SalSari Resto & Coffee

Bali memang selalu berkesan bagi siapa saja yang pernah menjelajahinya. Apalagi wisata Bali sangat beragam, salah satu yang ikonik adalah Jatiluwih Rice Terrace. Objek wisata ini anti mainstream dan unik.

Jika biasanya destinasi wisata Bali identik dengan pantai, maka berbeda dengan yang satu ini. Sesuai namanya, objek wisata ini berupa area persawahan yang sangat luas dengan udara dan view khas pegunungan.

Sekilas Tentang Jatiluwih Rice Terrace

Wisata Jatiluwih Rice Terrace

Jatiluwih Rice Terrace Bali merupakan hamparan sawah yang menawarkan pemandangan indah, alami dan asri yang segar serta menarik. Tidak ada kemewahan atau gemerlap kehidupan di sini, hanya alam dan sawah.

Tapi justru itu yang menjadi alasan kenapa wisatawan datang ke sini. Udara yang sejuk dan bersih khas pegunungan, pemandangan eksotis dan panorama landscape yang tiada duanya.

Berkat pengelolaan yang baik dan fasilitas pendukungnya, areal persawahan oleh warga setempat mereka sulap menjadi objek wisata. Destinasi wisata yang satu ini memang unik, lain dari yang lain.

Belum lagi, susunan sawah yang berundak yang merupakan daya tarik utama dari objek wisata ini. Secara keseluruhan, wisatawan bisa merasakan ketenangan, kedamaian dan keseimbangan alam.

Harga Tiket Masuk Jatiluwih Rice Terrace

Tiket Jatiluwih Rice Terrace sekitar Rp15.000,00 dan berbeda antara turis lokal dengan mancanegara. Turis lokal tiketnya jauh lebih murah daripada turis luar.

Retribusi Tarif
Wisatawan Lokal Anak-Anak Rp5.000,00
Wisatawan Lokal Rp15.000,00
Wisatawan Mancanegara Anak-Anak Rp30.000,00
Wisatawan Mancanegara Rp40.000,00

Harga di atas hanya untuk tiket masuk saja, selebihnya seperti makan di restoran Anda perlu merogoh kocek lagi. Tapi, overall, semua worth it dengan view instagenik objek wisata ini.

Seperti halnya saat menggunakan layanan dari biro perjalanan terpercaya. Melalui paket tour Bali dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa menikmati liburan yang menyenangkan.

Lokasi Jatiluwih Rice Terrace Bali

Lokasi Wisata Jatiluwih Rice Terrace

Lokasi Jatiluwih Rice Terrace berada tepat di Jln Jatiluwih Kawan, Desa Jatiluwih, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali. Anda bisa mengikuti Google Map atau dengan jalur manual.

Jika dari Denpasar, arahkan kendaraan ke Kediri, kemudian Tabanan. Bisa juga dari Denpasar ke Mengwi, lanjut ke Baturiti dan sampai di Jatiluwih. Jika berjumlah cukup banyak, bisa menggunakan minibus.

Manfaatkan layanan sewa hiace Bali terdekat untuk menikmati keindahan alam Jatiluwih Rice Terrace ini. Dengan ukuran yang pas dan sopir yang berpengalaman perjalanan Anda ke sawah di Jatiluwih ini akan terasa menyenangkan.

Fasilitas Jatiluwih Rice Terrace

Fasilitas yang ada di objek wisata alam ini cukup lengkap. Ada jalan yang bersih dan cukup lebar untuk berjalan kaki atau bersepeda. Untuk toilet dan istirahat bisa datang ke restoran atau cafe terdekat.

Sejumlah hotel murah di Bali juga bisa Anda temukan selama mengunjungi tempat ini. Sehingga Anda bisa bersantai dan menikmati suasana pagi yang asri dari tempat ini dengan lebih mudah.

Jam Buka Jatiluwih Rice Terrace

Jatiluwih Rice Terrace buka setiap hari mulai pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA. Anda hanya perlu memilih waktu yang tepat untuk berkunjung seperti saat pagi hari atau sore hari menjelang sunset.

Selain itu, kalau berangkat pagi, Anda masih memiliki waktu untuk menjelajah pusat oleh-oleh Bali terdekat. Dengan begitu liburan Anda di Bali khususnya di Jatiluwih ini akan sangat seru dan berkesan.

Daya Tarik Wisata Jatiluwih Rice Terrace

Sawah terasering yang berundak-undak khas daerah pegunungan ini, memang tidak jauh berbeda dengan yang lain. Hanya saja, pengelolaanya di sini lebih baik dengan menambahkan beberapa fasilitas pendukung.

Keindahan Panorama yang Instagenik

Panorama di Jatiluwih Rice Terrace

Jatiluwih Rice Terrace Tabanan memang sangat indah, dari sudut manapun Anda melihatnya. Sistem subak, yakni pengairan dari satu sawah ke yang lain yang lebih rendah turut mempercantik keindahan wisata ini.

