SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tugu Monumen Nasional alias Monas adalah salah satu situs bangunan bersejarah yang ada di Ibu Kota Jakarta. Bangunan dengan puncak emas menjadi ikon utama sekaligus tempat wisata favorit Kota DKI Jakarta.

Sama seperti Tugu Jogja di Yogyakarta, monumen ini adalah saksi sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam rangka meraih Kemerdekaan RI.

Dari awal dibangun hingga kini, monumen ini berdiri dengan gagahnya di kawasan center Kota Jakarta, tepatnya di Lapangan Merdeka.

Sejarah Monumen Nasional Jakarta

Pembangunan situs bersejarah ini mempunyai sejarah yang panjang. Monumen nasional ini juga dibangun secara bertahap. Ide pembangunan monumen ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1960 oleh Soekarno.

Melalui sebuah sayembara, beliau lalu bertemu dengan Frederich Silaban yang kemudian terpilih menjadi perancang resmi monumen bersejarah ini.

Saat itu Soekarno ingin monumen ini berbentuk Yoni dan Lingga. Sayangnya ide ini menuai kontroversi karena dinilai akan membutuhkan dana besar.

Pasalnya, pada saat itu, Indonesia masih berstatus sebagai negara ‘baru’ dengan kondisi keuangan yang tidak stabil.

Namun pada akhirnya mimpi Sang presiden terealisasi berkat bantuan dana hibah serta bantuan dari para pengusaha.

Dengan menggunakan jasa arsitek RM Soedarsono, monumen ini kemudian mulai dibangun.

Harga Tiket Masuk Monumen Nasional (Monas)

Melansir dari akun Instagram-nya, harga tiket masuk tempat ini mengalami kenaikan, khususnya bagi pengunjung usia dewasa.

Untuk lebih detailnya, berikut info harga tiket masuknya:

Retribisi Tarif
Tiket Masuk Museum Rp2.000,00 (anak)

Rp2.000,00 (pelajar)

Rp3.000,00 (mahasiswa)

Rp5.000,00 ((dewasa)

Tiket ke Puncak Monas Rp4.000,00 (anak)

Rp4.000,00 (pelajar)

Rp8.000,00 (mahasiswa)

Rp15.000,00 (dewasa)

Ingin liburan yang pasti-pasti murah, pakai saja layanan dari Salsa Wisata. Banyak paket liburan murah yang bisa Anda dapatkan di tempat kami.

Mulai dari paket gathering, karya wisata, hingga bulan madu semua tersedia. Untungnya lagi semua biayanya bisa Anda sesuaikan dengan budget liburan yang sudah Anda siapkan.

Fakta Menarik Tentang Tugu Monumen Nasional

sejarah monas

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke monumen ini pastinya sangat takjub dengan bangunan bersejarah ini, bukan? Monumen ini memang memiliki cukup banyak fakta menarik.

Misalnya adalah beberapa fakta menarik yang akan dibahas kali ini.

Pembangunan Monas Melalui 3 Tahap

Proses pembangunan tugu ini melalui 3 tahap. Tahap pertama dikerjakan pada tanggal 17 Agustus 1961. Di tahap ini, pembangunan difokuskan pada realisasi konstruksi sesuai dengan desain.

Terdapat 284 pasak beton ditanam sebagai fondasi bangunan. Pembuatan fondasi ini berlangsung hingga tahun 1963.

Pembangunan tahap kedua dimulai pada tahun 1966 hingga tahun 1968. Proses pembangunan pada tahap kedua ini sempat ditunda karena terjadinya Peristiwa G30S PKI.

Sedang pembangunan tahap terakhir dimulai pada tahun 1969 hingga tahun 1976. Fokusnya adalah penambahan diorama dan spot museum sejarah.

Setelah proses pembangunan telah rampung, Presiden Soekarno meresmikan monumen ini pada tanggal 12 Juli 1975.

Menawarkan Ragam Wisata Edukasi dan Sejarah

Di dalam tugu ini terdapat sebuah museum yang dinamakan Museum Sejarah Nasional. Luas museum ini sekitar 80×80 meter persegi. Di dalamnya berisi beragam koleksi foto peristiwa sejarah.

Spot Foto Kekinian dan Instagramable

spot foto di monas

Salah satu spot Instagramable di lokasi wisata ibu kota ini adalah Air Mancur Menari lengkap dengan efek lighting-nya yang sangat cantik. Untuk mendapatkan hasil selfie terbaik di sini, sebaiknya datang saat malam hari.

Lighting estetik akan terlihat warna-warni bersamaan dengan gerakan tarian air mancur ini.

