SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Temanggung memang terkenal dengan Embung Kledung, tetapi wisata alam pegunungannya juga punya daya tarik tersendiri di kalangan pendaki gunung. Siapa lagi kalau bukan Gunung Beser.

Gunung berapi ini mempunyai keindahan alam mempesona. Sepanjang jalur pendakian, wisatawan bisa menyaksikan hamparan tanaman gelagah yang mirip sabana.

Usai lelah menjelajah, area puncak siap memanjakan pengunjung dengan panorama alamnya.

Tidak sabar untuk segera berlibur ke obyek wisata yang satu ini? Ada baiknya Anda cek informasi di bawah ini untuk mempersiapkan diri melakukan kegiatan pendakian atau liburan di wisata alam ini.

Sekilas Tentang Gunung Beser

Gunung Beser Temanggung ini mempunyai nama yang terdengar tabu di kalangan orang Jawa. Nama Beser dalam bahasa Jawa punya arti buang air kecil.

Gunung ini mendapat nama tersebut karena bentang alamnya memiliki banyak curug atau air terjun.

Tetapi beberapa warga sekitar juga ada yang menyebutkan bahwa dulunya banyak para pendaki atau orang yang melintas sering buang air kecil di sekitar sini.

Di luar hal tersebut, panorama alamnya menawarkan keindahan yang tiada bandingannya.

Ketinggian gunung ini memang tak seberapa, sehingga cocok untuk pendaki pemula. Ketinggian berkisar 1.250 mdpl, sangat recommended untuk wisatawan yang belum terbiasa untuk jalan kaki atau mendaki dengan jarak jauh.

Jalan setapak untuk pendakiannya juga terbilang sangat mudah. Akses jalan menuju puncak gunung sudah berupa jalur padat berisi bebatuan.

Dengan kriteria akses yang demikian, para wisatawan yang melakukan trekking ataupun hiking tak perlu merasa cemas akan terpeleset karena licin. Aksesnya cukup aman meski sedang musim hujan.

Tempat wisata di Temanggung yang sudah dibuka ini juga menyimpan banyak daya tarik yang sudah pasti akan membuat Anda tercengang karena terpukau. Daripada penasaran terus, simak info daya tarik dari gunung ini.

Daya Tarik Gunung Beser

Wisata Gunung Beser

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata gunung terkenal di Temanggung ini menyimpan daya tarik yang tidak main-main. Segudang hal menarik wajib Anda telusuri saat mendaki atau berkunjung ke tempat rekreasi ini. Berikut rekomendasi daya tarik wisata ini.

Pemandangan Indah dari Atas Puncak

Ketika sudah sampai puncak, maka pengunjung akan ‘mabuk’ dengan panorama alam yang tiada habis keindahannya. Langit biru yang cerah dan pesona cakrawala Laut Utara Jawa dapat Anda nikmati dari atas puncak.

Di sebelah Selatan gunung terdapat pemandangan dua gunung kembar, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang menyuguhkan siluet keindahannya dari jauh.

Hamparan hijau perkebunan kopi yang terlihat dari ketinggian seakan menghipnotis pandangan mata wisatawan.

Memanen Kopi di Perkebunan

Selain hutan pinus dan bunga gelagah, ada perkebunan kopi milik warga sekitar yang menarik perhatian wisatawan. Hamparan hijau yang merupakan dedaunan tanaman kopi terlihat memadati area ujung kaki gunung

Saat Anda melewati jalur pendakian, dari ketinggian, pemandangan perkebunan kopi ini sangat menyejukkan pandangan bagi siapa saja yang melihatnya.

Tampak ada petani yang sedang bekerja di perkebunan. Momen tersebut sangat cantik untuk diabadikan dan tentu jarang sekali Anda jumpai di kehidupan perkotaan.

Rimbunnya daun kopi yang menyelimuti area perbukitan ini membuat suasana sekitar semakin asri dan sejuk.

Bila Anda berkunjung di bulan April sampai Oktober, Anda beruntung karena bisa ikut serta memanen buah kopi bersama para petani.

Petilasan Kyai Trenggono Kusumo

Berkunjung ke objek wisata alam ini merupakan liburan paket komplit. Anda tidak hanya akan mendapati panorama alam yang masih asri saja. Melainkan Anda juga dapat menyantap kuliner khas di sini.

Tak berhenti di situ saja, para wisatawan juga akan menemui situs wisata religi dan ziarah di sini. Situs wisata ziarah ini terletak di area petilasan Kyai Trenggono Kusumo yang fenomenal tersebut.

Sosok Kyai Trenggono Kusumo merupakan salah satu pemuka Agama Islam yang sangat dihormati. Area petilasan ini mudah sekali untuk Anda temukan.

Lokasinya memiliki ciri yang sangat mencolok, yaitu sebuah gapura biru dengan tulisan Petilasan Kyai Trenggono Kusumo.

View ‘Sabana’ Gelagah

Deretan bukit dan tebing yang berpadu menjadi sebuah view alam yang eksotik ini memang jadi daya tarik tersendiri.

Tetapi ada spot favorit para pecinta selfie yang areanya tidak kalah cantik dengan kawasan Gunung Merbabu.

