earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Temanggung merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan tempat wisata alamnya. Gunung-gunung yang masih asri dan air terjun bisa dengan mudah Anda temukan.

Seperti halnya di daerah Wonosobo dan Magelang, Temanggung juga menyimpan banyak wisata sejarah menarik. Dengan segala pesonanya, Kota Tembakau ini cocok sekali untuk Anda yang mencari tempat tenang dan rehat dari rutinitas.

Nah berikut ini 18 rekomendasi terbaik tempat wisata Temanggung hits yang wajib Anda kunjungi selama liburan:

Daftar Tempat Wisata Temanggung Populer

Posong Temanggung

Posong Temanggung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ingin menikmati pemandangan Gunung Sumbing tanpa harus mendaki Sindoro? Datang saja ke Wisata Alam Posong. Lokasinya berada di lereng Sindoro, tepatnya di Tlahab, Kledung, Temanggung pada ketinggian 1823 mdpl.

Dari tempat ini Anda bisa menikmati panorama perkebunan warga serta Gunung Sumbing dengan sangat jelas. Apalagi dengan hawa sejuk pegunungannya, cocok sekali untuk bersantai dari rutinitas kerja seperti di Gardu Pandang Tieng.

Di lahan seluas 1.2 hektar ini, Anda juga bisa camping bersama keluarga atau teman untuk menikmati sunset dan sunrise. Saat malam, bintang-bintang di langit bisa terlihat jelas dan selalu menjadi incaran para fotografer.

Selain itu, tersedia pula spot foto apik dan wahana outbound yang bisa Anda nikmati selama kunjungan. Pemandangan perkebunan dan rumah penduduk juga jadi view apik selama perjalanan Anda menuju lokasi dari loket masuk.

Tiketnya sendiri sekitar Rp20.000,00 per orang dengan karcis parkir antara Rp5.000,00 dan Rp10.000,00. Anda yang ingin berkunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 04.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Green Canyon Temanggung

green canyon temanggung

Sibajag Green Canyon termasuk salah satu tempat wisata Temanggung instagramable populer di Kota Tembakau. Berbeda dengan Green Canyon Pangandaran, tempat ini mengusung konsep unik yang jarang ada di sebuah bukit.

Saat berkunjung Anda dapat melihat jembatan bambu terpanjang yang membentang di sekitar Bukit Sikendil. Tak hanya itu, ada pula sejumlah gazebo untuk Anda bersantai bersama keluarga menikmati pemandangan.

Panorama bukit yang asri dan air terjun kecil di bawah jembatan menambah syahdu suasana di tempat ini. Keindahan tempat ini tidak kalah dari The Onsen Resort dengan sedikit nuansa Jepang.

Objek wisata ini bisa Anda temukan di Jl. Tambi Sibajag, Sibajag, Canggal, Candiroto, Temanggung. Dengan tiket masuk sekitar Rp15.000,00 Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ada setiap hari antara pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Gunung Prau

Gunung Prau

Tak hanya dari Wonosobo, keindahan Gunung Prau juga bisa Anda nikmati dari Temanggung tepatnya melalui Desa Wates. Jalur pendakian dari desa ini relatif lebih berat namun dengan pemandangan yang begitu menawan.

Waktu pendakian hingga area puncak sekitar 3 hingga 6 jam, tergantung seberapa cepat Anda berjalan. Panorama perkebunan warga serta hutan yang rapat siap menemani Anda selama perjalanan.

Biasanya para pendaki memilih camping di area puncak untuk dapat menyaksikan sunrise Gunung Prau yang instagramable. Sebab dari tempat ini, Anda juga dapat melihat Gunung Sumbing, Sindoro serta gunung lain di Jawa Tengah dengan jelas.

Kawasan gunung ini sangat tepat jadi pilihan destinasi wisata Anda bersama teman untuk melepas penat. Selain suasana yang nyaman, tiket masuknya juga sangat murah hanya sekitar Rp10.000,00 per orang.

Lokasi basecampnya sendiri berada di Jl. Candiroto – Kejajar, KM. 11, Gejungan, Wates, Wonoboyo, Temanggung. Meski buka selama 24 jam, waktu terbaik untuk mendaki adalah saat pagi atau siang hari agar bisa beristirahat saat malam.

Embung Kledung

Embung Kledung

Masih di sekitaran lembah Sumbing Sindoro, Anda bisa mengunjungi embung cantik bernama Embung Kledung. Kecantikan tempat wisata Temanggung hits ini terletak pada panorama Gunung Sumbing yang dapat terlihat dari embung.

