earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kampung Pelangi Semarang menjadi salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Kota Semarang. Cantiknya warna-warni bangunan yang ada terlihat indah dan menakjubkan dari sudut manapun.

Tempat yang pas untuk Anda yang senang berfoto kekinian dengan gaya instagramable. Kampung Pelangi pun menjadi tempat wisata di Semarang yang berhasil memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan dan menjaga lingkungan sekitar.

Anda bisa mengunjungi Kampung Pelangi Semarang dengan mudah menggunakan paket wisata Semarang dari Biro Perjalanan. Tapi sebelum itu, mari simak terlebih dahulu ulasan lengkap tentang Kampung Pelangi berikut ini

Sekilas Tentang Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi ini pada awalnya merupakan daerah kumuh dan tidak terawat dengan baik. Nama asli dari kampung ini adalah Kampung Wonosari yang berada di kecamatan Randusari Semarang.

Perubahan kampung Wonosari yang kumuh menjadi Kampung Pelangi yang indah seperti sekarang tidak lepas dari peran Slamet Widodo. Beliau adalah warga kampung Wonosoari  yang berprofesi sebagai kepala sekolah.

Ide ini muncul setelah beliau melihat keindahan kampung wisata Jodipan yang ada di Malang dan juga kampung Kali Code Yogyakarta. Warna warni rumah yang berada di pinggir kali code dan jodipan ini bisa terlihat indah dari jalanan.

Hal itulah yang membuat Slamet bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dan pihak swasta untuk menyulap Kampung Wonosari menjadi kampung wisata. Hingga akhirnya sekitar 325 rumah di Kampung Wonosari dipercantik dengan berbagai warna yang menghiasi dinding dan atap rumah.

Bahkan beberapa dinding dan jalan dihiasi juga oleh mural dan lukisan 3D yang menarik. Sejak saat itulah kampung Wonosari ini dikenal sebagai Kampung Pelangi Semarang.

Daya Tarik dan Hal Menarik Kampung Pelangi Semarang

foto kampung pelangi semarang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Setelah berubah menjadi tempat wisata di Semarang, Kampung Pelangi ini menawarkan banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa daya tarik serta kegiatan seru yang bisa Anda coba di Kampung Pelangi Semarang

Melihat Indahnya Pemandangan Kampung

Bagian paling menarik dari Kampung Pelangi ini tentu saja pemandangan kampung yang berwarna-warni Rumah-rumah yang ada di kampung ini dihiasi oleh cat berwarna cerah seperti merah, kuning, hijau, ungu, pink dan lainnya.

Hampir setiap sisi kampung memiliki warna yang mencolok dan mampu menarik perhatian mata memandang. Tidak hanya itu hiasan seperti payung gantung, bendera, dan pernak-pernik lain juga ikut meramaikan pemandangan kampung.

Suasana kampung yang dulu terkenal kumuh dan kotor sudah tidak bisa Anda lihat lagi di Kampung Pelangi. Semua sudah menjadi bersih, indah, dan cantik bahkan dari pintu masuk kampung hingga sisi lainnya.

Dari pintu masuk kampung, Anda bisa melihat bangunan rumah yang berada di lereng bukit terlihat menumpuk Indah dengan warna cerah nya. Kampung Pelangi ini bisa menjadi destinasi yang unik dan menarik untuk Anda nikmati saat di Kota Semarang.

Berkeliling Kampung

Tentu tidak akan puas bila Anda hanya melihat-lihat dari pintu masuk Kampung Pelangi tanpa menjelajah setiap sudutnya. Kampung Pelangi Semarang tidak hanya indah dari luarnya saja, jalanan kecil di dalam kampung juga bisa memberikan pemandangan yang cantik.

Jalan kavling yang tertata rapi sangat mudah untuk dilalui sambil berjalan kaki. Selain itu terdapat banyak kursi taman yang disediakan bagi para pengunjung yang ingin beristirahat setelah puas berkeliling.

Di salah satu sisi kampung, Anda bisa menemukan taman cantik bernama Taman Kasmaran. Taman ini sering menjadi tempat para pasangan bersantai dan menikmati pemandangan Kampung Pelangi dari atas.

Hal yang paling menarik dari Taman Kasmaran ini adalah kumpulan gembok cinta untuk mengikat cinta abadi sepasang kekasih. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan mencoba menuliskan namanya dan pasangan di gembok untuk membuktikan mitos tersebut.

Menikmati Karya Seni

Saat mengelilingi kawasan Kampung Pelangi Semarang, Anda akan menemukan banyak lukisan atau mural yang ada di dinding-dinding rumah. Mural ini dibuat langsung oleh masyarakat sekitar dengan berbagai macam gambar seperti wayang, sayap, tokoh kartun, dan lainnya.

