SalSari Resto & Coffee

Cilacap memiliki beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal, salah satunya yaitu Gunung Srandil. Seperti gunung-gunung lain di Indonesia, gunung ini juga memiliki sejarah dan unsur misteri tersendiri.

Hampir setiap gunung di Indonesia memang memiliki misteri di balik keindahan alamnya. Keberadaan gunung di Indonesia seakan tidak pernah lepas dari kepercayaan leluhur dan hal mistis.

Ini yang kemudian menjadi magnet yang dengan mudah menarik wisatawan. Tiap harinya, wisata alam ini selalu kedatangan pengunjung yang penasaran dengan pesona alam dan kisah misteri, mitos, dan sejarahnya.

Barangkali Anda salah satunya yang berminat mengunjungi tempat wisata Cilacap selain pantai ini, Anda bisa simak info selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Srandil

situs makam di gunung srandil cilacap jawa tengah

Gunung Srandil Cilacap sebenarnya lebih tepat disebut sebuah bukit karena ukurannya kecil layaknya bukit pada umumnya. Lokasinya dekat dengan dua wisata hits Cilacap lainnyam yaitu Pantai Srandil dan Gunung Selok.

Kawasan bukit ini dipenuhi dengan pepohonan sehingga tampak hijau dan subur. Tampilannya begitu indah dan menyegarkan mata siapapun yang melihatnya.

Namun dibalik keelokannya, wisata alam ini terkenal dengan pusat wisata spiritual terlengkap. Sebut saja ada spot khusus untuk bersemedi, lokasi napak tilas, dan juga makam sakral.

Tak heran jika tempat ini tak pernah sepi. Sebab, pengunjung yang datang tak hanya dari kalangan wisatawan umum saja. Melainkan banyak diantara mereka yang ingin berziarah ke makam, bertapa, atau melakukan kegiatan spiritual lainnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Srandil

Untuk bisa memasuki kawasan wisata alam ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya karena tiket masuk Gunung Srandil gratis. Meski demikian, ada sejumlah biaya lainnya yang harus Anda bayarkan. Misalnya saja biaya parkir kendaraan, makan dan minum di warung, dsb.

Tersedia beberapa warung yang siap menyuguhkan menu makanan lezat seperti makanan khas Jawa Tengah yang paling terkenal terutama kuliner Cilacap.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Srandil

gunung srandil

Gunung Srandil terletak di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena aksesnya mudah.

Rute yang bisa Anda pilih adalah melalui Jalur Gumilir-Purwokerto, Jalan Lingkar Timur, dan melalui Jalan Plajen-Lebeng. Dari ketiga jalur tersebut, jalur Gumilir-Purwokerto merupakan jalur tercepat, dengan estimasi waktu sekitar 46 menit.

Jika Anda berangkat dari pusat kota seperti Alun-alun Cilacap, maka bisa menuju arah Selatan untuk mengikuti Jalan Tegal-Cilacap. Lalu Jalur Gumilir-Purwokerto kemudian Jalan A. Yani Adipala di Cantelan.

Setelah itu tetap berada di Jalan A. Yani Adipala, lalu arahkan kendaraan Anda ke Jalan Srandil hingga tiba di Jalan Jambe Pitu di Karangbenda. Khusus yang pergi bersama rombongan, akan jauh lebih baik untuk gunakan layanan sewa bus pariwisata milik Salsa Wisata.

Anda bisa menyewanya untuk mengakomodir perjalanan dari kota Anda ke lokasi wisata ini. Salsa Wisata tawarkan layanan sewa bus berbagai ukuran dan untuk berbagai kota.

Misal Anda dan rombongan dari Kebumen, kami akan rekomendasikan layanan sewa bus pariwisata Kebumen kepada Anda. Tarifnya lebih affordable tapi kualitas pelayanan dan armada tetap yang terbaik.

Daya Tarik Wisata Gunung Srandil

Tidak berbeda jauh dari tetangganya yaitu Gunung Prau, Srandil menyimpan banyak daya tarik bagi para pengunjungnya. Terbukti bahwa lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Pengunjung yang datang ke sini mayoritas adalah anak-anak muda yang sedang mencari tempat rekreasi. Namun, tidak sedikit pula orang dewasa dengan tujuan untuk berwisata dan ziarah.

Berikut adalah daftar daya tarik wisata yang bisa Anda jumpai di sini:

Keberadaan Petilasan Ki Semar

petilasan semar di gunung srandil

Daya tarik utama dari gunung yang berada di Selatan Pulau Jawa ini adalah keberadaan Petilasan Ki Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo. Petilasan ini merupakan rujukan para peziarah untuk melakukan berbagai ritual.