View gunung ini tampak semakin cantik saat sunrise tiba, sehingga tidak sedikit wisatawan yang memilih camping di kawasan ini. Selama bermalam, Anda juga dapat mencoba berbagai hal seru seperti memberi makan ikan atau berfoto di spot selfie menarik.

Keindahan embung ini tidak kalah dari salah satu tempat wisata hits Gunung Kidul yakni Embung Nglanggeran. Akses menuju lokasinya pun mudah karena berada di Jl. Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Kledung, Temanggung.

Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp7.000,00 hingga Rp15.000,00 untuk bisa menikmati fasilitas yang ada. Jam operasional tempat ini juga fleksibel mulai pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB jika tidak ingin camping.

Curug Lawe Temanggung

Curug Lawe Temanggung

Nama Curug Lawe tidak hanya terdapat di Semarang saja, Anda juga bisa menemukan curug dengan nama serupa di Temanggung. Namun tentu keindahan dua curug ini sangat berbeda.

Curug Lawe Temanggung ini memiliki tebing yang lebih tinggi dengan beberapa undakan pada batunya. Di bawah air terjun, Anda bisa menikmati segarnya air dari sela-sela batu kali besar.

Rerumputan hijau yang tumbuh di sekitar curug ikut menambah asri suasana air terjun ini. Pesona curug ini dapat terlihat jelas dari gardu pandang yang telah pengelola sediakan.

Lokasi curugnya sendiri agak tersembunyi sekitar beberapa ratus meter dari tempat parkir. Alamatnya berada di Jl. Muncar Lor, Muncar, Gemawang, Temanggung.

Namun untuk tiketnya tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp6.000,00 dengan biaya parkir Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00. Anda bisa meminta sopir dari rental mobil murah terdekat untuk mengantar antara pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Gunung Kendil

Gunung Kendil

Bukit Sikendil atau Gunung Kendil juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin menikmati sunrise pegunungan di daerah Temanggung. Tingginya hanya sekitar 1800 mdpl namun keindahannya patut diacungi jempol.

Untuk menuju puncak Anda hanya perlu treking selama kurang lebih 1 jam dari loket masuk. Jalurnya pun cukup menantang dengan medan licin dan sedikit menanjak di bagian akhir mendekati puncak.

Dari area camping di puncak, Anda bisa menyaksikan momen matahari terbit di pagi hari. Lalu saat malam, lanskap indah seperti di Bukit Bintang juga bisa Anda dapatkan sehingga menambah keindahan suasana camping.

Untuk mendaki gunung ini Anda bisa datang ke Sibajag, Sikatok, Canggal, Candiroto, Temanggung. Lalu siapkan biaya retribusi sekitar Rp10.000,00 per orang sebelum memulai pendakian.

Botorono Temanggung

Botorono Temanggung

Puncak Botorono juga bisa menjadi destinasi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Lokasinya beralamat di Petarangan, Kledung, Temanggung, tidak terlalu jauh dari basecamp Sindoro.

Udara sejuk bisa langsung Anda rasakan saat menginjak kawasan wisata ini seperti saat mengunjungi Puncak Suroloyo. Selain cocok untuk bersantai, tidak sedikit wisatawan yang eksis berfoto di sini.

Beberapa spot unik seperti kerangkeng dan kincir angin jadi pilihan favorit banyak orang untuk selfie. Waktu terbaik mengunjungi tempat wisat di Temanggung Jawa Tengah ini tentu saja saat pagi atau malam hari sesuai selera Anda.

Biaya tiket masuknya pun tidak mahal hanya Rp7.000,00 per orang. Jika Anda tidak mau repot berjalan kaki ke lokasi, bisa tambah Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 untuk membayar ojek.

Taman Kartini Temanggung

Taman Kartini Temanggung

Mencari wisata murah namun ramah anak? Datang saja ke Taman Kartini Temanggung. Taman di dekat kota ini menawarkan berbagai macam wahana serta fasilitas dengan suasana yang asri dan sejuk.

Anda bisa mengajak anak-anak bermain di taman bermain dan mencoba aktivitas seru seperti mewarnai atau naik becak mini. Selain itu, di sini tersedia pula kolam renang yang cocok dan aman untuk anak maupun orang dewasa.

Saat lapar Anda juga bisa mampir sejenak ke pujasera atau pusat kuliner seperti pusat wisata kuliner Magelang terkenal yang ada di alun-alun. Harga makanannya sangat terjangkau dengan rasa lezat yang bisa mengobati rasa lapar.

Untuk tiket masuk tamannya saja Anda tidak dipungut biaya namun jika ingin berenang siapkan uang Rp15.000,00. Alamat taman ini berada di Jl. Secang – Temanggung No.119, Kauman, Kowangan, Temanggung dan buka selama 24 jam.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Salah satu gunung yang menjadi primadona bagi para pendaki di Temanggung adalah Gunung Sumbing. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3371 mdpl yang membuatnya menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa setelah Gunung Semeru dan Slamet.

