SalSari Resto & Coffee

Pernahkah Anda berlibur ke Kota Sumedang? Kalau belum, Anda dan keluarga wajib sekali berlibur ke sini! Di kota tahu ini, ada Kampung Karuhun yang menyediakan semuanya, mulai dari area bermain sampai penginapan.

Anda mungkin tidak tahu, tetapi kota tahu ini juga memiliki julukan Het Paradijs Van Java. Artinya adalah Surga dari Jawa. Seorang penulis Belanda memberi julukan tersebut karena keterpukauannya pada Kota Sumedang.

Bagaimana? Apa Anda semakin tertarik untuk berlibur ke Surga di tanah Jawa ini? Kalau iya, silahkan simak lebih lanjut mengenai tempat wisata ini dan lihat-lihat tempat wisata hits Sumedang lainnya.

Sekilas Tentang Kampung Karuhun

wahana anak Kampung Karuhun

Tempat wisata seluas 1,5 hektar ini menyediakan berbagai atraksi yang akan membuat Anda jatuh cinta! Ada alamnya yang aesthetic, wahananya yang menarik dan mendidik, sampai penginapannya yang cantik.

Di ketinggian 1200 mdpl ini, Anda dapat menikmati waktu dengan menghirup udara yang segar. Anda juga dapat mengelilingi taman bunga, taman budaya, mengarungi Sungai Cihonje, membelah perkebunan teh dan berenang di waterboom!

Pemilik tempat ini yaitu ketua Badan Pengurus Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. Karena itu, tak heran jika tempat ini menyediakan wahana dan fasilitas yang super lengkap.

Fasilitas Kampung Karuhun

fasilitas Kampung Karuhun

Secara keseluruhan, pengelola wisata telah menyediakan fasilitas yang cukup mumpuni dan memadai. Adapun fasilitas umum yang bisa wisatawan gunakan yaitu tempat parkir, mushola, toilet, playground, galeri budaya, camping ground, spot foto Instagramable.

Sementara fasilitas penunjang lainnya ada penginapan, waterpark, berbagai wahana permainan, dan restoran. Jadi, selepas berwisata Anda bisa singgah di restoran untuk menikmati wisata kulinernya sembari beristirahat.

Harga Tiket Kampung Karuhun

Untuk mengunjungi tempat ini, biayanya cukup terjangkau. Syarat yang lebih penting yaitu Anda harus sudah melakukan vaksin. Berikut ini rincian tarif tiket masuk, wahana permainan, dan penginapan.

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Weekdays Rp25.000,00

Weekend Rp30.000,00

Tiket masuk anak Weekdays Rp15.000,00

Weekend Rp20.000,00

Wahana permainan

Penginapan

Rp10.000,00 – Rp100.000,00

Rp120.000,00 – Rp1.700.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Karuhun

sky walk Kampung Karuhun

Tempat wisata ini terletak di Citengah Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Dari pusat Kota Sumedang, Anda harus mengambil arah barat daya di Jl. Bandung menuju Jl. Angkrek. Selanjutnya, belok ke kiri sebelum Amanda Brownies Sumedang.

Setelah itu, Anda perlu kembali ke Jl. Bandung menuju Palimanan ke Jl. Kebonkol di kecamatan Sumedang Selatan. Lalu, ambil Jl. Pagarbetis, Jl. Baginda, dan Jl. Pager Betis ke Citengah Cisoka.

Kalau Anda berangkat dari Bandung, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Pajero Bandung murah dari Salsa Wisata.

Daya Tarik Kampung Karuhun

Kalau suka dengan wahana yang mendebarkan dan menegangkan, tempat ini juga cocok sekali untuk Anda! Berikut ini beberapa daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini.

Waterboom

kolam renang Kampung Karuhun

Kegiatan seru yang pertama yaitu berenang!

Memang, berenang adalah kegiatan mainstream, tapi kalau berenangnya di atas dataran tinggi, dan dikelilingi hutan, bukannya akan mengesankan? Ditambah lagi, kolam renang ini juga menyediakan berbagai wahana seperti kolam arus, kolam anak, rumah kayu dan bungee trampolin.

Meskipun tak sehebat Waterbom bagus di Bali, di sini Anda tetap dapat menciptakan memori indah saat bermain dengan anak.

