earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ingin mencoba wisata yang lain daripada yang lain? Sudah terlalu biasa liburan ke kebun binatang, pantai, dan taman rekreasi? Coba sesekali liburan ke Istana Negara.

Bukan hanya tamu kenegaraan saja yang bisa datang berkunjung ke Istana Kepresidenan yang ada di Jakarta ini. Masyarakat umum juga boleh mengunjungi Istana Kepresidenan dan berwisata di sekitarnya.

Ada banyak hal menarik yang akan Anda jumpai di tempat wisata spesial ini. Salah satunya adalah bangunan istana itu sendiri.

Anda yang belum pernah memiliki pengalaman liburan di tempat penting ini pasti sangat penasaran tentang istana ini, bukan? Berikut kami bagikan informasinya secara lengkap.

Sekilas Tentang Istana Negara Jakarta

Istana Negara adalah satu dari enam istana kepresidenan yang terletak di Jakarta, tepatnya di Jalan Veteran, kawasan yang terkenal dengan oleh-oleh khas Jakarta yang murah.

Bangunan istana ini memiliki usia cukup tua karena dibangun pada tahun 1796 sampai tahun 1804. Lokasi bangunan ini tepat di belakang Istana Merdeka, posisi keduanya saling membelakangi.

Kompleks istana ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Kantor Presiden, Masjid Baiturrahim, Wisma Negara, dan juga Museum Istana Kepresidenan.

Bagi masyarakat atau warga sipil yang ingin melakukan wisata di istana, ada beberapa cara yang dapat Anda pilih.

Cara yang pertama adalah melalui Program ISTURA. Program dengan nama ISTURA ini kepanjangan dari Program Istana Untuk Rakyat. Dengan program ini, siapa saja boleh masuk dan tour keliling ke kawasan istana.

Lalu, cara yang kedua adalah dengan datang langsung ke istana lalu mendaftar. Silahkan Anda mendaftarkan diri pos pendaftaran yang telah tersedia.

Pihak istana akan menyambut baik dan menerima kunjungan wisatawan baik individu maupun rombongan. Kunjungan wisata ini hanya berlaku untuk hari Sabtu dan Minggu saja, sedang hari biasa, pihak istana tidak menerima kunjungan wisata.

Daya Tarik Istana Negara

istana negara indonesia

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Istana Negara memiliki daya tarik yang sangat istimewa karena ada banyak nilai sejarah yang tersimpan di sini. Adapun daya tarik yang disuguhkan oleh tempat nomor satu di Indonesia ini antara lain:

4 Situs bangunan Penting Istana

Sedikitnya ada 4 situs bangunan penting dan bersejarah yang ada di kompleks istana ini, yaitu:

  1. Kantor Kepresidenan
  2. Wisma Negara
  3. Museum Istana Kepresidenan
  4. Masjid Baiturrahman.

Masing-masing situs bangunan di atas mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Kantor Kepresidenan, misalnya, menjadi kantor utama presiden.

Wisma kepresidenan di sini berfungsi sebagai rumah dinas presiden dan keluarga. Untuk area ini, tidak semua area dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

Museum Istana Kepresidenan digunakan sebagai tempat untuk menyambut tamu kenegaraan seperti Gedung Agung di kompleks Keraton Yogyakarta.

Bangunan museum ini juga menjadi tempat untuk berbagai jenis koleksi sejarah seperti salah satunya adalah Bendera Merah Putih pertama.

Area sekitar Masjid Baiturrahman juga tak kalah bagus untuk menjadi spot wisata di dalam kompleks istana ini. Banyak wisatawan yang memanfaatkan area pelataran masjid sebagai spot foto.

Spot Foto Otentik dan Megah

Abadikan setiap momen liburan Anda di istana via kamera handphone Anda. Memang ada beberapa area yang tidak boleh Anda foto. Ada juga cukup banyak area lainnya yang boleh diambil gambarnya.

Salah satunya adalah halaman depan istana. Bangunan berwarna putih lengkap dengan pilar-pilar besarnya pastinya akan menjadi background selfie atau wefie yang megah.

Terlebih ada taman mungil di sisi kanan -kirinya. Taman yang terlihat hijau ini begitu kontras dengan bangunan istana yang didominasi oleh warna putih.

