earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Yogyakarta tidak pernah kehabisan tempat wisata menarik. Selalu ada destinasi baru yang bisa Anda kunjungi di kota Istimewa ini, salah satunya Gumuk Pasir.

Gundukan pasir di dekat Pantai Parangtritis ini, menawarkan pengalaman baru bermain sandboarding. Keindahan alamnya yang eksotis juga menjadi surga bagi para pecinta fotografi.

Jadi wajar bila banyak biro perjalanan yang menawarkan destinasi wisata satu ini dalam paket Study Tour Jogja mereka. Momen seru liburan yang Anda dapatkan sudah pasti akan sangat berkesan.

Sekilas Tentang Gumuk Pasir Parangkusumo

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya sebenarnya apa itu Gumuk Pasir? Mengapa tempat wisata Jogja ini begitu istimewa?

Jawaban semua pertanyaan tersebut terletak di proses terbentuknya. Jadi tempat ini adalah gundukan pasir dari proses endapan yang sudah berlangsung cukup lama.

Awalnya material pasir yang dulu dikeluarkan oleh Gunung Merapi terbawa ke laut melalui Sungai Opak. Lalu endapan tersebut akhirnya mengering di laut dan tertiup angin sehingga menggunung setinggi 20 mdpl di dekat pantai.

Meski terlihat biasa saja, ternyata fenomena alam tersebut hanya terjadi di 4 tempat saja di dunia dan salah satunya Indonesia. Bahkan PBB menobatkan hamparan gundukan pasir tersebut sebagai salah satu world heritage atau situs warisan dunia.

Destinasi langka ini pun menawarkan hal baru dan unik yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Seperti contohnya permainan sandboarding dan juga panorama eksotisnya yang menawan.

Lokasinya yang strategis juga menjadi alasan tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Banyak tempat wisata Bantul yang bisa Anda kunjungi seperti misalnya Pantai Parangkusumo serta Parangtritis.

Untuk urusan fasilitas pun bisa terbilang cukup lengkap. Sejak viral di tahun 2018, mulai banyak fasilitas tambahan yang tersedia.

Toilet, tempat makan, hingga wahana baru bisa Anda nikmati saat liburan di sini. Sehingga keseruan yang Anda dapatkan tidak akan kalah dengan destinasi menarik lainnya.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir

Wisatawan yang ingin berkunjung ke sini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Sebab htm bagi wisatawan sudah termasuk karcis kawasan Parangtritis dan tarif sejumlah fasilitas yang ada masih sangat terjangkau.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gumuk Pasir Gratis
Tiket Masuk Kawasan Parangtritis Rp10.000,00
Sewa Papan Sandboarding Rp70.000,00 – Rp100.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Bus/Travel Rp20.000,00

Biaya yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu bisa berubah. Meski begitu, daftar ini bisa Anda jadikan referensi sebelum berkunjung.

Biaya berlibur yang ekonomis juga bisa Anda dapatkan dari paket gathering termurah yang Salsa Wisata berikan. Dengan paket tersebut segala kebutuhan liburan Anda bisa terpenuhi dengan biaya yang bisa Anda sesuaikan.

Kegiatan Seru di Gumuk Pasir

Sandboarding di Gumuk Pasir

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyak daya tarik yang bisa ditawarkan tempat ini. Mulai dari seru-seruan bersama hingga belajar bisa Anda dapatkan dari sejumlah aktivitas yang ada.

Berikut ini beberapa rekomendasi aktivitas seru yang wajib Anda lakukan saat mengunjungi padang pasir di Jogja ini:

Bermain Sandboarding

Hal yang wajib Anda coba di sini tentu saja bermain sandboarding. Jika biasanya papan seluncur dimainkan di atas salju, khusus di sini Anda bisa mencoba sensasi baru.

Sesuai namanya, permainan ini dimainkan di atas pasir menggunakan papan khusus. Dari atas puncak gunungan pasir, Anda bisa melesat kencang menuruni lerengnya yang curam.

Tidak jarang beberapa rintangan seperti slope kecil ditempatkan di lintasan. Rintangan ini dibuat khusus untuk Anda yang ingin bergaya di udara menggunakan papan seluncur.

Untuk urusan keamanan dan keselamatan tidak perlu Anda pertanyakan. Sebab butiran pasir di tempat ini sangat lembut jadi aman bila Anda sampai terjatuh.

Selain itu setiap pengunjung akan diberikan helm, pelindung siku, dan peralatan keamanan lain dari tempat penyewaan. Sehingga keamanannya akan sangat terjaga.

Namun Anda tetap harus berhati-hati jangan sampai butiran pasir masuk ke mulut atau mata Anda.  Jadi persiapkan pula masker atau kacamata saat mencoba wahana satu ini.

Eksis Berfoto di Spot Selfie

Keeksotisan panorama tempat ini hampir mirip dengan gurun sahara yang ada di Afrika. Gunungan pasir yang tertiup angin membentuk pola bulan sabit atau barchan yang cantik.

Anda bisa menjadikan pemandangan eksotis tersebut sebagai latar berfoto di sini. Ditambah lagi pihak pengelola sudah menyediakan sejumlah spot foto instagramable yang bisa Anda coba.

Salah satunya seperti spot ayunan yang ada di kawasan sekitar puncak bukit pasir. Bentang alamnya yang khas dan unik membuat spot ini termasuk tempat favorit bagi wisatawan

Tidak jauh dari lokasi bermain sandboarding, Anda juga dapat menemukan taman yang tidak kalah cantik. Kaktus berukuran besar dan bunga matahari terlihat tumbuh subur di sekitar kawasan taman.

