earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Lombok sudah menjadi destinasi wisata wajib bagi para pelancong yang ingin menikmati eksotisme alam dan kuliner makanan khas. Terlebih lagi dengan adanya paket wisata Lombok dari Biro Perjalanan semakin memudahkan liburan Anda mengeksplor Lombok.

Banyak hal menarik yang bisa Anda coba selain mengunjungi pantai-pantai Lombok yang indah seperti misalnya berwisata kuliner. Budaya suku Sasak yang juga mampu memberikan pengalaman baru terutama dari sisi makanannya.

Ada banyak sekali makanan khas lombok di mataram yang lezat dan wajib Anda coba saat berkunjung mulai dari ayam taliwang hingga nagasari. Agar tidak bingung mari simak sejumlah rekomendasi makanan dan jajanan khas Lombok berikut ini:

Daftar Makanan Khas Lombok yang Enak Wajib Kamu Coba

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ayam Taliwang merupakan wisata kuliner Lombok paling terkenal dari Lombok yang bisa Anda temukan di daerah manapun. Kelezatan bumbu Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok membuat hidangan ini jadi incaran wisatawan yang datang ke Lombok.

Resep Ayam Bakar Taliwang ini cukup mudah, marinasi ayam dengan air jeruk dan garam lalu bakar hingga setengah matang. Kemudian tumis bumbu Taliwang hingga wangi dan masukan lagi ayam, setelah bumbu meresap, bakar lagi ayam dengan bumbu hingga matang.

Anda bisa menikmati menu ini di beberapa warung terkenal seperti Ayam Taliwang Irama Lombok atau Ayam Taliwang Khas Pak Udin. Untuk harga, biasanya Ayam Taliwang ini berada di sekitar Rp25.000,00 hingga Rp60.000,00 tergantung ukuran dan porsi ayam.

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung jadi makanan khas Lombok timur yang selalu menjadi pendamping kelezatan dari Ayam Taliwang. Masakan berbahan dasar kangkung khas Lombok ini memiliki rasa pedas, gurih, dan segar yang mampu menggugah selera makan Anda.

Rahasia kesegaran Plecing Kangkung khas Lombok ini terletak pada bumbu sambal dari cabai rawit, garam, tomat, dan terasi udang Lombok. Plecing kangkung biasa tersaji bersama kecambah, kacang tanah, kacang panjang, serta urap dengan tambahan perasan jeruk nipis segar.

Plecing Kangkung khas Lombok bisa Anda nikmati di berbagai warung makan yang menjual Ayam Taliwang atau menu khas Lombok lainnya. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp4.000,00 untuk satu porsi Plecing Kangkung segar khas Lombok.

Sate Rembiga

Sate Rembiga

Lombok juga terkenal dengan berbagai macam hidangan satenya yang lezat seperti misalnya Sate Rembiga dari Kota Mataram. Sate berbahan dasar daging has dalam sapi ini memiliki citarasa yang khas berkat rempah dan bumbu pedasnya.

Untuk membuatnya pertama potong dan lembutkan daging sapi lalu bungkus dengan daun pepaya. Kemudian siapkan bumbu halus seperti bawang, cabai, terasi, ketumbar, asam jawa, kecap dan gula merah. Marinasi bumbu tersebut pada daging lalu bakar sate hingga matang. Makanan khas lombok barat ini sering sekali terlihat di sekitar tempat wisata Lombok.

Sate Rembiga Utama dan Sate Rembiga Ibu Sinnaseh termasuk beberapa tempat terbaik untuk menikmati hidangan khas Lombok ini. Harganya pun tidak terlalu mahal yakni sekitar Rp20.000,00 untuk satu porsi isi 10 tusuk Sate Rembiga.

Nasi Balap

Nasi Balap

Selain Ayam Taliwang, Nasi Balap juga menjadi hidangan khas Lombok yang mudah sekali Anda jumpai di luar daerah Lombok. Masyarakat Lombok sering menyebut Nasi Balap ini sebagai Nasi Balap Puyung atau Nasi Puyung karena daerah asalnya merupakan Kampung Puyung.

Nasi Balap biasa tersaji dengan lauk suwiran ayam pedas, kacang kedelai, tumis buncis, serta kering kentang atau telur sebagai pelengkap. Cita rasa pedas dan gurih dari suwiran ayam dan lauk lainnya membuat Nasi Balap ini menjadi menu sarapan yang nikmat.

