earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kota Surabaya sudah sangat terkenal sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang paling maju dan berkembang dalam berbagai hal. Keunggulannya ini didukung dengan fasilitas yang memadai mulai dari tempat wisata terawat hingga wisata kulinernya yang lengkap.

Tidak heran bila banyak Biro Perjalanan menawarkan paket wisata Surabaya sebagai paket liburan andalan untuk para wisatawan. Anda bisa mengunjungi banyak tempat menarik sambil puas menikmati makanan khas Surabaya yang terkenal dengan kelezatannya.

Setidaknya terdapat 32 rekomendasi makanan khas Surabaya yang terkenal enak dan wajib Anda coba saat berkunjung. Beberapa diantaranya bahkan sudah bisa Anda temukan dengan mudah di daerah lain, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut:

Daftar Makanan Khas Surabaya yang Terkenal Enak

Rawon Surabaya

Makanan Khas Surabaya Rawon Surabaya

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Rawon menjadi salah satu hidangan paling terkenal yang berasal dari Jawa Timur khususnya daerah Surabaya. Ciri utama dari masakan Surabaya ini adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat dari bumbu kluwek yang digunakan. Makanan sejenis sup ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar hidangan dan terkadang disajikan bersama telur.

Bumbu rawon sendiri terdiri dari kluwek, bawang, cabai, ketumbar, kemiri, kunir, serai, laos, dan garam yang dihaluskan lalu ditumis harum. Cara membuat Rawon ini juga sangat mudah setelah bumbu halus ditumis tambahkan kaldu sapi dan dagingnya lalu masak hingga matang. Sebagai pelengkap tambahkan tauge pendek, daun bawang, empal goreng, kerupuk udang serta sambal saat menyajikan rawon.

Rawon Surabaya sendiri memiliki banyak variasi sehingga Anda tidak akan bosan untuk menikmati berbagai jenis rawon yang ada. Salah satu yang cukup terkenal adalah Rawon Setan di Jl. Embong Malang yang memiliki rasa kuah yang sangat pedas. Satu porsi Rawon ini biasa dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.000,00 hingga Rp40.000,00 lengkap dengan nasi.

Rujak Cingur

Makanan Khas Surabaya Rujak Cingur

Rujak Cingur sudah sangat terkenal sebagai wisata kuliner Surabaya yang memiliki cita rasa unik dan lezat dengan bumbu petisnya. Masyarakat sekitar juga sering menyebut rujak cingur ini sebagai rujak ulek karena prosesnya pembuatannya yang diulek hingga semua menyatu. Keunikan utama dari rujak cingur tentu saja penggunaan cingur sapi atau potongan bibir sapi ke dalam bumbu rujak sebagai pelengkap.

Selain cingur, makanan tradisional Surabaya ini juga menggunakan isian seperti kangkung, kacang panjang, tauge, tahu, lontong, tempe, dan bendoyo. Ada pula versi rujak cingur yang menambahkan buah-buahan segar seperti bengkuang, nanas, kedondong, dan mangga muda kedalam rujak. Rujak Cingur Surabaya seringkali disajikan diatas pincuk atau daun pisang dengan tambahan kerupuk udang agar semakin nikmat.

Rasa pedas, asam, dan aroma khas bumbu kacang petis udangnya mampu menggugah selera makan dan membuat ketagihan. Untuk menikmati hidangan ini Anda bisa mendatangi salah satu tempat rujak cingur terkenal di Surabaya yaitu Rujak Cingur Genteng Durasim. Harga satu porsi Rujak Cingur pun sangat terjangkau mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp80.000,00 tergantung isian rujak.

Lontong Balap

Makanan Khas Surabaya Lontong Balap

Selain Rawon dan Rujak Cingur, Lontong Balap juga termasuk makanan khas Surabaya yang sudah sangat melegenda dengan rasanya yang lezat. Nama lontong balap sendiri diberikan karena pada awal munculnya para pedagang berlari berebut pelanggan sehingga terlihat seperti sedang balapan. Lontong Balap Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1956 dan berasal dari daerah Kutisari dan Kendangsari dekat Pasar Wonokromo.

Resep Lontong Balap pun tidak pernah berubah sejak dulu yakni menggunakan lontong, tauge, lentho, tahu, kecap, bawang goreng, dan sambal. Semua bahan bahan tersebut disiram dengan kuah panas dengan rasa gurih pedas dari bawang atau sambal petis. Keunikan dari Lontong Balap ini adalah jumlah tauge yang banyak serta Lentho atau perkedel singkong tolo yang menjadi isian.