Bahkan di beberapa kesempatan, Anda bisa menemukan genangan air yang terlihat seperti oase di tengah gurun. Tulisan Gumuk Pasir Barchan di dekat pintu masuk pun tidak pernah terlewat oleh wisatawan.

Sambil bergaya bermain sandboarding Anda juga bisa mendapatkan foto yang apik. Tidak jarang pula artis-artis ibu kota serta wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot foto prewedding mereka.

Suasana romantis dan eksotisnya jadi latar yang apik untuk Anda eksis di sosial media. Jadi jangan lewatkan kesempatan mengunjungi gurun pasir Jogja ini saat waktunya liburan telah tiba.

Mengunjungi Museum

Sekitar 10 menit dari lokasi, Anda juga bisa mengunjungi museum Gumuk Pasir. Di dalam museum ini tersimpan berbagai macam koleksi yang menguak sejarah dan fakta unik dari gurun di Jogja ini.

Sisa-sisa batuan, tanaman, serta barang koleksi lain bisa jadi bahan edukasi yang bagus untuk Anda dan rombongan. Museum ini sendiri diresmikan pada tanggal 1 September 2000 melalui kerjasama UGM dan BKSPN Yogyakarta.

Tempat ini bisa jadi alternatif tujuan wisata Anda bersama rombongan saat karya wisata berlangsung. Jadi selain bisa seru-seruan, ada pelajaran dan pengetahuan yang bisa Anda dapatkan.

Menikmati Senja Pantai Jogja

Saat sore, menikmati romantisnya momen sunset pantai Yogyakarta juga bisa Anda lakukan. Cahaya matahari senja yang mengenai butiran pasir membuatnya terlihat seperti kristal berkilau.

Sambil duduk santai dan berfoto, keindahan langit yang merona bisa Anda nikmati dengan tenang. Keindahan dari momen ini semakin cantik terlihat dari pantai-pantai yang tidak jauh dari lokasi.

Salah satu pantai rekomendasi adalah Pantai Cemara Sewu yang tepat berada di seberang jalan. Suasana pantai yang tenang dan sejuk jadi lokasi terbaik menghabiskan waktu menyaksikan matahari terbenam.

Liburan romantis juga bisa Anda dapatkan dengan Paket Honeymoon Yogyakarta dari Salsa Wisata. Sejumlah rekomendasi tempat wisata romantis yang Anda bisa Anda kunjungi bersama orang terkasih selama liburan.

Berpetualang Menaiki Jeep

Serunya menaiki Jeep di atas hamparan pasir tidak hanya bisa Anda rasakan di Bromo. Bukit pasir Jogja ini juga menawarkan pengalaman dan keseruan yang sama.

Dari atas jeep Anda akan diajak mengelilingi kawasan sekitar yang indah menawan. Adrenalin terasa naik turun mengikuti jalur lintasan yang Anda lalui.

Pengalaman berpetualang mengitari kawasan pantai ini bisa jadi hal baru yang sangat berkesan. Bila tertarik, Anda juga bisa mencoba langsung sensasi menaiki Jeep di Bromo dengan paket wisata Bromo termurah dari Salsa Wisata.

Bersantai Menikmati Kuliner

Puas berkeliling saat mengisi tenaga kembali sambil menikmati makanan khas Jogja selain gudeg di warung yang ada. Menu makanan ringan seperti mie instan pun bisa Anda beli di sini.

Es kelapa muda segar juga siap menyegarkan tenggorokan Anda saat cuaca sedang panas-panasnya. Untuk harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau.

Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Pasir

Objek Wisata Gumuk Pasir

Kawasan wisata ini beralamat di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis serta pantai di Bantul lainnya.

Anda juga dapat memilih beberapa rute untuk menuju tempat ini. Agar lebih mudah memilih rute terbaik, Anda bisa manfaatkan petunjuk navigasi dari Google Maps.

Bisa pula dengan menggunakan layanan sopir dari rental mobil innova Jogja yang tersedia. Para sopir yang berpengalaman akan mengantar Anda langsung ke berbagai destinasi yang Anda inginkan.

Jam Operasional Gumuk Pasir

Jadwal buka tutup tempat ini bisa dibilang cukup panjang. Setiap harinya Anda bisa datang antara pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Namun di antara jam-jam tersebut, waktu terbaik berkunjung biasanya sebelum pukul 09.00 WIB atau setelah pukul 15.00 WIB. Sebab di jam tersebut cahaya matahari tidak terlalu panas dan suasana lebih sejuk.

Sehingga saat cuaca cerah, Anda bisa puas berkeliling dan berfoto dengan latar langit berwarna biru. Namun yang perlu diperhatikan adalah hawa panas di tempat ini.

Saat berkunjung sebaiknya Anda memakai sunblock terlebih dahulu atau membawa topi dan kacamata. Selain untuk melindungi kulit dari panasnya matahari, kacamata dan topi ini juga bisa menghalau pasir yang tertiup.

Dengan persiapan yang lengkap tersebut, liburan Anda di destinasi wisata hits Jogja ini akan terasa sangat menyenangkan. Begitu juga bila liburan Anda dilakukan bersama Salsa Wisata.

Berbagai pilihan paket perjalanan dari kami akan melayani semua kebutuhan liburan Anda. Mulai sejak tiba di bandara atau stasiun hingga pulang kembali membawa oleh-oleh khas Jogja murah yang Anda inginkan.

Sehingga Anda punya banyak waktu dan tenaga untuk menikmati perjalanan wisata yang menyenangkan. Tidak ada lagi hal yang merepotkan Anda selama liburan, sebab semua telah kami sediakan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)