Salah satu tempat legendaris menikmati Nasi Balap khas Lombok adalah Nasi Balap Inaq Esun yang tersebar di beberapa daerah. Satu porsi Nasi Balap ini juga sangat murah mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp15.0000,00 tergantung lauk tambahannya.

Kue Keciput

Kue Keciput

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh makanan ringan khas Lombok yang gurih dan enak, Kue Keciput Lombok bisa jadi pilihan yang tepat. Kue Keciput sekilas terlihat seperti onde-onde namun dengan ukuran lebih kecil dan tidak memiliki isian.

Selain itu tekstur dari Kue Keciput ini renyah sehingga sangat cocok untuk Anda nikmati sambil bersantai minum kopi. Kue Keciput juga bisa Anda temukan di Kudus dengan bentuk yang sedikit berbeda.

Biasanya Kue Keciput ini banyak terdapat di Toko Oleh-oleh Khas Lombok yang berada di sekitar kota Mataram seperti Nutsafir Cookies. Untuk harga kue khas Lombok ini biasanya sekitar Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00 per kotaknya.

Nasi Campur Lombok

Nasi Campur Lombok

Bosan dengan Nasi Balap dan Ayam Taliwang, Anda bisa mencoba Nasi Campur Lombok yang tidak kalah lezat serta mengenyangkan. Nasi Campur ini sedikit berbeda dengan Nasi Balap terutama dari lauk dan sayur yang jadi teman makan bersama nasi.

Nasi Campur Lombok biasanya berisi Sate Pusut sejenis sate lilit, ayam goreng, beberuk atau sayuran pedas, tempe dan lainnya. Terkadang juga ada tambahan perkedel atau bakwan jagung untuk menambah nikmat rasa dari Nasi Campur Lombok ini.

Salah satu tempat terenak menikmati Nasi Campur Khas Lombok ini terletak di Jl. Yos Sudarso Mataram tepatnya di Warung Murah. Satu porsi Nasi Campur Khas Lombok juga dibanderol dengan harga yang murah mulai dari Rp10.000,00 tergantung lauk pauknya.

Sate Pusut

Sate Pusut

Selain sate rembiga, Sate Pusut juga jadi salah satu sate lezat lain yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Lombok. Sekilas sate ini terlihat seperti sate lilit namun terdapat perbedaan terutama dari tusukan dan juga bahan dagingnya.

Sate Pusut biasanya menggunakan daging sapi atau terkadang daging ayam yang sudah tergiling halus dan tercampur dengan parutan kelapa. Ukuran sate pusut juga lebih besar daripada sate lilit dan memiliki rasa lebih gurih dengan bumbu yang khas.

Daging cincang halus yang sudah berbumbu ini terasa lembut dan biasanya menjadi lauk untuk nasi campur Lombok dan sambal. Satu porsi Sate Pusut ini biasanya sekitar Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung daging atau jumlah satenya.

Sate Bulayak

Sate Bulayak

Sate yang juga wajib Anda coba adalah Sate Bulayak dengan ciri khas lontong Bulayak yang jadi teman makan sate ini. Bulayak sendiri merupakan lontong berbentuk spiral yang terbungkus daun aren dan memiliki bentuk memanjang mirip dengan Celorot.

Daging satenya biasa menggunakan daging ayam dan juga daging sapi dengan tusuk dari lidi dari pohon aren. Bumbu pedasnya sendiri terbuat dari kacang tanah tumbuk serta kemiri dan bumbu lain seperti bumbu kari.

Rasa pedas dan nikmat dari Sate Bulayak bisa Anda nikmati di daerah Lombok Barat seperti di warung Sate Bulayak Suranadi. Untuk harganya berkisar antara Rp20.000,00 hingga Rp25.000,00 per porsi tergantung jumlah sate dan daging yang Anda pilih.

Sate Tanjung

Sate Tanjung

Bila sebagian besar sate menggunakan daging sapi atau daging yang lain, Sate Tanjung justru menggunakan daging ikan sebagai bahan utama. Sate yang berasal dari Lombok Utara ini menggunakan daging ikan cakalang atau langoan yang terendam dalam bumbu sehingga lebih meresap.

Bumbu satenya sendiri berupa santan, merica, bawang putih serta lainnya sehingga rasa daging ikan ini menjadi semakin gurih dan nikmat. Penyajian sate ini juga mirip dengan sate pusut,  daging ikan dililit pada tusuk bambu lalu dibakar.