Saat ini Anda masih bisa menemukan dengan mudah para penjual Lontong Balap di sekitar Kota Surabaya. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati hidangan ini adalah Lontong Balap Pak Gendut Surabaya di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo. Biasanya satu porsi Lontong Balap ini dijual dengan harga Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung isian dan porsinya.

Almond Crispy

Almond Crispy

Tidak hanya terkenal dengan makanannya yang lezat, Kota Surabaya juga memiliki cemilan nikmat yang wajib Anda coba yakni Almond Crispy. Camilan ini termasuk makanan Khas Surabaya kekinian yang selalu menjadi incaran para wisatawan saat mengunjungi Surabaya.

Bentuknya seperti keripik namun dengan rasa manis, gurih, dan renyah yang lebih terasa saat digigit. Almond Crispy Surabaya sendiri terbuat dari tepung, telur, gula, susu, keju, serta kacang almond yang dibuat tipis. Terdapat tiga rasa yang bisa Anda coba dari Almond Crispy ini pertama rasa green tea, cheese, dan juga coklat.

Renyahnya Almond Crispy sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh khas Surabaya atau teman bersantai Anda saat liburan. Jajanan ini bisa Anda beli di Jl. Jemursari atau Pasar Atum Surabaya tepatnya di Toko Wisata Rasa. Untuk harganya, Almond crispy ini biasa dijual sekitar Rp50.000,00 hingga Rp60.000,00 per kotaknya.

Lontong Kupang

Makanan Khas Surabaya Lontong Kupang

Lontong Kupang atau biasa disebut juga sebagai Kupang Lontong merupakan makanan khas daerah Jawa Timur pesisir seperti Surabaya dan sekitarnya. Dinamakan Lontong Kupang bukan berarti makanan ini berasal dari Kupang, melainkan karena bahan utamanya adalah kerang kupang. Kerang kupang yang digunakan biasanya kupang putih yang berukuran kecil dan mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan.

Untuk membuat Lontong Kupang ini juga cukup mudah yakni dengan merebus kupang hingga matang lalu masukan bumbu halus. Setelah jadi potong lontong dan juga lentho lalu siram dengan kuah kupang, jangan lupa tambahkan bumbu petis serta jeruk nipis. Kupang Lontong ini biasa disajikan dengan sate kerang dan dinikmati bersama es kelapa muda yang segar.

Rasa pedas, asam, manis, dan gurih dari berbagai macam bahan yang digunakan berpadu dengan nikmat didalam mulut. Jika Anda ingin mencoba hidangan ini bisa datang ke Jl. Darmo Indah Surabaya tepatnya di Warung Lontong Kupang Bu Siti. Biasanya Lontong Kupang ini dijual dengan harga sekitar Rp13.000,00 per porsi lengkap dengan sate kerangnya.

Bebek Sinjay Surabaya

Bebek Sinjay Surabaya

Bila Anda menyukai hidangan dari Bebek, jangan sampai lewatkan makanan enak di Surabaya yang satu ini yaitu Bebek Sinjay. Bebek Sinjay ini sebenarnya berasal dari warung sederhana di pinggiran Kota Bangkalan Madura. Namun karena rasanya yang lezat membuat Bebek Sinjay cepat terkenal ke daerah lain termasuk Surabaya.

Rahasia kelezatan dari Bebek Sinjay ini terletak pada bumbu khas nya yang meresap dengan baik serta sambal mangga mudanya. Bumbu yang meresap ke daging bebek membuatnya terasa lembut dan nikmat saat dicocol kedalam sambal mangga muda. Rasa asam, pedas, dan gurih begitu nikmat saat berpadu bersama nasi hangat.

Meski berasal dari Madura, Bebek Sinjay juga bisa Anda temukan di daerah Surabaya dan sejumlah daerah lain seperti Jogja. Salah satu cabangnya terletak di Jl. Dharmahusada Gubeng Surabaya tepatnya di warung Bebek Sinjay. Harganya sendiri berkisar antara Rp17.500,00 hingga Rp50.000,00 tergantung dengan porsinya dan sudah termasuk nasi serta minum.

Tahu Campur Surabaya

Tahu Campur Surabaya

Tahu Campur mungkin sudah menjadi hidangan yang biasa di pulau Jawa namun Tahu Campur Surabaya sedikit berbeda dari biasanya. Bila kebanyakan tahu campur menggunakan bumbu kacang sebagai siraman, Bumbu Tahu Campur Surabaya ini menggunakan kuah soto sapi. Kuah soto yang digunakan juga dicampur dengan bumbu petis sehingga memiliki rasa pedas yang khas.