Tidak hanya mural, bahkan beberapa dinding dan jalanan kampung dilukis dengan efek 3D yang unik. Gambar ikan yang tumpah, tebing jurang dalam, dan efek lainnya bisa Anda temukan di Kampung Pelangi.

Untuk melestarikan lingkungan, Kampung Pelangi memanfaatkan sampah daur ulang menjadi sebuah hiasan yang cantik. Botol-botol plastik, bola bekas, dan potongan bambu disulap menjadi sebuah karya seni untuk menghias kampung.

Dengan adanya hiasan dan pernak-pernik menarik tersebut, Kampung Pelangi Semarang ini menjadi sangat cantik dan indah. Anda pun bisa mendapat pengalaman baru menikmati karya seni hasil karya warga Kampung Pelangi.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

sejarah kampung pelangi

Keindahan serta keunikan panorama Kampung Pelangi Semarang sangat sayang untuk dilewatkan terlebih lagi banyak spot foto menarik yang bisa dicoba. Bahkan keindahan dari Kampung Pelangi ini sudah diakui banyak media dunia dan viral di sosial media.

Gambar mural yang unik dan menarik bisa menjadi latar belakang foto yang pasti terlihat apik. Begitu juga dengan lukisan 3D yang ada, foto-foto Anda bisa menjadi lebih interaktif dan bagus.

Spot yang tidak kalah indah selain jembatan pintu masuk kampung tentu saja Taman Kasmaran. Pemandangan Kampung Pelangi dari atas yang berwarna warni akan tampak jelas dan menawan.

Anda pun dapat menggunakan berbagai properti yang disediakan seperti berbagai macam jenis bunga. Dengan begitu setiap foto yang Anda ambil di Kampung Pelangi ini akan sangat instagramable.

Wisata Kuliner dan Souvenir

Selain menjadi wisata foto kekinian, Kampung Pelangi juga menawarkan wisata kuliner bagi para pengunjung yang datang. Beberapa rumah warga menyediakan jajanan dan panganan khas Semarang dan Kampung Pelangi.

Salah satunya adalah es mambo beraneka warna dan rasa yang pas untuk melepas dahaga saat berkeliling. Anda pun dapat mencoba roti, gorengan, dan jajanan lain yang dijual oleh warga sekitar.

Belanja berbagai souvenir dan pernak-pernik juga bisa Anda lakukan di Kampung Pelangi ini. Banyak toko yang menjual souvenir khas Kampung Pelangi seperti celengan warna-warni.

Sekitar kawasan Kampung Pelangi juga banyak toko-toko bunga yang menawarkan berbagai macam jenis bunga cantik beraneka warna. Mengunjungi Kampung Pelangi Semarang bisa jadi pilihan berlibur murah yang tepat untuk Anda lakukan.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Untuk masuk kawasan Kampung Pelangi, Anda tidak perlu membayar tiket masuk karena gratis. Hanya cukup membayar biaya parkir, Anda sudah bisa menikmati keindahan dari Kampung Pelangi.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan dan persiapan sebelum nanti mengunjungi Kampung Pelangi.

Kunjungi juga berbagai tempat wisata lainnya di Semarang dengan mudah menggunakan paket wisata Domestik dari Biro Perjalanan. Melalui paket ini segala urusan akomodasi Anda selama berlibur sudah dipersiapkan sehingga Anda bisa hemat waktu, tenaga, serta biaya liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Pelangi Semarang

Lokasi Kampung Pelangi Semarang ini terletak di dusun Wonosari, desa Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Untuk menuju Kampung Pelangi ini Anda bisa menggunakan jasa sewa innova venturer Semarang dan melewati beberapa rute pintu masuk namun yang paling mudah dengan melewati Tugu Muda.

Dari Tugu Muda, anda bisa melewati Jl. Dokter Sutomo menuju arah Selatan. Sepanjang jalan ini di sisi kiri atau timur Jalan, Anda bisa melihat kawasan Kampung Pelangi dan juga Taman Kasmaran.

Rute ini sering dipilih wisatawan karena melewati banyak tempat wisata lain seperti Lawang Sewu dan tentunya Tugu Muda. Untuk mendapatkan rute ini, Anda bisa menggunakan Google Maps yang akan memberikan rute terbaik dari titik Anda berangkat.

Jam Operasional Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi ini tidak memiliki jam operasional khusus karena memang sebuah perkampungan begitu juga Taman Kasmaran. Hanya saja saat malam hari tempa ini sudah sangat sepi dan tidak bisa terlihat keindahan nya.

Waktu terbaik mengunjungi Kampung Pelangi ni sekitar pukul 09.00 WIB atau 15.00 WIB saat cuaca tidak terlalu panas. Anda pun dapat melihat dengan jelas pemandangan dari atas dan berfoto di berbagai spot foto menarik yang ada.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (4 votes)