Seperti namanya, para pedagang Sate Tanjung bisa dengan mudah Anda temukan di daerah Tanjung Lombok Utara. Biasanya untuk 12 tusuk Sate Tanjung ini dihargai sekitar Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung warung yang menjual.

Sate Pencok

Sate Pencok

Sate Pencok termasuk sate Khas Lombok yang sangat unik karena terdapat dua varian yang bisa Anda coba. Pertama adalah versi original Sate Pencok yang menggunakan kulit sapi atau kikil dan versi kedua yang mengganti kikil dengan sagu.

Apapun bahan yang digunakan, tekstur kenyal dari kikil dan tepung sagu yang sudah dibakar tersebut terasa nikmat berkat bumbu pelalah. Bumbu ini terbuat dari santan, cabai, kemiri, kencur, laos, serta bumbu dapur lainnya sehingga memberi rasa gurih pedas yang pas.

Sate Pencok ini banyak dijual keliling terutama yang berbahan dasar adonan tepung sagu karena lebih murah. Harga sate pencok dari tepung sagu atau kulit sapi dijual sekitar Rp1.000,00 hingga Rp2.500,00 per tusuknya.

Ares

Ares

Makanan lombok ntb dari pohon pisang mungkin terdengar aneh, namun ternyata rasanya bisa sangat nikmat seperti Sayur Ares ini. Sayur Ares merupakan masakan khas Suku Sasak yang bisa Anda temukan di Lombok dan juga Bali.

Perbedaan diantara keduanya terletak pada bumbu yang digunakan, dimana Ares Lombok menggunakan bumbu sejenis bumbu kari yang gurih dan pedas. Pohon pisang yang digunakan juga khusus yakni pohon pisang kepok muda yang masih segar sehingga terasa lebih kenyal dan nikmat.

Sayur ares ini biasa disajikan saat ada hajatan atau pada saat lebaran, namun Anda bisa juga menikmatinya di beberapa restoran. Untuk satu porsi Ares ini biasanya dijual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp8.000,00 sesuai ukuran porsinya.

Kelaq Batih

Kelaq Batih

 

Kelaq Batih termasuk salah satu masakan sayur khas Lombok yang sudah mulai jarang ditemukan meski memiliki rasa yang nikmat. Sayur ini terbuat dari biji kacang buncis tua yang dimasak bersama daun singkong muda dengan kuah bumbu ragi beleq.

Untuk membuatnya pertama rebus biji kacang buncis hingga empuk lalu masukan bumbu yang sudah ditumis bersama dengan daun singkong muda. Rasa pedas dari bumbu ragi beleq memberi cita rasa yang khas dan membuatnya nikmat disantap bersama nasi hangat.

Sayur ini hanya bisa Anda nikmati di rumah makan khas Lombok tertentu karena sudah sulit untuk dijumpai. Biasanya untuk satu mangkok Kelaq Batih ini dijual dengan harga sekitar Rp8.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung porsinya.

Kelaq Sebie

Kelaq Sebie

Kelaq Sebie dikenal juga sebagai Sayur Cabai dan sayur terpedas yang ada di Lombok karena berbahan dasar cabai rawit. Selain menggunakan cabai rawit, Kelaq Sebie biasanya ditambahkan dengan ikan seperti ikan tongkol atau potongan terung meski tidak sebanyak cabainya.

Bumbu yang digunakan juga tergolong mudah untuk didapat seperti bawang putih, bawang merah, terasi dan juga santan. Untuk memasaknya juga gampang, pertama tumis bumbu halus kemudian masukan cabai serta santan lalu masak hingga santan menyusut dan kental.

Rasa pedas dari Kelaq Sebie ini bisa menghangatkan badan Anda saat cuaca dingin sekaligus menambah nafsu makan. Anda bisa menikmati Kelaq Sebie di sejumlah rumah makan khas Lombok dengan harga sekitar Rp8.000,00 per porsinya.

Kelaq Lebui

Kelaq Lebui

Masakan Khas Lombok lain yang tidak kalah lezat adalah Kelaq Lebui atau dikenal juga dengan nama Lebui Kelaq Pangkes. Kelaq Lebui ini merupakan masakan berkuah berbahan dasar biji kacang kedelai hitam atau biasa disebut lebui oleh masyarakat Lombok.

