earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan. Ada banyak tempat yang menjadi saksi bisu peristiwa sejarah yang pernah terjadi di kota ini. Salah satunya adalah Jembatan Merah Surabaya.

Tempat wisata yang berupa bangunan jembatan tempo dulu ini telah mengalami beberapa kali pemugaran. Tahun 1890an, misalnya, pagar jembatan yang semula berupa kayu kemudian diubah menjadi besi.

Kini, secara fisik, jembatan ini memiliki bentuk yang sama dengan jembatan-jembatan lainnya. Yang membedakannya hanyalah warna merah dan nilai sejarah yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Sejarah Jembatan Merah Surabaya

Berdasarkan sejarah, jembatan ini pertama dibangun sebagai hasil kesepakatan antara Pemerintah Kolonial Belanda dan Kerajaan Mataram.

Tepatnya, jembatan ini dibangun pada tanggal 11 November 1743. Ketika itu, Pakubuwono II dan Belanda sepakat untuk membagi daerah kekuasaan.

Menurut kesepakatan, wilayah bagian utara, termasuk kawasan Alun-Alun Kota Surabaya, masuk dalam wilayah kekuasaan Belanda. Sebaliknya, wilayah bagian Selatan secara resmi menjadi wilayah kekuasaan Mataram.

Sejak saat itu, area di sekitar jembatan ini menjadi area yang sangat penting, terutama untuk keperluan dagang dan komersil di Surabaya.

Jembatan yang kini ramai di malam hari juga menjadi satu-satunya penghubung antara Gedung Residensi Surabaya dan Daerah Kalimas.

Harga Tiket Masuk Jembatan Merah Surabaya

Untuk menyaksikan kegagahan jembatan bersejarah ini tidak memerlukan budget besar. Pengunjung yang datang tidak akan dikenai biaya tiket masuk sama sekali. Alias gratis.

Akan tetapi, pengunjung wajib membayar biaya parkir yang besarannya berbeda sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Berikut daftar biaya tersebut:

Retribusi Tarif
Parkir Sepeda Rp1.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Bus Rp10.000,00

Tarif parkir di atas bersifat tetap kecuali terjadi perubahan besaran tarif dari Dishub Surabaya.

Misteri Jembatan Merah Surabaya

Sejarah Jembatan Merah Surabaya

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata di Surabaya ini rupanya menyimpan misteri yang semakin membuat banyak orang ingin berkunjung.

Misteri tersebut sering dikaitkan dengan cerita sejarah yang pernah terjadi di lokasi ini, tepatnya Peristiwa 10 November.

Pertempuran selama 10 hari di Surabaya memang memakan korban yang tak sedikit. Brigjen Mallaby misalnya, ia tewas saat mobil yang dinaikinya meledak tepat di atas jembatan ini.

Konon penamaan jembatan ini dikaitkan dengan warna merah darah yang telah ‘tumpah’ di area jembatan ini. Aliran air sungai berubah menjadi merah darah akibat banyaknya korban tewas di sekitar jembatan.

Kisah sejarah yang memilukan ini juga tak jauh berbeda dengan kisah tragis yang pernah terjadi di wisata sejarah Penjara Kalisosok. Keduanya sama-sama memakan korban yang tak lain adalah arek-arek Suroboyo.

Memang terkesan ngeri, akan tetapi jika kita tahu sisi sejarah jembatan ini, tentu kita sebagai rakyat Indonesia sangat bangga akan perjuangan arek-arek Surobayo.

Salah satu cara untuk menunjukan rasa bangga kita adalah dengan menjaga dan melestarikan situs sejarah ini.

Fasilitas di Sekitar Jembatan Merah Surabaya

Tempat wisata sejarah ini juga didukung dengan sejumlah fasilitas umum yang cukup memadai. Sebut saja area parkir untuk sepeda motor, sepeda, mobil, dan juga bus.

Tak jauh dari jembatan, terdapat pusat perbelanjaan besar dan beberapa tempat makan yang tentunya menyajikan makanan khas Surabaya yang enak.

