SalSari Resto & Coffee

Jika ingin berwisata alam, Anda pasti hanya memilih antara gunung atau laut. Pernahkah Anda berpikir untuk pergi ke kawah? Kalau tidak, cobalah sekali-kali berlibur ke kawah, terutama Kawah Cibuni Rengganis!

Tempat wisata ini tidak seperti Kawah Ratu Bandung yang kawahnya sangat besar dan terletak di tengah-tengah tempat wisata. Di tempat wisata ini, kawahnya terbagi menjadi beberapa kawah kecil dan tersebar di sekitar area wisata. Kawah ini juga tidak terlalu gersang, karena banyaknya pepohonan yang mengelilinginya.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik? Kalaslu tertarik kesini, Anda bisa sekalian mengunjungi tempat wisata Ciwidey yang bagus lainnya.

Sejarah Kawah Cibuni Rengganis

sungai air panas Kawah Cibuni Rengganis

Kawah ini berada di sebuah lembah perbukitan Gunung Patuha sebelah timur. Kawasan ini termasuk kawasan pertanian yang memiliki aktivitas vulkanik rendah.

Anda mungkin bingung dengan namanya yang terlampau panjang. Awalnya, kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke- 18 ini bernama Cibuni. Namun, semenjak Agrowisata Rancabali mengambil alih pengelolaannya, namanya berganti menjadi Rengganis.

Meskipun demikian, nama Cibuni sudah melekat erat dengan kawah tersebut. Warga sekitar banyak yang tidak tahu dengan nama Rengganis, sehingga saat pengunjung menanyakan letak kawah, mereka pasti akan menyebut-nyebut Cibuni. Begitulah akhirnya, embel-embel Cibuni selalu dibawa saat menyebut nama tempat wisata ini.

Fasilitas Kawah Cibuni Rengganis

fasilitas Kawah Cibuni Rengganis

Tempat wisata ini memiliki area parkir yang sangat luas, sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan tempat parkir. Disini, bahkan ada tempat parkir bus. Jika Anda ingin berwisata bersama rombongan, Anda bisa menggunakan layanan rental bus pariwisata Bandung murah.

Selanjutnya, sama seperti tempat wisata pada umumnya, tempat wisata ini juga menyediakan toilet dan kamar ganti. Karena itu, Anda tidak perlu takut bermain air disini. Anda juga tidak perlu khawatir ketinggalan waktu sholat, karena tempat ini juga menyediakan Mushola.

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan banyak warung makanan. Namun, yang dijual disini biasanya hanya sebatas mie instan, mi seduh dan air minum. Jika Anda tidak puas, Anda bisa pergi menikmati wisata kuliner Bandung yang enak.

Harga Tiket Kawah Cibuni Rengganis

Retribusi Tarif
Tiket Kawah Cibuni Rengganis Rp15.000,00
Paket VIP

( Kawah Cibuni Rengganis, Pulang-pergi melewati Jembatan Gantung, Situ Patenggang (Hutan Pinus), dan Pinisi Glamping Lakeside (semua wahana) )

Rp100.000,00
Paket Reguler

( Kawah Cibuni Rengganis, berangkat melalui jalur biasa-pulangnya melewati Jembatan Gantung, Situ Patenggang (Hutan Pinus), dan Pinisi Glamping Lakeside )

Rp70.000,00

Lokasi dan Rute Kawah Cibuni Rengganis

rute Kawah Cibuni Rengganis

Kawah ini terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat dengan kode pos 40973. Kawah ini ada di dalam komplek Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VII (PTPN VIII) Jawa Barat.

Anda dapat mengakses perjalanan menuju wisata alam ini dengan mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Dari Bandung, Anda harus memilih jalur ke Situ Patenggang. Selanjutnya,  Anda tinggal berkendara lurus selama 2 kilometer dan Anda sudah sampai di kawah ini.

Keberadaan Jembatan Gantung di kawah ini bukan tanpa alasan. Dengan adanya Jembatan Gantung, perjalanan Anda menuju kawah akan menjadi lebih mudah. Jika melewati jalur biasa, Anda perlu berjalan sekitar 1 km di jalanan berbatu di pinggir hutan untuk sampai ke lokasi.