Isian dari Tahu Campur Surabaya biasanya menggunakan tahu, mie, kubis, tauge, serta perkedel atau lentho. Tidak lupa pula kerupuk udang, sambal serta daging sapi dari kuah soto menjadi pelengkap Makanan khas Jawa Timur ini. Dalam tiap suapan, Anda bisa merasakan rasa pedas gurih yang segar dan menguggah selera makan.

Hidangan ini sangat nikmat untuk disantap saat musim hujan sembari berteduh dan menghangatkan badan. Jika Anda ingin mencoba Tahu Campur Surabaya yang enak bisa datang ke warung Tahu Campur Kalasan milik H. Abd. Mahfud. Satu porsi Tahu Campur Kalasan ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp15.000,00 namun belum termasuk tambahan lainnya. Atau biasanya makanan khas Surabaya yang enak ini bisa Anda jumpai di sekitar tempat wisata Surabaya.

Tahu Tek Surabaya

Tahu Tek Surabaya

Selain tahu campur, Kota Surabaya juga menjadi tempat terkenal untuk menikmati Tahu Tek atau dikenal juga dengan nama Tahu Telor. Makanan ini diberi nama tahu tek karena pedagang yang menjual tahu ini biasa mengeluarkan bunyi tek-tek dari gunting yang digunakan. Sedangkan sebutan tahu telor diberikan sebab sebelum tahu digoreng, tahu tersebut dicelupkan terlebih dahulu kedalam telur kocok atau telur dadar.

Cara membuat Tahu Tek ini dimulai dengan membuat bumbu tahu tek terlebih dahulu yaitu bumbu petis, bawang, cabai, dan kacang. Setelah bumbu halus dan menjadi pekat bumbu disiramkan ke potongan lontong dan tahu yang sudah digoreng. Tidak lupa pula tambahan sayur seperti kentang, tauge, dan timun serta kerupuk menjadi pelengkap Tahu Tek Surabaya.

Tahu tek Surabaya memiliki rasa pedas, gurih, manis yang nikmat dengan porsi cukup mengenyangkan perut. Jika Anda ingin mencoba hidangan ini bisa datang ke Warung Tahu Telor Pak Jayen yang berada di Jl. Dharmahusada Surabaya. Tahu Tek juga termasuk hidangan yang murah karena untuk satu porsinya dijual antar Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00.

Sego Sambel

Sego Sambel

Meski terlihat sederhana, Sego Sambel khas Surabaya ini sudah sangat terkenal kenikmatannya bahkan ke luar daerah. Anda bisa dengan mudah rumah-rumah makan yang menggunakan nama Sego Sambel Surabaya di kota-kota lain di luar Surabaya. Sego Sambel sendiri merupakan sebutan lain untuk nasi penyet yang sebagian besar menunya menggunakan sambal dan lalapan.

Sambal yang sering disajikan dan tersedia biasanya adalah sambal terasi, sambal bawang, sambal matang, serta sambal tomat mentah. Hal yang menjadi pembeda antara Sego Sambel satu dengan lainnya biasanya adalah pilihan menu yang tersedia. Ada Sego Sambel Iwak Pe yang menjadikan ikan pari sebagai menu utama selain ayam, tahu, tempe, dan telur.

Uniknya lagi warung sego sambel ini biasanya buka saat malam hari mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB. Salah satu tempat paling legendaris untuk menu Sego Sambel nya adalah Warung Sego Sambel Mak Yeye di Jl. Jagir Wonokromo. Harga satu porsi Sego Sambel ini juga sangat murah mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp20.000,00 tergantung lauknya.

Nasi Campur Tambak Bayan

Nasi Campur Tambak Bayan

Selain Sego Sambel, Anda yang ingin kenyang menikmati hidangan lezat di Surabaya bisa mencoba Nasi Campur Tambak Bayan. Menu yang disajikan dari Nasi Campur Tambak Bayan ini tidak ada yang berbeda dengan nasi campur lainnya. Namun yang membuatnya istimewa adalah rasanya yang lezat dan tahan lama sehingga bisa Anda bungkus dan nikmati dijalan.

Lauk favorit dari Nasi Campur Tambak Bayan ini adalah soun kecap, tahu bumbu bali, tahu kuning, lalu ayam atau daging. Tidak lupa pula sambal pedas serta kerupuk menjadi pelengkap nikmati hidangan khas Jawa Timur satu ini. Di Nasi Campur Tambak Bayan tersedia dua pilihan nasi yang digunakan yaitu nasi biasa dan juga nasi uduk.

