Bandung sudah sangat terkenal sebagai kota destinasi wisata, tidak hanya bagi wisatawan domestik tapi juga wisatawan mancanegara. Anda bisa memilih banyak tempat wisata Bandung menarik mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga wisata kuliner semua tersedia.

Sehingga tidak heran bila Bandung selalu masuk destinasi yang ditawarkan Biro Perjalanan kedalam paket wisata mereka. Perjalanan liburan Anda ke Bandung ini pun akan semakin lengkap dengan membawa oleh-oleh khas Bandung saat akan kembali pulang.

Ada banyak pilihan oleh-oleh Bandung yang bisa Anda pilih mulai dari makanan, pernak-pernik hingga pakaian. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh Khas Bandung menarik yang wajib Anda beli saat berlibur ke Bandung:

Daftar Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal

Brownies Amanda

Brownies

Saat Anda berkunjung ke Bandung sempatkan untuk membeli Brownies Amanda yang sudah sangat terkenal dengan kelezatannya. Brownies yang muncul pada tahun 2000 ini langsung menarik perhatian wisatawan karena konsep brownies yang unik terutama dari segi pembuatannya. Bila kebanyakan brownies dibuat dengan cara dipanggang, Brownies Amanda ini justru dikukus sehingga lebih terasa empuk dan lembut.

Teksturnya yang lebih lembut dan terasa legit itulah yang membuat Brownies Kukus Amanda menjadi favorit wisatawan. Varian rasa yang ditawarkan juga beragam, Anda bisa menikmati rasa original cokelat, cheese cream, choco marble, pandan, blueberry, atau lainnya. Rasa yang ditawarkan pun mengikuti perkembangan zaman sehingga cocok untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh Bandung yang kekinian.

Di Bandung sendiri Anda bisa membeli Brownies Amanda di 14 outlet yang tersedia dengan pusat di Jl. Rancabolang daerah Margahayu. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp38.000,00 hingga Rp74.000,00 tergantung rasa dan ukuran kemasan. Rasa yang nikmat dan harga yang murah inilah yang membuat Brownies Amanda digemari banyak orang dan pas menjadi oleh-oleh Bandung.

Wayang Golek

Wayang Golek

Jika Anda ingin oleh-oleh dari Bandung yang tidak biasa, Wayang Golek khas Jawa Barat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Berbeda dengan wayang kulit yang tipis, wayang golek terbuat dari ukiran kayu dan memiliki bentuk seperti boneka. Bahkan beberapa jenis wayang golek memiliki bagian tubuh yang bisa digerakkan seperti mulut atau bagian matanya sehingga terlihat lebih hidup.

Ada banyak jenis wayang golek yang bisa Anda beli namun yang paling populer diantara semuanya adalah tokoh Cepot. Cepot memiliki wajah berwarna merah dan menggunakan pakaian tradisional khas Jawa Barat, dalam wayang Jawa Cepot lebih dikenal sebagai Bagong. Selain Cepot Anda bisa menemukan jenis wayang golek unik seperti sosok hantu lokal, superhero bahkan tokoh dunia.

Bentuknya yang unik-unik tersebut membuat banyak wisatawan tertarik menjadikan wayang golek sebagai souvenir khas Bandung untuk dibawa pulang. Anda bisa mengunjungi Galeri Cupumanik yang berada di daerah Cicendo bila ingin melihat-lihat dan membeli wayang golek. Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp50.000,00 per wayang tergantung jenis dan model wayang yang dipilih.

Angklung

Angklung

Selain Wayang Golek, Anda juga bisa membeli Angklung sebagai souvenir untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke Bandung. Alat musik tradisional khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan mampu menghasilkan suara nyaring yang khas saat dimainkan.

Jika Anda tertarik melihat angklung dari dekat bisa datang ke Saung Angklung Udjo yang terkenal dengan pertunjukan angklungnya. Anda bisa memanfaatkan paket tour Bandung yang ditawarkan Biro Perjalanan untuk bisa mengunjungi melihat langsung pertunjukan angklung tersebut.

