earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Taman Nasional Gunung Rinjani kini kembali dibuka untuk wisatawan publik yang ingin menjajaki wisata alam.

Tak hanya ramai untuk aktivitas pendakian, wisata gunung ini juga kini sudah boleh Anda datangi untuk wisata non-pendakian.

Walau belum semua spot wisata dibuka, sedikitnya ada 8 spot wisata baru yang sudah pasti buka di area gunung ini. Namun dengan catatan tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

Sebelum membahas lebih detail seputar tempat wisata Lombok populer di gunung ini, simak sekilas info gunung yang satu ini.

Sekilas Tentang Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan sebuah gunung berapi aktif di Lombok. Seluruh kawasan gunung ini masih menjadi wilayah bagian dari taman nasional.

Tak hanya menyuguhkan panorama gunung yang indah saja. Para wisatawan juga dapat menikmati berbagai spot wisata yang terdapat di kawasan taman nasional ini.

Di Lombok sendiri, gunung ini begitu populer dan mempunyai banyak hal menarik untuk dieksplorasi. Diantaranya adalah kisah misteri dan sejarahnya.

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini juga kaya akan spot wisata alam yang pas sekali untuk acara liburan keluarga.

Dengan tinggi 3.726 mdpl, gunung ini berhawa sejuk dan dingin. Wisatawan yang berkunjung ke sini akan merasakan udara yang sangat bersih dan segar.

Berdiri di puncaknya memungkinkan Anda dapat melihat banyak pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Sebut saja pemandangan Danau Segara Anak dan barisan perbukitan dari ketinggian.

Daya Tarik Wisata Alam Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Khusus untuk daya tarik wisata non-pendakian, sebenarnya ada banyak sekali spot wisata yang ada di kawasan gunung berapi ini.

Namun kami akan memilih beberapa saja akan kami bahas untuk Anda. Berikut daftarnya.

Joben Eco Park

Spot wisata yang satu ini adalah sebuah ekowisata yang sangat edukatif sekaligus rekreatif. Terletak di kawasan Resort Joben, ekowisata ini sangat ideal untuk Anda yang menyukai aktivitas liburan di arena alam.

Beragam aktivitas outdoor menarik bisa Anda lakukan di sini. Contohnya adalah outbound, camping, bermain air, panahan, hingga bercocok tanam.

Yang menyukai trekking ringan, tepat sekali Anda datang ke sini. Aktivitas menarik lainnya yang akan menambah wawasan adalah birdwatching dan jelajah area hutan.

Telaga Biru

Objek wisata alam dengan nama Telaga Biru di Indonesia memang terhitung ada banyak. Akan tetapi, Telaga Biru yang satu ini bukanlah Telaga Biru Cicerem Kuningan ataupun Telaga Biru Cisoka.

Telaga Biru ini merupakan sebuah spot wisata alam yang ada di Dusun Gunung Paok, Desa Perian, Lombok. Air pada danau alami ini berwarna biru cantik – membuat danau ini tak luput dari sasaran fotografi dan swafoto.

Adanya ayunan yang langsung menghadap ke danau menjadi daya tarik tersendiri. Daftar kegiatan seru lainnya yang dapat Anda lakukan di sini antara lain hiking, camping, dan wisata tirta.

Gunung Kukus

Untuk Anda yang ingin coba-coba soft hiking, cobalah mendaki Gunung Kukus yang level kesulitan dan ketinggianya jauh di bawah Rinjani.

Tinggi gunung ini kurang lebih 980 mdpl. Hanya butuh durasi 30 menit saja untuk bisa sampai di puncak Gunung Kukus ini.

Medan dan rute pendakian gunung ini juga relatif mudah sehingga Anda bisa menikmati perjalanan pendakian dengan santai.

Selama pendakian, Anda akan mendapatkan suguhan dari alam berupa perkebunan, kebun kopi, dan bahkan fenomena alam sunset dan sunrise.

Sebau

Kunjungi pula tempat wisata terdekat, tepatnya sebuah kolam pemandian air hangat yang tenar disebut Sebau. Kolam alami ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

Berendam di kolam ini akan menjadi pilihan yang bagus terutama untuk Anda yang ingin merilekskan tubuh dan pikiran.

Panorama alam sekitar yang masih sangat asri plus sesekali muncul burung dan rusa di sekitar area kolam menambah sisi alami dari tempat ini. Anda juga bisa melakukan kegiatan outdoor seperti hiking dan camping di sini.

Savana Propok

Spot wisata ini tergolong masih sangat baru di kawasan taman nasional ini. Anda dan wisatawan lainnya boleh mendirikan tenda di area wisata bukit ini.