Selain menu nasi campur, disini Anda juga bisa menikmati Nasi Pecel, Nasi Kuning, Rawon serta menu lainnya. Cabang Nasi Campur Tambak Bayan ini pun sudah sangat banyak salah satunya berada di Jl. Ps. Besar Wetan Surabaya. Harganya pun relatif terjangkau mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp45.000,00 tergantung lauk dan menu yang dipilih.

Bebek Palupi

Bebek Palupi

Bebek Palupi termasuk salah satu tempat makan enak di Surabaya yang juga wajib Anda kunjungi terutama bagi penikmat hidangan bebek. Warung Bebek Palupi ini sudah ada sejak tahun 1996 dan menjadi warung makan legendaris yang ada di Surabaya. Rasa bebeknya yang khas membuat warung Bebek Palupi terkenal hingga ke seluruh Surabaya dan sekitarnya.

Sekilas Bebek Palupi ini terlihat sederhana karena hanya menyajikan bebek goreng, nasi, sambal, dan lalapan saja, meski begitu rasanya luar biasa. Rahasia dari kenikmatan bebek palupi ini adalah penggunaan daging bebek muda yang dimasak dengan suhu tertentu sehingga menghasilkan daging empuk. Selain itu dengan bumbu khusus tidak tercium bau amis dari daging, yang ada hanya wangi dari rempah yang menggugah selera.

Selain bebek, Warung Bebek Palupi juga menyediakan hidangan seperti ayam goreng dan pecel lele disetiap cabangnya. Jika Anda ingin menikmati Bebek Goreng Palupi bisa datang ke Jl.  Rungkut Asri Tengah No.10 Surabaya. Menu bebek yang dijual disini berkisar antara Rp18.000,00 Rp20.000,00 per porsinya lengkap dengan nasi putih hangat.

Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator

Jika Anda berkunjung ke Taman Bungkul jangan lupa untuk mampir ke pusat kulinernya dan mencoba hidangan Rawon Kalkulator. Nama unik rawon ini diberikan karena penjualnya dapat menghitung dengan cepat tanpa alat bantu dan benar seperti Kalkulator. Rawon Kalkulator sendiri sudah berusia lebih dari 35 tahun dan menjadi tempat makan legendaris di Surabaya.

Selain pedagangnya yang unik, rasa dari rawon yang dijual juga sangat nikmat dan mampu membuat antrian yang panjang. Ciri khas dari Rawon Kalkulator ini adalah potongan dagingnya yang besar dan tebal serta porsinya yang jumbo. Biasanya nasi rawon ini disajikan bersama perkedel kentang serta kerupuk dan sambal pedas.

Nama asli dari Warung Rawon Kalkulator ini adalah Warung Sedap Malam dan buka mulai dari pukul 11.00 WIB. Lokasinya berada tepat di belakang skatepark Taman Bungkul atau tepatnya di Jl. Raya Progo Surabaya. Harga Rawon Kalkulator ini dijual mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung dengan ukuran porsi dan tambahannya.

Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har

Tempat Makan Enak di Surabaya yang juga tidak kalah tenar adalah Soto Lamongan Cak Har yang terkenal dengan kelezatan kuahnya. Meski berasal dari Lamongan, Soto Lamongan Cak Har ini sudah menjadi makanan wajib bagi para wisatawan yang datang ke Surabaya.

Ciri khas dan kenikmatan dari Soto Lamongan ini terletak pada kuah soto yang berwarna kuning serta taburan koya diatasnya. Dengan campuran nasi, suwiran ayam, koya, tomat, bihun, dan sambal, Anda bisa menikmati rasa pedas gurih soto yang begitu lezat.

Saking nikmatnya Soto Lamongan Cak Har ini sudah membuka banyak cabang baik di Surabaya maupun luar Kota. Salah satu cabang yang bisa Anda kunjungi terletak di Jl. Ir. Soekarno, Sukolilo yang buka sejak pukul 07.00 WIB. Satu porsi Soto Lamongan Cak Har biasanya dijual dengan harga sekitar Rp22.000,00 lengkap dengan nasi dan balungan.

Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon

Bila Anda ingin mencari hidangan lezat di tempat yang tidak biasa, bisa coba datang ke Nasi Empal Pengampon. Tidak ada yang menduga di gang kecil daerah Pengampon ini terdapat Nasi Empal terenak Surabaya.

Di tempat ini Anda bisa menikmati nasi hangat bersama dengan empal suwir, kering tempe, tumis kacang panjang, lalapan, dan sambal. Rasa empal suwir yang empuk dan gurih dari bumbunya terasa begitu nikmat bersama dengan lauk pauk yang lain.

