earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jogja National Museum atau Museum Nasional Jogja termasuk salah satu tempat wisata Jogja yang berbeda dari museum pada umumnya. Jika biasanya di dalam museum terdapat banyak barang bersejarah di Jogja National Museum (JNM) justru berisi berbagai macam karya seni.

Karya seni yang dipamerkan juga tidak terbatas seperti lukisan dan pahatan saja namun juga instalasi seni kontemporer yang menarik. Museum ini pun selalu rutin menjadi tempat dilaksanakannya berbagai pameran seni berkelas internasional seperti Biennale Jogja dan banyak lainnya.

Anda bisa mengikuti acara pameran di JNM ini dengan memanfaatkan paket liburan ke Jogja yang banyak ditawarkan Biro Perjalan. Namun sebelum itu mari simak terlebih dahulu berbagai informasi menarik mengenai Jogja National Museum berikut ini

Sejarah Jogja National Museum

Museum Nasional Jogja pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat sekitar tahun 2006 sebagai ruang publik yang membebaskan para seniman untuk berekspresi. Hal ini tidak lepas dari historis panjang bangunan museum yang berkaitan dengan para seniman-seniman di Jogja.

Sebelum menjadi museum, gedung dan lahan seluas 14 hektar ini merupakan kampus dari Akademi Seni Rupa di tahun 1950. Kemudian pada tahun 1984 berganti sepenuhnya sebagai Fakultas Seni Rupa dan Desain yang merupakan cikal bakal dari Institut Seni Indonesia.

Namun saat kampus ISI sudah berpusat sepenuhnya di Jl. Parangtritis tahun 1998, bangunan ini pun terbengkalai cukup lama. Hingga akhirnya ketua Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara, KPH. Wironegoro, M.Sc. memanfaatkan kembali bangunan ini sebagai sebuah museum seni.

Lalu pada tanggal 19 November 2006 diadakanlah pameran ‘Melukis Lagi di Gampingan’ untuk menggalang dana untuk renovasi. Pameran ini dilakukan bersama-sama oleh para seniman di Jogja dan sekitarnya yang membuat dikenal sebagai Jogja Gallery.

Sejak saat itu mulai banyak pameran seni yang diadakan di Jogja National Museum seperti ArtJog dan Biennale Jogja. Event-event inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan dan membuat Museum Nasional Jogja ini begitu istimewa.

Hal Menarik di Jogja National Museum

Sebagai pusat seni kontemporer di Indonesia khususnya di Jogja, JNM menawarkan banyak sekali hal menarik untuk dieksplor. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata menikmati sesuatu yang berbeda di Jogja.

Meski terkenal sebagai tempat dilaksanakannya pameran bergengsi, JNM Jogja tetap berfungsi sebagai museum yang memamerkan barang-barang seni menarik. Berikut ini beberapa hal menarik lain yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Jogja National Museum Art Space:

Menjelajahi Museum

Seperti yang disebutkan sebelumnya, meski tidak ada pameran besar Anda tetap bisa mengunjungi JNM untuk melihat-lihat barang seni koleksi museum. Barang seni yang dipamerkan biasanya berupa lukisan, patung, hingga instalasi seni unik dan menarik.

Terdapat tiga ruang pamer yang bisa Anda jelajahi yakni ruang pamer utama JNM, ruang seni situs patung, dan pendopo Ajiyasa. Masing-masing ruang menampilkan karya seni berbeda yang tidak hanya untuk dilihat saja tapi juga bisa dibeli oleh pengunjung.

Selain ruang pameran terdapat pula panggung seni dan juga art workshop yang bisa dikunjungi wisatawan saat berada di JNM. Berkeliling Jogja National Museum ini bisa menjadi pengalaman baru yang membuat liburan Anda di Jogja semakin berkesan.

Ruang Bebas Berekspresi

Keunikan lain dari museum Jogja ini adalah barang-barang yang dipamerkan tidak hanya berasal dari seniman terkenal tapi juga seniman lokal. Bahkan mahasiswa, masyarakat, dan orang awam sekalipun bisa ikut berekspresi dan menampilkan karya seninya untuk dipajang di museum.

Meski begitu kualitas seni, keindahan serta keunikan karya yang ditampilkan tetap tidak akan mengecewakan. Anda bisa belajar berbagai hal menarik mengenai dunia seni kontemporer atau sekedar berfoto menikmati keindahan karya dari para seniman.

Hadirnya Jogja National Museum menjadi ruang terbuka yang mendukung para seniman untuk berkarya dan mengekspresikan dirinya. Jika Anda tertarik Anda juga bisa ikut menampilkan karya seni di ruang pameran museum seni Jogja ini.