Belum lagi lampu-lampu gantung yang terbuat dari kristal yang semakin menambah nilai kemegahan istana ini.

Fasilitas di Istana Negara

Karena pada dasarnya tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata umum, tidak banyak fasilitas yang bisa Anda temui di sini.

Hanya ada beberapa fasilitas umum saja yang tersedia seperti toilet, area parkir, dan pos pendaftaran.

Area parkir untuk para wisatawan berada di zona yang berbeda dengan area parkir para staf yang bekerja di istana. Meski demikian, area parkir ini tetap mendapat penjagaan dari petugas.

Untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti warung makan, hanya bisa temui di luar kawasan istana.

Ada beberapa warung makan yang menjual aneka makanan khas Jakarta dan masakan Nusantara yang letaknya cukup dekat dengan istana.

Anda bisa mampir sebentar untuk mengisi perut Anda sebelum mengikuti tur istana. Sebab, selama tur, ada larangan untuk tidak membawa barang tertentu termasuk bekal makanan.

Harga Tiket Masuk Istana Negara

Setiap wisatawan yang ingin melakukan kunjungan wisata ke istana ini tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena benar-benar gratis. Namun Anda harus menitipkan kartu identitas Anda, terutama KTP, kepada petugas.

Tim petugas lalu akan menukarkan KTP Anda dengan ID card untuk masuk ke dalam kompleks istana. Anda hanya perlu menunggu di ruang pendaftaran.

Wisatawan yang akan mengikuti tur wajib mematuhi peraturan, seperti:

  • Berpakaian rapi dan sopan
  • Tidak diperbolehkan memakai sandal jepit
  • Tidak membawa tas, handycam, kamera, makanan dan minuman

Wisatawan boleh membawa Smartphone dan dompet. Akan tetapi, Smartphone wajib dalam kondisi dimatikan selama mengikuti tur.

Nantinya tiap rombongan akan ditemani oleh seorang pemandu khusus dari istana. Pemandu ini berasal dari staf istana yang sudah terlatih seperti pemandu di Museum Dirgantara.

Lokasi dan Rute Menuju Istana Negara

lokasi istana negara

Istana tempat Presiden Jokowi ini berada terletak di Jalan Veteran, Jakarta. Lokasinya sangat strategis sehingga dapat Anda jangkau dengan menggunakan Trans Jakarta dan kendaraan pribadi.

Bangunan istana ini juga menghadap Taman Monas sehingga lokasi ini juga dapat Anda akses melalui monumen tersebut.

Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi tentu akan lebih mudah untuk menuju ke lokasi istana ini, yaitu langsung saja ke arah Jalan Veteran.

Namun wisatawan yang menggunakan transportasi umum, khususnya TransJakarta, akan sedikit rumit karena nantinya akan melewati beberapa halte.

Oleh karenanya, kami punya solusi bagi wisatawan yang ingin liburan ke istana ini dengan mudah dan praktis. Solusinya adalah dengan menggunakan paket sewa mobil dari Salsa Wisata.

Kami memiliki banyak produk paket untuk city tour semacam ini. Untuk city tour keluarga, rekomendasi paket yang terbaik adalah paket sewa mobil alphard Jakarta. Selain gesit dan mungil, tarif sewanya juga murah.

Jam Operasional Istana Negara

Tur istana hanya berlaku untuk kunjungan wisatawan setiap hari Sabtu dan Minggu pada waktu tertentu. Anda bisa mendaftar mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.00 WIB, sedang waktu tur-nya mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Memang menarik untuk tahu lebih banyak tentang istana di mana presiden kita tinggal dan bekerja.

Karena banyak yang penasaran dengan area dalam istana dan sekitarnya, pemerintah pada akhirnya mengizinkan istana ini menjadi lokasi kunjungan wisata.

Mungkin Anda salah satu yang berminat? Jika iya, kami, Salsa Wisata siap membantu melancarkan agenda liburan Anda.

Dengan paket wisata yang kami tawarkan ini, Anda tidak perlu memikirkan soal akomodasi dan transportasi. Kami yang akan memenejnya untuk Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)