Mungkin belum banyak yang tahu kalau Jogja ternyata memiliki kebun binatang lain selain Gembira Loka. Nama tempat tersebut adalah Jogja Exotarium dan terletak di daerah Sleman.

Sebagian besar wisatawan mengenal objek wisata ini dengan sebutan Mini Zoo Jogja. Sebab ukurannya yang tidak terlalu luas bila dibandingkan kebun binatang Gembira Loka.

Meski begitu, tempat ini menawarkan keseruan yang tidak kalah menarik untuk para wisatawan. Terbukti dari banyaknya paket gathering Jogja yang menjadikan kebun binatang ini sebagai salah satu destinasinya.

Sekilas Tentang Jogja Exotarium

Mini Zoo Jogja Exotarium termasuk tempat wisata baru di Jogja. Kebun binatang ini pertama kali dibuka akhir tahun 2017 tepatnya pada tanggal 23 Desember.

Walau terbilang baru, masyarakat sekitar langsung jatuh cinta terhadap tempat ini. Jogja Mini Zoo selalu menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin melakukan wisata edukasi di Jogja.

Tempat ini didesain khusus sebagai wahana edukasi bagi pengunjung terutama anak-anak. Disini anak-anak dan orang dewasa bisa berinteraksi secara langsung dengan berbagai hewan koleksinya.

Hewan-hewan kecil seperti kelinci, kura-kura, ikan, hingga kuda poni bisa Anda temukan di kebun binatang ini. Selain itu Jogja Exotarium juga sudah mempersiapkan berbagai wahana seru yang akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan.

Harga Tiket Masuk Jogja Exotarium

Untuk harga tiket masuk, mini zoo Sleman ini termasuk cukup terjangkau. Bahkan untuk pengunjung dibawah 3 tahun bisa masuk secara percuma. Beberapa wahana pun tidak dipatok dengan biaya yang mahal, lebih jelasnya simak tabel berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp20.000,00
Tunggang Kuda Rp20.000,00 – Rp25.000,00
Tunggang Kuda Poni Rp15.000,00
Terapi Ikan Rp10.000,00
Pakan Hewan Rp2.000,00
Field Trip PAUD – TK Rp30.000,00
Field Trip SD – SMP Rp40.000,00
Field Trip SMA – Mahasiswa – Dewasa Rp50.000,00
Outbound PAUD – TK Rp45.000,00
Field Trip SD – SMP Rp55.000,00
Outbound SMA – Mahasiswa – Dewasa Rp65.000,00
Sepeda Air Rp15.000,00
Sewa ATV Rp50.000,00
Sewa Becak Mini Rp30.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah. Namun daftar ini bisa Anda jadikan bahan perkiraan dan pertimbangan sebelum datang berkunjung.

Nikmati juga wisata murah di berbagai destinasi dengan paket wisata Domestik yang ditawarkan biro perjalanan. Paket tersebut akan mengurus segala kebutuhan Anda selama liburan. Sehingga Anda bisa bersantai dan menikmati perjalanan sambil berbelanja oleh-oleh khas Jogja yang Anda inginkan.

Wahana dan Daya Tarik Jogja Exotarium

Mini Zoo Jogja Exotarium

Dengan luas lahan yang mencapai 9 hektar, ada banyak keseruan yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa wahana serta aktivitas seru yang wajib Anda coba saat berkunjung ke mini zoo Jogja ini:

Belajar Berbagai Hal

Untuk Anda yang datang ke Jogja bersama keluarga atau rombongan sekolah, tempat ini termasuk yang wajib untuk dikunjungi. Para pengunjung bisa belajar sekaligus menemukan banyak hal menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Anak-anak bisa mengenal berbagai macam hewan mulai dari reptil, mamalia kecil, unggas, hingga berbagai jenis ikan yang ada. Sebagian besar hewan tersebut juga bisa Anda ajak interaksi secara langsung.

Di tempat ini, para wisatawan juga tidak hanya diajak belajar mengenai hewan. Ada zona peternakan, budidaya ikan, dan perkebunan yang bisa menjadi wahana pembelajaran tentang lingkungan kepada anak.

Kebun binatang mini ini bisa jadi destinasi menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Terlebih lagi jika Anda ingin melakukan study tour atau karya wisata bersama handai taulan.

Tunggang Kuda

Berkuda di Jogja Exotarium

Salah satu wahana yang wajib Anda coba di tempat ini adalah wahana kuda tunggang. Anda akan diajak berkeliling kawasan mini zoo sambil menaiki kuda yang sudah dilatih.

Untuk hal keamanan, Anda pun tidak perlu khawatir. Petugas dari kebun binatang akan menemani para pengunjung selama perjalanan. Selain itu setiap kuda juga sudah dilengkapi dengan pelana serta tali kendalinya sehingga jadi lebih aman.