Setelah menyaksikan pertunjukan Anda bisa mampir ke workshop yang memperlihatkan proses pembuatan angklung sekaligus membeli berbagai cenderamata khas Bandung menarik. Beberapa diantaranya seperti pajangan angklung, miniatur, gantungan kunci, hingga hiasan angklung semua dijual dengan harga terjangkau.

Bolen Kartika Sari

Bolen Kartika Sari

Kartikasari menjadi salah satu destinasi wajib untuk Anda kunjungi di Bandung sebelum pulang kembali ke daerah asal. Tempat ini merupakan toko oleh-oleh khas Bandung yang menjual berbagai macam makanan dan jajanan lezat untuk Anda bawa pulang. Salah satu yang paling terkenal adalah Pisang Bolen Kartika Sari.

Bolen Kartika Sari sudah populer sejak tahun 1970 dan menjadi pelopor kehadiran pisang bolen di Bandung. Tekstur kue yang khas dan beragam variasi rasa yang tersedia membuat siapapun ketagihan menikmati Bolen Pisang Kartikasari ini. Terdapat varian rasa coklat, keju, hingga durian yang bisa Anda pilih saat membeli Bolen Kartika Sari.

Sebagai salah satu toko oleh-oleh khas Bandung, Kartika Sari tidak hanya menjual bolen pisang tapi juga aneka kue dan pastry. Anda bisa mengunjungi Kartika Sari Bandung yang berpusat di daerah Kebon Kawung, Jl. H. Akbar No. 4. Anda bisa membawa pulang sekotak Pisang Bolen Kartika Sari ini dengan harga mulai dari Rp50.000,00 tergantung varian rasanya.

Cireng

Cireng

Bagi Anda pencinta wisata kuliner Bandung tentu sudah tidak asing lagi dengan hidangan bernama Cireng. Makanan berbahan dasar tepung kanji atau tepung tapioka ini termasuk jajanan khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang. Sudah banyak kemasan praktis cireng beku yang dijual sehingga Anda bisa menikmati hidangan ini selagi hangat setelah digoreng.

Secara umum cara membuat cireng ini sangat mudah karena hanya memerlukan tepung kanji, air, garam, dan bumbu tambahan lainnya. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian baluri tepung saat semua tercampur cireng bisa digoreng.

Ada banyak variasi cireng yang bisa Anda pilih seperti rujak cireng, cireng isi, dan jenis cireng lainnya yang bisa Anda beli di pusat oleh-oleh Bandung. Harga dari jajanan ini pun sangat murah karena hanya sekitar Rp10.000,00 per bungkus isi 10 lengkap dengan sambalnya.

Oncom

Oncom

Tidak hanya Cireng, Oncom juga termasuk oleh-oleh makanan khas Bandung yang bisa dibawa pulang setelah Anda puas berlibur di Bandung. Hal ini karena Oncom mampu bertahan cukup lama meski tidak diletakan di dalam lemari pendingin sehingga bisa dinikmati kapanpun.

Oncom ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan lezat seperti Nasi Tutug Oncom yang resepnya sudah banyak di Internet. Ada dua jenis oncom yang cukup populer yakni oncom merah dan oncom hitam yang sama-sama lezat.

Salah satu tempat terkenal dengan oncom terenak adalah Oncom Raos yang terletak di daerah Cihampelas dekat dengan Cihampelas Walk. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai macam olahan oncom dan jajanan khas Bandung lain dengan harga yang murah.

Prima Rasa Picnic Roll

Prima Rasa Picnic Roll

Picnic Roll bisa dibilang salah satu kue unik yang hanya bisa Anda temukan di Bandung dan beberapa daerah saja. Kue pastry ini memiliki ciri khas yakni isian daging cincang yang digulung dalam kulit pastry yang renyah. Kenikmatan Picnic Roll Bandung ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang berkunjung.

Tempat paling terkenal untuk mendapatkan picnic roll ini adalah Prima Rasa Bandung yang berpusat di Jl. Kemuning. Picnic Roll Prima rasa sendiri memiliki dua varian berbeda yakni isian daging sapi dan daging ayam yang bisa Anda pilih. Tidak hanya Picnic Roll, Prima rasa juga menjual berbagai kue lain seperti brownies, cheese stick, dan jenis kue lainnya.