Taman Kota dan Jogging Track

Pelataran tugu bersejarah ini dilengkapi dengan taman kota besar nan hijau yang mengelilingi seluruh kawasan. Di sekitar taman terdapat jogging track.

Tempat ini sering menjadi pilihan utama bagi warga Jakarta untuk menghabiskan waktu akhir pekan mereka bersama keluarga. Misal, dengan jogging di pagi hari atau sekedar piknik di area hutan mini di samping taman.

Puncak Monas

puncak monas

Tugu dengan tinggi 132 meter ini memiliki sebuah obelisk yang diletakan di puncak. Obelisk ini berbentuk lidah api yang sedang berkobar dan terbuat dari emas dengan berat 50 kg.

Kobaran api pada tugu ini menyimbolkan spirit perjuangan Indonesia yang selalu bergelora.

Menikmati Kuliner Langka Jakarta

Saat akhir pekan, tempat ini juga biasa ramai oleh para pedagang. Jajanan yang mereka jual pun beragam salah satunya makanan khas Jakarta yang sudah sulit ditemukan yaitu kerak telor.

Banyak pengunjung yang sengaja datang ke Monas hanya untuk bisa menikmati jajanan satu ini. Selain kerak telor, ada pula camilan serta makanan ringan kekinian yang bisa Anda coba.

Pokoknya tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin piknik santai di akhir pekan bersama keluarga.

Fasilitas Monumen Nasional

Untuk fasilitas, tugu Monas telah memiliki sejumlah fasilitas umum yang sangat memadai.

Beberapa macam fasilitas umum yang dapat digunakan oleh para pengunjung contohnya toilet umum serta area parkir.

Selain fasilitas umum tersebut, pemerintah kota juga menyediakan bus wisata bagi para pengunjung. Bus ini akan membawa Anda berkeliling kawasan monas dan melihat kemegahan bangunan di sekitarnya.

Pengalaman serupa bisa pula Anda rasakan ketika mengunjungi Kota Lama di Semarang.

Lokasi dan Rute Menuju Monumen Nasional

Monumen nasional ini berada tepat di jantung Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Alamat tepatnya di Jalan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat.

Lokasinya sangat strategis dan dapat Anda jangkau dari arah mana saja. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ke lokasi ini.

Lokasinya yang strategis ini juga memungkinkan pengunjung untuk menggunakan moda transportasi umum untuk dapat sampai di tempat wisata Jakarta ini.

Jika Anda menggunakan MRT Jakarta, Anda bisa berhenti di Stasiun Lebak Bulus. Dari sini, perjalanan Anda lanjutkan ke arah Fatmawati, lalu ke Senayan, lanjut lagi ke Sudirman hingga sampai di Bundaran HI.

Nah, dari Bundaran HI Anda bisa memanfaatkan transportasi bus tingkat hingga ke tempat tujuan. Fasilitas ini dapat Anda nikmati secara gratis karena sudah pemerintah kota sediakan.

Atau mungkin ingin mencoba trip dalam kota yang lebih private, menyewa mobil akan menjadi ide terbaik. Di Jakarta sendiri memang ada banyak sekali pilihan jasa rental kendaraan.

Salah satu yang terbaik adalah Salsa Wisata. Ragam pilihan kendaraan tersedia dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perjalanan.

Rental Alphard Jakarta, misalnya, akan menjadi pilihan paling tepat untuk Anda yang mengincar harga sewa murah namun tetap nyaman.

Jam Operasional Monumen Nasional

tugu monas malam hari

Masih bersumber dari akun Instagram resminya, tempat wisata tugu ini buka setiap hari, kecuali Senin, dari jam 08.00 – 21.00 WIB. Setiap Senin, wisata tugu nasional ini akan tutup.

Jadi, pastikan bahwa Anda berkunjung di hari yang tepat. Agar liburan Anda semakin sempurna dan seru nantinya.

Memilih liburan di ibu kota juga tidak akan kalah seru dari destinasi menarik di daerah lain yang populer seperti Surabaya North Quay di Surabaya.

Apalagi jika menggunakan jasa tour organizer terbaik seperti Salsa Wisata.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Selain praktis dan hemat budget sebab transportasi, penginapan, dan tiket sudah termasuk paket, trip liburan Anda pun akan jauh lebih praktis dan nyaman.

Anda juga dapat membuat itinerary sendiri berkat layanan custom tour dari Salsa Wisata. Kunjungi berbagai tempat baru yang Anda inginkan dengan budget serta durasi sesuai impian perjalanan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jakarta



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)