Di pagi harinya, Anda akan disambut oleh sang mentari pagi yang hangat. Pemandangan saat sunrise di sini benar-benar top dan sempurna tidak kalah dari beberapa tempat wisata di Sembalun.

Di samping itu, rasakan sensasi menyentuh kabut tipis yang perlahan memenuhi area camping Anda. Seiring datangnya terang, kabut tipis ini perlahan menghilang dan tergantikan sinar mentari hangat.

Saat-saat inilah menjadi momen yang tepat untuk membuat sarapan sederhana ala campers. Tak ketinggalan pula kopi panas dan hidangan pelengkapnya.

Tumbek dan Tekel bisa jadi akan menjadi pelengkap minuman kopi panas yang pas untuk Anda. Keduanya merupakan makanan khas Lombok untuk oleh-oleh karena cenderung awet alias tahan lama.

Anda pun dapat membelinya di pusat oleh-oleh terdekat sebelum Anda liburan di wisata bukit ini.

Fasilitas di Wisata Gunung Rinjani

Sejarah Gunung Rinjani

Secara umum, fasilitas di Rinjani sebenarnya masih cukup minim. Akan tetapi, tiap spot wisata menyediakan fasilitas dasar yang cukup memadai demi kenyamanan para wisatawan.

Daftar fasilitas dasar di sini antara lain fasilitas toilet dan area parkir. Lalu, ada beberapa spot wisata yang menyediakan warung makan. Fasilitas ini memiliki peran semacam pusat wisata kuliner Lombok terdekat yang bisa langsung dijangkau oleh wisatawan yang memerlukannya.

Jika ada niat untuk menginap, ada opsi lain selain camping di tengah area gunung. Opsi tersebut adalah dengan menginap di villa, homestay, atau jenis penginapan lain yang dekat dengan spot wisata tujuan.

Bahkan menariknya lagi, ada sejumlah spot wisata di sini yang juga menawarkan akomodasi penginapan kepada para wisatawan lengkap dengan fasilitas tempat oleh-oleh khas Lombok.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Gunung Rinjani

Untuk kunjungan wisata alias kegiatan non-pendakian, tarif retribusi masuk tiap spot wisata tentu berbeda. Namun khusus untuk kegiatan pendakian, harga mendaki yang berlaku untuk per pendaki sangat murah. Berikut infonya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Wisata Menyesuaikan
Tiket Pendakian Rp5.000,00 per orang (Wisatawan lokal)

Rp150.000,00 per orang (Wisatawan asing

Rute Menuju Lokasi Wisata Alam Gunung Rinjani

Lokasi Gunung Rinjani

Gunung yang terakhir meletus tahun 2015 lalu ini berada di Pulau Lombok. Lokasi tepatnya di Lombok Utara.

Untuk menjangkau lokasi ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti angkutan umum yang berangkat dari Kota Lombok. Anda hanya perlu menyampaikan lokasi tujuan Anda ke supir angkutan.

Apabila ingin lebih praktis lagi, gunakan mobil pribadi atau mobil sewa dari agen jasa rental mobil terbaik yang ada di Kota Lombok.

Salsa Wisata adalah contohnya. Sebagai agen rental berkualitas dan berpengalaman di Lombok, kami sediakan produk paket rental mobil terlengkap dan murah.

Pilih salah satu paket yang menurut Anda akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk transportasi menuju ke kawasan pegunungan, memang akan lebih baik jika menggunakan kendaraan yang bermesin prima dan ‘bandel’.

Dengan alasan ini, kami sarankan Anda untuk memilih paket rental mobil innova di Lombok Utara.

Jam Operasional Wisata Gunung Rinjani

Bagi Anda yang ingin mendaki, wisata alam gunung ini dapat didaki kapan saja karena akan terus buka selama 24 jam.

Akan tetapi untuk kegiatan wisata non-pendakian, masing-masing spot wisata memberlakukan jam operasional yang berbeda-beda. Ada yang buka selama 24 jam dan ada juga yang buka dari pagi sampai sore saja.

Namun yang jelas, rata-rata spot wisata yang terdapat di area Rinjani ini buka setiap hari termasuk hari libur nasional. Begitu banyak nama objek wisata yang berlokasi di area lereng dan kaki Rinjani. Sayang jika dilewatkan begitu saja.

Anda dapat menjelajahi tempat-tempat wisata yang lagi hits ini dengan join program tour bersama Salsa Wisata. Bahkan Anda dapat mengadakan family gathering kantor dengan menggunakan layanan paket gathering Lombok dari kami.

Cukup dengan reservasi saja, Anda tak perlu lagi memikirkan soal transportasi, lokasi, penginapan, dan kegiatan di Gunung Rinjani. Sebab, ini semua kami akan handle dengan baik. Tentunya dengan berdiskusi dengan Anda, klien kami.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)