Berbeda dengan Brownies Amanda yang bisa Anda temukan dimana-mana, Picnic Roll Prima rasa hanya ada di Bandung. Pembuatannya pun dilakukan di satu tempat sehingga rasa dan kualitasnya bisa tetap terjaga meski di cabang berbeda. Harga dari Prima rasa Picnic Roll ini sekitar Rp50.000,00 per kotaknya tergantung ukuran dan jenis isiannya.

Batagor Bandung

Batagor

Batagor sudah menjadi Makanan khas Bandung yang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Olahan bakso ikan di dalam tahu yang digoreng ini bisa Anda temukan dengan mudah dijual di pinggir jalan menggunakan gerobak.

Namun jika Anda ingin menjadikan Batagor Bandung ini sebagai oleh-oleh bisa datang ke Batagor Riri di daerah Burangrang. Di tempat ini selain menjual batagor matang, Anda juga bisa membeli batagor setengah matang yang bisa bertahan hingga 4 hari. Dengan begitu Anda bisa menikmati rasa batagor yang nikmat dan khas selagi hangat.

Selain di Jl. Burangrang, Batagor Riri juga bisa Anda temukan di daerah Kebon Kawung, Dago, atau Jl. Setiabudhi. Harga satuan dari Batagor Bandung ini juga bervariasi mulai dari Rp7.000,00 per buah tergantung jenis dan ukuran.

Peuyeum Bandung

Peuyeum

Peuyeum merupakan tape singkong khas Bandung yang bisa Anda temukan dengan mudah di warung-warung pinggir jalan dekat perbatasan Bandung. Tape ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Bandung favorit wisatawan karena memiliki rasa dan aroma yang khas.

Untuk membuat Peuyeum ini juga sangat mudah karena hanya membutuhkan singkong rebus yang ditaburi ragi lalu disimpan di ruang tertutup. Setelah 2 hingga 3 hari peuyeum sudah siap untuk dinikmati dan memiliki rasa manis yang khas.

Anda bisa membeli peuyeum Bandung yang masih mentah atau sebentar lagi matang agar saat tiba di rumah, peuyeum bisa langsung dinikmati. Harga Peuyeum Bandung ini juga sangat terjangkau hanya sekitar Rp15.000,00 per kilonya.

Maicih

Maicih

Saat pertama kali muncul di tahun 2010, keripik Maicih langsung menarik perhatian karena cara pengemasannya yang unik. Maicih bisa disebut sebagai pelopor jajanan keripik singkong dengan beberapa pilihan level kepedasan berbeda.

Sejak saat itu, Maicih yang hadir di Bandung pun menjelma menjadi jajanan Bandung yang selalu dicari wisatawan luar kota. Selain menjual keripik singkong dengan level pedas, Maicih juga menjual jajanan lain seperti basreng, seblak, dan gurilem.

Anda yang ingin membawa keripik Maicih sebagai oleh-oleh dari Bandung bisa menemukan camilan ini di toserba atau pusat oleh-oleh. Harga camilan khas Bandung ini juga sangat terjangkau mulai Rp8.000,00 hingga Rp126.500,00 tergantung ukuran dan jenisnya.

Bandung Makuta Cake

Makuta Cake

Bandung Makuta merupakan kue kekinian milik artis tanah air Laudya Cynthia Bella yang sempat viral dan ramai di awal pembukaannya. Banyak yang rela mengantri karena penasaran dengan rasa manis dan lezat dari kue pastry beraneka topping satu ini.

Ada banyak pilihan rasa yang tersedia seperti misalnya cokelat, karamel, lemon, cheese, choco cheese, green tea cheese, hingga cassava cheese. Bandung Makuta sangat cocok menjadi oleh-oleh khas Bandung untuk Anda bawa saat pulang dari Bandung.

Toko Bandung Makuta sendiri tersebar di empat tempat dan berpusat di Jl. Van Deventer daerah Sumur Bandung, Kota Bandung. Harga yang dibanderol untuk Bandung Makuta ini berkisar antara Rp60.000,00 hingga Rp100.000,00 per kotaknya sesuai rasa.

Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong

Bila Anda ingin mendapatkan oleh-oleh khas Bandung yang tidak biasa, Gepuk Nyonya Ong bisa masuk dalam daftar. Gepuk Nyonya Ong sendiri merupakan olahan daging sapi yang digeprek dengan bumbu khusus dan cocok untuk menjadi lauk saat makan.

Daging yang digunakan pun bukan hanya daging sapi tapi juga bisa menggunakan daging ayam dan tetap terasa nikmat. Varian yang tersedia juga bermacam-macam ada beef original, beef salty, beef less sugar, beef pedas, chicken spicy, dan chicken original.

Gepuk Nyonya Ong ini bisa Anda dapatkan di Jl. Dr. Djunjunan 155E dengan harga yang cukup murah. Satu kotak Gepuk Nyonya Ong biasa dijual kisaran harga Rp17.000,00 hingga Rp20.000,00 tergantung ukuran dan rasanya.

Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang

Setelah puas bermain di daerah Lembang Bandung, Anda bisa mampir terlebih dahulu ke warung Tahu Susu Lembang yang terkenal enak. Tahu Bandung satu ini memiliki rasa lebih gurih dengan tekstur yang lembut saat digigit dan tentunya tidak masam.

Berbeda dengan Tahu Sumedang yang kosong pada bagian tengahnya, Tahu Susu Lembang ini memiliki isian padat dan kulit yang renyah. Tahu Susu Lembang ini sangat cocok dinikmati saat masih hangat dengan tambahan cabai rawit pedas.

Banyak wisatawan yang datang ke Jl. Raya Lembang No.17 untuk bisa membawa pulang salah satu oleh-oleh khas Bandung satu ini. Harga yang dijual juga sangat terjangkau dimana dengan uang Rp20.000,00 Anda sudah bisa mendapat satu keranjang penuh tahu.

Kopi Aroma

Kopi Aroma

Bagi para penikmat kopi, nama Kopi Aroma Bandung sudah sangat terkenal sebagai salah satu kopi legendaris Kota Bandung. Kopi yang sudah ada sejak 1930 ini bahkan terkenal hingga ke mancanegara berkat rasa kopinya yang khas dan nikmat.

Rasa Kopi Aroma ini didapat dari proses organik yang lama dan peralatan tradisional yang digunakan untuk mengolah kopi. Jenis kopi yang tersedia di Kopi Aroma ini adalah kopi arabika dan juga kopi robusta dari berbagai daerah. Sebelum diolah biji kopi yang sudah dijemur ini harus disimpan terlebih dahulu selama 5 hingga 8 tahun agar semakin nikmat

Untuk satu kemasan Kopi Aroma biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp20.000,00 dan dibatasi maksimal 3 kg per orang. Anda pun hanya bisa mendapatkan Kopi Aroma ini di tokonya langsung tepatnya di kawasan Braga Jl. Banceuy No. 51.

Martabak Bandung

Martabak

Bandung juga memiliki jenis martabak yang cocok untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh jika perjalanan tidak terlalu jauh. Martabak tersebut sering dikenal dengan nama Martabak Bandung yang memiliki rasa manis dan juicy.

Sekilas Martabak Bandung ini hampir sama dengan Martabak Bangka namun bila dilihat lebih seksama ada perbedaan diantara keduanya. Martabak Bandung memiliki lapisan lebih tipis dan lebih lembek lembek serta memiliki aroma mentega yang khas. Makanan ini sangat cocok dinikmati selagi hangat dengan kulit martabak yang masih renyah.

Anda bisa mengunjungi gerai Martabak San Fransisco atau Martabak Andir jika ingin mendapatkan Martabak Bandung dengan rasa yang nikmat. Satu porsi Martabak Manis Bandung biasa dibanderol antara Rp15.000,000 hingga Rp45.000,00 tergantung isiannya.

Bandung Kunafe

Bandung Kunafe

Bandung Kunafe juga termasuk jajaran kue kekinian khas Bandung yang dimiliki oleh artis terkenal Irfan Hakim dan Ananda Omesh. Kue ini memiliki slogan ‘Oleh-Oleh Bandung Jaman Now’ yang sesuai dengan tampilan kuenya yang kekinian.

