SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung terkenal yang terletak di Kabupaten Semarang. Keindahan gunung ini menjadi daya tarik utama dari beberapa tempat wisata di Semarang seperti Umbul Sidomukti dan Gedong Songo.

Lereng Gunung Ungaran juga dimanfaatkan warga sekitar sebagai ladang perkebunan teh dan juga kopi. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berada di Gunung ini selain menikmati panorama alam.

Gunung ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan paket tour Semarang yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum itu, mari simak ulasan lengkap mengenai jalur pendakian Gunung Ungaran yang bisa Anda lalui berikut ini:

Sekilas Tentang Gunung Ungaran

Gunung yang ada di Semarang ini memiliki tinggi sekitar 2050 mdpl dan termasuk gunung vulkanik. Meski Gunung ini belum pernah ada catatan erupsi, adanya sumber air panas menjadi tanda adanya aktivitas vulkanik di dalam tanah.

Menurut sejumlah catatan sejarah, nama Gunung Ungaran memiliki beberapa sebutan lain yang semua hampir mirip. Seperti Karundungan, Karurungan, Karungrangan, Karungrungan, Kroenrorngan, dan Ngroengroengan.

Ada beberapa mitos terkait Gunung ini yang dipercaya masyarakat terutama di sekitar kawasan candi. Konon katanya sosok raksasa Dasamuka yang senang mabuk dan mengamuk ditimbun oleh Hanoman saat sedang berperang.

Kepulan asap yang yang keluar dari Gunung Ungaran merupakan nafas dari Dasamuka yang masih terkubur di dalam gunung. Dari cerita ini para warga melarang siapapun untuk mabuk di sekitar kawasan Gunung Ungaran agar tidak membangunkan Dasamuka.

Gunung Ungaran sendiri memiliki tiga puncak yang tidak berjauhan yakni Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran. Jalur pendakian menuju puncak Ungaran bisa Anda pilih dari beberapa basecamp yaitu via Gedong Songo, via Mawar, dan juga Promasan.

Jalur pendakian yang mudah dan pemandangan yang indah menjadikan Gunung ini tempat yang pas untuk liburan. Anda dan rombongan pasti akan mendapatkan pengalaman berkesan yang sulit untuk dilupakan di Puncak Ungaran.

Jalur Pendakian Gunung Ungaran

Untuk bisa menikmati pemandangan indah puncak Gunung ini, ada beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih. Berikut ini tiga jalur pendakian Gunung Ungaran yang cukup populer di kalangan pendaki:

Via Mawar

Jalur pendakian via Mawar dikenal juga dengan jalur Jimbaran atau Sidomukti karena lokasinya yang dekat dengan Umbul Sidomukti. Banyak pendaki menyukai jalur ini karena hanya butuh tiga jam untuk bisa sampai ke puncak Ungaran dari Basecamp.

Medan yang dilalui pun cukup landai dan tidak terlalu berat di awal perjalanan dari basecamp hingga pos 4. Pada pos 1 hingga pos 2 Anda akan melewati hutan lereng Ungaran dengan jalan tanah yang sedikit menanjak.

Lalu dari pos 2 hingga pos 3 Anda akan menyeberangi sungai dan air terjun kecil yang begitu menyegarkan. Pos 3 ini dikenal juga dengan pos kolam renang atau pos kebun kopi yang bisa Anda jadikan tempat beristirahat.

Lanjut dari pos 3 jalan yang dilalui berubah menjadi jalan berbatu kebun kopi hingga sampai di kebun teh atau pos 4. Kebun teh ini merupakan titik temu dengan jalur pendakian dari Promasan menuju ke arah puncak Ungaran.

Lewat dari kebun teh jalur pendakian mulai ekstrim dan harus melewati jalan sempit, berbatu, dan terjal. Setelah melewati jalur ini Anda bisa tiba langsung menuju Puncak Ungaran dan melihat pemandangan indah Kota Semarang dan sekitarnya.

Via Promasan

Promasan bisa menjadi jalur pendakian alternatif bila Anda ingin menikmati keindahan jalur perkebunan teh. Waktu yang diperlukan untuk pendakian via Promasan atau Kebun Teh Medini ini sekitar 3 jam bahkan bisa lebih cepat.

Perjalanan dimulai dari basecamp melewati perkampungan menuju Kebun Teh Medini. Di rute ini Anda bisa menaiki ojek hingga tempat camping perkebunan teh atau persimpangan jalur lama pendakian mawar.

