SalSari Resto & Coffee

Di Malang, khususnya di daerah Lawang ada sebuah hotel yang sangat terkenal. Hotel ini bernama Hotel Niagara Malang yang akhir-akhir ini viral karena cerita mistis dari para tamu yang menginapnya.

Salah satu hotel murah di Malang ini memang sedang naik daun. Tapi, apakah benar bahwa hotel ini angker? Sebelum menjawab hal itu, bagaimanapun hotel ini memiliki gaya arsitektur yang otentik sesuai tahun berdirinya.

Sekilas Tentang Hotel Niagara Malang

livingrrom Hotel Niagara

Hotel Niagara Lawang sudah ada sejak tahun 1918, jauh sebelum Indonesia menyatakan diri merdeka. Artinya, hotel ini berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Oleh sebab itu, bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Dari sisi eksteriornya, bangunan hotel ini menjulang tinggi di antara bangunan lain di sekitarnya. Eksteriornya berupa batu bata merah yang sangat kuno sehingga kesan spooky sudah bisa Anda rasakan.

Memasuki interior hotel juga seperti sedang menonton film jaman dulu yang bergaya kolonial. Sebenarnya tidak ada kesan horor dari interiornya, hanya saja mungkin Anda akan terbawa suasana film-film horor.

Jika berwisata ke Malang, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Innova Reborn Malang untuk menyaksikan hotel berusia lebih dari 100 tahun ini. Bila penasaran, coba juga untuk menginap.

Harga Hotel Niagara Malang

kamar Hotel Niagara malang

Harga Hotel Niagara Malang masih sangat terjangkau bahkan untuk kamar tipe Family. Masing-masing tipe kamar tentu saja menawarkan hal yang berbeda sesuai dengan harganya, terutama dalam hal fasilitas dan ukuran kamarnya.

Tipe Kamar Tarif
Classic Rp125.000,00
Standard Rp190.000,00
Superior Rp250.000,00
Deluxe Rp325.000,00
Family Rp400.000,00

Tentunya tarif harga yang tertera pada tabel di atas masih dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan pengelola. Terutama saat high season dan musim liburan kemungkinan tarif menginap akan mengalami kenaikan. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengecek harga terkini dan reservasi kamar di aplikasi booking online.

Lokasi Hotel Niagara Malang

Lokasi Hotel Niagara Malang beralamat di Jl. Dr. Sutomo No.63, Krajan, Turirejo, Kec. Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Letaknya sekitar 17 km dari pusat kota Malang, cukup dekat dan ada di sebelah jalan raya.

Jika dari Malang, rutenya bisa menggunakan Jalan Raya Malang – Gempol. Saat memasuki Lawang, hotel bisa Anda lihat dari seberang jalan. Jika menggunakan tol juga bisa, nanti keluar di exit tol Lawang. Seteleh itu bisa Anda lanjutkan menggunakan Google Maps untuk menuju lokasi hotel.

Daya Tarik Hotel Niagara Malang

Ada beberapa daya tarik yang membuat hotel ini layak untuk menjadi wisata sejarah sekaligus horor. Ya, sesekali ketika berada di Malang jangan hanya pergi ke kebun buah apelnya, rasakan juga sensasi menginap di sini.

Berusia Lebih dari 100 Tahun

Fritz Joseph Pinedo, ia adalah seorang arsitek profesional yang terkenal di era Belanda menjajah Indonesia. Ia sendiri adalah keturunan dari Portugis dan Brasil. Ia adalah sosok yang ada di balik desain Hotel Niagara Malang.

Bangunan setinggi 35 meter ini memakan waktu pembangunan dari awal hingga selesai, sekitar 15 tahun lamanya. Memang lama, tapi hasilnya masih bisa Anda lihat hingga sekarang berusia lebih dari 100 tahun.

Sebab hotel ini berdiri sejak tahun 1918 dan masih kokoh hingga saat ini. Adapun untuk gaya arsitekturnya adalah perpaduan antara Victoria, Cina, Belanda dan Brasil. Ini bisa Anda lihat dari eksterior maupun interiornya.

Di bagian eksterior terlihat bangunan tinggi ini memiliki warna pink pastel dengan beberapa ornamen kuno. Jendela berukuran besar juga bisa Anda lihat dari luar. Jendela ini menghadap ke kota Lawang.

Awalnya Villa Pribadi

eksterior Hotel Niagara

Sebelum resmi menjadi Hotel Niagara Malang Jawa Timur, bangunan ini adalah villa pribadi miliki Liem Sian Joe. Ia adalah seorang pengusaha kaya keturunan Tionghoa dan menetap di Malang.

Pada tahun 1960, ahli waris dari pemilik menjual bangunan villa ini kepada Ong Kie Tjay. Dia adalah pengusaha etnis Tionghoa yang tinggal di daerah Surabaya. Ong Kie Tjay kemudian melakukan renovasi bangunan ini.