Terinspirasi dari hidangan arab kunafe, Bandung Kunafe memiliki bentuk bulat dengan berbagai macam varian topping dan rasa. Terdapat 6 rasa yang bisa Anda pilih yakni Kunafe Chocolate, Cheese, Green Tea, Tiramisu, Durian, dan Nutella.

Untuk menikmati Bandung Kunafe, Anda bisa datang mengunjungi outletnya di Jl. Banda daerah Citarum, Bandung Wetan. Harga satu kotak Bandung Kunafe berkisar antara Rp68.000,00 hingga Rp75.000,00 dan mampu bertahan seminggu dalam kulkas.

Wajit Cililin

Wajit Cililin

Wajit Cililin termasuk makanan tradisional Khas Bandung lain yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bandung. Jajanan ini bisa Anda temukan di sekitar daerah Cililin dan juga pusat oleh-oleh Bandung di Cihampelas.

Dahulu Wajit Cililin ini merupakan makanan yang hanya bisa dinikmati oleh bangsawan namun kini bisa dengan mudah Anda temukan. Ciri khas dari Wajit Cililin ini terdapat pada rasanya yang manis dan legit serta dibungkus daun jagung kering.

Bahan utama pembuatan wajit Cililin khas Bandung ini adalah ketan, kelapa, gula aren, dan vanili. Biasanya satu bungkus Wajit Cililin dijual dengan harga sekitar Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung ukuran kemasan.

Kaos Bandung

Kaos Bandung

Mengunjungi kota Bandung yang terkenal sebagai Paris van Java tentu kurang lengkap tanpa membeli kaos Bandung sebagai oleh-oleh. Banyak Factory Outlet yang menjual berbagai macam model pakaian termasuk salah satunya kaos distro.

Bahan kaos Bandung yang adem dan desain yang modis membuat banyak wisatawan berani memborong kaos-kaos Bandung murah yang dijual. Bahkan kaos-kaos Bandung sudah sering menjadi bahan utama dari sejumlah kaos brand-brand terkenal seperti Black.id dan lainnya.

Anda bisa datang langsung ke daerah Dago, Cihampelas, dan Jl. Riau yang terkenal sebagai pusat factory outlet Bandung. Harga yang dijual juga bervariasi tergantung model dan jumlah yang dibeli, semakin banyak Anda membeli bisa semakin murah.

Addictea Bandung

Addictea

Addictea Bandung merupakan merek minuman teh susu atau milk tea terkenal dari Bandung yang wajib untuk Anda coba. Minuman ini pertama kali muncul tahun 2011 dan langsung menarik perhatian banyak wisatawan dengan rasanya yang pas.

Tersedia banyak pilihan rasa yang bisa Anda coba seperti green tea, thai tea, banana, taro, seasalt caramel, minty, dan coffee. Kemasannya yang praktis di dalam botol sangat cocok untuk Anda bawa selama perjalanan dan awet untuk waktu yang cukup lama.

Addictea Bandung bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui aplikasi online atau langsung datang ke toko pusatnya di Jl. Cisangkuy. Harga yang dibanderol untuk Addictea ini juga bervariasi mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp45.000,00 tergantung ukuran dan rasa.

Pevo Cake

Pevo Cake

Satu lagi pilihan kue artis kekinian untuk Anda jadikan oleh-oleh khas Bandung yakni Pevo Cake. Kue ini merupakan milik artis cantik Pevita Pearce yang memiliki rasa dan tampilan yang khas. Cita rasa manis yang dimiliki Pevo Cake dijamin membuat Anda ketagihan dan tidak akan terasa enek.

Terdapat lima varian kue yang bisa dipilih yakni banana cheese, banana choco, mint velvet, red velvet, dan double choco cheese. Kue ini terdiri dari beberapa lapisan yang bagian atasnya berupa cream rasa cokelat, keju, mint, atau pisang tergantung pilihan.

Jika Anda penasaran dengan rasanya bisa datang langsung ke tokonya di Jl. Veteran No. 40 Kebun Pisang Bandung. Untuk harganya sendiri satu porsi Pevo Cake ini biasa dijual sekitar Rp65.000,00 tergantung pilihan rasa dan varian kuenya.