Predikatnya ini membuat view dari puncaknya terlihat benar-benar menakjubkan. Saat fajar tiba, Anda dapat melihat lautan awan menyelimuti lembah menyisakan puncak–puncak gunung di dekatnya.

Trek menuju puncaknya terbilang cukup menantang terlebih untuk para pemula. Sebab hanya ada sedikit jalan landai dan datar hampir di setiap rute pendakian.

Jalur pendakiannya sendiri ada beberapa pilihan, seperti misalnya jalur dari Desa Cepit, Kecamatan Bulu, Temanggung. Rute dari desa ini selalu ramai saat tanggal 21 Ramadhan sebab warga desa melakukan acara pendakian malam selikuran.

Selain itu ada pula rute favorit pendaki yakni dari Kaliangkrik, Desa Butuh atau lebih terkenal dengan sebutan Nepal Van Java. Pendaki yang datang bisa beristirahat sejenak dan menikmati pemandangan di tempat wisata instagramable ini.

Jika Anda penasaran ingin menjajal jalur pendakian Gunung Sumbing bisa datang antara pukul 07.30 sampai 23.00 WIB. Siapkan pula budget sekitar Rp20.000,00 untuk membayar SIMAKSI pendakian di basecamp.

Curug Surodipo

Curug Surodipo

Bukan cuma Curug Lawe, keindahan dari Curug Surodipo juga wajib untuk Anda kunjungi. Air terjun berada di tengah lahan perkebunan warga tepatnya di Tawangsari, Wonoboyo, Temanggung.

Keunikan air terjun ini terletak pada bentuknya yang semakin ke bawah semakin melebar. Selain itu, tebing yang tinggi dengan kebun-kebun warga di sisinya membuat air terjun ini terlihat seperti Air Terjun Kedung Kayang.

Ada dua tempat yang bisa Anda pilih untuk menikmati keindahan air terjun ini. Pertama di area bawah dekat air terjun dan gardu pandang di atas tebing yang selalu jadi favorit para pengunjung untuk berfoto.

Tiket masuk air terjun ini juga tidak mahal hanya Rp5.000,00 dengan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Jika berkunjung siapkan tenaga Anda untuk treking sebentar menuju lokasi.

Jumprit

Jumprit

Desa Jumprit termasuk salah satu desa wisata di Temanggung yang punya banyak destinasi menarik. Beberapa diantaranya seperti Wana Wisata Jumprit yang menjadi lokasi favorit untuk melangsungkan acara gathering.

Berbagai permainan outbound seru bisa Anda coba di wana wisata ini. Misalnya saja seperti jembatan tali, flying fox, panjat ban dan permainan outbound lainnya.

Selain itu adapula Umbul Jumprit yang menjadi sumber mata air suci bagi umat Budha di Temanggung dan sekitarnya. Kesegaran serta kejernihan umbul ini tidak kalah dari Umbul Ponggok Klaten.

Lokasi desa wisata ini terletak di Tegalrejo. Ngadirejo, Temanggung, persis di sisi utara Gunung Sindoro. Untuk tiket masuk wisata di desa ini bervariasi tergantung tempatnya, namun biasanya sekitar Rp5.000,00 hingga Rp25.000,00 saja.

Jembatan Sigandul

Jembatan Sigandul

Bagi pecinta fotografi, nama Jembatan Sigandul Temanggung tentu tidak asing lagi. Jembatan baru di Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Krincing, Kwadungan Gunung, Kledung ini jadi favorit karena arsitekturnya yang unik.

Warga lokal biasanya berhenti di jalan lama yang sudah jarang terpakai untuk menikmati pemandangan di sini dan berfoto. Tidak jauh dari jembatan Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata hits lain bernama Sigandul View.

Di cafe instagramable tersebut, terdapat jembatan kaca apik yang juga menjadi favorit wisatawan untuk eksis. Apalagi dengan pemandangan gunung serta perbukitan di sekitarnya.

Untuk menikmati pesona jembatan Sigandul, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Selain itu tidak ada waktu buka khusus, namun waktu terbaik biasanya saat golden hour baik pagi atau sore hari.

Kledung Pass

Kledung Pass

Untuk Anda yang ingin beristirahat santai bersama teman atau keluarga wajib sekali mengunjungi Kledung Pass. Rest area ini selalu menjadi pemberhentian banyak rombongan dari tempat sewa bus pariwisata murah terdekat.

Biasanya wisatawan yang turun rehat sejenak sembari menikmati pemandangan dua gunung kembar Temanggung. Tidak ketinggalan berbagai kuliner lezat yang ada di sekeliling area siap menemani waktu bersantai Anda.