Meskipun begitu, jalur biasa tidak sulit dilalui asal Anda berhati-hati. Setelah pulang, Anda juga bisa mengisi tenaga dengan makanan khas Jawa Barat enak di warung makan sekitar.

Daya Tarik Kawah Cibuni Rengganis

Suasana yang Asri

pemandangan asri Kawah Cibuni Rengganis

Anda mungkin pernah berwisata ke beberapa kawah dan merasakan betapa panas dan gersangnya kawah-kawah tersebut. Namun, kawah ini berbeda. Meskipun bekas letusan gunung, tetapi ada banyak pohon yang mengelilinginya, sehingga suasananya tetap asri.

Bukan hanya di dalamnya, di sepanjang perjalanan menuju kawah ini juga terdapat perkebunan teh Rancabali yang menyejukkan. Jangan lupa juga untuk memicingkan mata Anda, karena di pinggiran jalan biasanya ada penjual oleh-oleh khas Bandung pakaian.

Batu Berasap

batu berasap Kawah Cibuni Rengganis

Anda yang terbiasa melihat asap kendaraan di jalanan pasti akan takjub melihat asap alami ini. Batu-batu ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada zaman dahulu. Alasan batu-batu ini masih berasap adalah karena seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa kawasan ini mengandung vulkanik.

Kalau Anda pecinta fotografi, Anda wajib sekali datang kesini bersama kamera kesayangan Anda. Karena, saking cantiknya pemandangan batu berasap ini, Anda pasti jadi geregetan untuk mengabadikannya juga.

Kolam Hati Sulfur Panas

pemandian Kawah Cibuni Rengganis

Seperti kawah kebanyakan, kawah ini juga memiliki kolam pemandian air panas. Bukan kolam biasa, kolam ini mengandung sulfur belerang yang memiliki khasiat bagus untuk kulit Anda.

Anda dapat melakukan luluran dan spa dengan lumpur belerang sambil merelaksasikan otot-otot tubuh Anda. Suasana alam yang cantik juga akan me-refresh seluruh panca indra Anda. Anda akan merasa seperti terlahir kembali!

Pancuran Air Panas

pancuran mini Kawah Cibuni Rengganis

Jika kolamnya penuh, maka Anda bisa pergi ke pancuran yang berada di spot berbeda. Anda tinggal duduk di bebatuan, dan air pancuran akan mengguyur tubuh Anda. Tenang saja, air pancuran ini juga mengandung senyawa sulfur yang dapat mempercantik kulit Anda.

Memang, kalau hanya duduk di pancuran, Anda tidak dapat merelaksasikan otot seperti berendam di kolam. Namun, sensasi pancuran hangat ini akan menyegarkan tubuh Anda.

Air Terjun Mini

Jika Anda berpikir air terjun ini berada di kolam pemandian, maka Anda salah. Karena air terjun mini ini berada di spot lainnya yang berbeda dari kolam dan pancuran.

Air terjun ini terbentuk dari aliran air gunung yang juga mengandung sulfur. Arus air hangat ini kemudian mengaliri bebatuan yang menurun, sehingga jadilah air terjun mini.

Karena ukurannya yang mini, tentu saja Anda tidak bisa berendam disini. Meskipun begitu, Anda tetap bisa merelaksasikan telapak kaki Anda yang selama ini terhimpit di dalam sepatu.

Jembatan Gantung

jembatan gantung Kawah Cibuni Rengganis

Anda mungkin tidak tertarik dengan fotografi, tetapi Anda pasti tertarik  menjadi modelnya. Disini, ada jembatan gantung aesthetic yang cocok menjadi latar foto Anda.

Anda bisa bergantian dan saling memotret dengan kerabat Anda. Selanjutnya, feed instagram Anda pasti akan bertambah.

Tak hanya menjadi spot foto, di jembatan gantung ini Anda juga dapat melihat pemandangan dengan view yang lebih luas.

Jam Buka Kawah Cibuni Rengganis

Kawah ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ini adalah pagi dan sore hari, dimana suasana sejuk dan tidak terlalu ramai.

Bagaimana? Anda tertarik berlibur ke Bandung dan pergi ke Kawah Cibuni Rengganis? Kalau tertarik, Anda bisa memesan paket liburan Bandung 1 hari dari Salsawisata. Disini, Anda bisa custom perjalanan Anda sendiri.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (9 votes)