Untuk bisa menikmati hidangan ini Anda bisa datang ke Gang Pengampon II Pabean Kota Surabaya tepatnya di Warung Nasi Empal Pengampon. Satu porsi Nasi Empal disini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp30.000,00 untuk ukuran porsinya yang pas.

Mie Akhirat

Mie Akhirat

Mie Akhirat bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin menikmati hidangan mie dengan konsep unik di Surabaya. Selain konsepnya yang unik, rasa mie yang ada di warung Mie Akhirat ini juga sangat nikmat dengan pilihan level kepedasan.

Terdapat dua tipe mie yang bisa Anda coba yakni Mie Surga dengan warna putih dan Mie Neraka yang berwarna hitam. Selain mie biasanya dalam ditambahkan juga topping seperti jamur, daging, siomay, serta pangsit yang semakin menambah nikmat rasa Mie Akhirat.

Ada banyak cabang Mie Akhirat yang bisa Anda kunjungi salah satunya terletak di Jl. Citarum Wonokromo Surabaya. Berbagai menu di Mie Akhirat ini biasanya dijual dengan harga Rp12.000,00 hingga Rp20.000,00 per porsinya.

Bebek Mercon Surabaya

Bebek Mercon Surabaya

Salah satu makanan pedas khas Surabaya selain Sego Sambel yang wajib Anda coba nikmati adalah Bebek Mercon Surabaya. Seperti namanya rasa masakan bebek ini terasa begitu pedas meledak-ledak seperti halnya mercon.

Bebek Mercon ini biasa dimasak dengan cara digoreng atau dibakar dan bisa Anda pilih sesuai selera. Satu potong bebek biasanya disajikan bersama dengan setumpuk sambal nasi hangat, tahu goreng, dan lalapan.

Kenikmatan rasa pedas Bebek Mercon bisa Anda nikmati di Jl Kayun No.10 Surabaya tepatnya di Warung Bebek Mercon Kayun. Satu porsi Bebek Mercon ini biasanya dibanderol dengan harga Rp40.000,00 dengan ukuran porsi besar dan rasa yang sepadan.

Sirup Mangrove

Makanan Khas Surabaya Sirup Mangrove

Surabaya juga memiliki oleh-oleh khas yang cukup unik dan berbeda dari daerah lain yaitu Sirup Mangrove. Buah dari beberapa jenis pohon mangrove ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai minuman manis salah satunya adalah pohon mangrove bogem.

Sirup Mangrove Bogem memiliki rasa yang manis dengan dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Uniknya lagi sebagian dari penjualan Sirup Mangrove Bogem ini disisihkan untuk membantu rehabilitasi pohon mangrove di pesisir.

Salah satu tempat terkenal untuk membeli Sirup Mangrove ini terletak di Wonorejo tepatnya di Pusat Oleh-oleh Surabaya Wonorejo. Biasanya satu botol sirup mangrove bogem ini dijual dengan harga Rp50.000,00 hingga Rp60.000,00 ukuran 600 ml.

Soto Gubeng Pojok Surabaya

Soto Gubeng Pojok Surabaya

Soto Gubeng Pojok Surabaya dikenal juga dengan sebagai Soto Madura yang memiliki rasa tidak kalah nikmat dengan Soto Lamongan. Ciri khas dari Soto Gubeng Pojok Surabaya ini adalah kuahnya yang tidak berwarna kening dan tidak terlalu kental.

Selain itu isian dari Soto Madura atau Soto Gubeng biasanya menggunakan jeroan sapi seperti babat dan usus maupun daging sapi. Rasa kuahnya yang pedas dan segar dari perasan jeruk nipis membuat Soto Gubeng Pojok jadi favorit banyak orang.

Anda bisa menikmati hidangan soto ini di Jl. Kusuma Bangsa No. 30 tepatnya di Soto Gubeng Pojok Asli Surabaya. Biasanya satu porsi soto ini dijual dengan harga sekitar Rp20.000,00 lengkap dengan nasi putih hangat.

Sate Klopo Khas Surabaya

Sate Klopo Khas Surabaya

Makanan khas Surabaya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah aneka hidangan sate salah satunya Sate Klopo. Meski bernama Sate Klopo atau sate kelapa, bahan utama sate ini tetap menggunakan daging atau jeroan yang dilumuri bumbu kelapa.

Setelah potongan daging ayam atau sapi dibakar bersama lemak dan potongan jeroannya, sate ini diberi taburan serundeng kelapa yang gurih. Aroma arang dan rasa pedas bumbu kacang sate menjadi pasangan yang pas untuk gurihnya kelapa disetiap potongan daging sate.