Spot tersebut berupa kumpulan pohon gelagah. Pohon gelagah adalah bahan utama sapu gelagah di mana bentuk daunnya mirip dengan pohon bambu.

Tetapi tumbuhan ini bukan seperti pohon, melainkan alang-alang yang tersebar tidak merata namun memiliki visual yang apik alami.

Spot tersebut menawarkan view yang estetik. Terlebih ada deretan pohon pinus di belakangnya, mendukung latar belakang foto Instagramable Anda di area ini.

Tak sedikit dari pengunjung yang mampir ke kawasan ini untuk ber-swafoto, wefie, atau sekedar memotret sisi kecantikan alam dari lensa kamera berkualitas.

Fasilitas di Wisata Alam Gunung Beser

Tiket Masuk Gunung Beser

Setiap obyek wisata pasti menyediakan beberapa fasilitas untuk menunjang keperluan pengunjung. Tak terkecuali di tempat wisata alam ini.

Namun khusus di wisata gunung ini, Anda hanya akan menemukan sejumlah fasilitas di sekitar pintu masuk dan sebelum jalur pendakian saja.

Di puncak tidak terdapat fasilitas yang bisa Anda manfaatkan. Fasilitas yang ada di sepanjang jalur pendakian dan trekking hanyalah papan-papan petunjuk yang akan memandu ke area puncak.

Jadi, Anda tidak perlu takut akan tersesat menuju puncak atau saat turun menuju basecamp.

Untuk fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan area parkir, sudah tersedia di area basecamp. Di pos-pos pendakian, biasanya Anda akan menemukan warung makan kecil dengan menu-menu makanan sederhana.

Selain sebagai tempat istirahat, Anda bisa sekaligus mengisi energi sebelum mendaki gunung dengan menyantap makanan khas Jawa Tengah di warung makan tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Beser

Mengunjungi destinasi wisata ini adalah pilihan alternatif bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan budget hemat.

Sebab, pengunjung merasakan berbagai pengalaman seru dan menjelajah alam di wisata ini tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Anda bisa mengalokasikan sisa budget liburan dari sini untuk berbelanja buah tangan dari Temanggung yang kebanyakan adalah produk makanan dan oleh-oleh camilan khas Jawa Tengah.

Misalnya seperti rengginang, intip mini, telor asin, dan hidangan enak lainnya. Pilihannya begitu lengkap dan harganya murah meriah.

Harga tiket masuk Gunung Beser ini belum termasuk biaya parkir kendaraan. Dan biaya parkir ini hanya berlaku untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Penjelasan soal harga tiket dan biaya parkir kendaraan terkini dapat Anda lihat di tabel di bawah ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Gunung Beser

Lokasi Gunung Beser

Tak sedikit wisatawan yang sangat penasran dengan lokasi gunung ini. Mungkin Anda jadi salah satu wisatawan yang selalu bertanya Gunung Beser dimana.

Lokasi Gunung Beser ini terletak di antara Kabupaten Temanggung. Alamat lengkapnya yaitu di Desa Jombor, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung.

Dari pusat Kabupaten Temanggung, Anda harus menempuh jarak sekitar 20 km dengan waktu perjalanan berkisar 45 menit menuju wisata alam ini.

Pengunjung bisa mulai melakukan penjelajahan menyusuri gunung dengan melalui tiga gerbang utama. Pertama, gerbang utama Desa Giyono, Desa Jombor, dan Desa Ketitang. Tak perlu khawatir akan tersesat sebab sepanjang jalan setapak terdapat petunjuk arah.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, akses jalannya sudah sangat mudah dengan jalan beraspal. Rata-rata pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor.

Sebab, jika membawa kendaraan roda empat, parkir mobil akan sulit. Apalagi saat musim liburan. Area parkir akan selalu penuh.

Lokasi wisata gunung ini belum terjangkau oleh transportasi umum. Namun Anda para wisatawan luar kota yang tidak membawa kendaraan tak perlu bingung.

Ada layanan rental mobil lepas kunci terdekat dari Salsa Wisata yang selalu stand-by memfasilitasi Anda hingga ke tujuan.

Jam Operasional Wisata Gunung Beser

Panorama dari wisata gunung ini bisa Anda saksikan setiap hari dari Senin hingga Minggu serta hari libur nasional.

Jam buka Gunung Beser berlaku selama 24 jam. Namun ada waktu tertentu di mana jalur pendakian dan jadwal kunjungan wisatawan ditutup.

Misalnya ketika gunung sedang dalam kondisi erupsi. Atau ketika sedang ada penyelenggaraan bersih-bersih gunung oleh para relawan dan pecinta alam.

Untuk mengetahui waktu terbaik dalam mengunjungi tempat wisata, kami sarankan Anda untuk mengkonsultasikannya kepada tim dari Salsa Wisata.

Tim biro perjalanan wisata profesional ini juga membuka layanan konsultasi rencana perjalanan wisata lengkap dengan rekomendasi contoh paket wisata yang paling tepat.

Wisata Gunung Beser atau populer juga dengan sebutan Bukit Beser akan menjadi destinasi wisata yang pas untuk Anda yang mungkin rindu dengan suasana yang tenang dan sejuk. Anda dapat mengisi liburan di sini dengan aktivitas-aktivitas outdoor yang menyenangkan seperti trekking dan camping.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)