SalSari Resto & Coffee

Warga Tangsel patut berbangga karena kini telah hadir Jaletreng Riverpark yang lagi hits. Tempat wisata Tangerang BSD terbaru ini kabarnya mirip dengan wisata Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Meski terbilang baru, taman rekreasi ini kini populer berkat dukungan fasilitasnya yang lengkap dan suguhan panoramanya yang asri. Selama di sini, pengunjung dapat melihat sungai, danau, taman, dan bukit kecil.

Sekilas Tentang Jaletreng Riverpark

kampung Jaletreng serpong

Jaletreng Riverpark Kota Tangerang Selatan Banten adalah sebuah kawasan taman rekreasi yang terletak di tepian sungai. Tempat ini berlokasi di Taman Kota 2 BSD Jaletreng atau yang sekarang sudah menjadi Hutan Kota Tangerang Selatan.

Taman yang baru beroperasi tahun 2021 ini memiliki luas sekitar 7,2 hektar. Areanya terdiri dari sungai, taman, dan juga pusat bermain dan hiburan, terutama untuk anak-anak.

Menariknya lagi, di sisi aliran sungai, terdapat promenade yang membentang hingga lebih dari 100 meter. Tepat di bantaran sungai juga terdapat jalur yang biasa ramai oleh pengunjung.

Pengunjung biasanya menggunakan jalur tersebut untuk jalan santai, bermain sepeda, skateboard, hingga sepatu roda. Di sini juga tersedia jalur disabilitas untuk pengguna berkursi roda.

Lokasi Jaletreng Riverpark

Alamat Jaletreng Riverpark berada di dalam kawasan Taman Kota 2 BSD, Serpong, Tangsel, Banten. Aksesnya sangat mudah dan dapat Anda jangkau dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Soal rute, pilih rute Tol Kunciran menuju Serpong bila Anda berangkat dari Kota Jakarta. Waktu tempuhnya cukup singkat, yaitu 30 menit saja. Untuk detail rute, Anda boleh gunakan Aplikasi Google Maps.

Opsi lainnya yang lebih mudah dan efektif adalah dengan menggunakan layanan rental mobil Xpander Tangerang. Salsa Wisata siap fasilitasi Anda dengan armada terbaik, nyaman, dan driver yang berpengalaman.

Rute menuju Jaletreng Riverpark sangat mudah dijangkau karena lokasinya yang berada di taman kota Tangerang. Pengunjung bisa gunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi ke sini.

Jam Buka Jaletreng Riverpark

Taman wisata ini beroperasi dan menerima kunjungan wisatawan setiap hari. Tidak ada batasan jam operasional di taman rekreasi ini. Artinya, jam buka Jaletreng Riverpark ini adalah 24 jam penuh.

Akan tetapi, untuk beberapa fasilitas tertentu seperti street foods, pusat sewa ATV dan wahana permainan lainnya, ada batasan jam operasional. Rata-rata fasilitas tersebut mulai beroperasi dari jam 06.00 sampau jam 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Jaletreng Riverpark

Tak beda jauh dengan Taman Kota Tangerang, harga tiket masuk Jaletreng Riverpark ini adalah nol rupiah. Anda tidak perlu keluarkan biaya satu rupiah pun untuk bisa memasuki kawasan taman rekreasi ini.

Anda cukup membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. Untuk nominal biaya parkirnya, Anda dapat cek pada tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Jaletreng Riverpark

Taman hiburan ini semakin menyedot banyak perhatian masyarakat setelah mengalami renovasi. Jika berkunjung ke sini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dari hasil desain ruang publik yang menarik.

Lalu, ada hal menarik apa saja selain wisata kuliner Tangerang Selatan yang ada di sini? Mari simak informasi selengkapnya.

Area Promenade

Salah satu daya tarik yang bisa Anda temui di sini adalah area promenade di tepian sungai. Warnanya sangat mencolok dan estetik untuk menjadi spot foto kekinian dan instagramable.

Anda bisa tambahkan koleksi foto liburan Anda dengan latar promenade ini. Pasti akan sangat estetik dan siap tuai pujian di media sosial.

Nongkrong Asik Menikmati Pemandangan

Jaletreng Riverpark kota tangerang selatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa area wisata ini menawarkan perpaduan pemandangan alam dan desain tata ruang yang sangat bagus. Anda yang berkunjung ke sini akan takjub dengan keindahan tempat tersebut.