Jika Anda ingin menikmati Sate Klopo ini bisa datang ke Jl. Walikota Mustajab Surabaya tepatnya ke Kedai Sate Klopo Ondomohen. Satu porsi sate klopo biasanya dijual dengan harga sekitar Rp18.000,00 hingga Rp25.000,00 dengan isi 10 tusuk.

Sate Lisidu Khas Surabaya

Sate Lisidu Khas Surabaya

Selain Sate Klopo, Sate Lisidu yang ada di Surabaya juga jadi salah satu sate legendaris yang wajib Anda coba. Sate ini terkenal dengan rasanya yang nikmat dan bentuknya yang berbeda dari sate pada umumnya karena berbentuk memanjang dan menyatu. Daging yang sering digunakan untuk Sate Lisidu biasanya adalah daging ayam terutama daging ayam kampung sehingga rasanya lebih nikmat.

Sebelum dibakar, daging sate dikukus terlebih dahulu dengan begitu tidak perlu waktu lama untuk dibakar diatas arang. Ditambah dengan bumbu kacang yang kental serta marinasi daging yang sempurna, membuat Sate Lisidu begitu nikmat saat disantap. Selain bagian daging, Anda juga bisa menikmati sate jeroan seperti sate hati ayam dan lainnya.

Bila Anda tertarik untuk mencoba Sate Lisidu Khas Surabaya bisa datang ke warungnya di Jl. Kutai No 53 Wonokromo Surabaya. Harganya juga masih cukup terjangkau yakni mulai Rp25.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung jenis daging yang digunakan.

Sate Karak Khas Surabaya

Sate Karak Khas Surabaya

Bagi sebagian besar warga Surabaya terutama yang berada di daerah Ampel, Sate Karak khas Surabaya tentu sudah tidak asing lagi. Makanan khas Surabaya ini terbuat daging sapi dan juga jeroan yang disajikan bersama karakan atau beras ketan hitam.

Rasa dari daging sate yang dibakar terasa begitu nikmat dan empuk karena menggunakan bumbu jangkep resep turun temurun tiga generasi. Ditambah dengan ketan hitam serta parutan kelapa, sate karak Ampel ini bisa jadi pilihan makanan enak di Surabaya.

Sate Karak atau Sate Ampel ini bisa Anda nikmati di Jl. Ampel Lonceng No. 60 tepatnya di Kawasan Sunan Ampel. Harga yang dibanderol untuk sate karak ini masih sangat terjangkau yakni sekitar Rp13.000,00 per porsinya.

Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Nasi Goreng Jancuk Surabaya

Surabaya juga identik dengan kata Jancuk yang merupakan sebuah ungkapan khas arek Suroboyo dalam kehidupan sehari-hari. Kata Jancuk inilah yang menginspirasi seorang Chef Eko Purwanto untuk membuat Nasi Goreng Jancuk yang memiliki rasa pedas luar biasa.

Sekilas Nasi Goreng Jancuk tidak berbeda dengan nasi goreng biasa namun setiap porsi menggunakan cabai yang sangat banyak. Bahkan untuk level terpedas, satu porsi Nasi Goreng Jancuk bisa menggunakan lebih dari 20 hingga 30 cabai rawit.

Bila Anda tertarik untuk mencoba hidangan ini bisa datang ke Restoran Surabaya Plaza Hotel atau Tunjungan Plaza Kota Surabaya. Biasanya nasi Goreng Jancuk ini dijual dengan harga Rp130.000,00 untuk porsi besar makan 3 sampai 4 orang.

Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Makanan khas Surabaya yang juga cukup menarik untuk Anda coba adalah Pecel Semanggi yang menggunakan daun semanggi sebagai pengganti sayurnya. Penggunaan daun semanggi ini membuat rasa pecel menjadi unik dan berbeda dari pecel biasanya.

Selain itu bumbu yang digunakan juga dibuat khusus dari kacang, gula merah, petis, dan ubi rambat sehingga lebih lembut. Penyajian pecel semanggi biasanya menggunakan pincuk dengan isian daun semanggi, tauge, dan daun pepaya serta tambahan kerupuk karak sebagai sendok.

Pecel Semanggi ini bisa Anda temukan di sejumlah tempat di Surabaya salah satunya di Surabaya Plaza Hotel. Harga Pecel Semanggi ini juga sangat terjangkau mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp15.000,00 tergantung tempat dan porsinya.

Nasi Krawu Khas Surabaya

Nasi Krawu Khas Surabaya

Nasi Krawu sebenarnya berasal dari Gresik namun tetap bisa Anda nikmati di Kota Surabaya tanpa harus jauh-jauh ke Gresik. Dinamakan sebagai Nasi Krawu karena saat membuatnya para penjual mengambil segala sesuatunya dengan tangan atau dalam bahasa jawa di-krawuk.

