earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Goa Pindul bisa menjadi alternatif destinasi bila Anda ingin mencoba hal baru saat liburan ke Gunung Kidul Jogja. Tempat wisata Jogja ini menawarkan pengalaman seru yang membuatnya berbeda dari kebanyakan destinasi wisata yang ada di Gunung Kidul.

Anda bisa menyusuri sungai bawah tanah di dalam Goa Pindul Jogja sambil bersantai di atas pelampung ban yang telah disediakan. Keeksotisan pemandangan batu alam dan keseruan menjelajah goa akan menjadi pengalaman berlibur yang sangat menarik untuk Anda lakukan.

Anda bisa dengan mudah mengunjungi Goa Pindul karena banyak paket tour Jogja yang menawarkan experience berpetualang di tempat satu ini. Namun sebelum berkunjung, mari simak terlebih dahulu beberapa informasi menarik mengenai Goa Pindul Jogja berikut ini.

Sekilas Tentang Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul pertama kali dikenal sebagai sebuah destinasi wisata sekitar tahun 2010 tepatnya pada tanggal cantik 10 Oktober 2010. Lokasinya berada di perbukitan karst Desa Bejiharjo Gunung Kidul yang dipenuhi batuan gamping dan tanaman hijau.

Menurut legenda dan cerita rakyat yang beredar, penamaan Goa ini masih berkaitan dengan cerita pengelanaan Joko Singlulung mencari ayahnya. Saat masuk ke salah satu goa yang gelap, mendadak pipi Joko Singlulung terantuk batu sehingga goa tersebut dinamakan goa pindul.

Pindul sendiri singkatan dari pipi gebendul atau pipi yang terantuk seperti cerita Joko Singlulung yang terantuk saat masuk kedalam goa. Terlepas dari penamaannya, Goa ini tetap memiliki keindahan yang patut diacungi jempol.

Keunikan dari Goa Pindul adalah keberadaan sungai bawah tanah yang mengalir di dalam area goa dari ujung ke ujung. Panjangnya sekitar 350 meter dengan kedalaman sungai berkisar antara 5 hingga 12 meter dan lebar gua mencapai 5 meter.

Atap goa dengan permukaan air sungai hanya berjarak 4 meter, namun jarak ini sudah cukup aman untuk Anda bergerak leluasa. Aliran sungai yang ada di Goa ini pun dimanfaatkan penduduk sekitar untuk wahana permainan baru yakni cave tubing.

Dengan cave tubing Anda bisa merasakan sensasi baru menjelajah goa sambil bersantai mengikuti aliran sungai di atas ban pelampung khusus. Permainan baru inilah yang membuat Goa ini begitu diminati oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Aktivitas Menarik di Goa Pindul

Selain menjelajah goa, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Goa ini seperti bermain air. Berikut ini beberapa aktivitas seru lain yang wajib Anda coba ketika mengunjungi kawasan wisata Goa Pindul:

Cave Tubing Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Aktivitas yang wajib Anda lakukan di Goa ini tentu saja cave tubing atau penjelajahan goa menggunakan peralatan body rafting. Sebelum penjelajahan dimulai, setiap pengunjung akan didampingi pemandu sekaligus dibekali dengan life jacket, helm, senter, dan ban sebagai pengaman.

Setelah semua siap perjalanan Anda dimulai dengan memasuki mulut Goa Pindul yang terletak di tebing dan digenangi air. Selama penjelajahan Anda akan melewati tiga zona yang ada di dalam goa yakni zona gelap, remang, dan terang.

Diantara ketiga zona tersebut, zona terang menjadi favorit banyak wisatawan untuk melakukan berbagai macam hal mulai dari berenang hingga berfoto. Perjalanan Anda menelusuri Goa Pindul akan berakhir di Bendungan Banyumoto yang berada tepat di ujung mulut goa.

Air sungai yang tenang membuat perjalanan Anda menelusuri Goa ini relatif lebih aman sehingga bisa dinikmati segala usia. Bermain cave tubing di Goa ini akan menjadi pengalaman baru dan paling berkesan yang bisa Anda dapatkan selama liburan.

Menikmati Pemandangan Khas Goa

Sesaat setelah masuk ke dalam mulut goa cahaya terang matahari dari luar perlahan menghilang dan menjadi gelap gulita. Hewan-hewan seperti kelelawar terkadang tampak bergelantungan dan terbang ketakutan saat terkena sorotan lampu senter pengunjung yang datang.

Dari dinding-dinding goa juga terlihat stalaktit dan stalakmit mencuat dari bagian atas dan bawah dinding goa. Bahkan beberapa stalaktit dan stalakmit besar saling menyatu seperti sebuah pilar yang menahan atap goa.