Sekilas hidangan ini mirip dengan rawon karena memiliki kuah berwarna gelap namun dengan rasa yang lebih pedas dan asam. Terkadang Kelaq Lebui juga dicampur dengan daging sapi has dalam atau pepaya muda dan juga dawung.

Hidangan ini sangat nikmat disantap selagi hangat bersama nasi serta tongkol goreng dan kerupuk kulit khas Lombok. Anda bisa menemukan Kelaq Lebui dijual di berbagai rumah makan Khas Lombok dengan harga sekitar Rp8.000,00 per porsinya.

Kelaq Kelor

Kelaq Kelor

Daun Kelor yang memiliki banyak manfaat ini ternyata bisa juga menjadi bahan masakan seperti pada sayur Kelaq Kelor Khas Lombok. Masakan sejenis sayur bening ini menjadi salah satu sayur favorit masyarakat Lombok karena rasanya yang segar dan banyak manfaat.

Daun kelor dalam Kelaq Kelor ini biasanya dimasak bersama kacang panjang dengan bumbu sederhana namun memiliki rasa yang khas. Sayur ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat dan sambal terasi saat cuaca dingin atau sedang sakit.

Kelaq Kelor biasa dijual di rumah makan di kawasan Pancor Lombok Timur sebagai salah satu hidangan utama. Untuk menikmati hidangan ini Anda juga tidak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup dengan Rp5.000,00 tiap porsinya.

Beberuk Terong

Beberuk Terong

Beberuk Terong termasuk hidangan wajib yang selalu ada di hampir setiap masakan khas Lombok seperti Ayam Taliwang atau nasi campur. Masakan ini sendiri termasuk jenis sambal atau lalapan yang memiliki rasa pedas dan asam yang segar dengan bahan utama terung.

Terung yang digunakan biasanya terung bulat hijau dengan pendamping potongan kacang panjang serta sambal tomat pedas. Tidak lupa perasan jeruk nipis serta daun kemangi juga ikut ditambahkan agar membuat rasa segar Beberuk Terong ini semakin terasa.

Anda bisa menikmati Beberuk Terong ini di setiap rumah makan khas Lombok terutama yang menyjikan ayam taliwang atau menu lainnya. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp2.000,00 hingga Rp5.000,00 tergantung ukuran porsi yang dipesan.

Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja

Nasi Kotaraja yang berasal dari Desa Kotaraja ini sekilas terlihat seperti Nasi Campur Khas Lombok namun dengan lauk pauk berbeda. Biasanya Nasi Kotaraja disajikan bersama dengan Rarit atau dendeng khas Lombok serta sambal Sebie yang pedas dari cabai rawit hijau.

Selain itu tidak ketinggalan kacang kedelai goreng dan juga plecing kangkung khas Lombok ikut menjadi pelengkap dari Nasi Kotaraja ini. Cita rasanya yang khas membuat hidangan ini begitu disukai tidak hanya oleh masyarakat Lombok namun juga wisatawan yang datang.

Hidangan Nasi Kotaraja hanya bisa Anda temukan di Desa Kotaraja Lombok Timur, tepatnya di warung-warung makan khas Lombok yang ada. Satu porsi Nasi Kotaraja juga dibanderol dengan harga yang terjangkau sekitar Rp10.000,00 tergantung dengan lauk yang dipilih.

Bebalung

Bebalung

Makanan khas lombok dari tulang iga bebalung ini termasuk salah satu hidangan favorit bagi para wisatawan yang datang berkunjung terutama para pecinta sop iga. Seperti namanya, Bebalung ini menggunakan tulang iga atau tulang ekor dari sapi, kerbau, hingga kuda sebagai bahan utama masakan.

Sekilas memang terlihat seperti sop iga pada umumnya namun Bebalung ini memiliki ciri khas rasa yang unik berkat ragi rajang. Bumbu ragi rajang sendiri terbuat dari bawang, jahe, terasi, cabai merah, lengkuas, kunyit, dan asam sehingga membuat rasanya begitu nikmat.

Salah satu tempat paling terkenal untuk menikmati Bebalung ini terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto tepatnya di Depot Kelebet Kota Mataram. Untuk satu mangkuk Bebalung biasanya dibanderol dengan harga Rp25.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung jenis balung yang dipilih.

Ayam Rarang

Ayam Rarang

Selain Ayam Taliwang, Lombok juga memiliki hidangan ayam bakar nikmat dengan rasa pedasnya yang khas yakni Ayam Rarang. Hidangan ayam dari Desa Rarang ini menggunakan ayam kampung muda serta bumbu khusus dari Sebiye Gero atau cabai kering Lombok.