Alamat Kledung Pass ini terletak di Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara, Kledung, Temanggung. Tidak ada tiket masuk atau jam operasional tertentu karena tempat ini buka 24 jam dan gratis untuk umum.

Alam Sewu

Alam Sewu

Daerah Ngadirejo juga menjadi tempat bagi banyak wisata menarik salah satunya Alam Sewu. Tempat wisata baru di Temanggung ini menawarkan berbagai macam spot menarik supaya Ada dapat bebas berfoto.

Dari tempat ini Anda bisa mendapatkan latar belakang lembah dengan lautan awan yang cantik saat cuaca cerah. Suasana di tempat ini akan semakin mantap bersama secangkir kopi hangat dan momen romantis sunset.

Anda bisa mengunjungi wisata alam ini setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan tiket masuk Rp5.000,00. Alamatnya berada di Giripurno, Ngadirejo, Temanggung.

Candi Pringapus

Candi Pringapus

Satu lagi candi yang bisa jadi pilihan destinasi Anda yakni Candi Pringapus. Dari bentuknya candi ini tampak seperti Candi Pawon namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Lokasinya pun berada di area perkampungan persisnya di Jl. Candi Pringapus, Pringapus, Ngadirejo, Temanggung. Situs budaya ini sering menjadi tujuan para pesepeda di pagi hari.

Tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayarkan karena untuk melihat-lihat candi semua gratis. Namun untuk jam bukanya, candi ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

Selain Gunung Sumbing, Gunung Sindoro juga wajib masuk daftar destinasi wajib pendakian Anda. ‘Saudara Kembar’ gunung Sumbing ini mempunyai pesona serta tantangan yang tak jauh berbeda namun dengan tinggi yang lebih rendah.

Ketinggian Gunung Sindoro sekitar 3153 mdpl dengan bentuk yang sangat mirip dengan kembarannya. Selama perjalanan pendakian, pemandangan padang sabana menjadi teman Anda menuju puncak.

Untuk jalur pendakiannya sendiri tersedia beberapa pilihan, namun yang paling populer biasanya melalui Jalur Kledung. Sebab dari sini, Anda bisa menikmati sunrise dengan pemandangan Gunung Sumbing, seperti saat mendaki Gunung Merbabu yang menghadap Merapi.

Lama pendakiannya sekitar 7 hingga 9 jam saat cuaca normal. Hal yang menjadi tantangan utama pendakian Sindoro ini adalah jalur naga dengan area jurang di kiri dan kanan jalan.

Tak hanya itu, sebagian besar medan pendakian gunung ini merupakan jalan curam yang terus menanjak. Jika Anda tertantang dan tertarik datangi saja basecampnya di Jl. Campur Salam No.7, Kledung, Temanggung.

Basecamp ini buka setiap hari antara pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB. Untuk SIMAKSI, Anda perlu membayar biaya kurang lebih Rp25.000,00 per orang.

Alun-alun Kota Temanggung

Alun-alun Temanggung

Tempat lain yang juga wajib Anda kunjungi tentu saja Alun Alun Temanggung. Lapangan terbuka di tengah kota ini jadi pusat berkumpul sejumlah aktivitas masyarakat terutama saat akhir pekan dan malam hari.

Ada banyak pedagang yang menjajakan berbagai kuliner khas Temanggung yang lezat mulai dari camilan seperti es durian hingga makanan berat. Taman Kota ini bisa menjadi pilihan tepat untuk bersantai dan beristirahat.

Anda juga bisa datang kapanpun sebab tidak ada jam buka atau tiket tertentu yang harus Anda bayar untuk masuk. Cukup datang ke alamatnya di Jl. Brigjen. Katamso, Suronatan, Temanggung II, Temanggung.

Situs Liyangan

Situs Liyangan

Satu lagi situs bersejarah yang cukup menarik untuk Anda kunjungi adalah Situs Liyangan. Peninggalan sejarah berbentuk candi ini terletak di area persawahan dan diperkirakan memiliki ukuran yang cukup luas.

Namun yang saat ini masih terlihat bentuknya baru beberapa bagian saja. Tapi itu tidak mengurangi nilai sejarah yang bisa Anda dapatkan di cagar budaya ini.

Lokasi persisnya berada di Dusun Liyangan, Purbosari, Ngadirejo, Temanggung. Anda bisa berkunjung antara pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dengan tiket masuk yang tidak terlalu mahal.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Temanggung populer yang wajib Anda kunjungi saat liburan ke Kota Tembakau ini. Nikmati liburan yang lebih menyenangkan bersama Salsa Wisata.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)