Anda bisa menemukan petilasan ini di antara pepohonan yang menyelimuti area tersebut. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berziarah. Umumnya mereka datang pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon pada Bulan Suro.

Tidak hanya Petilasan Ki Semar, ternyata di sini juga terdapat petilasan lain yang juga menjadi lokasi ziarah. Makam yang terdapat di sini terdiri dari dua bagian yaitu di bawah dengan lima titik dan di puncak dengan dua titik lainnya.

Seluruh petilasan tersebut merupakan rangkaian yang berurutan jika ingin berziarah. Mulai dari Eyang Guru, Eyang Sejati Kunci Sari Dana Sari, Gusti Agung Sultan Murahidi, dan Nini Dewi Tunjung Sekar Sari.

Selanjutnya adalah petilasan milik Eyang Juragan Dampu Awang alias Sunan Kuning, Eyang Langlang Buana dan terakhir adalah Mayang Koro atau Hanoman.

Vihara dan Mushola yang Berhadapan

petilasan di gunung srandil semar

Keunikan lain dari tempat ini adalah keberadaan tempat ibadah dari kepercayaan yang berbeda. Dalam kawasan ini terdapat sebuah Vihara Tri Ratna yang sudah berdiri sejak 2007 silam.

Tidak berbeda jauh dari vihara pada umumnya seperti halnya Vihara Avalokitesvara, vihara ini berhadapan langsung dengan sebuah mushola yang biasa digunakan untuk keperluan ibadah bagi umat Islam. Halaman di area ini juga akan digunakan saat upacara keagamaan Buddha.

Sejarah Gunung Srandil

Jika berbicara tentang sejarah Gunung Srandil Semar, akan langsung dikaitkan dengan asal-usul nama tempat ini. Kata ‘srandil’ berasal dari kata ‘saranane adil’ dalam Bahasa Jawa. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi syarat untuk mendapat keadilan dari Tuhan.

Makna filosofisnya adalah tempat ini menjadi tempat untuk kehidupan murni atau keadilan dari Tuhan. Cara mendapatkannya yaitu melalui kegiatan spiritual yang dilakukan di gunung ini.

Dan ada satu lagi fakta menarik tentang gunung ini. Faktanya adalah bahwa kawasan gunung ini menjadi salah satu lokasi penyeberan agama Islam oleh Wali Songo.

Pantai Srandil

pantai srandil

Tidak jauh dari lokasi ini, Anda akan menemukan sebuah pantai yang hits di kalangan warga Cilacap dan sekitarnya. Pantai tersebut bernama Pantai Srandil. Meski tidak sepopuler Pantai Parangtritis dari Yogyakarta, pantai ini tetap memiliki tempat di hati para wisatawan.

Pantai ini ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam dan laut. Jika Anda ingin berkunjung ke sini maka disarankan agar datang pada saat matahari belum tenggelam.

Pemandangan Alam

Daya tarik utama dari tempat wisata alam adalah keindahan alamnya. Di gunung ini, Anda akan menemukan hal tersebut. Karena keberadaan gunung ini di antara pepohonan rindang dan hijau yang begitu asri.

Anda juga bisa melihat pemandangan pantai yang indah. Melihat pemandangan tersebut paling cocok saat beristirahat menyantap oleh-oleh khas Cilacap Jawa Tengah.

Fasilitas di Lokasi Wisata Gunung Srandil

vihara di gunung srandil

Wisata Srandil memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk para pengunjungnya. Di sini Anda bisa menemukan area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, hingga vihara.

Anda yang membawa kendaraan pribadi maka tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan area parkir. Selain itu, di sini juga menyediakan toilet di berbagai titik.

Sementara ada dua fasilitas yang sangat penting yaitu keberadaan vihara dan mushola. Selain menjadi nilai plus bagi pengunjung, keberadaan dua tempat ibadah tersebut juga menunjukkan keberagaman umat beragama.

Jam Buka Wisata Gunung Srandil

Kabar baiknya, tempat wisata Jawa Tengah viral ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, bagi Anda yang memiliki kesibukan saat hari kerja, maka bisa mengunjungi lokasi ini saat akhir pekan. Jam buka Gunung Srandil juga tak terbatas, jadi Anda bisa berkunjung jam berapa saja.

Anda juga bisa menggunakan paket wisata murah dari Salsa Wisata yang siap memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. Selamat berlibur, semoga liburan Anda di Gunung Srandil Cilacap Jawa Tengah nantinya menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)