Cara membuat Ayam Rarang ini dimulai dengan membakar ayam setengah matang menggunakan kayu bakar, lalu diungkep dengan bumbu halus. Setelah selesai diungkep, ayam dibakar lagi hingga matang dan siap disajikan dengan perasan jeruk nipis agar terasa segar.

Anda bisa menikmati sajian Ayam Rarang ini di Jl. Langko Kota Mataram tepatnya di Warung Ayam Rarang. Biasanya Ayam Rarang disini dijual sekitar Rp32.000,00 lengkap dengan nasi, ayam, dan sayur-sayur lainnya.

Kelepon Kecerit

Kelepon Kecerit

Lombok juga memiliki banyak jajanan atau makanan ringan yang nikmat dan wajib untuk Anda coba seperti misalnya Kelepon Kecerit. Klepon khas Lombok ini memiliki bentuk sedikit memanjang dan lancip di ujungnya mirip seperti buah kedondong muda.

Kata Kecerit sendiri diberikan karena saat digigit, gula merah yang ada di dalam kelepon muncrat dan lumer di dalam mulut. Selain itu, parutan kelapa yang ditaburkan di atas kelepon memberikan rasa gurih yang menyeimbangkan rasa manisnya.

Jajanan ini bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional maupun toko kue khas Lombok yang ada di Kota Mataram dan sekitarnya. Harganya pun sangat terjangkau yakni sekitar Rp7.500,00 dengan isi sekitar 5 buah kelepon Kecerit ukuran sedang.

Banget atau Jaje Reket

Banget atau Jaje Reket

Selain Kelepon Kecerit, Banget juga termasuk jajanan makanan khas Lombok yang enak wajib Anda coba saat berada di Lombok. Jajanan ini terbuat dari beras ketan yang dikukus dan menjadi induk dari sejumlah jajanan khas Lombok lain seperti Jaje Reket.

Jaje Raket sendiri merupakan Banget yang dibungkus dengan daun pisang sehingga berbentuk panjang seperti lontong. Hidangan ini semakin nikmat bila dibakar terlebih dahulu sebelum disantap dan biasa disebut sebagai Timbung.

Banget atau Jaje Reket ini sangat lezat dinikmati saat masih hangat dan menjadi teman minum kopi atau teh saat sore. Biasanya Banget atau Jaje Reket ini dijual dengan harga yang murah sekitar Rp5.000,00 untuk satu Jaje Raket utuh.

Serabi Laklak

Serabi Laklak

Jajanan khas Lombok yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Serabi Khas Lombok atau dikenal juga dengan nama Serabi Laklak. Serabi Laklak sedikit berbeda dengan Serabi lain karena mengganti gula pada adonan dengan santan yang cukup kental.

Cara membuat Serabi Laklak ini juga masih tradisional dengan menggunakan tungku tanah liat serta kayu bakar untuk menjaga rasa serabi. Adonan tepung beras yang dicampur santan dan garam ini membuat rasa Serabi Laklak lebih gurih dan asin dibandingkan serabi lainnya.

Anda bisa menemukan penjual Serabi Laklak ini saat pagi hari di sekitar pasar tradisional Lombok dengan harga yang murah. Biasanya Serabi Laklak ini dibanderol dengan harga sekitar Rp500,00 hingga Rp1.000,00 per buahnya.

Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak

Saat lebaran, Poteng Jaje Tujak menjadi jajanan khas Lombok yang selalu tersedia diatas meja rumah-rumah masyarakat. Sensasi rasa segar dan gurih dari Poteng Jaje Tujak membuat momen istimewa lebaran semakin berwarna.

Poteng sendiri merupakan tape dari beras ketan putih dan disajikan dengan cara dipotong berbentuk kotak atau dibakar terlebih dahulu. Sedangkan jaje tujak merupakan campuran dari beras ketan putih, hitam, kelapa, dan garam yang ditumbuk atau dalam bahasa lombok ditujak.

Jika Anda ingin membawa atau mencoba Poteng Jaje Tujak bisa memesan terlebih dahulu karena jajanan ini tidak bisa bertahan lama. Biasanya Poteng Jaje Tujak ini dijual dengan harga sekitar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 di Toko Oleh-Oleh Lombok.