Pia Bandung

Pia Bandung

Bandung juga memiliki kue pia yang rasanya tidak kalah nikmat dengan bakpia Jogja yakni Pia Bandung atau Pia 170. Keunikan Pia Bandung ini adalah kemasan nya yang terlihat jadul dan unik serta pilihan rasanya yang berbeda dari kebanyakan bakpia.

Pia Bandung atau Pia 170 ini memiliki pilihan rasa butterscotch yang manis dan asin saat digigit. Selain rasa butterscotch, rasa tradisional seperti kacang hijau, cokelat, dan keju juga masih bisa Anda nikmati.

Untuk mendapatkan Pia Bandung ini Anda harus datang ke Kafetaria 170 di Jl. HOS Cokroaminoto daerah Pasirkaliki. Harganya sendiri cukup terjangkau karena satu kotaknya dibanderol dengan harga sekitar Rp30.000,00 dan mampu bertahan cukup lama.

Kerajinan Tangan Lembang

Kerajinan Tangan Lembang

Lembang Bandung juga terkenal dengan pusat kerajinan tangan menarik yang bisa Anda kunjungi setelah puas menikmati alam. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai hasil kerajinan tangan dari para pengrajin berupa tas anyaman, perabotan bambu, hingga keramik.

Kualitas dari tiap barang juga tidak perlu diragukan lagi, meski harganya murah barang-barang di sini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa datang langsung dan memilih barang yang Anda inginkan untuk dibawa pulang atau diberikan ke sanak saudara.

Lokasi pusat kerajinan tangan lembang ini terletak di Jalan Raya Lembang dan berjejer sepanjang jalan. Harga yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari Rp10.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung barang yang dipilih.

Tempe Gila

Tempe Gila

Anda yang menyukai pedas bisa pula membeli Tempe Gila sebagai buah tangan khas Bandung bila bosan dengan keripik Maicih. Sama seperti keripik Maicih, Tempe Gila juga memiliki beberapa pilihan level kepedasan untuk Anda nikmati.

Tempe Gila ini berbahan utama tempe yang dipotong tipis hingga berbentuk seperti keripik yang kemudian diberi bumbu pedas khusus. Rasanya yang gurih pedas sangat cocok untuk menemani Anda di perjalanan atau saat bersantai bersama keluarga di rumah.

Anda bisa menemukan Tempe Gila ini dijual di berbagai toko oleh-oleh kuliner khas Bandung atau sekitar kawasan terminal Leuwi Panjang. Harga yang dibanderol juga cukup murah mulai dari Rp10.000,00 per bungkus tergantung ukuran dan level kepedasan.

Tas Dan Sepatu Khas Cibaduyut Bandung

Sepatu Cibaduyut

Cibaduyut termasuk salah satu destinasi yang selalu dikunjungi oleh Bus Pariwisata Bandung sesaat sebelum kembali pulang. Kawasan ini sangat terkenal sebagai pusat produsen sepatu dan tas kulit khas Bandung berkualitas.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Cibaduyut memanfaatkan momen tersebut untuk berbelanja berbagai barang menarik dengan harga murah. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis tas dan sepatu bagus yang mampu menyaingi kualitas produk luar negeri.

Toko-toko yang berjajar di pinggir jalan Cibaduyut berlomba menawarkan produk terbaik dengan harga miring. Anda bisa membeli sepatu bagus berkualitas dengan harga miring di Cibaduyut dengan sangat mudah.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang wajib Anda beli saat berkunjung ke Bandung. Selain barang-barang tersebut masih banyak barang lain yang bisa Anda pilih untuk menjadi souvenir khas Bandung,

Agar perjalanan Anda berkeliling dan mencari oleh-oleh semakin mudah, Anda juga bisa manfaatkan jasa sopir dari tempat sewa mobil alphard Bandung. Sopir lokal dari rental mobil ini akan memberikan rekomendasi terbaik tempat membeli oleh-oleh Bandung yang harus Anda kunjungi.

Selain itu Anda juga bisa mengunjungi lebih banyak tempat menarik di Bandung dengan mudah berkat sopir lokal yang berpengalaman. Dengan begitu liburan Anda di Bandung akan semakin seru dan menyenangkan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)