Lauk dari Nasi Krawu biasanya menggunakan suwiran daging sapi, babat, kikil, telur, dan sambal terasi serta serundeng kelapa gurih. Nasi Karak ini disajikan di atas pincuk atau daun pisang sehingga terasa begitu nikmat.

Salah satu tempat legendaris menikmati Nasi Krawu di Surabaya adalah Warung Mbuk Su yang ada di Jl. Darmo Permai III. Satu porsi dari Nasi Krawu ini dibanderol dengan harga yang masih terjangkau yakni sekitar Rp20.000,00.

Bubur Madura

Bubur Madura

Jaraknya yang tidak terlalu jauh membuat sejumlah makanan khas Madura bisa Anda nikmati dengan mudah di Surabaya seperti Bubur Madura. Bisa dibilang bubur madura ini merupakan campuran dari berbagai macam bubur manis di Indonesia sehingga membuatnya begitu unik.

Isian dari Bubur Madura ini biasanya menggunakan bubur sumsum, candil, bubur mutiara, dan bubur ketan hitam yang disiram gula merah. Terkadang untuk menambahkan rasa gurih ditambahkan santan sehingga tercipta rasa manis gurih yang nikmat dari Bubur Madura ini.

Di Surabaya Anda bisa menikmati Bubur Madura ini di Jl. Ngagel Rejo tepatnya Warung Bubur Madura Putri Rejo. Bubur Madura ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp10.000,00 untuk satu porsi bubur dengan isian lengkap.

Surabi Gatel

Makanan Khas Surabaya Surabi Gatel

Surabi Gatel merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang berasal dari jajanan tradisional namun dengan kemasan dan rasa kekinian. Tidak hanya rasanya yang beragam, Surabi Gatel juga disajikan dalam konsep cafe yang nyaman untuk bersantai terutama bagi kalangan muda.

Ada banyak pilihan rasa Surabi Gatel yang bisa Anda pilih mulai dari rasa original, keju, strawberry, durian, oreo, dan lainnya. Tidak lupa pula tambahan topping seperti marshmallow, coklat, dan keju yang semakin membuat Surabi Gatel terasa nikmat.

Jika Anda tertarik bisa datang ke Jl. Klampis Semolo Timur tepatnya di Cafe Surabi Gatel mulai pukul 18.00 WIB. Satu porsi Surabi Gatel ini biasanya dijual dengan harga Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung rasa yang dipilih.

Spesial Belut Surabaya

Makanan Khas Surabaya Spesial Belut Surabaya

Selain terkenal dengan masakan berbahan dasar daging seperti Rawon, Surabaya juga terkenal dengan masakan berbahan dasar ikan seperti Belut. Ada banyak warung Spesial Belut yang siap memanjakan mulut Anda dengan rasa daging belut yang lembut dan pedasnya sambal bawang.

Biasanya di Spesial Belut Surabaya, belut-belut tersebut disajikan dengan cara digoreng atau dibakar lengkap dengan berbagai pilihan sambal. Tidak lupa pula sejumlah lalapan segar seperti daun kemangi dan timun menjadi teman Anda menyantap belut dan nasi hangat.

Spesial Belut Surabaya H. Poer jadi salah satu tempat terbaik jika Anda ingin menikmati Belut Goreng Surabaya yang enak. Anda bisa mendapatkan satu porsi Nasi Belut Goreng Surabaya ini dengan harga sekitar Rp30.000,00 lengkap dengan lalapan dan sambal.

Nasi Cumi

Nasi Cumi

Sebagai kota pesisir, Surabaya juga kaya dengan berbagai macam olahan seafood dan salah satu yang cukup terkenal adalah Nasi Cumi. Hidangan yang sekilas terlihat sederhana ini ternyata memiliki rasa yang nikmatnya luar biasa dan jadi favorit para pesohor negeri.

Sajian nasi dan cumi ini biasanya dipasangkan dengan berbagai lauk seperti serundeng, empal, telur, dan juga peyek udang. Untuk menambah cita rasa, terkadang disiapkan juga sambal pencit atau sambal mangga muda yang memiliki rasa asam pedas yang mantap.

Salah satu tempat yang cukup terkenal untuk menikmati hidangan Nasi Cumi ini terletak di Pasar Atom Surabaya. Untuk harganya, Nasi Cumi Pasar Atom ini dihargai sekitar Rp18.000,00 per porsi untuk Nasi Cumi Biasa.

