SalSari Resto & Coffee

Bandung sudah sangat terkenal sebagai kota destinasi wisata, tidak hanya bagi wisatawan domestik tapi juga wisatawan mancanegara. Anda bisa memilih banyak tempat wisata Bandung menarik mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga wisata kuliner termasuk oleh-oleh khas.

Sehingga tidak heran bila Bandung selalu masuk destinasi yang ditawarkan Biro Perjalanan kedalam paket wisata mereka. Perjalanan liburan Anda ke Bandung ini pun akan semakin lengkap dengan membawa oleh-oleh khas Bandung saat akan kembali pulang.

Ada banyak pilihan oleh-oleh Bandung yang bisa Anda pilih mulai dari makanan, pernak-pernik hingga pakaian. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh Khas Bandung menarik yang wajib Anda beli saat berlibur ke Bandung:

Daftar Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal

Karma Kaos Bandung

Karma Kaos Bandung

Karma Kaos Bandung juga merupakan salah satu pusat oleh oleh khas Bandung yang memiliki Brand unggulan tersendiri yaitu baju kaos, dengan harga yang sangat terjangkau sudah bisa mendapatkan kualitas produk yang terjamin kualitasnya.

Bahannya halus dan adem, design gambarnyapun bagus-bagus berbeda dengan yang ada di pasaran. Selain baju kaos ada juga produk unggulan lainnya seperti fashion, tas, topi, souvenir yang diproduksi sendiri.

Anda bisa megunjungi outlet resmi Karma Kaos Bandung di Jl. Dr. Setiabudhi No. 353B, Kota Bandung.

Brownies Amanda

Oleh-Oleh Khas Bandung Brownies Amanda

Saat Anda berkunjung ke Bandung sempatkan untuk membeli Brownies Amanda yang sudah sangat terkenal dengan kelezatannya. Brownies yang muncul pada tahun 2000 ini langsung menarik perhatian wisatawan karena konsep brownies yang unik terutama dari segi pembuatannya. Bila kebanyakan brownies dibuat dengan cara dipanggang, Brownies Amanda ini justru dikukus sehingga lebih terasa empuk dan lembut.

Teksturnya yang lebih lembut dan terasa legit itulah yang membuat Brownies Kukus Amanda menjadi favorit wisatawan. Varian rasa yang ditawarkan juga beragam, Anda bisa menikmati rasa original cokelat, cheese cream, choco marble, pandan, blueberry, atau lainnya. Rasa yang ditawarkan pun mengikuti perkembangan zaman sehingga cocok untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh Bandung yang kekinian.

Di Bandung sendiri Anda bisa membeli Brownies Amanda di 14 outlet yang tersedia dengan pusat di Jl. Rancabolang daerah Margahayu. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp38.000,00 hingga Rp74.000,00 tergantung rasa dan ukuran kemasan. Rasa yang nikmat dan harga yang murah inilah yang membuat Brownies Amanda digemari banyak orang dan pas menjadi oleh-oleh Bandung.

Wayang Golek

Oleh-Oleh Khas Bandung Wayang Golek

Jika Anda ingin oleh-oleh dari Bandung yang tidak biasa, Wayang Golek khas Jawa Barat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Berbeda dengan wayang kulit yang tipis, wayang golek terbuat dari ukiran kayu dan memiliki bentuk seperti boneka. Bahkan beberapa jenis wayang golek memiliki bagian tubuh yang bisa digerakkan seperti mulut atau bagian matanya sehingga terlihat lebih hidup.

Ada banyak jenis wayang golek yang bisa Anda beli namun yang paling populer diantara semuanya adalah tokoh Cepot. Cepot memiliki wajah berwarna merah dan menggunakan pakaian tradisional khas Jawa Barat, dalam wayang Jawa Cepot lebih dikenal sebagai Bagong. Selain Cepot Anda bisa menemukan jenis wayang golek unik seperti sosok hantu lokal, superhero bahkan tokoh dunia.

Bentuknya yang unik-unik tersebut membuat banyak wisatawan tertarik menjadikan wayang golek sebagai souvenir khas Bandung untuk dibawa pulang. Anda bisa mengunjungi Galeri Cupumanik yang berada di daerah Cicendo bila ingin melihat-lihat dan membeli wayang golek. Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp50.000,00 per wayang tergantung jenis dan model wayang yang dipilih.

Angklung

Oleh-Oleh Khas Bandung Angklung

Selain Wayang Golek, Anda juga bisa membeli Angklung sebagai souvenir untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke Bandung. Alat musik tradisional khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan mampu menghasilkan suara nyaring yang khas saat dimainkan.

Jika Anda tertarik melihat angklung dari dekat bisa datang ke Saung Angklung Udjo yang terkenal dengan pertunjukan angklungnya. Anda bisa memanfaatkan paket tour Bandung yang ditawarkan Biro Perjalanan untuk bisa mengunjungi melihat langsung pertunjukan angklung tersebut.

Setelah menyaksikan pertunjukan Anda bisa mampir ke workshop yang memperlihatkan proses pembuatan angklung sekaligus membeli berbagai cenderamata khas Bandung menarik. Beberapa diantaranya seperti pajangan angklung, miniatur, gantungan kunci, hingga hiasan angklung semua dijual dengan harga terjangkau.

Bolen Kartika Sari

Bolen Kartika Sari

Kartikasari menjadi salah satu destinasi wajib untuk Anda kunjungi di Bandung sebelum pulang kembali ke daerah asal. Tempat ini merupakan toko oleh-oleh khas Bandung yang menjual berbagai macam makanan dan jajanan lezat untuk Anda bawa pulang. Salah satu yang paling terkenal adalah Pisang Bolen Kartika Sari.

Bolen Kartika Sari sudah populer sejak tahun 1970 dan menjadi pelopor kehadiran pisang bolen di Bandung. Tekstur kue yang khas dan beragam variasi rasa yang tersedia membuat siapapun ketagihan menikmati Bolen Pisang Kartikasari ini. Terdapat varian rasa coklat, keju, hingga durian yang bisa Anda pilih saat membeli Bolen Kartika Sari.

Sebagai salah satu toko oleh-oleh khas Bandung, Kartika Sari tidak hanya menjual bolen pisang tapi juga aneka kue dan pastry. Anda bisa mengunjungi Kartika Sari Bandung yang berpusat di daerah Kebon Kawung, Jl. H. Akbar No. 4. Anda bisa membawa pulang sekotak Pisang Bolen Kartika Sari ini dengan harga mulai dari Rp50.000,00 tergantung varian rasanya.

Cireng

Oleh-Oleh Khas Bandung Cireng

Bagi Anda pencinta wisata kuliner Bandung tentu sudah tidak asing lagi dengan hidangan bernama Cireng. Makanan berbahan dasar tepung kanji atau tepung tapioka ini termasuk jajanan khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang. Sudah banyak kemasan praktis cireng beku yang dijual sehingga Anda bisa menikmati hidangan ini selagi hangat setelah digoreng.

Secara umum cara membuat cireng ini sangat mudah karena hanya memerlukan tepung kanji, air, garam, dan bumbu tambahan lainnya. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian baluri tepung saat semua tercampur cireng bisa digoreng.

Ada banyak variasi cireng yang bisa Anda pilih seperti rujak cireng, cireng isi, dan jenis cireng lainnya yang bisa Anda beli di pusat oleh-oleh Bandung. Harga dari jajanan ini pun sangat murah karena hanya sekitar Rp10.000,00 per bungkus isi 10 lengkap dengan sambalnya.



By Categories: Bandung, Kuliner

Bagikan Artikel Ini Ke:

3.9/5 - (35 votes)