Anda bisa berjalan menuju area sawah yang lebih tinggi untuk melihat hamparan sawah yang hijau bagai permadani. Sejauh apapun mata memandang, semua hijau, asri, segar dan tentu saja menentramkan jiwa.

Jika datang di waktu panen, warna warni padi yang mulai menguning juga terlihat sangat cantik dan instagenik. Ada padi yang masih hijau, sedikit menguning hingga kuning tua yang artinya siap untuk proses panen.

Anda juga akan menyaksikan petani yang sedang bekerja di sawah, turut mempercantik keindahan maha karya. Bagi pecinta fotografi, tempat ini adalah spot favorit untuk berburu foto terbaik.

Dari kejauhan juga tampak perbukitan dan pepohonan yang menjulang dengan daunnya yang rimbun. Sawah, bukit, udara segar dan pohon rindang turut menyempurnakan keindahan pemandangan di sini.

Berjalan Santai di Pematang Sawah

Berjalan Santai di Pematang Sawah

Kegiatan yang harus Anda lakukan ketika berada di Jatiluwih Rice Terrace adalah hiking atau berjalan menyusuri area persawahan. Memang sudah ada jalan tersedia yang cukup lebar bahkan untuk bersepeda sekalipun.

Tapi, agar lebih dekat dengan alam, cobalah rasakan sensasi berjalan di atas pematang sawah. Anda bisa menjelajah lebih jauh dan lebih dalam area persawahan dengan berjalan di pematang sawah.

Ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan saat Anda berjalan ke tengah sawah, menikmati keindahannya hingga bercengkrama dengan petani. Jangan lupa untuk abadikan momen ketika bersama mereka.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Jatiluwih Rice Terrace Tabanan Bali ini berada di ketinggian 700 mdpl dengan luas mencapai 632 hektar. Hamparan sawah ini bahkan masuk kategori terluas. Memang, sejauh mata memandang semua adalah sawah.

UNESCO secara resmi mengatakan bahwa objek wisata ini adalah warisan dunia. Oleh sebab itu, semua turut menjaga dan melestarikannya untuk anak cucu kelak.

Nah, karena ini area pegunungan dengan pemandangan yang instagramable, ada waktu terbaik untuk berkunjung. Sebaiknya Anda datang mulai pagi hari untuk merasakan kehangatan matahari terbit.

Jadi, mulailah datang ke sini dari jam 08.00 pagi sampai sekitar jam 10.00 untuk mendapatkan view terbaik. Saat pagi, sinar matahari terbit akan menerobos masuk di sela-sela kabut yang masih tebal.

Menikmati Kuliner di Tepi Sawah

Kuliner di Jatiluwih Rice Terrace

Pagi hari memang waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan Jatiluwih Rice Terrace. Anda bisa berjalan santai atau jogging sambil berolahraga. Jika merasa haus dan lapar, pun tidak perlu risau.

Di sini terdapat beberapa cafe dan restoran yang berada tepat di pinggir sawah. Ya, di sini juga terkenal sebagai salah satu tempat wisata kuliner Bali yang enak dengan berbagai pilihan menu favorit.

Tapi, tentu saja, lokasinya yang berada di pinggir sawah dengan view indah dan udara sejuk yang menjadi daya tarik utama. Selain itu, suasananya memang sangat pas sekali untuk menikmati sajian hangat.

Beberapa restoran di sini juga menyediakan makanan khas Bali. Ada juga menu western sesuai dengan selera wisatawan luar negeri. Menu lokal khas Indonesia juga tersedia, jadi tinggal pilih mana yang favorit.

Menikmati Kehangatan Air Panas Angseri

Hanya berjarak 15 menit perjalanan dengan jalan kaki setelah memasuki area persawahan, Anda akan mendapati kolam pemandian air panas. Namanya Pemandian Air Panas Angseri.

Ada dua kolam yang tersedia, pertama kolam pemandian umum untuk beberapa orang atau kolam pemandian pribadi untuk sendiri. Anda bisa memilih mana yang paling Anda sukai apakah sendiri atau bersama-sama.

Tentu saja, hangatnya air ini akan membuat tubuh semakin rileks dan tenang. Apalagi, wisatawan yang berendam air panas ini juga tetap bisa menyaksikan kemegahan area persawahan yang hijau.

Berendam, memejamkan mata, merasakan semilir angin dan suara binatang. Suasana begitu hening, damai dan tentram. Tubuh pun semakin rileks, kulit makin segar dan pikiran semakin bersemangat.

Manfaatkan layanan dari Salsa Wisata untuk perjalanan wisata Bali yang lebih seru, menyenangkan, aman dan nyaman. Anda bisa berkunjung ke Jatiluwih Rice Terrace dan berbagai wisata hits lainnya di Bali.



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)