Belajar Membuat Seni Kontemporer

Namun jika Anda masih belum terlalu percaya diri, museum ini juga sudah menyediakan ruang workshop untuk para pengunjung belajar. Bersama para seniman, Anda bisa ikut berdiskusi mengenai berbagai hal terkait seni hingga membuat sebuah karya bersama di workshop.

Ditambah lagi dengan adanya program art in residence, memungkinkan untuk para seniman lokal dan internasional untuk bebas mengekspresikan dirinya. Semua galeri seni yang ada di museum bisa bebas digunakan oleh para seniman selama program ini berlangsung.

Anda pun bisa melihat secara langsung bagaimana para seniman ini mampu menghasilkan karya seni yang indah dan menarik. Mengunjungi destinasi wisata ini akan membuat wawasan Anda bertambah dan jadi nilai lebih daripada liburan yang biasanya.

Mengunjungi Pameran Seni

Pameran Seni

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai galeri seni terbesar di Jogja tidak heran bila tempat ini selalu dipilih menjadi venue berbagai event seni berkelas. Ada banyak sekali pameran rutin yang selalu dilaksanakan di museum ini salah satunya ArtJog yang sudah dimulai sejak tahun 2008.

Berbagai karya seni kontemporer selalu ditampilkan dengan tema berbeda tiap tahunnya yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu pementasan seni bertaraf internasional juga sering dilakukan di tempat ini seperti misalnya Biennale Jogja yang sudah ada sejak tahun 2011.

Seniman dari berbagai belahan dunia ikut berpartisipasi dalam pameran, kolaborasi, dan lain sebagainya saat event ini berlangsung. Pameran-pameran yang diadakan tiap tahun ini bisa jadi agenda menarik untuk Anda jajal kunjungi saat berada di Jogja.

Bersantai di Kantin

Saat Anda sudah puas berkeliling dan ingin beristirahat, sempatkan diri dulu untuk mampir ke kantin JNM yang tidak kalah menarik. Konsep kantin yang tidak lepas dari seni kontemporer membuat banyak wisatawan betah bersantai dan menikmati hidangan yang tersedia.

Di tempat ini tersedia makanan khas Jogja seperti jajanan ringan maupun snack kekinian yang siap membuat perut Anda terisi kembali. Sambil bersantai menikmati hidangan yang ada, Anda bisa duduk melihat-lihat dan berfoto di sekitar kawasan kantin.

Anda juga bisa bersantai di Anjiru Coffee Shop, salah satu kedai kopi yang berada di dalam kawasan museum. Suasana cafe yang nyaman dan indah sangat cocok untuk Anda beristirahat dan mengisi tenaga sebelum melanjutkan perjalanan.

Berbelanja Souvenir Unik

Jangan lewatkan pula untuk berbelanja souvenir khas Jogja di Kyoot Art Galore sebelum Anda pulang dari JNM. Di tempat ini berbagai kerajinan tangan berupa tas rajut, kalung, bantal, hingga perabotan bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

Selain itu ada juga kaos dan baju karya desainer lokal yang bisa jadi oleh-oleh dari Jogja menarik setelah berkunjung ke JNM jogja. Untuk harga yang ditawarkan juga masih sangat wajar dan terjangkau jadi Anda tidak perlu khawatir budget liburan menipis.

Harga Tiket Masuk Jogja National Museum

Tiket masuk museum nasional Yogyakarta untuk hari-hari biasa hampir tidak ada sama sekali atau gratis. Hanya saja saat sedang dilangsungkan pameran atau event ada biaya tiket yang harus dibayarkan dan tarifnya tergantung keputusan panitia pelaksana.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tiket dan jadwal Anda bisa mengakses website resmi dari Jogja National Museum atau ArtJog. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan rencana perjalanan lebih matang mengenai destinasi tujuan saat menggunakan paket tour dari biro wisata domestik.

Lokasi dan Rute Menuju Jogja National Museum

Alamat museum seni Jogja ini berada di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Malioboro dan keraton serta parkir bus Ngaben sehingga mudah untuk diakses dari manapun.

Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan petunjuk navigasi dari Google Maps yang akan menunjukan rute terbaik dari lokasi Anda. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari rental mobil innova matic Jogja yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Jogja National Museum

Museum ini bisa Anda kunjungi mulai dari hari Senin sampai Sabtu pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Untuk waktu terbaik berkunjung tentu saja saat sedang ada event-event pameran seperti ArtJog sedang berlangsung

Namun jika Anda ingin datang saat hari biasa usahakan berkunjung saat musim kemarau agar terhindar dari guyuran hujan. Dengan begitu Anda bisa puas berkeliling museum dan melanjutkan liburan ke berbagai destinasi wisata menarik lainnya di Jogja.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)