Kemudian ada juga beberapa titik wisata bangunan sejarah seperti Kota Tua Surabaya dan lain sebagainya. Beberapa hotel juga bisa Anda jumpai di sekitar jembatan.

Lokasi dan Rute Jembatan Merah Surabaya

Lokasi Jembatan Merah Surabaya

 

Titik lokasi jembatan bersejarah ini ada di Jalan Kembang Jepun No.192, Desa Pabean Cantian, Kecamatan Krembangan, Kabupaten Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Bagi wisatawan asli Surabaya, tentu mudah untuk dapat menjangkau tempat ini. Tinggal menggunakan kendaraan pribadi Anda menuju lokasi tempat jembatan ini berada.

Namun, bagaimana dengan wisatawan luar kota? Mereka pada umumnya akan bertolak dari stasiun, terminal, atau bahkan bandara.

Wisatawan juga dapat memanfaatkan alat transportasi umum seperti ojol maupun taksi untuk menuju alamat tersebut.

Apabila Anda bingung dengan lokasi tadi, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Google Maps dari Google.

Atau alternatif terbaik lainnya adalah dengan memanfaatkan jasa rental mobil Avanza di Surabaya dari Salsa Wisata. Ide ini sangat recommended bagi Anda wisatawan luar Kota Surabaya.

Fasilitas mobil sewaan plus supir tentu akan menjadi pilihan tepat karena supir sangat hafal dengan rute-rute menuju berbagai destinasi di Surabaya, termasuk situs sejarah jembatan ini.

Jadi, Anda tak perlu khawatir akan tersesat selama menggunakan jasa kami.

Terkait dengan kendaraan sewa, kami sediakan banyak pilihan. Ingin sewa mobil dengan tarif murah dan berkapasitas banyak, Grand New Innova akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

Jam Operasional Jembatan Merah Surabaya

Jembatan bersejarah ini tidak pernah tutup. Anda dan para pengunjung lainnya bisa datang kapan saja Anda mau.

Namun sebagian besar pengunjung lebih menyukai untuk datang di malam hari karena view di sekitar jembatan begitu indah. Pemandangan kerlap-kerlip lampu Kota Surabaya dapat terlihat jelas dari titik ini.

Tips Liburan di Jembatan Merah Surabaya

Sebelum Anda berkunjung ke jembatan ini, ada baiknya Anda simak saran & tips berikut ini:

  • Memakai kostum yang tepat mengingat cuaca di Surabaya sangat panas
  • Pakai sepatu yang nyaman agar momen jalan-jalan Anda tidak terganggu akibat kaki lecet karena pemakaian sepatu yang tidak tepat
  • Kenakan topi atau pelindung kepala lainnya untuk mengurangi sengatan panas sinar matahari Kota Surabaya
  • Akan lebih baik jika Anda memakai kacamata hitam agar tidak silau selama menikmati situs sejarah ini
  • Siapkan keperluan bekal makanan dan minuman ringan untuk mengganjal perut Anda selama berkunjung ke tempat wisata sejarah ini
  • Bawa kamera terbaik Anda (cek memori kamera)
  • Siapkan keperluan pribadi seperti obat-obatan, tisu, dan hand sanitizer
  • Pastikan kondisi fisik Anda prima
  • Patuhi prokes dengan menerapkan 3M

Jika ingin mudah dan praktis saat berwisata, gunakan layanan wisata murah dan lengkap dari Salsa Wisata.

Terdapat beragam pilihan paket menarik khusus untuk liburan Anda. Salah satunya adalah paket tour Surabaya. Paket sudah termasuk transportasi dan tempat menginap.

Dengan begitu, perjalanan liburan Anda pun akan hemat dan praktis. Menariknya lagi, kami juga menyediakan paket tour custom dengan destinasi wisata yang sesuai dengan destinasi wisata yang Anda inginkan.

Misal, setelah puas berkeliling di situs jembatan ini, lalu Anda ingin langsung ke Bali mengunjungi Pantai Pandawa semua bisa. Tanpa harus ribet urus ini dan itu, Anda bisa liburan dengan tenang baik sendiri atau bersama.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)