SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Tugu Muda Semarang termasuk salah satu landmark wisata kota Semarang yang terkenal selain Lawang Sewu. Bentuk tugu yang unik memiliki filosofi serta nilai sejarah yang menggambarkan perjuangan Kota Semarang.

Tugu ini juga menjadi tempat wisata di Semarang yang cukup ramai di kunjungi berkat lokasinya yang dekat dengan Lawang Sewu. Mengunjungi Tugu Semarang bisa menjadi alternatif destinasi wisata sejarah saat Anda berada di Semarang.

Objek wisata ini bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan paket liburan Semarang dari Biro Perjalanan. Namun sebelum lebih jauh, silahkan simak ulasan lengkap mengenai Tugu Muda berikut ini.

Sejarah Tugu Muda Semarang

Pada awalnya Tugu Semarang mulai dibangun pada tanggal 10 November 1951 dan diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh Presiden Ir. Soekarno. Tugu Muda dibuat untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang berperang melawan penjajah selama lima hari hanya dengan bambu runcing.

Bentuk tugu ini terlihat menyerupai lilin yang menyala dan melambangkan semangat juang pejuang yang tetap menyala. Tugu Semarang ini terbuat dari batu dan terbagi menjadi tiga bagian yakni landasan, badan, serta bagian kepala.

Bagian landasan tugu berpenampang lima berbentuk seperti bintang dengan relief menghiasi setiap bagian nya. Relief ini menggambarkan perjuangan masyarakat Semarang sejak awal penjajahan hingga kemerdekaan.

Pada bagian badan tugu dihias dengan lima lambang pancasila kemudian pilar yang menjulang dengan tinggi total 53 meter. Lalu di bagian kepala atau pucuk berbentuk seperti kobaran api yang terus menyala seperti semangat juang para pahlawan.

Sekitar tugu dihiasi dengan kolam air mancur serta taman hijau yang indah. Bentuk taman ini menyerupai bulan sabit dan dihiasi oleh pohon cemara dan beberapa tanaman bunga lainnya.

Masyarakat sekitar juga terkadang menyebut Tugu Muda ini dengan nama Tugu Simpang Lima Semarang. Hal ini karena letak tugu yang berada di persimpangan lima jalan utama di Semarang.

Daya Tarik Tugu Muda

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini untuk mengisi liburan di Semarang, berikut ini beberapa diantaranya

Berfoto Melihat Panorama Sekitar

Keindahan panorama sekitar objek wisata ini sangat pas menjadi latar belakang setiap foto Anda. Taman hijau yang mengelilingi Tugu ini sangat indah ditambah dengan kolam air mancur yang membuat suasana terasa segar.

Pemandangan yang terlihat dari Tugu ini pun sangat indah karena Anda bisa melihat langsung megahnya bangunan Lawang Sewu. Anda bisa mendapatkan foto Lawang Sewu yang menarik dari sudut pandang berbeda.

Saat malam hari Anda pun masih bisa menikmati keindahan Tugu ini berkat lampu-lampu hias yang ada di taman. Lampu sorot yang menyinari Tugu Muda akan memperlihatkan megah dan cantiknya tugu landmark Semarang ini.

Remangnya lampu kota berpadu dengan pemandangan sekitar Tugu ini bisa menjadi foto menarik yang pas untuk Anda upload. Keindahan Tugu ini juga bisa Anda nikmati dengan berselfie atau sekedar duduk santai di kursi taman yang ada.

Belajar Sejarah Perjuangan

Tugu Semarang tidak hanya memberikan pemandangan dan spot menarik untuk berfoto saja, Anda juga bisa belajar sejarah di Tugu ini. Lima relief yang ada di landasan Tugu Semarang dapat memberikan pelajaran sejarah yang menyenangkan.

Relief pertama yang mengawali perjalanan sejarah di Tugu ini adalah relief Hongerodeem. Pada bagian relief ini menceritakan masa penjajahan yang menyiksa hingga banyak masyarakat yang terkena Hongerodeem atau busung lapar.

Kemudian relief pertempuran dan penyerangan yang menggambarkan semangat juang serta perlawanan untuk bebas dari penjajahan. Relief korban di salah satu landasan memperlihatkan pertempuran lima hari di Semarang yang memakan banyak korban.

Terakhir relief kemenangan yang menjadi tanda berhasilnya perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan. Melalui relief-relief ini Anda bisa belajar tentang sejarah perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan dari pahlawan Semarang.

Mengunjungi Tempat Wisata Lain

Letak Tugu Muda Semarang yang strategis menjadi alasan banyak wisatawan datang mengunjungi destinasi satu ini. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di dekat Tugu ini salah satunya Lawang Sewu.

Lawang Sewu berada di seberang jalan sisi utara Tugu ini dan hanya berjarak beberapa meter. Anda bisa puas berfoto dan belajar mengenai sejarah perkeretaapian Indonesia yang ada di Lawang Sewu.

Selain itu ada juga Museum Mandala Bhakti di sisi selatan Tugu yang bisa Anda kunjungi. Museum ini berisi tentang sejarah militer Indonesia mulai dari persenjataan hingga sisa-sisa pertempuran penting saat perjuangan.

Di sekitar Tugu ini pun terdapat banyak pedagang makanan khas Semarang seperti Lumpia, Tahu Gimbal dan Wingko Babat. Anda bisa puas menikmati liburan yang menyenangkan di Semarang dengan mengunjungi Tugu Muda.

Harga Tiket Masuk Tugu Muda

Untuk masuk kawasan Tugu Muda ini Anda tidak dipungut biaya masuk hanya perlu membayar karcis parkir. Karcis parkirnya pun sangat terjangkau, berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel ini sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun daftar diatas bisa Anda gunakan untuk persiapan dan perkiraan sebelum mengunjungi Tugu ini.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat wisata di Semarang melalui paket tour Semarang dari Biro Perjalanan. Dengan paket tersebut semua akomodasi Anda sudah ditanggung dan tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau.

Lokasi dan Rute Menuju Tugu Muda Semarang

Mengunjungi Tugu ini sangat mudah karena lokasinya yang berada di simpang lima tengah kota. Alamat persisnya di Jl. Pandanaran, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Jaraknya hanya 6.5 km dari Bandara Jendral Ahmad Yani Semarang dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit berkendara. Dari bandara Anda bisa langsung menuju Jl. Jendral Sudirman melewati Jl. Madukoro Raya.

Setelah tiba di Jl. Jendral Sudirman lanjut saja lurus ke Jl. MGR Sugiyopranoto dan Anda sudah bisa tiba di Tugu Muda. Untuk lebih mudah, Anda bisa manfaatkan Google Maps agar bisa mendapatkan rute terbaik menuju Tugu ini dari manapun Anda berada dengan rental alphard Semarang.

Jam Operasional Tugu Muda Simpang Lima Semarang

Anda bisa datang kapanpun ke Tugu ini karena tempat ini buka selama 24 jam setiap hari. Namun ada beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih untuk bisa menikmati keindahan Tugu ini.

Pertama pada saat pagi hari dimana jalanan sekitar masih sepi belum terlalu banyak kendaraan berlalu lalang. Pada waktu tersebut biasanya dimanfaatkan untuk pengunjung berolahraga seperti jogging mengelilingi taman Tugu Muda.

Anda juga bisa datang saat sore hari menjelang malam, karena pada waktu tersebut cuaca tidak terlalu panas. Selain itu Anda bisa duduk santai menikmati lampu-lampu indah sekitar Tugu ini dan panorama malam Lawang Sewu.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Semarang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)