Sedangkan bagi anak-anak yang masih kecil, juga tersedia tunggangan kuda poni. Dengan begitu semua usia dapat mencoba bagaimana serunya menunggangi kuda di mini Zoo ini

Bermain di Wahana Air

Selain bermain bersama hewan, para pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana air yang ada. Contohnya seperti sepeda air atau perahu kayuh yang siap membawa Anda berkliling kolam dan taman.

Namun jika Anda ingin yang lebih menantang, river tubing di sini patut untuk dicoba. Anak-anak yang ingin sekedar berenang dan bermain air pun bisa puas bermain di kolam renang yang tersedia.

Wahana air lain yang juga wajib untuk Anda kunjungi adalah kolam terapi ikan dan kolam tangkap. Semua wahana ini bisa memberikan pengalaman berbeda dari kunjungan ke kebun binatang pada umumnya.

Wahana Outbound Anak

Outbound Anak di Jogja Exotarium

Wahana Outbound

Sebagai destinasi wisata keluarga dan edukasi, kebun binatang ini juga menyediakan wahana outbound. Wahana tersebut ada yang dikhususkan untuk anak-anak usia dibawah 13 tahun. Sehingga sangat cocok dimainkan saat berkunjung bersama rombongan sekolah.

Permainan yang ada pun sangat menantang mulai dari papan titian, flying fox, dan lain sebagainya. Anak-anak bisa melatih keberanian dan bergerak aktif yang tentunya baik untuk masa pertumbuhan mereka.

Memberi Makan Hewan

Kegiatan yang juga tidak boleh Anda lewatkan tentu saja memberi makan hewan yang ada. Pihak pengelola sudah menyediakan pakan yang bisa Anda berikan langsung kepada hewan-hewan tersebut.

Bahkan pihak pengelola memberikan pakan ikan gratis untuk anak-anak saat berkunjung. Khusus bagi hewan herbivora, Anda harus membeli terlebih dahulu makanan yang sudah disediakan.

Sayur-sayuran seperti kangkung, selada, dan kacang panjang bisa Anda berikan untuk hewan seperti kura-kura, kelinci, kambing, dan rusa. Pengalaman memberi makan hewan secara langsung ini bisa jadi pembelajaran baik untuk anak-anak.

Bersantai Menikmati Suasana

Suasana pedesaan yang terasa di tempat ini sangat cocok menjadi tempat pelepas penat. Ada banyak gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati sejuknya udara sekitar.

Sambil bersantai Anda bisa menikmati sejumlah makanan khas Jogja yang dijual di sekitar. Beberapa diantaranya seperti jadah tempe yang menjadi khas dari daerah Sleman.

Selain itu masih banyak makanan dan minuman lain yang bisa Anda nikmati di tengah suasana yang asri. Rasa lapar, bosan, dan lelah Anda bisa hilang tanpa tersisa setelah beristirahat di tempat wisata ini.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Para pengunjung yang datang pun hampir tidak pernah melewatkan kesempatan untuk berfoto di berbagai spot menarik yang ada. Contohnya saja seperti area taman bunga Parijoto Puspowarni yang berisi beraneka macam bunga penuh warna.

Spot menarik lain tentu saja di kandang-kandang hewan. Bahkan beberapa hewan dibiarkan lepas agar pengunjung bisa leluasa mengambil gambar. Diantaranya seperti kelinci, kura-kura, ular, iguana, kambing, dan burung.

Selain beberapa wahana dan aktivitas tersebut masih banyak hal menarik lain yang bisa Anda dapatkan. Misalnya seperti bermain ATV, menaiki becak, atau hal lainnya. Apapun yang Anda ingin lakukan, mengunjungi Jogja Exotarium Mini Zoo ini akan jadi pengalaman yang berkesan.

Lokasi dan Rute Menuju Jogja Exotarium

Jika Anda tertarik untuk berkunjung bisa datang langsung ke alamatnya yang tidak jauh dari pusat kota. Lokasi persisnya terletak di Jl. Magelang km 8.5 Mulungan Kulon Mulungan, Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.

Selain jalan tersebut ada pintu masuk lain yang bisa Anda kunjungi yaitu Jl. Duwet, Duwet, Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kedua alamat ini bisa Anda pilih saat akan mengunjungi Jogja Exotarium.

Agar Anda tidak bingung, bisa manfaatkan petunjuk navigasi dari Google Maps. Bisa juga dengan menggunakan jasa sopir dari rental mobil hiace Jogja yang siap mengantar.

Jam Operasional Jogja Exotarium

Mini Zoo ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB. Untuk pembelian tiket terakhir dilayani maksimal pukul 16.00 WIB. Jadi usahakan datang sebelum jam tersebut.

Waktu terbaik untuk berkunjung biasanya saat pagi atau siang hari sekitar pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Pada jam tersebut cuaca tidak terlalu panas dan Anda bisa puas berkeliling tanpa takut dikejar waktu.

Selain itu, karena tempat ini merupakan area terbuka, usahakan datang saat musim kemarau. Sehingga Anda bisa terhindar dari hujan yang mungkin mengganggu perjalanan kunjungan Anda bersama keluarga.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)