Ia mengubah villa menjadi hotel dan namanya dari dulu hingga sekarang tidak berubah. Adapun yang mengurusnya adalah Ongko Budihartanto. Ia adalah general manager hotel sekaligus anak dari Ong Kie Tjay.

Dari sekian banyaknya kamar, hanya beberapa saja yang disewakan. Artinya, sisa kamarnya tidak digunakan sebagai tempat menginap. Hanya kamar yang memiliki kamar mandi dalam yang bisa Anda sewa.

Cerita Angker dan Mistis

Hotel Niagara Malang dengan mudah viral di media sosial terutama Tiktok lantaran ada pengguna yang mengunggah video saat ia menginap. Dalam videonya, ia menantang netizen yang memiliki uji nyali untuk menginap.

Belum lagi cerita mistis yang menyertainya. Konon, ada yang mengatakan bahwa hotel ini dulunya menjadi tempat penyiksaan para tahanan Belanda. Bahkan ada yang menyebut sebagai tempat bunuh diri.

Tidak sedikit pula yang mengalami hal-hal mistis seperti melihat penampakan makhluk halus seorang gadis berpakaian ala Victoria yang berjalan-jalan. Ada juga yang mendengar suara musik klasik.

Bahkan, ada yang mengatakan mendengar keriuhan pesta sampai pada gejala Poltergeist. Poltergeist adalah istilah paranormal untuk menyebut benda yang melayang dengan sendirinya, tanpa ada yang mengangkat.

Kesan mistis dan angker ini semakin terasa dengan interior yang bergaya kolonial, furnitur tua hingga kamar mandi yang spooky. Sehingga wajar ketika Anda masuk ke dalam hotel ‘auranya’ sedikit berbeda.

Wisata Kuliner

restoran Hotel Niagara

Hotel Niagara berada di pusat keramaian, di Kecamatan Lawang. Oleh sebab itu, di dekat hotel ada minimarket, Pasar Lawang, warung dan banyak lagi. Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kulinernya.

Di dekat hotel ada banyak tempat wisata kuliner khas Malang yang enak. Mereka menyajikan berbagai menu makanan yang khas. Sehingga menginap di hotel ini tidak perlu khawatir jika kelaparan di malam hari.

Spot Foto Estetik

spot foto Hotel Niagara

Bangunan interior yang bergaya klasik dengan ornamen kolonial dan Victoria ini bisa menjadi spot foto estetik. Apalagi furniturnya juga memiliki desain jadul sehingga terlihat unik ketika berfoto.

Hampir di setiap sudut di hotel ini menawarkan spot foto yang instagramable. Anda tinggal memilih di mana dan berpose seperti apa. Misalnya duduk di kursi jadul atau berdiri di balkon menghadap kota.

Fasilitas Hotel Niagara Lawang

Hotel Niagara malang

Memang, hotel ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata alam Malang terkenal, apalagi lokasinya strategis dan fasilitasnya cukup lengkap. Kelas hotel ini sendiri adalah hotel bintang 1 atau 2, jadi jangan berharap banyak.

Beberapa fasilitas di antaranya AC, jendela besar dan balkon yang menghadap ke kota, TV jadul (tanpa remot) dan lain-lain. Pemandangan dari balkon di malam hari cukup indah dengan kerlap kerlip lampu.

Fasilitas lain ada Wi-Fi di area hotel. Walau bangunan hotel ini jadul, tapi Anda tidak perlu khawatir tentang jaringan internet. Selain itu, ada area parkir yang luas hingga bisa menampung beberapa bus besar.

Jika merasa lapar dan tidak ingin pergi ke luar Hotel Niagara Malang, sudah ada restoran dan cafe yang menyajikan berbagai makanan khas Malang lezat. Rasanya juga yummy dengan harga yang terjangkau.

Jam Buka Hotel Niagara Malang

Hotel Niagara Malang buka setiap hari selama 24 jam. Untuk menginap, sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu. Bisa melalui kontak resepsionis hotel atau melalui aplikasi booking online. Sebelum datang ketahui mengenai kebijakan waktu chek in terlebih dahulu.

Adapun Hotel Niagara Malang menerapkan kebijakan check in pada mulai pukul 14.00, dan check out sebelum pukul 12.00 WIB. Bila ingin check in lebih awal bisa menghubungi kontak resepsionis untuk mengetaui prosedurnya.

Lokasi hotel yang strategis, membuat Anda mudah untuk berburu oleh-oleh khas Malang kekinian. Apalagi di pusat kota Malang, ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa Anda beli dan bawa pulang.

Agar perjalanan dan liburan di Hotel Niagara Malang lebih nyaman, Anda bisa menggunakan jasa dan paket wisata dari Salsa Wisata. Sebagai agen pariwisata berpengalaman, Salsa Wisata akan memberikan layanan terbaik.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (6 votes)