Jika melihat dari atas, Anda akan menyaksikan aliran sungai yang lurus sepanjang 100 meter dengan pepohonan di kedua sisinya.

Anda juga bisa melihat keindahan bangunan yang mengapitnya. Ada juga jogging track yang sangat indah dan biasa digunakan untuk beragam aktivitas pengunjung.

Cara terbaik menikmati pemandangan tersebut adalah dengan duduk santai sembari menikmati makanan jajanan yang bisa Anda beli di toko oleh-oleh khas Tangerang terdekat.

Jalan-jalan ke Danau

Tidak terlalu jauh dari lokasi sungai, ada danau yang juga menjadi spot favorit para pengunjung. Anda bisa melihat hiasan tanaman yang menawan di salah satu sudut danau tersebut.

Jika berada di taman tersebut, maka Anda dapat melihat pemandangan danau secara langsung. Taman ini juga menjadi favorit para pengunjung ketika ingin duduk-duduk dan menikmati keindahan danau.

Anda yang membawa anak-anak bisa mengajak mereka untuk bermain di playground. Lokasi area bermain ini bersebelahan dengan taman sehingga Anda bisa mengawasi anak-anak yang bermain.

Di lokasi yang tak jauh dari gerbang masuk, Anda dapat menemukan foodcourt dengan beragam pilihan kios makanan. Ada berbagai menu yang disajikan di sana. Seperti makanan khas Tangerang yang terkenal hingga berbagai jajanan.

Sejuknya Area Hutan

Jika menelusuri jogging track yang berada di tepian sungai, Anda akan dibawa ke area hutan. Lokasinya tak jauh dari taman. Jalur ini melingkar mengelilingi taman hingga memasuki kawasan sungai.

Jalur pedestrian yang terdapat di kawasan hutan juga bisa berfungsi sebagai jalur sepeda. Suasananya sendiri sangat sejuk karena penuh dengan pepohonan yang berdaun rindang.

Jadi, Anda tak perlu cemas akan sengatan sinar matahari saat sedang jogging, bersepeda, ataupun jalan-jalan biasa.

Playground

Taman bermain anak tak hanya dapat Anda temui di mall di Tangerang Selatan saja. Anda juga dapat menjumpai di ruang publik ini. Area taman bermain di sini cukup luas, jauh lebih luas dibandingkan dengan playground di mall.

Wahana permainan yang tersedia juga sangat beragam; pastinya juga aman untuk anak. Wahana-wahana yang tersedia antara lain Odong-Odong, ATV, delman, dan kuda tunggang.

Berburu Foto

Keindahan taman rekreasi ini begitu memanjakan mata. Tidak jarang, para pengunjung juga berburu foto yang instagramable di berbagai titik. Lokasi yang sering dijadikan tempat berfoto tentu saja di bagian atas sungai.

Dengan latar belakang berupa aliran sungai yang diapit dengan pepohonan membuat hasil jepretan lebih menarik. Anda juga bisa mendatangi sebuah taman yang berisi tanaman dan bunga.

Di sana, ada bangunan bertuliskan I Love Tangsel yang juga menjadi spot foto unggulan. Jangan lupa unggah hasil jepretan Anda ke akun media sosial milik Anda. Dalam hitungan menit, Anda akan panen likes.

Fasilitas di Jaletreng Riverpark

Jaletreng 1

Berbeda dengan wisata Padi Padi Tangerang, ragam fasilitas sudah tersedia secara lengkap di sini, diantaranya adalah:

  • area parkir kendaraan
  • toilet umum
  • mushola
  • foodcourt
  • taman
  • jogging track
  • skatepark
  • playground
  • pendopo
  • bangku taman

Fasilitas yang lengkap dan sejuta daya tarik tentu membuat taman rekreasi Tangsel ini sangat ideal menjadi destinasi wisata. Jika Anda tertarik untuk habiskan libur akhir pekan di sini, langsung saja kunjungi lokasinya.

Ajak keluarga, kawan, atau orang tersayang Anda untuk nikmati keindahan dan kesejukan Jaletreng Riverpark. Dengan dukungan paket wisata dari Salsa Wisata, liburan akan menjadi mudah, terutama terkait dengan mobilitas dan fasilitas.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)