Kue Bantal (Tekel) Khas Lombok

Kue Bantal (Tekel) Khas Lombok

Tekel merupakan jajanan tradisional Khas Lombok yang terkenal juga dengan kue Bantal karena bentuknya yang unik. Kue ini mirip dengan lepet dengan bahan utama tepung beras ketan dan pisang kepok atau kacang tolo untuk isiannya.

Adonan tepung beras ketan ini menggunakan daun janur yang terikat agar dapat berbentuk menyerupai bantal sebelum masuk proses pengukusan. Rasa dari Tekel atau Kue Bantal cukup legit namun tidak terlalu manis sehingga tetap nyaman untuk Anda makan saat berbuka puasa.

Kue Tekel ini biasa terdapat di pasar-pasar tradisional Lombok terlebih lagi di daerah Desa Gapuk Lombok Timur yang menjadi pusatnya. Satu ikat Kue Bantal atau Kue Tekel ini bisa Anda dapat dengan biaya sekitar Rp10.000,00 dengan isi sekitar 5 hingga 7 buah.

Tumbek

Tumbek

Tumbek termasuk kue basah khas Lombok yang bisa menjadi oleh-oleh untuk Anda bawa pulang setelah berkunjung. Berbeda dengan Tekel, Tumbek memiliki tekstur yang lebih mirip dengan Lepet karena terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah.

Parutan kelapa muda juga sering menjadi tambahan campuran isiannya sehingga memiliki rasa yang manis dan juga gurih. Namun berbeda dengan lepet, Tumbek menggunakan bungkus dari daun kelapa dan terkadang berbentuk lancip atau seperti bantal sehingga lebih tebal.

Kue Basah Khas Lombok ini bisa Anda temukan di berbagai pasar tradisional dan terkadang di rumah makan khas Lombok. Harga Tumbek biasanya hanya sekitar Rp1.000,00 atau Rp2.000,00 untuk setiap potong tumbek yang Anda nikmati.

Nagasari

Nagasari

Selain tenar di Jawa, Nagasari juga termasuk jajanan khas Lombok yang wajib Anda coba karena memiliki citarasa yang berbeda. Terbuat dari tepung beras dengan campuran santan dan gula Nagasari Khas Lombok ini memiliki isian pisang atau nangka.

Menggunakan bungkus daun pisang, adonan tersebut kemudian masuk dalam dandang kukusan panas hingga matang. Rasa manis dan gurih dari Nagasari bisa jadi kudapan lezat Anda menikmati suasana indah pemandangan alam Lombok.

Nagasari ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau toko kue yang ada di sekitar Lombok. Harga pasaran untuk Nagasari ini juga cukup terjangkau sekitar Rp1.000,00 hingga Rp2.500,00 per buahnya.

Kue Kerake

Kue Kerake

Kue Kerake termasuk kue basah unik yang bisa Anda temukan di Lombok dengan rasa yang manis, legit, dan lezat. Keunikannya bisa terlihat dari bentuk kue yang menonjol tiga bagian seperti pocong atau tumpukan bawang putih.

Kerake terbuat dari olahan ketan bersama santan serta gula merah dan memiliki tekstur seperti jenang. Bungkus adonan kerake yang sudah jadi ini biasanya menggunakan kulit jagung kering dengan tali yang membagi kue menjadi tiga bagian.

Kue ini bisa Anda temukan dengan mudah di daerah Lombok Timur tepatnya di daerah Kelayu Lombok Timur. Kemasan kerake ini bisa menggunakan besek dari bambu dengan isi sekitar 25 biji dan dibanderol sekitar Rp20.000,00.

Selain sejumlah makanan dan jajanan yang sudah terdaftar di atas, masih banyak makanan khas Lombok tengah yang bisa Anda coba. Untuk memudahkan Anda menjelajah dan puas berwisata kuliner, bisa manfaatkan jasa sewa mobil Lombok yang tersedia di sekitar Kota Mataram.

Sopir lokal yang ramah dan berpengalaman siap mengantar Anda kemanapun sekaligus memberi rekomendasi tempat terbaik untuk dikunjungi. Dengan begitu liburan Anda ke Lombok bisa menjadi liburan yang paling menyenangkan.

Jika Anda berencana datang bersama rombongan, tempat rental bus Lombok bisa jadi solusi perjalanan liburan Anda. Armada lengkap yang tersedia akan memberikan akomodasi terbaik untuk Anda menikmati wisata di Lombok dengan lebih mudah dan murah.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

3.5/5 - (8 votes)