan sejarah, gua ini juga merupakan lokasi wisata alam yang ciamik. Dalam perjalanan menuju gua, Anda dapat menikmati keindahan alam sekitar gua, seperti area perbukitan, misalnya.

Perbukitan di sekitar gua merupakan bukit-bukit karang nan tandus. Mengingat lokasi gua ada di sekitar perbukitan, tak ayal jalan menuju gua agak menanjak dan berbatu.

Bayaran yang akan Anda dapatkan setelah berpetualang sangatlah indah. Pasalnya, setelah Anda melewati rute yang agak menantang, gua dengan karst yang indah sudah menyambut Anda.

Di dalam gua ini, Anda dapat memanjakan mata dengan keindahan stalaktit dan stalakmit alami. Sehingga selain cocok untuk bersantai, tempat ini juga bisa menjadi desatinasi wisata edukasi menarik.

Apabila Anda berniat untuk berkunjung ke gua ini, manfaatkan saja layanan dari Salsa Wisata. Berbagai layanan seperti paket gathering Jogja akan memberikan liburan paling nyaman untuk Anda.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)