SalSari Resto & Coffee

Anda mungkin berpikir Karawang hanyalah kota industri yang monoton tanpa tempat wisata yang menarik. Namun, nyatanya kawasan industri ini memiliki banyak tempat wisata Instagramable di Karawang. Salah satunya yaitu Hutan Kertas!

Wisata alam yang sudah beroperasi sejak 2017 ini menghadirkan panorama alam yang indah. Dengan luas 1,5 hektar, wisata alam ini menyediakan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari berfoto, bersantai, piknik, makan, maupun camping.

Jika ingin merasakan suasana yang sama dengan lokasi yang lebih jauh, Anda bisa berkunjung ke Hutan Pinus di jogja. Tidak perlu repot-repot menyusun destinasi wisata, Anda bisa membeli paket wisata Jogja murah.

Sekilas Tentang Hutan Kertas

wisata alam hutan kertas karawang

Tempat wisata ini berdiri di atas lahan milik PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills yang merupakan perusahaan penghasil kertas. Perusahaan tersebut merupakan salah satu anak perusahaan dari Sinar Mas Group. Meskipun begitu, tempat wisata ini bukanlah milik Sinar Mas Group.

Semua berawal dari kejelian para pemuda yang menemukan potensi lahan Pindo Deli sebagai tempat penghijauan eucalyptus dan acacia. Pohon-pohon berbunga itu, mengundang masyarakat untuk datang. Area ini pun menjadi spot tongkrongan masyarakat, khususnya remaja.

Akhirnya, pada tahun 2017, Firdaus Hoerul Baqi mengirimkan proposal izin usaha kepada Pindo Deli. Bak gayung bersambut, Pindo Deli langsung memberi izin pemanfaatan lahan, asalkan dikelola dengan baik. Namun, ada syarat lainnya, Daus harus siap melepaskan area tersebut, jika sewaktu-waktu perusahaan membutuhkannya.

Saat ini Daus sedang memikirkan cara untuk memajukan tempat wisata ini. Kabar baiknya, Pemerintah Daerah sudah me-notice wisata alam ini dan menyuruh pihak pengelola untuk mendaftarkannya dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Sayangnya, wisata alam ini kalah, sehingga pengelola harus memutar otak untuk membuat wisata alam ini lebih menarik lagi.

Lokasi dan Rute Menuju Hutan Kertas

Tempat wisata ini berlokasi di Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat. Meskipun berada di kawasan industri, wisata alam ini sudah terkenal, dan letaknya sangat strategis, sehingga Anda akan mudah menemukannya.

Karena letaknya di Karawang, maka akan mudah mencapainya bagi Anda yang berdomisili di Bekasi. Dalam waktu kurang lebih 1 jam, Anda sudah sampai di lokasi wisata alam ini.

Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil Innova Zenix Bekasi harian murah.

Dari manapun Anda berangkat, Anda cukup memasuki Tol Jakarta-Cikampek dan keluar di pintu Tol Karawang. Setelahnya, ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke kawasan industri. Lalu, belok ke gang pertama tempat pabrik kertas Pindo Deli berada, dan terakhir, belok kiri untuk sampai ke lokasi.

Jam Buka Hutan Kertas

Jam Buka Pukul
Senin – Kamis 08.00 – 23.00 WIB
Jumat 08.00 – 00.00 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 23.00 WIB

Harga Tiket Hutan Kertas

Untuk menikmati wisata alam aesthetic ini, harganya sangat murah. Apalagi di dalam area, Anda bisa menukar tiketnya dengan kentang goreng dan es teh manis.

Retribusi Tarif
Tiket weekdays dewasa Rp15.000,00
Tiket weekend dewasa Rp20.000,00
Tiket anak usia dibawah 8 tahun dan lansia Rp5.000,00
Parkir kendaraan Rp3.000,00 – Rp5.000,00

Daya Tarik Hutan Kertas

daya tarik hutan kertas karawang

Spot Foto Instagrammable

Sama seperti Hutan Pinus Sentul, wisata alam yang penuh dengan pohon eucalyptus dan acacia ini juga memiliki spot-spot instagrammable!

Jalanan setapak di tengah pohon-pohon yang menjulang tinggi, tampak sangat cantik menjadi latar foto pengunjung. Apalagi, kalau dedaunannya sedang berguguran! Akan tampak seperti musim gugur!

Selain itu, ada area-area lainnya, seperti lingkaran-lingkaran yang mengelilingi jalan, jembatan-jembatan, serta kafe dan restoran yang super aesthetic.

Karena itu, tidak heran jika wisata alam ini membuka jasa foto prewedding. Untuk menyewa jasa foto ini, pengunjung harus membayar sebesar Rp200.000,00. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk dan semua tiket fasilitas untuk tiga orang.

Sky Paper

Salah satu jembatan yang terkenal di tempat wisata ini yaitu sky paper. Jembatan ini lumayan tinggi dan panjang. Bentuknya yang melengkung dan terlihat mudah terbawa angin, mungkin akan membuat beberapa orang takut.

Namun, jika sudah sampai disini, sebaiknya Anda mencobanya! Karena jembatan ini juga sangat aesthetic untuk menjadi latar foto. Untuk menaiki jembatan ini, Anda harus membayar tiket tambahan seharga Rp10.000,00.

Beristirahat dan Berpiknik

Setelah puas berfoto, Anda bisa duduk-duduk dan menikmati semilir angin di hutan ini. Wisata alam ini menyediakan banyak gazebo berukuran sedang untuk keluarga. Selain gazebo, wisata alam ini juga menyediakan hammock-hammock berwarna-warni.

Sambil duduk-duduk, Anda bisa sekalian menyantap makanan dan berpiknik di tengah hutan. Wisata alam ini mengijinkan pengunjung untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Namun, jika malas membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir, karena wisata alam ini memiliki restoran dan kafe.

Restoran ini menjual berbagai makanan, termasuk makanan tradisional Indonesia. Anda bisa makan di gazebo, maupun di restorannya. Harga makanan di restoran ini sangat ramah di kantung.

Suasana di malam hari

Bagi yang tinggalnya di sekitar Karawang, sebaiknya Anda berkunjung kesini di malam hari! Suasana wisata alam ini akan jauh lebih indah di malam hari. Lampu-lampu LED nya akan menyala semua!

Fasilitas Hutan Kertas

fasilitas hutan kertas karawang

Secara keseluruhan fasilitas di wisata alam Hutan Kertas sudah cukup lengkap dan memadai. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Tempat parkir yang luas
  • Mushola
  • Cafe
  • Spot foto
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Meeting Room
  • Camping Ground
  • Sewa peralatan camping
  • Toko Souvenir

Segera cari tanggal kosong dan ajak keluarga Anda untuk bermain di tempat Instgramable Karawang satu ini. Kelengkapan fasilitas, suasana yang nyaman, dan spot foto Instagramable pasti akan membuat betah berlama-lama di sini, terutama buat yang suka tempat estetik.

Untuk memudahkan agenda liburan mu di Karawang, gunakan agen travel seperti Salsa Wisata yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan telah melayani ribuan tamu. Ada banyak pilihan paket wisata domestik yang bisa Anda pilih di rencana liburan selanjutnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)