Wahana Mendebarkan

offroad Kampung Karuhun

Selain berenang, ada juga wisata-wisata seru yang menegangkan!

Pertama-tama, ada Marak Laut. Wahana ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin mencoba memancing langsung di aliran sungai.

Yang Kedua, ada River Tubing. Wahana ini akan membawa Anda mengarungi Sungai Cihonje yang jernih!

Yang ketiga, ada Zip Bike. Sepeda ini akan membawa Anda mengelilingi Kampung Karuhun dari langit. Bayangkan, dari atas sepeda, Anda dapat melihat sungai, hutan, kebun teh dan sungai. Hebat, bukan?

Yang keempat, ada flying fox. Wahana ini akan membuat jantung Anda berdebar! Anda akan terbang melewati pepohonan, sungai, serta panorama yang menyejukkan mata.

Terakhir, ada ATV. Di sini, Anda dapat merasakan sensasi offroad, melewati jalur pinggir sungai dan membelah perkebunan. Dijamin, perjalanan offroad ini tak kalah seru dengan Lava Tour Jogja bersama Salsa Wisata!

Selain kelima wahana itu, ada juga wahana lain seperti, panahan anak dan paddle boat.

Wisata yang Mengedukasi

wisata edukasi Kampung Karuhun

Tak hanya wahana yang menenangkan dan seru, tempat ini juga menyediakan wahana yang mengedukasi. Karena itu, tempat ini sangat cocok untuk Anda datangi bersama keluarga.

Setelah melewati Karuhun Bridge, Anda akan menemukan taman budaya. Di sini, ada panggung yang menyajikan kesenian lokal. Saat Anda berjalan di kawasan ini, Anda juga akan terus mendengar lagu-lagu Sunda.

Jika berjalan lebih jauh, Anda akan menemukan Kawasan Etnik Nusantara. Wahana ini memamerkan tiga etnik budaya, yaitu Sunda, Toraja, dan Papua. Dari mulai bangunannya, baju adatnya, bahkan suasananya!

Wisata yang menenangkan

sky swings Kampung Karuhun

Kalau Anda hanya ingin bersantai menikmati pemandangan, tempat wisata ini menyediakan beberapa wahana yang cocok!

Ada gembok cinta dimana Anda bisa berkhayal sambil menulis keinginan. Ada bangku-bangku, saung dan pendopo instagramable untuk Anda duduk-duduk santai. Selain itu, ada juga spot foto cantik, seperti ayunan, deck kapal, jalanan yang membelah bukit, dan jembatan yang membelah sungai!

Anda juga bisa menyegarkan pikiran dengan duduk-duduk di pinggir sungai sambil merendam kaki. Selanjutnya, Anda juga bisa menghirup aroma manis sambil berkeliling taman bunga yang tak kalah indah dengan Taman Bunga Celosia Jogja.

Wisata Kuliner

wisata kuliner Kampung Karuhun

Kalau sudah memamerkan budaya Sunda, akan tidak lengkap kalau tidak memamerkan makanannya juga. Karena itu, tempat wisata ini juga menyediakan wisata kuliner.

Tempat wisata ini menyediakan rumah makan bernama Saung Abah. Rumah makan lesehan ala Sunda ini menyediakan berbagai makanan khas Sunda enak yang wajib Anda coba!

Tak hanya Saung Abah, di sini juga ada Kafe Leeut dan Sky Tea House. Leeut merupakan kata Bahasa Sunda yang berarti makan atau minum. Di kedua kafe ini, Anda bisa beristirahat dengan santai sambil menikmati alam.

Jam Buka Kampung Karuhun

Tempat wisata ini buka dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Anda bisa datang kapan saja, karena di siang hari sekalipun, suasana di sini akan tetap sejuk.

Meskipun begitu, jika Anda ingin berlibur ke Kampung Karuhun, sebaiknya Anda berangkat dari pagi. Karena tempat parkirnya yang tidak begitu luas, Anda harus berebut tempat parkir dengan pengunjung lainnya. Selain itu, jika Anda kesiangan, takutnya Anda tidak sempat berbelanja oleh-oleh khas Jawa Barat tahan lama di Sumedang.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berwarna, gunakan biro travel berpengalaman seperti Salsa Wisata. Ada banyak pilihan paket wisata domestik yang bisa Anda pilih di rencana liburan selanjutnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)