Mie Pecun

Makanan Khas Surabaya Mie Pecun

Selain Mie Akhirat, Mie Pecun juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang menyukai mie dengan level pedas luar biasa. Kata Pecun sendiri tidak mengacu ke hal negatif karena Mie Pecun merupakan singkatan dari Mie Pedas Bebas Racun.

Terdapat empat level kepedasan yang bisa dipilih sesuai tingkatannya mulai dari pecun culun, pecun semriwing, pecun galau, dan pecun klimax. Masing-masing level bisa Anda pilih untuk menu mie goreng dan mie rebus ala Mie Pecun dengan isian yang beragam.

Sayangnya sekarang Mie Pecun sudah tidak beroperasi lagi sehingga Anda hanya bisa mendengar cerita nikmatnya mie pedas satu ini. Namun tenang karena masih banyak makanan enak di Surabaya yang bisa Anda coba nikmati sambil berkeliling.

Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi

Setelah puas menikmati berbagai makanan berat yang mengenyangkan, saatnya untuk menikmati dessert manis dari Es Krim Zangrandi. Kedai es krim Zangrandi ini merupakan toko es krim legendaris di Kota Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1933.

Resep Es Krim Zangrandi masih sama sejak dulu dengan cita rasa es krim Italianya yang khas dan enak. Salah satu menu favorit dari Es Krim Zangrandi ini adalah Noodle Ice Cream atau es krim yang berbentuk seperti mie. Rasa manis dan dingin es krim yang segar mampu melawan hawa gerah dan cuaca panas yang Anda rasakan di Surabaya.

Anda bisa menikmati berbagai menu es krim lain dengan datang ke kedai es krim yang beralamat di Jl. Yos Sudarso. Harga dari es krim Zangrandi sendiri bisa dibilang cukup mahal yakni sekitar Rp30.000,00 hingga Rp60.000,00. Namun harga tersebut sepadan dengan kenikmatan yang akan Anda dapatkan di setiap suapannya.

Bakso Omen Surabaya

Bakso Omen Surabaya

Bagi Anda penggemar dan penikmat bakso, Bakso Omen Again yang ada di Surabaya wajib untuk masuk bucket list. Hal yang membuat bakso ini istimewa adalah rasa daging dari bakso yang lembut serta rasa kuahnya yang gurih.

Uniknya lagi Bakso Omen ini memungkinkan Anda mengambil sendiri bakso yang akan disantap sesuai selera. Pilihan bakso yang tersedia juga cukup banyak yaitu bakso keju, bakso telur, bakso urat, bakso jamur, dan bakso isian lainnya.

Anda bisa menemukan Bakso Omen ini dimalam hari mulai pukul 19.30 WIB di Jl. Darmo Permai Timur Surabaya. Selain itu Bakso Omen ini dihitung berdasarkan butir baksonya yang dibanderol mulai Rp1.000 hingga Rp10.000,00 tergantung jenisnya.

Kepiting Cak Gundul

Warung Kepiting Cak Gundul

Tempat Makan Enak di Surabaya yang juga tidak boleh terlewat adalah Warung Kepiting Cak Gundul yang sudah ada sejak 1992. Seperti namanya, menu utama warung ini adalah berbagai olahan kepiting yang bisa Anda nikmati langsung diatas meja.

Diantara berbagai menu kepiting yang ada, kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare jadi favorit banyak pengunjung yang datang. Selain kepiting, Anda juga bisa menikmati hidangan seafood lain seperti kerang, udang, cumi dan sebagainya.

Bila penasaran dengan bagaimana nikmatnya Kepiting Cak Gundul bisa datang langsung ke warungnya di Jl. Kupang Indah Surabaya. Harga dari menu kepiting Cak Gundul ini cukup terjangkau yakni mulai dari Rp50.000,00 tergantung jenis dan ukuran kepiting.

Selain beberapa makanan yang sudah disebutkan diatas, masih banyak menu makanan khas Surabaya yang bisa Anda nikmati. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian semua siap membuat liburan Anda di Surabaya semakin berwarna.

Agar kunjungan Anda ke Surabaya juga semakin mudah, tidak ada salahnya untuk manfaatkan jasa sewa mobil Surabaya yang ada. Para sopir lokal berpengalaman dan profesional akan membantu Anda menjelajah Surabaya tanpa kesulitan.

Hal yang sama juga bisa Anda lakukan jika berencana berkeliling Surabaya bersama rombongan berjumlah besar. Cukup rental bus Surabaya, semua urusan akomodasi Anda selama liburan sudah tercover dengan baik. Dengan begitu Anda bisa mengunjungi dan menikmati momen bersantai di Surabaya dengan tenang bersama-sama.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

4.1/5 - (18 votes)