Baru setelahnya perjalanan pendakian sesungguhnya dilakukan dimana jalur mulai berganti menjadi tanah merah sempit dan terjal. Sangat sedikit sekali bonus atau jalan landai yang bisa Anda temukan, terkadang Anda juga harus melewati celah pohon untuk lewat.

Mendekati puncak jalanan berubah menjadi tebing batu berwarna hitam yang cukup licin dengan pemandangan yang indah. Setibanya di puncak pemandangan menakjubkan dari Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, hingga Sumbing dan Sindoro bisa terlihat bila tidak ada kabut.

Via Gedong Songo

Diantara jalur pendakian yang lain, jalur Gedong Songo ini menjadi yang tersulit karena medan batu menanjak yang cukup panjang. Pendakian dimulai dari kawasan hutan cemara setelah komplek Candi Gedong Songo.

Dari tempat ini tanjakan panjang langsung menyambut perjalanan Anda hingga tiba di kawasan hutan lamtoro. Di samping jalan terdapat jurang dalam yang tertutup ilalang sehingga Anda perlu ekstra hati-hati saat keluar dari area hutan.

Semakin ke atas medan yang Anda lalui semakin ekstrim tanjakan di jalur ini mencapai 60 derajat dengan berbagai rintangan. Bahkan sebelum menuju Puncak Botak, Anda harus merayap berpegangan akar dan rumput karena kemiringan tanjakannya sekitar 80 derajat.

Setelah tiba di Puncak Botak, Anda sudah sangat dekat untuk bisa sampai di Puncak Ungaran. Waktu yang Anda perlukan untuk pendakian ini pun hampir sama sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan dari Basecamp menuju puncak.

Mengunjungi Tempat Wisata di Sekitar Gunung Ungaran

Wisata Gunung Ungaran

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Perjalanan pendakian yang singkat dan tidak terlalu berat, sangat sayang bila langsung pulang. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitar basecamp dan kaki Gunung Ungaran salah satunya adalah Umbul Sidomukti.

Tempat wisata ini bisa menjadi tempat istirahat sekaligus Anda menyegarkan diri di kolam renang alami yang ada. Umbul sidomukti juga menyediakan penginapan serta restoran dengan menu makanan khas Semarang yang lezat.

Selain Umbul Sidomukti, Anda juga bisa berkunjung ke Candi Gedong Songo yang memiliki keindahan alam dan sejarah. Di tempat ini Anda juga bisa berendam air hangat alami dari hasil panas bumi yang bisa merelaksasi otot yang tegang.

Jangan lupa pula untuk membeli oleh-oleh Khas Semarang di jalan Anda pulang dari jalur pendakian. Dengan begitu waktu liburan Anda mengunjungi Gunung Ungaran bisa jadi sangat berharga dan begitu berkesan.

Harga Tiket Masuk Gunung Ungaran

Untuk masuk kawasan Gunung Ungaran, Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal. Cukup dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa mulai mendaki dari basecamp, untuk lebih jelas lagi berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
SIMAKSI Rp10.000,00
Camping Ground Kebun Teh Rp15.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari masing-masing pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan biaya yang Anda perlukan bila Anda ingin mendaki Gunung Ungaran.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi tempat wisata lain di Semarang dengan menggunakan paket tour Domestik dari Biro Perjalanan. Paket ini akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda, sehingga Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan tenaga selama berlibur di Semarang.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Ungaran

Gunung Ungaran terletak di kawasan hutan, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Lokasinya sangat mudah Anda tempuh terutama dari arah Jogja atau Solo karena pintu masuk menuju basecamp berada di tepi jalan.

Jaraknya sekitar 32 km dengan waktu tempuh 1.5 jam dari pusat Kota Semarang dalam keadaan jalan lancar. Anda bisa mendapatkan rute terbaik menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Anda berada.

Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir sewa fortuner Semarang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi. Sehingga Anda tidak perlu repot berkendara sendiri atau menghapal jalan yang harus Anda lalui.

Jam Operasional Gunung Ungaran

Gunung ini bisa Anda nikmati selama 24 jam penuh setiap hari nya tanpa batasan waktu. Hanya saja, untuk pelayanan basecamp biasanya berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 19.00 WIB dengan kuota 300 pendaki.

Waktu terbaik untuk berkunjung bisa saat sore hari lalu Anda lanjut camping di dekat puncak menyaksikan sunset dan sunrise. Sehingga dari tempat camping Anda bisa summit attack tanpa membawa barang berat.

Usahakan untuk datang saat musim kemarau agar perjalanan Anda terhindar dari hujan dan juga kabut. Dengan begitu Anda bisa menyaksikan dengan jelas pemandangan indah dari Puncak Gunung Ungaran.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Semarang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)