Saat Anda mulai masuk zona terang pemandangan berbeda mulai terlihat dimana sinar matahari masuk melalui lubang di atas goa. Cahaya tersebut terlihat seperti cahaya surga yang menerangi tebing batu gamping yang ada di dalam Goa ini.

Penduduk sekitar menyebut zona ini sebagai sumur terbalik sebab keindahan sinar matahari yang masuk terlihat seperti sebuah sumur yang bersinar. Dengan keindahan pemandangan goa yang menakjubkan tidak heran bila Goa ini selalu diminati wisatawan.

Hunting Foto Menarik

Dengan keindahan yang dimilikinya, Goa ini selalu menjadi incaran wisatawan yang ingin mendapatkan foto liburan tidak biasa. Hampir setiap sudut Goa bisa Anda jadikan objek foto menarik untuk Anda unggah ke sosial media.

Zona terang di Goa Pindul menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk mengambil berbagai macam foto apik. Cahaya surga yang masuk dari lubang di atas goa menjadi daya tarik utama yang dicari oleh wisatawan yang datang.

Selain itu momen keseruan saat bermain air juga bisa menjadi foto yang bagus untuk mengingat keseruan yang Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan foto berbagai gaya dengan bantuan action camera yang Anda bawa saat berenang.

Berenang dan Bermain Air

Kegiatan seru yang juga tidak boleh terlewat tentu saja berenang dan bermain air di sungai yang jernih dan segar. Namun tidak sembarang tempat bisa Anda gunakan untuk berenang, hanya ada beberapa tempat yang bisa salah satunya di zona terang.

Dengan bantuan cahaya matahari Anda bisa melihat dengan jelas batuan yang ada di dalam air sehingga lebih aman saat berenang. Selain itu tebing batu di sekitar zona ini bisa Anda jadikan tempat terjun ke dalam air sambil salto dan bergaya.

Sensasi seru melompat dari tebing juga bisa Anda rasakan di dekat pintu keluar Goa Pindul yang airnya cukup dalam. Di tempat wisata Gunung Kidul ini Anda bisa bebas berenang setelah puas bermain air selama perjalanan menyusuri Goa.

Menyantap Kuliner Khas

Setelah puas bermain air, Anda bisa mengobati rasa lapar yang muncul dengan menikmati berbagai makanan khas Jogja yang enak seperti nasi trancam. Rasa pedas dan gurih dari sambal urap yang ditaburkan berpadu nikmat dengan sayuran segar dan nasi yang dihidangkan.

Ditemani dengan segelas wedang jahe panas, badan Anda yang basah kuyup akan terasa lebih hangat dan kembali segar. Harga yang ditawarkan di tempat ini juga sangat murah dan terjangkau sehingga tidak menguras kantong sama sekali.

Bila Anda ingin mencoba hidangan lain di tempat ini juga tersedia mie instan dan beberapa menu makanan lainnya. Sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan dan kesulitan mencari makan saat mengunjungi Goa Pindul Jogja.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja

Tiket masuk kawasan Goa Pindul masih sangat terjangkau terlebih lagi jika Anda datang bersama rombongan besar. Selain itu ada banyak pilihan paket lain yang bisa Anda kunjungi saat berada di kawasan Goa ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Rp10.000,00
Cave Tubing Goa Pindul Rp40.000,00
River Tubing Kali Oyo Rp60.000,00
Jelajah Goa Cristal Rp30.000,00
Jelajah Goa Gelatik Rp35.000,00
Jelajah Goa Tanding Rp150.000,00
Jelajah Goa Sriti Rp35.000,00
Wisata offroad Rp450.000,00
Outbound Rp50.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel ini masih dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar di atas bisa Anda gunakan sebagai bahan perkiraan biaya dan pertimbangan saat akan mengunjungi Goa ini.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata jogja lainnya dengan menggunakan paket wisata Goa Pindul dari Biro Perjalanan. Paket tersebut akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan mulai dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Jogja yang murah.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Pindul

Foto Dalam Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo tepatnya di Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 43 km dari pusat Kota Jogja dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 20 menit berkendara.

Anda bisa memanfaatkan jasa sopir dari rental hiace Jogja atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Bisa juga dengan menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps yang akan memberikan rute terbaik dari posisi Anda berada.

Jam Operasional Goa Pindul Gunung Kidul

Goa Pindul bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Bila Anda ingin menikmati keindahan sumur terbalik dengan sempurna bisa datang antara pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Pada waktu tersebut cahaya matahari berada tepat di atas lubang goa sehingga sinar yang masuk terlihat sangat indah. Usahakan pula untuk datang saat musim kemarau agar aliran air terlihat jernih dan Anda tidak terganggu cuaca mendung.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (5 votes)